3 Cara Mengatasi ASUS ROG Error Code 55, Perhatikan dengan Baik

Bagi Anda pengguna ROG, jika ada problem seperti ASUS ROG error code 55. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan bagaimana cara-cara mengatasinya.

Ketika menggunakan laptop dan ada yang bermasalah, maka sistem laptop akan secara otomatis memberi peringatan jika ada komponen yang bermasalah sehingga menghambat pengoperasian. Hal ini juga berlaku bagi pengguna laptop ASUS ROG. Ada beberapa error kode yang kita dapatkan saat laptop bermasalah diantaranya adalah error code 55.

Namun sebelum masuk pada cara mengatasi ASUS ROG Error Code 55 kita pelajari dulu apa itu error code.

Pengertian Error Code

Saat melakukan pencarian internet, mengoperasikan mesin printer hingga menggunakan laptop kita pasti tak asing dengan error code. Error code itu sebenarnya apasih?.

Sebenarnya secara sederhana Error kode merupakan sebuah cara perangkat dalam memberitahukan kepada penggunanya bahwa ada sesuatu yang tidak beres sedang terjadi pada perangkat. Sehingga pengguna diminta untuk mengatasinya.

Dalam perangkat laptop ada banyak error kode yang di pakai. 

Salah satunya pada error debug LED di motherboard.

Misalnya yang terjadi pada error kode 50 mengisyaratkan adanya kesalahan inisialisasi pada perangkat laptop ASUS ROG Anda yang disebabkan oleh jenis memori yang tidak valid atau pun memori memiliki kecepatan yang tidak kompatibel.

Maka jika terjadi masalah error kode 55 kita bisa mengidentifikasi cara mengatasi nya dengan melakukan perbaikan pada memori laptop sehingga jenis memori menjadi valid dan kecepatan memori kembali stabil.

Lalu Bagaimana dengan Error Code 55?

Pada Error kode 55 mengisyaratkan bahwa ada memori yang tidak terpasang. Artinya ada kesalahan atau kerusakan yang menyebabkan perangkat tidak bisa mengenali memori sehingga memori tidak bisa terbaca oleh sistem.

Cara Mengatasi ASUS ROG Error Code 55

Jika kita menemukan ada error kode 55 yang berarti memori tidak terpasang. Maka caranya kita harus menemukan penyelesaian mengenai apa penyebab memori tidak terpasang dan memperbaiki masalah tersebut.

Ketika memori tidak terpasang atau terbaca pada laptop biasanya akan menyulitkan kita dalam pemindahan data-data. Tak usah khawatir berikut tahapan jika terjadi error code 55 pada perangkat laptop ASUS ROG Anda.

Coba Bersihkan Kartu Memori Anda

Cara pertama jika kode 55 Anda lihat di laptop ASUS ROG maka Anda harus melakukan pembersihan pada memori atau perangkat luar yang ada untuk menyimpan memori. Misalnya Anda sedang menggunakan flashdisk, atau card reader.

Anda dapat membersihkan lempengan tembaga yang ada pada memori dengan media bersih seperti sapu tangan lembut atau media lainnya. Jika dirasa sudah bersih coba colokkan lagi memori tersebut ke laptop.

Periksalah laptop apakah sudah berfungsi atau belum. Jika sudah berfungsi berarti perangkat memori luar Anda selama ini di tutupi dengan debu atau kotoran sehingga tidak terbaca oleh sistem.

Cek Error Kode Melalui Laptop

Anda juga bisa mencoba dengan perbaikan dengan beberapa tahap melalui laptop ASUS ROG dengan langkah berikut ini :

  1. Anda hubungkan memori Anda seperti Micro SD dengan adapter
  2. Lalu Anda bisa membuka menu Windows Explorer kemudian klik kanan di kartu memori yang sebelumnya sudah dimasukkan. Anda bisa membuat sedikit pilihan dengan menekan Properties lalu tekan tools lalu tekan Error Checking.
  3. Anda akan melihat laman menampilkan proses scan sekarang. Tunggulah proses scan sampai selesai
  4. Jika proses scan sudah selesai Anda dapat mengeluarkan kartu microSD dari laptop ASUS ROG. kemudian pasang kembali microSD tersebut pada laptop apakah bisa berfungsi atau tidak. 

Format MicroSD Anda

Jika cara pertama dan cara kedua telah di coba namun juga tidak berfungsi mungkin Anda bisa melakukan format kartu SD. Tapi Anda harus paham ini sedikit berisiko karena kartu SD yang di format akan menghilangkan seluruh data pada penyimpanan tersebut.

Tapi sebelum itu Anda bisa melakukan back up data terlebih dahulu agar data-data yang ada pada memori bisa lebih aman.

Caranya dengan mengikuti tahap-tahap berikut :

  • Lakukan backup data memori yang ada pada laptop ASUS ROG Anda
  • Lalu Anda bisa langsung melakukan format kartu memori tersebut dengan klik kiri pada mouse lalu ada tombol format
  • Setelah kartu memori di format sekarang periksa kembali apakah kartu memori sudah bisa di gunakan sebagaimana mestinya atau masih ada yang salah.

Penutup

Itu tadi cara mengatasi ASUS ROG Error Code 55 yang bisa Anda praktekkan di rumah. Sekarang cobalah mempraktekkan beberapa cara di atas satu persatu. Jika masih bermasalah memori Anda pada laptop Asus.

Maka Anda bisa melakukan konsultasi pada ahli perangkat laptop untuk melakukan service atau mengganti kartu memori laptop yang baru.

FYI : Jika masih ada pertanyaan terkait tips, game, produk ROG, bisa langsung masuk ke forum ROG Community. Di sana kalian bisa sharing dan konsultasi dengan dengan sesama member sepuasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ready to start your journey?

If there is nothing in a chest, the chest doesn’t mean anything