PC Gaming atau Laptop Gaming, yang Terbaik Buat Main Game?

Maraknya video gaming, membuat pencinta game semakin giat membeli perangkat gaming yang tepat. Belum lagi, tampilan grafis dan cerita yang dikemas baik, rasanya tak puas jika hanya menikmatinya via hp. Namun manakah PC gaming atau laptop gaming, yang terbaik buat main games?

Mungkin banyak yang masih bimbang memilih PC gaming atau laptop gaming. Keduanya tentu saja mempunyai kelebihan kekurangan masing-masing. Walaupun memakai OS yang sama, semisal Windows atau Linux. Kalian harus tahu perbandingan keduanya. 

Untuk menjawab pertanyaan PC gaming atau laptop yang terbaik buat main games? Kalian wajib memahami perbedaan antara keduanya!

Ini Perbandingan PC Gaming atau Laptop Gaming, yang Terbaik Buat Main Games?

Ada banyak faktor yang harus diingat ketika memilih desktop vs laptop gaming. Biasanya laptop gaming bisa dibilang lebih portable dan kecil, semenara desktop game lebih bisa dikustomisasi dan besar. Meskipun keduanya merupakan pilihan tepat, namun ada plus minusnya tersendiri.

Apa saja faktor perbandingan antara PC gaming atau laptop gaming, yang terbaik buat main games? Berikut ulasannya :

Dari Segi Performa

Walaupun terlihat berlawanan ketika membeli PC, dari segi performa keduanya bisa dikatakan imbang. Apabila sistem laptop sebelumnya menurutmu mempunyai reputasi lebih rendah dari dekstop untuk OS yang sama, maka hal tersebut kini tidak berlaku lagi.

Laptop gaming yang modern bisa saja lebih kuat dan efisien. Walaupun demikian, desktop atau PC gaming juga masih mempunyai performa yang baik dari segi teknologi mutakhir dan daya tahan, jadi perbedaannya justru lebih sedikit. 

Jika kalian masih bingung memilihnya, silahkan cek faktor-faktor pembanding lainnya.

Dari Segi Portabilitas

Salah satu faktor yang bisa menjawab pertanyaan PC gaming atau laptop gaming, yang terbaik buat main games? Bisa dilihat dari segi portabilitas.

Silahkan pertimbangkan apakah kalian lebih memilih laptop yang fleksibel dan bisa dibawa kemana saja kalian pergi? Ataukah PC yang lebih berat dan besar, namun menawarkan port lebih banyak dengan opsi yang bisa dikustomisasi. Mari cek satu per satu :

  • Laptop Gaming

Laptop memiliki kelebihan utama dari segi portabilitas. Melalui pemilihan laptop dengan tepat, maka kalian bisa melakukan segala hal yang dapat dilakukan pada desktop, kapanpun dan dimanapun.

Terlebih jika kalian sering bepergian, maka laptop bisa menjadi solusi dalam hal fleksibilitas. Laptop gaming terbaru lebih ringkas, sehingga kalian bisa memakainya di tempat-tempat yang mungkin tidak bisa dijangkau oleh PC gaming, seperti di cafe atau di pesawat terbang.

Laptop biasanya dijalankan menggunakan baterai dengan layar yang tertanam, dilengkapi trackpad dan keyboard, namun kalian juga bisa mempunyai pengalaman serupa dengan desktpo di rumah. 

Tambahan perlengkapan seperti mouse, docking station, layar game eksternal dan keyboard bisa meningkatkan keserbagunaan perangkat ini, meskipun harganya tergolong lebih fantastis di awal.

  • PC Gaming

Sementara itu, ukuran PC gaming cenderung lebih besar sehingga tidak bisa dikatakan portable. PC gaming bahkan memerlukan monitor dan CPU yang terpisah. 

Walaupun mungkin beberapa orang merasa tidak keberatan mengangkut perangkat PC gaming, namun tentu saja kalian hanya bisa menggunakannya di satu tempat khusus saja.

Mungkin desktop menawarkan dukungan I/O lebih luas, biasanya tersedia dengan penambahan slot pada perangkat yang tersambung lewat Pcle atau motherboard, misalnya kartu grafis secara terpisah. Hal ini cukup merepotkan memang.

Kustomisasi

Faktor lainnya sebagai pertimbangan PC gaming atau laptop gaming, yang terbaik buat main games? Adalah kustomisasi. Pada kemampuan yang serupa, ukuran fisik PC memungkinkan kustomisasi melampaui laptop gaming. 

  • Laptop Gaming

Ketika membeli laptop, biasanya kalian bisa memilih berbagai macam komponen core, baik itu GPU dan CPU, RAM dan penyimpanan dan terkadang layar.

Guna meningkatkan performa mungkin laptop termasuk pilihan yang fleksibel, hanya saja dari segi perangkat keras sendiri laptop akan sulit diganti. Jadi dari pembelian sampai kalian mengganti laptop yang baru tidak bisa mengubah perangkat kerasnya begitu saja. 

Dengan kata lain opsi kustomisasi laptop jauh lebih terbatas dibandingkan desktop yang mudah dikustomisasi. Jika ada perangkat yang rusak, kalian bisa mengganti salah satunya dengan harga yang cukup terjangkau.

  • PC Gaming 

Salah satu keunggulan PC Gaming paling menonjol adalah dari segi kustomisasi. Karena kalian bisa mengganti perangkat keras atau komponen dengan mudah. 

PC gaming menawarkan opsi hardware khusus yang beragam, performa bisa diatur sesuai keinginan, menawarkan variasi estetika lebih banyak. Di samping warna case, kalian juga bisa memilih berbagai macam merk, ukuran, desain dan spesifikasi visual untuk komponen PC.

Kesimpulan

Dapat disimpulkan bahwa laptop dan PC gaming keduanya sama-sama bisa dipakai untuk game-game berat. Pada laptop, kalian bisa menggunakannya baik di dalam maupun di luar rumah, sementara PC terbatas hanya di dalam rumah.

Namun kunci dari perbandingan  PC gaming atau laptop gaming, yang terbaik buat main games? Tentu saja kalian bisa memilihnya sesuai tingkat portabilitas dan mungkin ketersediaan dana. Karena PC gaming biasanya lebih terjangkau dari laptop gaming.

FYI : Jika masih ada pertanyaan terkait tips, game, produk ROG, bisa langsung masuk ke forum ROG Community. Di sana kalian bisa sharing dan konsultasi dengan dengan sesama member sepuasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ready to start your journey?

If there is nothing in a chest, the chest doesn’t mean anything