ASUS ROG Zephyrus M15 GU502LV Core i7 RTX 2060

ASUS ROG Zephyrus M15 GU502LV merupakan seri menengah dari ASUS ROG Zephyrus M15 yang telah diluncurkan beberapa waktu lalu.

Hadir sebagai laptop gaming yang menawarkan performa tinggi dengan bobot yang ringan tentu menarik banyak perhatian.

ROG Zephyrus M15 GU502LV ini telah dibekali dengan prosesor Intel® Core™ i7-10750H ditandemkan dengan dua kartu grafis. 

Pertama, kartu grafis yang terintegrasi Intel UHD Graphics 630. Kedua, kartu grafis khusus NVIDIA GeForce® RTX™ 2060 untuk menjalankan pekerjaan berat seperti bermain game, rendering video dan sebagainya.

Kapasitas penyimpanan internalnya cukup luas, yaitu memori SSD M.2 NVMe PCIe sebesar 1 TB. Penggunaan SSD tentu akan sangat mendukung saat menjalankan berbagai aktivitas berat yang membutuhkan kecepatan lebih optimal. 

Spesifikasi Utama ASUS ROG Zephyrus M15 GU502LV

Berikut ini spesifikasi utama yang ditawarkan oleh ASUS ROG Zephyrus M15 GU502LV, antara lain:

  • Layar: 15,6 inci 4K UHD (3840×2160), refresh rate 60 Hz
  • CPU: Intel® Core™ i7-10750H, 6 core, 12 thread, 12 MB of L3 Cache, 2,6-5 GHz
  • RAM: 16 GB DDR4 3200MHz, with SO-DIMM slot
  • GPU: NVIDIA GeForce® RTX™ 2060 6 GB, Intel UHD Graphics 630
  • Penyimpanan: 1 TB SSD
  • Baterai: 76 WHr
  • Bobot: 1,9 Kg
  • Sistem Operasi: Windows 10 Home
  • Fitur lain: Keyboard Backlit, Chicklet Style, Bluetooth 5, Thunderbolt 3, Wifi 6

Kartu Grafis Gaming Unggulan

Seperti yang sudah disebutkan di atas, laptop gaming ini menggunakan dua buah kartu grafis yang mampu bekerja secara bergantian, sesuai kebutuhan penggunanya.

Penggunaan kartu grafis NVIDIA GeForce® RTX™ 2060 telah terintegrasi dengan memori interface 6GB GDDR6 dengan lebar memory bus 192-bit.

Tingkat data yang dapat dibaca dari atu disimpan ke dalam memori (Bandwidth memori) sebesar 336GB/s.

Perlu diingat bahwa laptop gaming ini memiliki dua kartu grafis yang dapat bekerja bergantian. 

Jika Anda menginginkan performa yang lebih maksimal dalam bermain game maupun aktivitas berat lainnya, maka gunakan kartu grafis NVIDIA GeForce® RTX™ 2060.

Sebaliknya, jika Anda menghendaki agar lebih menghemat baterai, maka gunakan grafis terintegrasi Intel UHD 630.

Kartu grafis terintegrasi Intel UHD 630 sebenarnya juga sudah sangat cukup untuk menjalankan berbagai program maupun aktivitas sehari-hari. 

Jika ingin menggunakannya saat bermain game, mungkin akan lebih disarankan jika menggunakan settingan grafis rendah dengan resolusi 1366×768. Performanya juga tidak terlalu buruk, Anda bisa mendapatkan lebih dari 100 FPS.

Konektivitas Lengkap

Dalam segi konektivitas laptop ini juga sangat lengkap, terutama jika melihat port eksternal yang tersedia, antara lain 1 x Thunderbolt™ 3 with USB 3.2 Gen 2 Type-C, DisplayPort™ 1.4 and Power Delivery, 1 x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2 x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1 x HDMI 2.0b, 1 x 3.5mm Audio jack (ESS Hi-Fi DAC), 1 x Audio jack mic-in, 1 x Kensington lock, 1 x RJ-45 jack.

Colokan Thunderbolt 3 tersebut berfungsi untuk mengisi daya baterai menggunakan charger kecil menggunakan USB Type-C. 

Jadi dengan kata lain, ASUS membekali ROG Zhepyrus M15 ini dengan 2 charger sekaligus. Satu charger kecil dengan daya 65W, dan satunya lagi charger besar untuk bermain game dengan daya 230W. 

Fitur Lain yang Tak Kalah Penting

Fitur lain seperti keyboard blacklit nampaknya memang menjadi wajib jika laptop tersebut berlabelkan laptop gaming. Sebab kesan gaming yang penuh warna sangat identik dengan kilauan RGB pada setiap tombolnya.

APalagi dengan dukungan teknologi N-Key rollover yang mampu mendeteksi tekanan setiap tombolnya secara presisi. 

Misalnya jika pengguna ingin memencet tombol W sekaligus Left CTRL atau W dan Space sekaligus, keduanya dapat direspon dengan baik oleh sistem tanpa adanya keyboard ghosting.

Laptop gaming ini juga memiliki TouchPad yang penempatannya persis di tengah. Hal ini akan sangat nyaman dan tak perlu repot mematikannya karena khawatir terpencet saat bermain game. 

Salah satu fitur lain yang menjadi unggulan dari ASUS ROG Zephyrus M15 GU502LV ini yaitu sistem pendinginnya yang disebut Intelligent Cooling With Liquid Metal.

Gampangnya, sistem ini berfungsi saat bermain game akan menjaga suhunya agar tetap dingin dan tidak mengeluarkan panas berlebih.

Terlebih lagi, pada kipas pendinginnya juga terdapat sistem anti debu yang dapat melakukan self-cleaning. Sehingga penggunanya tidak perlu khawatir perangkatnya cepat berdebu. 

Area yang menjadi prioritas utama dari sistem pendinginan ASUS yaitu pada area WASD. Sebab tombol ini sangat sering digunakan saat bermain game.

Harga ASUS ROG Zephyrus M15 GU502LV

Dengan hadirnya berbagai spesifikasi unggulan yang dapat mendukung bermain seluruh game berat maupun aplikasi berat lainnya, tentu Anda sudah dapat mengira berapa budget yang harus disiapkan.

ASUS ROG Zephyrus M15 GU502LV harga terbilang masih terjangkau. Laptop gaming ini dibanderol dengan harga Rp27.999.000. Dengan harga tersebut, tentu masih sangat worth it dijadikan sebagai rekomendasi laptop gaming pilihan.

FYI : Jika masih ada pertanyaan terkait tips, game, produk ROG, bisa langsung masuk ke forum ROG Community. Di sana kalian bisa sharing dan konsultasi dengan dengan sesama member sepuasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ready to start your journey?

If there is nothing in a chest, the chest doesn’t mean anything