6 Cara Memperbaiki Laptop ASUS ROG Tidak Charging

ROGcommunity.id – Cara memperbaiki laptop ASUS ROG tidak charging, mungkin perlu Anda ketahui. Sebab proses charging atau pengisian daya merupakan masalah vital yang ada pada laptop. 

Bagi Anda pengguna laptop ASUS ROG yang juga memiliki masalah pada charger kira bagaimana solusinya?
Pada artikel kali ini kita akan membahas cara memperbaiki laptop ASUS ROG tidak charging.

Permasalahan charging adalah permasalahan yang bisa dialami siapapun pengguna perangkat laptop. Tidak hanya pengguna laptop ASUS ROG, namun juga pengguna laptop lainnya. 

Ada berbagai penyebab juga yang membuat laptop Anda tidak bisa charging. Namun sebelum itu kita harus tahu dulu kira-kira apa yang menjadi penyebab laptop ASUS ROG Anda tidak dapat melakukan pengisian daya.

Penyebab Laptop ASUS ROG Yang Tidak Bisa Charging

Kabel Charger Rusak

Permasalahan pertama yang sering ditemui ketika laptop ASUS ROG tidak charging adalah karena kabel charger yang bermasalah. Biasanya hal ini ditandai dengan adanya permasalahan pada kabel entah itu ada komponen kabel yang sering terlipat hingga jaringan di dalamnya ada yang terputus.

Atau ketika Anda melihat kulit kabel laptop ASUS ROG memiliki bekas lipatan maupun kulit kabel sudah terkelupas. Kebiasaan yang terjadi biasanya ketika melakukan pengisian daya kita melakukan pengisian kabel dengan tarikan yang kuat atau saat menggulung kabel dengan sembarangan saja.

Sehingga sewaktu-waktu saat proses melakukan pengisian daya baterai kabel bisa tiba-tiba tercium bau hangus karena ada komponen yang terbakar didalamnya.

Port Charger Laptop ASUS ROG Rusak

Permasalahan selanjutnya terletak pada port laptop. Sering kali kita menggunakan kabel pengisi gaya yang bergonta-ganti sehingga menyebabkan port charger mengalami kerusakan.

Adanya Masalah Pada Adaptor Laptop ASUS ROG

Adaptor juga merupakan komponen terpenting yang ada pada laptop. Sering kali adanya aliran arus listrik yang tidak stabil pada adapter charger sehingga menyebabkan laptop tidak bisa beroperasi secara maksimal dan ketika akan mengisi daya kabel tidak merespon ke laptop Asus Rog

Rusaknya Baterai yang Ada Pada Laptop ASUS ROG

Mungkin saja permasalahan tidak datang dari luar tapi dari perangkat internal yaitu baterai laptop itu sendiri yang sudah mengalami kerusakan. Entah itu dari penurunan kapasitas baterai akibat dari lama pemakaian daya hingga masalah lainnya.

Sehingga masalah seperti ini dapat mengganggu laptop. Biasanya kita sering menemukan orang harus selalu mencolokkan laptopnya pada charger karena adanya loss pada baterai. Atau baterai yang sudah bermasalah sehingga tidak bisa lepas dari kabel charger.

Cara Memperbaiki Laptop ASUS ROG Tidak Charging

Sekarang kita sudah mengetahui permasalahan yang menyebabkan charger tidak bisa melakukan pengisian daya. Lalu bagaimana cara memperbaiki laptop ASUS ROG tidak bisa charging?

Ada beberapa cara memperbaiki laptop ASUS ROG tidak charging yang paling umum adalah langkah berikut ini :

Periksa Tegangan dan Konektor Charger Laptop 

Saat memeriksa Anda harus memastikan baik tegangan maupun charger memiliki besaran yang sama. Ini menandakan jika proses isi daya berlangsung secara baik dan benar.

Jika menemukan perbedaan pada tegangan charger maupun laptop Anda dapat mengganti charger yang digunakan.

Cek Kondisi Charger Laptop Anda

Periksa bagian luar charger laptop Anda apakah dalam keadaan baik dan tak ada masalah seperti kabel yang terlipat ataupun terlilit. Biasanya ketika kabel mengalai terlilit atau terlipat bisa membuat aliran daya tidak berjalan lancar.

Dinginkan Adapter Charger Anda

Jangan sering-sering meninggalkan charger pada stop kontak. Karena bisa jadi performa adaptornya menurun. Biasanya adaptor yang terhubung ke aliran listrik akan naik suhunya menjadi lebih panas. Jika biarkan terus menerus maka ini akan berakibat pada laptop Anda saat mengisi daya.

Periksa Colokan Kabel ke Port Laptop

Seringkali adanya port colokan yang longgar pada port sehingga menyebabkan laptop tidak mengisi daya. Jika hal ini terjadi Anda bisa memeriksanya secara manual. Pastikan Antara colokan kabel dan port laptop sudah terpasang dengan benar.

Coba Melepas Baterai Laptop 

Jika Anda memiliki laptop dengan baterai terpisah. Maka cobalah melepasnya dan bisa menggantinya ke baterai yang baru.  Jika masalah yang ditemukan benar-benar pada baterai.

Namun sekarang banyak laptop yang menggunakan baterai tanam sehingga pelepasan baterai tidak memungkinkan untuk dilakukan. 

Bawa ke Tempat Servis

Jika masih bingung bisa konsultasi pada ahli laptop dan melihat dimana salahnya. Kemudian Anda biasanya diarahkan untuk mengganti perangkat yang rusak, atau ahlinya akan memperbaikinya sendiri.

Jika Anda pada akhirnya harus membeli perangkat yang baru. Pilihlah perangkat berkualitas seperti charger laptop. Jangan sampai memilih yang KW karena bisa jadi itu akan merusak laptop dan kualitas yang tidak bagus hanya membuat Anda akan membelinya dua kali.

Itu dia cara memperbaiki laptop ASUS ROG tidak charging yang bisa Anda praktekkan di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil.


FYI : Jika masih ada pertanyaan terkait tips, game, produk ROG, bisa langsung masuk ke forum ROG Community. Tidak hanya bisa menemukan cara memperbaiki laptop ASUS ROG tidak charging saja. Di sana kalian bisa sharing dan konsultasi dengan dengan sesama member sepuasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ready to start your journey?

If there is nothing in a chest, the chest doesn’t mean anything