5 Cara Mengatasi Laptop ASUS ROG yang Overheating

ROGcommunity.id – Ketika terlalu sering beraktifitas menggunakan laptop menyebabkan beberapa laptop bisa bermasalah. Salah satu masalah yang ditemukan di laptop yang banyak beraktivitas adalah overheating atau keadaan laptop yang terlalu panas. 

Dalam ulasan kali ini buat Anda pengguna laptop ASUS ROG yang kebingungan karena laptop sering panas atau overheating tidak usah khawatir. Berikut akan dijelaskan cara mengatasi laptop ASUS ROG yang overheating. 

Namun sebelum itu kita dudukan terlebih dahulu apa sih istilah overheating pada laptop itu ?

Pengertian Overheating Pada Laptop

Istilah overheat atau overheating tentu tak asing lagi dalam permasalahan laptop. Namun sebenarnya apa itu laptop overheat atau overheating ?

Overheat adalah sebuah kondisi di mana saat suhu yang berada pada laptop bergerak melebihi batas yang ada pada laptop tersebut sehingga tidak bisa ditoleransi lagi.

Jadi dapat disimpulkan bahwa laptop overheat adalah kondisi ketika laptop memiliki panas berlebihan di luar kemampuan laptop. 

Pada dasarnya perangkat laptop yang berperan besar dalam masalah ini adalah CPU yang sering mengeluarkan panas yang luar biasa.

Sebelum membahas cara mengatasi laptop ASUS ROG yang overheating, kalian perlu mengetahui beberapa cirinya.

Ciri-Ciri Laptop yang Overheat

Ketika laptop ASUS ROG Anda berada dalam kondisi overheat ada beberapa tanda atau gejala-gejala yang bisa diamati diantaranya adalah :

  1. Biasanya kipas prosesor dan GPU berputar lebih kencang dan mengeluarkan panas yang kuat dari balik casing laptop ASUS ROG Anda.
  2. Terdengar suara berisik di balik casing yang mana ini berasal dari kipas prosesor yang sedang berusaha menurunkan suhu CPU maupun GPU secara masif.
  3. Aktivitas laptop ASUS ROG Anda menjadi lebih lambat atau bahkan bisa terjadinya lag ketika di operasikan.
  4. Pada beberapa kasus laptop bahkan hanya mengeluarkan blue screen dan mengindikasi adanya overheat

Beberapa Cara Mengatasi Laptop ASUS ROG yang Overheating 

Laptop yang mengalami overheat harus diperbaiki dengan cara yang tepat. Hal ini supaya meminimalisir terjadinya kerusakan pada bagian lain laptop. Untuk itu ada beberapa langkah yang bisa dilakukan ketika laptop mengalami panas diluar batas normal diantaranya adalah :

  1. Mengurangi aktivitas berat pada laptop

Penggunaan laptop yang berkepanjangan diikuti dengan aktivitas berat akan membuat laptop kelelahan dan tak bisa menanggung beban. Apalagi jika aktivitas yang dilakukan kepada laptop melebihi dari kapasitasnya.

Cara mengatasi laptop ASUS ROG yang overheating paling mudah adalah menghentikan terlebih dahulu segala aktivitas berat yang dilakukan laptop. Dengan mengurangi beban kerja laptop setidaknya panas berlebih akan berkurang.

Anda juga boleh mengistirahatkan laptop sebentar agar laptop mampu mengoptimalkan kerjanya.

  1. Pastikan Posisi Laptop diletakkan Pada Permukaan Datar

Jika Anda sering meletakkan laptop dengan beralas bantal, atau kasur. Pastikan tidak diulangi lagi. Permukaan bantal, sofa atau kasur yang tidak datar dan keras dapat menghambat sirkulasi udara yang ada pada laptop.

Sehingga laptop menjadi lebih mudah panas. Cobalah meletakkan laptop dipermukaan meja yang keras dan daftar supaya udara bisa lebih teraliri dengan baik.

  1. Membersihkan Virus ataupun Malware pada laptop

Virus hingga malware yang masuk mampu menghambat kinerja laptop sehingga salah satu akibatnya adalah kenaikan suhu yang melebihi batas toleransi. Jika hal ini sewaktu-waktu terjadi Anda bisa membersihkan virus dan malware yang melekat di laptop.

Cara pembersihan bisa dilakukan dengan mengunduh aplikasi  pembersih laptop atau aplikasi antivirus.

  1. Pembersihan dan Perawatan Sistem Pembersih Laptop

Cara selanjutnya yang bisa Anda tempuh yaitu melakukan pembersihan pada mesin pendingin laptop yang ada di ASUS ROG. Anda bisa membuka perangkat dan mulai membersihkan perangkat tersebut. Biasanya ada debu atau kotoran yang melekat sehingga laptop tidak bekerja maksimal.

Membersihkan sistem pembersih bisa dilakukan terlebih dahulu Anda buka casing laptop yang tertempel pada komponen ASUS ROG. Ada beberapa komponen yang berperan dalam masalah suhu laptop yaitu Kipas GPU, Main Board dan CPU.

Anda dapat membersihkan juga  dengan tools blower maupun vacuum cleaner untuk membersihkan sela-sela komponen yang sulit dijangkau.

Kemudian Anda bisa menggunakan pendingin laptop atau cobalah mengganti pasta thermal yang berfungsi mendinginkan prosesor ASUS ROG. 

Jika pembersihan sudah dilakukan serta berhasil menurunkan suhu jangan lupa untuk merawatnya secara berkala agar kesalahan dan masalah overheating pada laptop ASUS ROG tidak terulang kembali.

  1. Ganti Hardisk Mekanik dengan SSD

Terakhir, cara mengatasi laptop ASUS ROG yang overheating adalah dengan mengganti hardisk mekanik karena hardisk model ini biasanya lebih mudah panas saat digunakan sebab perangkatnya berupa komponen piringan yang terus berputar. 

Anda bisa menggunakan SSD yang lebih ramah terhadap panas sehingga performa laptop menjadi lebih baik.

Sekarang Anda sudah melihat beberapa masalah dan cara mengatasi laptop ASUS ROG yang overheating. Tentunya dengan keterangan seperti ini akan memudahkan Anda dalam memperbaiki laptop yang panas secara tiba-tiba. 

FYI : Jika masih ada pertanyaan terkait tips, game, produk ROG, bisa langsung masuk ke forum ROG Community. Di sana kalian bisa sharing dan konsultasi dengan dengan sesama member sepuasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ready to start your journey?

If there is nothing in a chest, the chest doesn’t mean anything