Jajaran Laptop Gaming ASUS ROG dengan Prosesor 12th Gen Intel Core

ASUS ROG dengan prosesor 12th Gen Intel Core telah resmi diperkenalkan di negara  Indonesia. Dalam acara peluncuran yang bertajuk Malam Unleash The Legend Inside ROG Intel 12th Gen yang diadakan pada tanggal 12 April 2022 yang ditayangkan secara langsung pada YouTube dan Facebook ASUS ROG Indonesia serta kanal YouTube MalamMalamNet.

ASUS menghadirkan tiga laptop gaming ROG yang terbaru termasuk laptop sekaligus tablet gaming yang paling powerful di dunia, yaitu ROG Flow Z13.

Selain ROG Flow Z13, ASUS ROG dengan Prosesor 12th Gen Intel Core juga memiliki beberapa tipe. Berikut kali ini kita akan membahas ASUS ROG dengan prosesor 12th Gen Intel Core yang ada di Indonesia.

Laptop gaming dengan tipe ASUS ROG dengan prosesor 12th Gen Intel Core

Berikut ini beberapa laptop Gaming ASUS ROG dengan prosesor 12th Gen Intel Core, yang ada di Indonesia yaitu :

Ditenagai dengan 12th Gen Intel® Core™ H Series Processor

ROG Strix SCAR Series, ROG Zephyrus M16, serta ROG Flow Z13 merupakan laptop ASUS ROG dengan prosesor 12th Gen Intel Core H Series yang telah menggunakan pemrosesan dengan basis Intel 7. 

Berbeda dengan prosesor generasi sebelumnya, prosesor Intel Core generasi ke-12 ini menggunakan konfigurasi core yang terdiri dari Performance Core (P-core) dan juga Efficient Core (E-core). Sesuai dengan namanya, P-core memiliki performa yang cukup tinggi dengan tugas untuk memproses tugas berat. 

Sebaliknya, E-core bertugas untuk menjalankan tugas-tugas ringan tetapi sangat efisien dan tidak memerlukan banyak daya.

Kombinasi antara P-Core dan E-Core menghasilkan sebuah prosesor hibrida yang memiliki kemampuan untuk hal pemrosesan yang sangat tinggi dan optimal untuk gaming dan juga content creation, sekaligus mampu untuk tampil sangat efisien dan hemat daya. 

Tidak heran apabila prosesor tertinggi di keluarga 12th Gen Intel Core H Series, yaitu Intel Core i9-12900HK, menyandang gelar sebagai prosesor mobile yang paling kencang saat ini berkat adanya konfigurasi 14 core (6 P-core dan 8 E-core) serta 20 thread yang mampu dipacu hingga 5GHz.

ROG Nebula™ Display, Standar Terbaru Layar Premium Laptop Gaming

ASUS ROG tengah memperkenalkan standar baru untuk layar laptop gaming yaitu ROG Nebula™ Display. ROG Nebula™ Display ini dibangun atas kebutuhan dasar para gaming yaitu kecepatan, tingkat kecerahan, serta kualitas visual. Kali ini, ROG Nebula™ Display hadir dalam lini ROG Zephyrus M16.

Layar laptop gaming menggunakan ROG Nebula™ Display seperti ROG Zephyrus M16 (GU603Z) yang dipastikan dapat mengusung panel yang memiliki color gamut 100% DCI-P3, tingkat kecerahan 500 nits, dilengkapi juga dengan fitur Adaptive Sync. Dimana, fitur ini juga memiliki response time 3ms.

Tidak hanya itu, layar ROG Nebula™ Display juga telah mengantongi sebuah sertifikasi PANTONE® Validated Display dalam hal akurasi warna, TÜV Rheinland untuk low blue light dan anti-flicker, serta juga mendukung untuk teknologi dari Dolby Vision. Spesifikasi tersebut menegaskan bahwa ROG Nebula™ Display memang dirancang tidak hanya untuk para gamers, melainkan juga untuk para kreator.

Dilengkapi MUX Switch

Keseluruhan jajaran laptop gaming ROG tersebut telah dilengkapi dengan berbagai fitur yang membuat pengalaman gaming pengguna semakin berkesan, salah satunya adalah MUX Switch. 

Seluruh laptop gaming ROG dan juga TUF di tahun 2022 akan dilengkapi dengan MUX Switch, yaitu berupa chip khusus yang dapat digunakan untuk mengatur jalur data visual yang ditampilkan pada layar laptop. 

Lewat MUX Switch, jalur data visual dari discrete chip grafis dapat dialihkan langsung ke layar laptop tanpa harus melalui prosesor serta integrated chip grafis-nya. MUX Switch sangat berguna ketika laptop ROG bekerja menggunakan discrete chip grafis yang ada di dalamnya, seperti halnya saat pengguna bermain game. 

Data visual kini dapat ditampilkan secara langsung dari discrete chip grafis, performa dalam game pun dapat terlihat dengan lebih baik. Peningkatan performa pada game menggunakan MUX Switch dapat mencapai prosentase 10-30%.

ROG Flow Z13

Berbeda dengan seluruh laptop yang diperkenalkan sebelumnya, ROG Flow Z13 merupakan gaming tablet yang paling powerful di dunia. Meski terbilang ringkas, ROG Flow Z13 memiliki performa yang powerful sebab ditenagai oleh prosesor 12th Gen Intel Core dengan varian tertingginya yaitu Intel Core i9-12900H.

Dimana varian intel core tertinggi tersebut mengusung konfigurasi 14 core dan 20 thread (6 P-core dan 8 E-core) dan juga chip grafis NVIDIA terbaru.

Tidak hanya itu, tablet gaming ini dibekali dengan memori LPDDR5 5200MHz serta MUX Switch untuk mendapatkan performa gaming maksimal. ROG Flow Z13 juga memiliki tampilan dengan desain futuristik yang terinspirasi dari tema luar angkasa pada abad ke-20. Namun, tetap berfokus pada konsep utamanya, yaitu portabilitas.

Penutup

Itu dia ulasan mengenai laptop ASUS ROG dengan prosesor 12th Gen Intel Core. Semoga informasi ini menambah wawasan para pembacanya, terutama dari kalangan pecinta dunia game.

FYI : Jika masih ada pertanyaan terkait tips, game, produk ROG, bisa langsung masuk ke forum ROG Community. Di sana kalian bisa sharing dan konsultasi dengan dengan sesama member sepuasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ready to start your journey?

If there is nothing in a chest, the chest doesn’t mean anything