5 Cara Memperbaiki Layar Logo ASUS / ROG yang Hang

Tentunya ketika laptop bermasalah sering membuat kita frustasi mengingat berapa budget yang harus dikeluarkan untuk mereparasinya. Tapi sebelum dibawa ke ahlinya mungkin Anda bisa memperbaikinya dan melihat permasalahanya. Berikut informasi tentang cara memperbaiki layar logo ASUS/ROG yang hang. 

Permasalahan tersebut banyak ditemui ketika memiliki laptop dengan pemakaian lama adalah layar yang sering hang. Bahkan beberapa dari Anda pengguna ASUS ROG juga mungkin memiliki masalah yang sama. 

Kira kira apa saja penyebab dan cara memperbaiki layar logo ASUS/ROG yang hang ?. Simak informasi berikut ini :

Beberapa Cara Memperbaiki Layar Logo ASUS/ROG yang Hang

Saat layar laptop hanya stuck pada gambar logo ASUS Anda harus berbuat sesuatu. Berikut beberapa langkah dan cara memperbaiki layar logo Asus/ Rog yang hang di satu tempat saja :

Re Install Windows Laptop ASUS ROG

Masalah yang paling sering terjadi ketika logo Asus adalah adanya yang tidak beres ada Windows. Hal ini entah disebabkan Windows mengalami kerusakan, atau Windows yang tidak bisa terbaca sehingga bisa saja logo menjadi hang.

Penyebab lain yang sering terjadi pada windows seperti karena adanya kerusakan berasal dari virus, adanya file sistem tertentu yang terhapus maupun karena ada software baru yang terinstal sehingga mengalami masalah pada windows.

Ketika hal ini terjadi, cobalah untuk menginstal ulang Windows laptop Anda. Biasanya akan berhasil karena windows permasalahan utama saat terjadinya hang pada laptop ASUS.

Cobalah Melakukan Reset BIOS 

Jika dengan perbaikan dengan menginstal ulang Windows tidak berhasil. Mungkin masalahnya ada pada BIOS. Melakukan reset BIOS adalah salah satu cara memperbaiki loading Windows Asus yang bermasalah.

Cara reset BIOS cukup mudah, pertama Anda masuk pada perangkat BIOS. Kemudian pilih cara reset BIOS. Anda bisa memilih opsi-opsi seperti beberapa pilihan berikut ini:

– Load Default Setup

– Load BIOS Default

– Load Default

– Load Setup Default

– Revert to Default Settings

Cukup sesuaikan cara reset tersebut dengan kebutuhan reset Anda. Kemudian Anda juga dapa menggunakan clear baterai CMOS yang tersedia di mother board.

Memeriksa Harddisk Laptop ASUS ROG

Mungkin permasalahannya ada pada harddisk yang rusak. Karena ada beebrapa hal yang menyebabkan hardisk rusak seperti karena tidak dapat membaca data ketika loading, adanya bad sector dan lain sebagainya. 

Cara memeriksa harddisk yaitu dengan memindahkan harddisk yang semulanya ada di laptop Anda ke perangkat laptop lain sehingga disana akan terlihat apakah bisa dipakai juga. Atau sama-sama menyebabkan hang pada logo laptop

Coba Cek RAM yang ada di Laptop ASUS ROG Anda

Ketika RAM mengalami kerusakan beberapa hal dapat terjadi seperti adanya layar gelap atau blacksreen, windows juga dapat berhenti saat loading maupun adanya layar gelap saat kita mencoba loading windows. 

Cara melihat permasalahan windows, hampir sama seperti memeriksa harddisk laptop sebelumnya.

Anda coba memindahkan RAM Laptop ASUS ROG Anda ke slot lain yang tersedia. Jika saat dipindahkan juga masih terjadi permasalahan yang sama berarti memang ada yang salah pada RAM Laptop ASUS ROG Anda.

Coba Masuk Pada Safe Mode

Cara terakhir yang bisa Anda praktekkan adalah masuk ke Safe Mode. Apa itu safe mode ? jadi safe mode adalah mode yang di desain untuk pengguna bisa masuk ke Windows tanpa memuat driver atau meminimalisir aplikasi sistem yang dibutuhkan.

Ada beberapa tahap yang perlu diperhatikan jika ingin masuk ke safe mode :

  1. Anda boleh mematikan laptop ASUS Rog terlebih dahulu. Kemudian hidupkan kembali
  2. Lalu tekan tombol F8 di keyboard secara terus menerus atau berulang-ulang
  3. Anda dapat memilih opsi yang tertera pada layar hitam laptop. Pilihlah safe mode pada pilihan paling atas

Kemudian jika telah memilih safe mode, Anda bisa menghapus driver-driver yang bermasalah. Kemudian coba menghidup laptop ASUS ROG kembali apakah masih pada masalah yang sama atau tidak

Pergi ke Pelayanan Perbaikan Laptop

Jika masih belum bisa menemukan masalah laptop Anda dari beberapa cara di atas. Cobalah pergi ke tempat reparasi laptop ASUS ROG terdekat. Mungkin melalui ahlinya laptop Anda bisa kembali pada mode sedia kala. 

Biarkan ahli reparasi yang mencari masalah laptop Anda. Cukup sediakan budget yang diminta oleh ahli reparasi. 

Penutup

Sekarang Anda sudah mengetahui cara memperbaiki layal logo ASUS/ROG yang hang. Pastikan ketika mengikuti ketentuan sesuai dengan petunjuk artikel di atas. Jika merasa kesulitan cobalah meminta bantuan pada orang-orang yang ahli dengan laptop.

Cobalah satu persatu cara. Mulai dari menginstal ulang windows Anda hingga mengubah beberapa setting dari safe mode. Pastikan Anda memiliki referensi yang cukup untuk meminimalisir permasalahan lain yang bisa saja timbul akibat perbaikan. Selamat mencoba dan semoga berhasil !

FYI : Jika masih ada pertanyaan terkait tips, game, produk ROG, bisa langsung masuk ke forum ROG Community. Di sana kalian bisa sharing dan konsultasi dengan dengan sesama member sepuasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ready to start your journey?

If there is nothing in a chest, the chest doesn’t mean anything