Cara Download Minecraft Gratis Di Laptop, Mudah dan Cepat!

Ada beberapa cara download Minecraft gratis di laptop, yang akan di bahas pada kesempatan kali ini. Namun memang tidak semua mengetahuinya, maka dari itu untuk pengunduhan yang benar dan tepa dapat dilakukan beberapa cara di bawah.

Berbeda dengan game racing, game bola, atau game genre lainnya, game minecraft ini termasuk salah satu game yang seru karena pemain perlu berpikir dengan seksama untuk memainkannya. Jadi wajar saja jika banyak yang menykain game ini.

Berikut ini telah kami ringkas beberapa hal tentang Minecraft dan tentu saja cara untuk mengunduhnya.

Sekilas tentang Minecraft

Minecraft merupakan game arcade berupa video sandbox yang dikembangkan oleh Mojang Studios. Game ini dibuat oleh Markus “Notch” Persson dalam bahasa pemrograman Java.

Minecraft termasuk salah satu game terlaris sepanjang masa. Pada tahun 2021 sudah terjual lebih dari 238 juta copy dan penggunanya hampir menyentuh 140 juta. Bukan angka yang sedikit untuk game keluaran tahun 2009 yang sudah dioptimasi hingga sekarang ini.  

Di Minecraft, kamu akan diajak menjelajahi dunia 3D kotak-kotak yang dihasilkan secara acak dengan medan yang hampir tak terbatas. Kamu dapat menemukan dan mengekstrak bahan mentah, alat dan barang kerajinan. Lalu kamu juga dapat membangun struktur, pekerjaan tanah hingga mesin sederhana. 

Minecraft memiliki beberapa mode permainan. Tergantung pada mode permainan, kamu dapat melawan monster yang dikendalikan komputer, serta bekerja sama atau bersaing dengan pemain lain di dunia yang sama. 

Mode permainan termasuk mode bertahan hidup atau survival. Kamu harus memperoleh sumber daya untuk membangun dunia dan menjaga kesehatan. Merawat hewan kemudian membangun rumah untuk ditinggali dan masih banyak lagi. 

Kemudian ada mode kreatif. Dalam mode ini, kamu diberikan sumber daya yang tidak terbatas. Selain sumber daya yang tidak terbatas, kamu juga dapat akses ke penerbangan. Selain dua mode diatas, kamu juga  dapat memodifikasi game untuk membuat mekanika gameplay baru, item, dan aset.

Cara download Minecraft gratis di laptop ini memiliki beberapa kendala. Pasalnya game Minecraft ini tersedia secara gratis untuk PC. Namun belakangan ini, minecraft secara resmi mengumumkan bahwa jika kamu ingin bermain secara penuh kamu harus membayar untuk itu. 

Minecraft dapat kamu mainkan secara gratis di PC. Akan tetapi, kamu hanya akan memainkan versi demonya saja. Kamu akan diberikan akses bermain secara gratis selama 5 hari atau secara in game kamu diberikan waktu 100 menit untuk memainkannya.

Namun jika kamu tetap ingin memainkannya secara penuh, kamu bisa mengunduhnya secara penuh melalui website resmi mereka. Kami akan memberikan cara mengunduh minecraft di laptop yang bisa kamu ikuti.

Cara Download Minecraft Gratis di Laptop

Versi resmi yang disediakan oleh Minecraft tidak hanya untuk PC atau laptop Windows saja. Melainkan untuk Mac OS dan Mac OS X juga. Jadi buat pengguna Mac tidak perlu khawatir jika tidak bisa bermain Minecraft. 

  1. Kamu harus membuka web browser pada komputer kemudian akses link berikut https://www.minecraft.net/en-us/download/
  2. Jika sudah masuk ke website tersebut, lalu klik download Launcher
  3. Setelah selesai, lalu install Launcher tersebut
  4. Setelah terinstall, kemudian Jalankan Launcher tersebut. Dalam hal ini kamu masih harus mengunduh beberapa komponen internal data atau data tambahan pada game seperti update terbaru dalam game tersebut
  5. Jika semua data sudah terunduh, maka kamu sudah bisa memainkan game Minecraft pada laptop dan Mac.

Itu tadi merupakan cara download Minecraft gratis di laptop. Kamu bisa melakukannya melalui Windows atau Mac sesuai kebutuhanmu. Namun, jika kamu masih ingin tetap memainkannya secara full version atau penuh, kamu harus membeli secara premium seharga 26.95 dolar AS atau sekitar Rp 397.000.

Jika tadi cara mengunduh Minecraft melalui website resminya. Untuk versi yang satu ini kamu bisa mengunduhnya melalui pihak ketiga. Seperti Mineshafter yang merupakan salah satu launcher yang dapat kamu digunakan untuk bermain Minecraft secara full version. Berikut ini cara download Mineshafter:

  1. Pertama kamu haru membuka browser-mu. Kemudian pergi ke laman berikut https://mineshafter.info/
  2. Setelah menuju ke website tersebut, Klik “Get Started”
  3. Jika sudah, lalu klik download launcher yang terdapat pada situs tersebut
  4. Ada beberapa pilihan, kamu tinggal pilih Mineshafter Launcher untuk diunduh
  5. Lalu install Mineshafter Launcher pada PC mu
  6. Jika launcher Mineshafter sudah selesai terunduh, kemudian kamu harus mengisi username
  7. Setelah itu pilih Options lalu centang “Stay Logged In”
  8. Yang terakhir, Minecraft secara otomatis akan terbuka dan kamu bisa langsung memainkannya.

Bagaimana? Mudah bukan. Akan tetapi kamu tetap harus berhati-hati terhadap aplikasi pihak ketiga yang belum tentu terjamin keamanannya. Selalu pastikan jika ada sesuatu yang mencurigakan di website untuk tidak asal klik suatu tautan.

Baik iklan ataupun link, keduanya dapat menyebabkan sebuah phising atau pencurian data secara sepihak tanpa sepengetahuan kita. Jadi tetap jaga kerahasiaan data pribadimu untuk tetap dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Penutup

itu tadi merupakan cara download Minecraft gratis di laptop. Meski tidak sepenuhnya website tersebut menyediakan tautan yang gratis, kamu masih dapat memainkan versi demonya untuk beberapa saat kedepan agar menikmati permainan yang ditawarkan. 

Jika memang masih kurang dengan batasan waktu yang diberikan, maka kamu bisa langsung membeli full versinya di website resminya. Selamat mencoba! Jika kamu senang dalam bermain game dan sering memainkannya, maka cobalah mendapatkan uang dari bermain game, siapa tahu kamu beruntung!

Ready to start your journey?

If there is nothing in a chest, the chest doesn’t mean anything