8 Cara Menjadi Support Dota 2

Berperan menjadi support Dota bukan perkara yang gampang. Kamu gak sekedar bertugas menjadi pendukung permainan. Namun lebih vital dari pada itu.

 Setidaknya untuk menjadi seorang support Dota 2 yang handal, kamu harus pahami artikel cara menjadi support Dota 2 berikut ini !

Pilih Hero Sesuai Klasifikasi Support Dota

Cara menjadi support Dota 2 bisa dikatakan gampang-gampang susah. Sebab role hero ini membutuhkan kepekaan yang luar biasa.

Menjadi support tidak semudah seperti yang dibayangkan kita harus paham timing dan skill. Berbicara skill tentunya diacukan pada hero apa yang gamer pilih. Jika kamu ingin menjadi support yang handal pilih hero yang tepat.

Cari skill hero yang membuat kita mudah berkembang dan jangan sampai memilih hero yang sama dengan musuh hal ini tentunya dapat menjadikan taktik kita diketahui musuh. Setidaknya dari pemilihan hero yang pas bisa mempercepat kemenangan dari tim kamu.

No Emosi-Emosi

Dalam hal ini kita harus paham tugas seorang support itu apa. Jangan terbawa suasana permainan yang  dengan mudahnya kita melewati batas peran support. Ingat biasanya sering kali kita mengambil alih peran Offlaner maupun Hero Carry.

Sehingga penguasaan tim jadi tak seimbang lagi, untuk itu kamu sebagai support jangan terlalu menonjolkan diri karena peranmu  sebagai support yang bertugas mendukung permainan anggota rekan tim lain.

Tapi kamu harus bisa mengembangkan permainan supaya para Carry maupun Hero Offlaner bisa berkembang permainannya menjadi lebih baik lagi. Jadi no emosi-emosi ya!

Harus Teliti Melihat Map

Peta merupakan alat untuk membaca setiap taktik dan strategi serta membangun kewaspadaan ketika permainan berlangsung. Ketika Hero Carry disibukkan dengan peran farming. Kamulah sebagai support yang berperan sebagai pembaca peta.

Membaca peta setidaknya akan meminimalisir serangan yang bisa secara tiba-tiba dilontarkan musuh, kamu juga leluasa dalam mengetahui gerak-gerik musuh di peta jika sudah paham jalan dan keadaan peta.

Sayang Nyawa

Kata siapa support tidak peduli dengan nyawa, meski perannya bukan center pada permainan. Justru dialah yang menjadi awal mula penyebab kekalahan ketika support mati duluan. 

Support memiliki pertahanan yang tipis, sehingga rentan untuk diserang lawan. Meski begitu support jangan sampai cepat mati karena ketika pertahanan tim tidak ada dalam memantau dan membantu maka tim akan kewalahan untuk menang,

Untuk itu support harus selalu menjaga jarak dengan musuh, yang bisa saja menyerang secara tiba-tiba. Hal ini tentu tidak diinginkan support harus sayang nyawa jika ingin tim memenangkan pertandingan.

Melakukan Pengoptimalan Warding

Support memiliki tugas yang kompleks salah satunya melakukan pengoptimalan ward supaya bisa memasang waktu yang tepat dalam pemantauan dan pengambilan strategi. 

Jika salah saja dalam mengambil keputusan maka rekan-rekan setim tak akan segan menceramahi kamu sebagai support Dota 2.

Harus Yakin Ketika Sudah Mengambil Keputusan

Cara menjadi support Dota 2 selanjutnya adalah tentang keyakinan dari keputusan yang kita buat. Tak jarang kita lihat banyaknya masalah yang dihadapi support ketika merasa salah pilihan.

Ia membuat keputusan yang gegabah dan tidak yakin memainkan keputusan yang dibuat. Entah itu biasanya support berada di titik yang sangat sulit seperti harus memilih meninggalkan carry supaya tidak ikut dibunuh oleh musuh atau malah ikut war sampai mati.

Keputusan seperti itu sering seperti simalakama dan membuat support serba salah. Maka dari itu apapun keputusan yang diambil yakin saja, dan lakukan yang terbaik. Hal ini yang akan membuat kamu cepat menang.

Membeli Item yang Penting 

Tak kadang menjadi support membuat kita cepat mati karena kekurangan pertahanan dan persediaan item yang minim memberi kelemahan sehingga musuh dengan mudah membunuh kita. 

Untuk itu pentingnya dalam pembelian item yang bisa bantu perkuat ranah pertahanan kamu. Kamu bisa membeli item-item yang ada di Steam Wallet Dota 2 seperti Glimmer Cape, Eul’s Scepter dan item-item penting lainnya.

Ketika kamu atau rekan se-tim berada dalam bahaya item itulah yang bisa menolong. Seperti kamu bisa melemparkan item ke lawan, hingga item dapat mengelabui lawan atau melemahkan lawan sehingga bisa lari ataupun bersembunyi.

Saling Percaya dengan Tim

Cara menjadi support Dota 2 yang terakhir ini paling krusial, yaitu saling percaya satu sama lain di dalam tim.

Seringkali ketika bermain dengan tim, dan mengambil peran berbeda masing-masing. Kita keluar jalur dan malah memainkan peran tim lain. Hal ini yang membuat tim cepat kalah karena pertahanan dan koordinasi yang lemah.

Biasanya hal tersebut terjadi karena kurangnya kepercayaan pada tim,sehingga merasa mereka tidak bisa mengambil peran yang sudah ditetapkan jadi support seakan-akan menjadi serakah.

Kamu sebagai support ayomi setiap peran yang lain. Saling percaya dan menjaga khususnya menjaga Carry dari serangan lawan yang kerap datang tiba-tiba.

Itu dia beberapa trik yang patut kamu coba ketika berperan sebagai seorang support dota 2. Pastikan mengerti cara menjadi support Dota 2 mulai dari tugas, peran dan apa yang harus kamu lakukan agar tak gegabah dan mampu membuat permainan tim menjadi berkemang.


FYI : Jika masih ada pertanyaan terkait cara menjadi support Dota 2 lainnya, maupun tips, game, produk ROG, bisa langsung masuk ke forum ROG Community. Di sana kalian bisa sharing dan konsultasi dengan dengan sesama member sepuasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ready to start your journey?

If there is nothing in a chest, the chest doesn’t mean anything