Cara Menjadi YouTuber Gamer Dari Pemula Hingga Mahir (Tips-Trik)

YouTuber gaming saat ini menjadi primadona generazi Z dewasa ini. Hal ini dikarenakan profesi sebagai konten kreator menjadi profesi yang mendatangkan banyak keuntungan. Maka tak heran banyak yang mulai mencari tahu bagaimana cara menjadi Youtuber Gamer.

Kalau kamu penikmat game dan berkesempatan meraup banyak keuntungan, kenapa kamu tidak mencoba menjadi YouTuber Gaming? Apalagi kamu mengetahui cara menjadi gamer profesional, kamu akan meraup cuan yang banyak hingga ratusan juta.

Modal YouTube Gaming tentu beragam, namun bisa saja dengan modal HP saja. YouTuber Gaming adalah pemain game yang sekaligus membuat konten game di YouTube. Berikut disajikan beberapa tips dan trik agar sukses membangun channel YouTube Gaming.

Membuat dan Membangun Brand Menarik

Sebelum penonton tertarik dengan konten yang disajikan, pertama penonton terlebih dahulu akan melihat nama atau brand channel YouTube yang menyajikan konten. Nama atau brand sangatlah penting karena akan menjadi identitas utama kamu.

Buatlah nama yang unik, menarik, dan mudah diingat. Hindari membuat nama sulit dan terlalu panjang karena akan sulit diingat oleh penonton.

Konten Berkualitas

Langkah kedua dari adalah dengan membuat konten berkualitas. Konten berkualitas meliputi beberapa hal, seperti durasi, kualitas video, judul, thumbnail, ciri khas membawakan konten, dan lain-lain.

Utamakan konten yang menarik dan mudah dimengerti oleh semua kalangan, terutama kalangan yang hobi bermain game.

Konten berkualitas tidak melulu mengikuti arus, atau sama dengan Youtuber lain, justru konten berkualitas adalah konten yang unik. Penonton akan senang jika melihat konten yang segar.

Saat membuat konten, pastikan kamu melakukan ‘research’ sehingga kamu terhindar dari sembarangan membuat konten. Konten yang dibuat sembarangan tentu akan menghasilkan konten berkualitas buruk.

Pastikan kamu juga memahami cara buat konten YouTube Gaming yang terbaik versimu. Tentu ini perlu praktik, pengalaman, dan jam terbang agar juga dapat memahami konten yang otentik mencerminkan keunikan dirimu.

Pancing Penonton untuk Datang Kembali

YouTuber gamer sukses salah satunya diukur dengan jumlah penonton yang banyak. Penonton ini datang dari orang yang sama atau orang baru. Namun, YouTuber harus bisa mengusahakan agar penonton-penonton tersebut datang kembali ke konten kamu yang lain.

Ada beberapa cara menjadi youtuber gamer yang mampu mempertahankan penonton. Seperti menyajikan konten tips dan trik, strategi bermain game, strategi memenangkan game, dan lain-lain.

Buatlah konten semenarik mungkin sekaligus mendatangkan manfaat dan kesenangan untuk penonton sehingga penonton memutuskan untuk datang lagi ke Channel kamu. 

Konsisten Upload Konten

Sama seperti platform lain, YouTube juga memiliki algoritma tersendiri. Semakin banyak konten yang kamu unggah, maka semakin banyak juga peluang channel kamu direkomendasikan YouTube. Begitu pula dengan keaktifan kamu dalam channel.

Oleh karenanya, pastikan kamu konsisten upload konten. Konsistensi ini akan mengantarkan kamu menjadi Youtuber gaming sukses. Selain berpengaruh terhadap algoritma, konsistensi juga berpengaruh terhadap psikologi penonton kamu.

Jujur dengan Konten Sendiri

Cara selanjutnya adalah jujur dalam pembuatan konten. Artinya, kamu mengerahkan semua skill yang kamu miliki tanpa dibuat-buat, ini tentu saja berbeda dengan halnya saat skill kamu berkembang.

Konten yang jujur adalah konten yang tidak dibuat-buat untuk mendulang kesuksesan instan, karena saat kamu kewalahan dengan segala kebohongan, kesuksesan tersebut akan sirna secepat kamu mendapatkannya. 

Selalu Mengajak Penonton untuk Menyukai dan Membagikan Video

Pada dasarnya, selama konten yang kamu sajikan bagus, penonton dengan sendirinya akan menyukai maupun membagikan konten kamu.

Namun, tidak ada salahnya untuk selalu mengajak penonton menyukai dan membagikan konten karena itu akan menjadi pendorong tersendiri untuk kemudian penonton yakin saat menyukai dan membagikannya.

Semakin banyak penonton yang menyukai dan membagikan konten gaming kamu, maka semakin luas pula kesempatan kamu untuk mendapatkan penonton banyak dan keuntungan berlimpah. 

Kolaborasi dengan Konten Kreator Lain

Berkolaborasi dengan YouTuber lain menjadi salah satu cara sehat untuk mendulang kesuksesan kamu. Kamu bisa mendapatkan penonton baru dari kolaborator kamu, begitu pula sebaliknya.

Kolaborasi merupakan kegiatan konten kreator yang saling menguntungkan. Tak ada salahnya untuk mencoba!

Manfaatkan Youtube Analytics

Cara menjadi youtuber gaming selanjutnya adalah memanfaatkan Youtube Analytics. Youtube Analytics menjadi alat yang bagus untuk kamu meneliti bagaimana perkembangan video kamu.

Melalui alat ini, kamu bisa melihat konten mana yang paling banyak diminati dan tidak sehingga kamu bisa mengubah dan memperbaiki gaya konten kamu. 

Siapkan Peralatan Pendukung

Menjadi youtuber gaming sukses juga memerlukan alat-alat pendukung khusus demi dapat hadirkan konten yang lebih berkualitas.

Alat-alat pendukung berupa tempat syuting yang memadai, meja, kursi, background, pencahayaan, phone holder, joystick, dan lain sebagainya.

Mungkin anda juga bisa membaca kamar gaming idaman. Buatlah diri kamu senyaman mungkin saat membuat konten sehingga kamu dapat fokus menghasilkan konten bagus.

Kesimpulan

Itulah cara menjadi youtuber gamer sukses yang dapat kamu coba lakukan. Lakukan cara di atas dengan sepenuh hati dan konsisten. Selain itu, asah terus kemampuan kamu dalam mengemas konten maupun bermain game itu sendiri.

Semakin pandai dan luas pengetahuan kamu akan game, maka semakin tinggi juga minat penonton terhadap konten kamu. Selamat mencoba!

Jika Anda telah lancar dalam menjadi YouTuber Gamer, Anda perlu mengembangkan diri ke platform yang, semisal ke Facebook Gaming. Anda perlu mengetahui cara menjadi partner di Facebook Gaming agar dapat memaksimalkan Facebook Gaming tersebut.

Rekomendasi perangkat terbaik untuk menjadi YouTube Gaming tentu saja produk-produk ASUS yang dapat memaksimalkan berbagai kebutuhan Anda dalam menjadi YouTuber Gamer.

One thought on

Cara Menjadi YouTuber Gamer Dari Pemula Hingga Mahir (Tips-Trik)

  • Ernesthy

    Aku baru mulai nih, pengen jadi content creator di dunia game.
    Konsisten upload video yang sulit kayaknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Ready to start your journey?

If there is nothing in a chest, the chest doesn’t mean anything