7 Cara Mengatasi Keyboard Laptop ASUS ROG yang Tidak Nyala

ROGcommunity.id – Cara mengatasi keyboard laptop ASUS ROG yang tidak nyala sangat mudah. Sebab sebagai pengguna laptop ASUS ROG kenyamanan dalam bermain laptop adalah hal utama.

Termasuk saat menggunakan keyboard. Biasanya ada beberapa masalah yang ditemukan pada keyboard laptop ASUS ROG dan mengganggu kenyamanan saat beraktivitas.

Masalah paling sering adalah saat laptop ASUS ROG susah menyala. Keyboard laptop ASUS ROG memang didesain dapat menyala. Hal ini berguna ketika malam hari dimana saat bermain laptop dan minim cahaya tidak perlu khawatir lagi karena keyboard bisa menyala ditengah kegelapan. 

Kira-kira bagaimana cara mengatasi keyboard laptop ASUS ROG yang tidak nyala? Pada artikel kali ini kami sudah punya jawabannya simak secara seksama.

Cara Mengatasi Keyboard Laptop ASUS ROG yang Tidak Nyala

Anda bisa memencet tombol Fn+ Page Up pada keyboard laptop ASUS ROG. Lalu coba lihat reaksinya apakah berhasil atau tidak. Jika tidak berhasil Anda dapat memencet tombol F7 yang ada pada perangkat keyboard.

Lalu jika ingin mengatur kecerahan lampu laptop ASUS ROG Anda dapat memencet tombol keyboard dengan rumus FN + F3 lalu FN + F4

Itu dia cara simple menyalakan lampu keyboard. 

Kalau cara di atas tidak berhasil Anda bisa mencoba cara berikut :

Cobalah menghidupkan lampu keyboard laptop ASUS ROG dengan rumus  FN + Spasi. Anda dapat menekan bersamaan tombol keyboard tersebut. Saat berhasil maka laptop bisa segera menyala.

Cara Menonaktifkan Lampu Keyboard ASUS ROG Anda

Jika sudah di hidupkan dan ingin mematikan lampu keyboard laptop ASUS ROG. Ada beberapa tips yang bisa diikuti :

Kiat-kiatnya hampir seperti cara menghidupkan lampu laptop ASUS ROG sebelumnya. Yaitu dengan tekan dua kali tombol kombinasi yang biasa digunakan untuk menyalakan laptop sebelumnya.

Seperti saat ingin menghidupkan lampu laptop Anda tinggal menekan kombinasi atau rumus FN + F3 kemudian Anda bisa menekan tombol yang sama sebanyak dua kali ketika laptop dalam kondisi menyala. 

Ada juga tombol kombinasi lain yang bisa digunakan saat ingin menonaktifkan lampu keyboard. Yaitu dengan memencet tombol kombinasi FN + Page Up. FN + F4 atau menekan FN + Spasi. Anda bisa menekannya senyaman Anda, lalu selesai.

Cara Mengatasi Keyboard Laptop ASUS ROG Tidak Menyala Berdasarkan Penyebab

Biasanya jika cara di atas sudah di praktekkan. Namun backlit laptop ASUS ROG Anda juga tidak menyala. Coba diperhatikan mungkin ada masalah lain pada perangkat yang harus diperhatikan.

Masalah Hardware

Masalah pertama yang menyebabkan laptop susah menyala adalah adanya kerusakan yang terjadi pada hardware. Apabila Anda ragu atau penasaran apakah benar ada hardware yang bermasalah dan mengakibatkan lampu keyboard laptop tidak menyala

Cobalah mempraktekkan cara berikut :

Pertama Anda bisa mematikan dan memutar kembali perangkat laptop ASUS ROG. 

Kedua, Saat laptop sedang dalam keadaan booting Anda bisa memencet tombol F2 ataupun tombol Delete secara berulang-ulang.

Nah lihatlah apakah ada masalah atau tidak dari cara pengetesan tersebut.

Selain itu lihat masalah lain seperti beberapa hal yang sering menghambat keyboard laptop untuk berfungsi dengan baik seperti adanya debu, cairan sampai kebiasaan Anda dalam menggunakan keyboard seperti terlalu sering menekan tombol dengan salah.

Masalah lain yang terjadi pada hardware adalah adanya baterai laptop yang terganggu sehingga berdampak juga pada kinerja keyboard laptop apalagi ketika adanya pengisian baterai yang membuat laptop menjadi overheating sehingga menyebabkan keyboard tidak bisa merespon secara langsung.

Masalah Software

Jika telah menilik masalah hardware namun tidak menemukan sesuatu yang salah. Mungkin keyboard Anda memiliki masalah pada perangkat software nya. 

Ada banyak komponen atau perangkat software yang bisa mempengaruhi laptop seperti adanya masalah pada driver laptop. Ataupun adanya gangguan ketika Anda memiliki kebiasaan seringkali menginstal perangkat ketiga pada laptop ASUS ROG.

Kebiasaan lain yang turut mengganggu kinerja laptop adalah Anda sering mematikan laptop secara langsung tanpa melakukan perintah shutdown yang ada pada tombol windows. Kebiasaan ini mampu membuat keyboard juga bermasalah.

Beberapa hal bisa dilakukan ketika ada masalah software maupun hardware pada laptop ASUS ROG Anda seperti : 

  1. Cobalah membersihkan  keyboard laptop ASUS ROG Anda secara berkala
  2. Anda bisa memperbaiki Driver Keyboard
  3. Melakukan Restart pada laptop ASUS ROG

Bagaimana cara di atas terlihat mudah bukan. Jika cara mengatasi keyboard laptop ASUS ROG yang tidak nyala di atas masih tidak berfungsi walaupun sudah di praktekan. 

Maka Anda bisa pergi ke ahli laptop dan minta perbaikan pada keyboardnya. Tapi pilihlah ahli yang terpercaya dan berkualitas agar tidak sembarangan dalam memperbaiki keyboard laptop Anda. 

Itu tadi cara mengatasi keyboard laptop ASUS ROG yang tidak nyala dan bisa Anda praktekkan di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

FYI : Jika masih ada pertanyaan terkait tips, game, produk ROG, bisa langsung masuk ke forum ROG Community. Di sana kalian bisa sharing dan konsultasi dengan dengan sesama member sepuasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ready to start your journey?

If there is nothing in a chest, the chest doesn’t mean anything