ASUS Rilis 4 laptop Gaming ROG di Indonesia dengan Prosesor Intel Alder Lake

ASUS resmi telah merilis jajaran laptop gaming ROG (Republic of Gamer) terbarunya di negara Indonesia, dalam sebuah acara peluncuran virtual. Terdapat beberapa model laptop gaming ASUS ROG yang diluncurkan dengan Prosesor Intel Alder Lake.  

Meski nama dari model ASUS ROG ini berbeda, seluruh laptop ini memiliki satu persamaan, yaitu sudah menggunakan prosesor (CPU) Intel Core generasi ke-12 (Alder Lake) atau nama mudahnya yaitu Prosesor Intel Alder Lake. 

Di Tanah Air sendiri, deretan laptop gaming terbaru dari series ROG dan TUF Gaming ini dijual ASUS pada kisaran harga Rp 19 hingga 67 juta. Dan kali ini kita akan membahas bagaimana spesifikasi dari laptop gaming dengan prosesor Intel Alder Lake ini.

Laptop ROG dengan Prosesor Intel Alder Lake

Berikut ini adalah Laptop ROG yang menggunakan Prosesor Intel Alder Lake, diantaranya adalah :

ASUS ROG Flow Z13

Laptop seri ROG yang menggunakan prosesor Intel Alder Lake yang pertama adalah ROG Flow Z13. Laptop ini merupakan laptop gaming yang sempat dihadirkan di Consumer Electronics Show (CES) pada 2022 lalu.

Berbeda dengan laptop series ROG kebanyakan, ROG Flow Z13 ini bisa difungsikan sebagai tablet gaming sebab layarnya bisa dicopot dari papan ketik atau keyboard. 

Saat dilepas, tablet gaming ini memiliki bobot seberat 1,18 kg dengan dimensi ketebalan 1,2 cm.  Layarnya sendiri memiliki ukuran 13,4 inci dengan dua opsi resolusi, yakni WUXGA atau WQUXGA, dan telah memiliki refresh rate 120 Hz, Adaptive Sync, serta fitur Dolby Vision untuk dapat mempercantik gambar.

Varian teratas dari tablet gaming ini ditenagai dengan Intel Core i7-12700H, RAM LPDDR5 16 GB, dilengkapi dengan media penyimpanan (storage) SSD 1 TB, serta pengolah grafis (GPU) Nvidia GeForce RTX 3050 Ti.

ASUS ROG Zephyrus M16

ASUS ROG Zephyrus M16 Intel

ROG Zephyrus M16 ini merupakan laptop gaming yang memiliki desain minimalis dengan dilengkapi bodi yang ringkas dan bobot yang terbilang ringan. Di atas kertas, laptop gaming ini memiliki dimensi dengan ketebalan 2 cm serta bobot seberat 2 kg. 

Laptop ini difasilitasi dengan layar 13,4 inci dengan resolusi WUXGA, refresh rate 165 Hz, Mux Switch, Dolby Vision, serta teknologi ROG Nebula Display untuk dapat meningkatkan kualitas visual di dalam layar. 

Varian tertinggi dari ROG Zephyrus M16 ini dilengkapi dengan CPU Intel Core i9-12900H, RAM 16 GB DDR5, 1 TB SSD, serta GPU Nvidia GeForce RTX 3070 Ti. 

ASUS ROG Strix SCAR 15 dan juga SCAR 17

ROG Strix SCAR 15 dan SCAR 17 ini memiliki perbedaan pada aspek layarnya. Sama dengan namanya, ROG Strix SCAR 15 memiliki layar sebesar 15,6 inci dengan resolusi tertinggi yaitu QHD dan refresh rate 300 Hz. 

Sementara itu, untuk tipe ROG Strix SCAR 17 ini memiliki layar sebesar 17,3 inci dengan resolusi terginggi yakni QHD pula. Namun, dengan refresh rate hingga mencapai 360 Hz.

Varian tertinggi dari keduanya ini ditenagai dengan CPU Intel Core i9-12900H serta dilengkapi RAM DDR5 sebesar 32 GB, 2 TB SSD, dan juga GPU Nvidia GeForce RTX 3080 Ti. 

Di atas kertas, ROG Strix SCAR 15 ini memiliki bobot seberat 2,3 kg dan dimensi ketebalan mencapai 2,72 cm, sedangkan untuk tipe ROG Strix SCAR 17 ini memiliki bobot 2,9 kg dan dimensi ketebalan mencapai 2,83 cm. 

ASUS TUF Gaming 15

TUF Gaming 15 merupakan laptop gaming yang mainstream teranyar dari ASUS yang dilengkapi dengan bodi yang terbilang kokoh di kelasnya. Laptop ini sendiri memiliki bobot mencapai 2,2 kg dan dimensi ketebalan setebal2,49 cm. 

Laptop gaming ini memiliki layar sebesar 15,6 inci dengan resolusi tertingginya yaitu Full HD, refresh rate tertinggi mencapai 300 Hz, Adaptive Sync, serta Mux Switch, yang merupakan chip khusus yang bertugas untuk mengatur pemrosesan data visual yang sedang terlihat pada laptop.

Varian tertinggi dari TUF Gaming 15 ini ditenagai dengan prosesor Intel Core i7-12700H, RAM DDR5 16 GB, 1 TB SSD, dan juga menggunakan GPU Nvidia GeForce RTX 3070

Adanya prosesor Intel Core generasi ke-12 ini dengan nama kode Alder Lake membuat ASUS dapat memperbarui beberapa lini laptop gaming dari seri TUF dan ROG.

Seri yang mendapat pembaruan prosesor Intel Core generasi ke-12 seri H ini diantaranya, adalah ROG Strix SCAR 15 dan SCAR 17, ROG Zephyrus M16, ROG Flow Z13, serta tak lupa adalah ASUS TUF Gaming F15.

Penutup

Semua laptop yang telah dibahas diatas ditenagai dengan prosesor Intel Core Alder Lake seri H yang menggunakan pemrosesan dengan basis Intel 7. Jadi, itu dia ulasan yang dapat kami sampaikan dan semoga informasi diatas dapat menjadi referensi terdepan anda.

FYI : Jika masih ada pertanyaan terkait tips, game, produk ROG, bisa langsung masuk ke forum ROG Community. Di sana kalian bisa sharing dan konsultasi dengan dengan sesama member sepuasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ready to start your journey?

If there is nothing in a chest, the chest doesn’t mean anything