Alasan Steam Tak Lagi Bolehkan Game Pamer Skor Review dan Penghargaan

Biasanya player akan memberikan feedback ke pihak pengembang game dengan cara memberikan ulasan atau review. Tapi sayangnya, tidak sedikit orang menyalahgunakan hal ini. Sampai akhirnya, steam tak lagi bolehkan game pamer skor review dan penghargaan.

Kabar ini mencuat sejak laman Steam Cyberpunk 2077 dipenuhi oleh review negatif akibat pernyataan dari CD Project yang menghentikan penjualan di Belarus dan Russia untuk menjawab keprihatian mereka terhadap peperangan yang sedang terjadi. 

Bahkan para gamer pro Rusia telah menanggapi keputusan dari CD Project tersebut dengan buruk, hingga akhirnya melancarkan aksi review bomb melalui review negatif pada Cyberpunk 2077.

Alasan Steam Tak Lagi Bolehkan Game Pamer Skor Review dan Penghargaan

Hal yang sudah dijelaskan di atas adalah salah satu alasan kenapa steam tak lagi bolehkan game pamer skor review dan penghargaan.

Seiring dengan aksi review terhadap Cyberpunk sendiri gamer pro Rusia mengungkapkan bagaimana politik berperan lebih penting daripada gamer, alhasil membuat CD Project akhirnya memutuskan distribusi Cyberpunk 2077 tersebut ke Rusia.

Bahkan banyak yang memprotes terkait bagaimana mereka yang berasal dari Rusia telah merasa dikhianati walaupun tidak mengajukan refund namun dibalas oleh adanya keputusan tersebut.

Dengan review bomb ini menjadikan Steam bisa mempertahankan Mostly Positive status dari ulasan gamer di Cyberpunk 2077. Selain itu, sistem steam juga menganggap jika review negatif para gamer yang mendukung Rusia tidak relevan, karenanya mereka akhirnya memberikan filter secara otomatis.

Selain itu, beberapa waktu lalu, pihak CD Project telah memutuskan untuk melakukan pemutusan distribusi game baik Steam maupun GOG dari Belarus dan Russia terhadap kepedulian mereka pada perang Ukraina vs Russia.

Walaupun CD Project telah mengaku memahami jika tidak lagi ada hubungannya dengan player atau gamer yang tidak bersalah, tapi publisher dan developer asal polandia ini menjelaskan tindakan mereka dapat dijadikan sebagai wadah mengekspresikan diri terhadap insiden yang terjadi.

CD Project sendiri bukan perusahaan game satu-satunya yang peduli dengan konflik yang terjadi antara Ukraina dan Russia. Beberapa publisher dan developer lain juga turut melakukannya.

Salah satunya adalah Developer This War of Mine contohnya yang akan membantu organisasi Palang Merah Ukraina terhadap penjualan game. Sedangkan EA sendiri sudah mempersiapkan diri menghapus Tim Nasional Rusia dari NHL dan FIFA.

Kelanjutan dari keputusan steam tak lagi bolehkan game pamer skor review dan penghargaan juga sudah dilarang oleh Valve selaku developer Steam. 

Pasalnya dalam update yang terbaru, developer steam ini tidak hanya mengungkapkan bahwa Steam tak lagi bolehkan game pamer skor review dan penghargaan saja. Melainkan publisher dan developer game hanya diperbolehkan untuk menunjukkan gambar cover untuk game-nya saja.

Jadi tidak ada embel-embel berupa penghargaan atau review di Steam kembali. Selain itu, Valve telah melarang publisher maupun developer untuk memajang diskon atau potongan harga marketing, misalnya seperti On sale Now dan Diskon Up To 90%.

Aturan Steam Tidak Bolehkan Game Diskon di Atas 90%

Steam termasuk platform gaming paling populer yang selalu memberikan banyak diskon besar-besaran pada game di platformnya. Bahkan diskon yang mereka berikan bisa sampai lebih dari 90%.

Tapi sayangnya, selain aturan  steam tak lagi bolehkan game pamer skor review dan penghargaan, platform ini juga akan menghilangkan game dengan diskon 90%. Hal ini dikarenakan platform yang diterbitkan oleh Valve ini melarang developer game untuk tidak menawarkan diskon di atas 90%.

Selain itu, ada beberapa kebijakan terkait hal ini, yang pertama yaitu kebijakan mengenai jeda diskon, dimana menjadi diperpendek hingga 4 minggu saja. Aturan ini berlaku bagi semua jenis diskon, namun tidak pada beberapa promo diskon seperti Sumer, Winter Sale, Lunar New Year dan Autum. 

Bahkan berdasarkan Steamworks Documentations telah dijelaskan jika batas minimal promo atau diskon sampai maksimal diskon/promo yang dapat dibuat, adalah mereka membatasi pengembang agar tidak memberikan diskon lebih dari 90% bahkan tidak boleh juga terlalu rendah hingga kurang dari 10%.

Ketentuan Lainnya dari Steam

Ada beberapa ketentuan lainnya selain  steam tak lagi bolehkan game pamer skor review dan penghargaan agar game tidak dihapus, diantaranya :

  • Steam akan menghapus game jika terdeteksi adanya kasus review palsu. Contohnya seperti yang terjadi pada Acram Digitals, sebab ada beberapa staf Acram yang ketahuan memberikan review positif memakai ID steam milik masing-masing staf.
  • Steam mencopot game yang memiliki versi remastered, seperti halnya Dark Souls : Prepare to Die Edition yang meninggalkan Steam ketika dirilis versi remastered-nya dengan nama Dark Souls : Remastered Edition diluncurkan.
  • Hak musik yang disematkan pada game juga sangat penting. Jika hak musiknya udah kadaluwarsa, tentu saja game tersebut dapat dihapus dari platform Steam.

Ketentuan dan aturan di atas, termasuk  steam tak lagi bolehkan game pamer skor review dan penghargaan memang diberikan untuk memperketat game-game yang ada di steam, demi kenyamanan penggunanya. 

FYI : Jika masih ada pertanyaan terkait tips, game, produk ROG, bisa langsung masuk ke forum ROG Community. Di sana kalian bisa sharing dan konsultasi dengan dengan sesama member sepuasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ready to start your journey?

If there is nothing in a chest, the chest doesn’t mean anything