8 Alternatif Steam PC Game Jika Diblokir dan Kelebihannya!

Usai pemblokiran pada beberapa aplikasi yang dilakukan oleh Kominfo (Kementrian Komunikasi dan Informatika), banyak gamer mencari alternatif steam PC game jika diblokir. 

Bahkan Origin, Steam, Connect, Epic Games Store dan Ubisoft sempat tidak dapat diakses, sehingga gamer kesulitan memainkan game pada PC mereka dengan cara legal.

Sebenarnya meskipun steam dapat diakses, sebagian gamer justru menggunakan alternatif steam. Jadi, jangan khawatir jika Steam tidak bisa kalian akses. Karena masih bisa mencoba alternatif steam PC game jika diblokir.

Alternatif Steam PC Game Jika Diblokir

Setidaknya kalian bisa mencoba alternatif steam PC game jika diblokir berikut ini :

  • Battlenet

Merupakan sebuah situs web berbentuk toko gaming dari Activision dan Blizzard. Battlenet juga sudah terdaftar PSE dan tidak kena blokir Kominfo.

Berbeda dengan toko digital yang lainnya, situs toko gaming ini membawa Activision dan Blizzard. Diablo, Overwatch, dan Call of Duty adalah beberapa diantara banyaknya judul game di Battlenet. 

Untuk pembayaran di Battlenet sendiri hanya menerima layanan kartu debit internasional (Jenius dan Jago) dan kartu kredit serta vocher Battlenet. Akan tetapi, mengingat harganya belum disesuaikan bagi wilayah tertentu, maka game di Battelnet dibanderol cukup mahal.

Hal tersebut dikarenakan semua game yang tersedia disini biasanya berdasarkan harga di AS.

  • GOG

Ini adalah satu dari alternatif steam PC game yang populer. GOG termasuk bagian CD project group sebagai pengembang game The Witcher. 

GOG biasanya mengiklankan DRM free, yang artinya tidak memberikan batasan game yang akan dibeli untuk memakai peluncur, misalnya Steam maupun aplikasi lain.

Game GOG biasanya sangat rentan dibajak sebab installer dari web bisa disalin ke PC lain, kemudian diinstall serta dimainkan. 

Walaupun GOG menawarkan software GOG Galaxy sebagai software launcher tersendiri. Namun menariknya bisa menggabungkan seluruh launcher, entah itu Origin, Steam maupun Ubisoft Connect pada launchernya. 

  • Fanatical

Ini merupakan sebuah situs web yang menawarkan video gaming dengan penawaran diskon yang menarik. Web ini seringkali mempunyai bundle spesial yang menawarkan diskon besar-besaran, selain untuk game juga untuk buku, software dan semua game.

Kalian bisa membeli buku lewat Fanatical, namun hanya beberapa buku saja yang terpilih bahkan semuanya berbenuk digital. Selain itu, kalian juga bisa membeli software, bahkan dibandingkan di web aslinya, software di Fanatical jauh lebih terjangkau.

  • Game Jolt

Ini adalah sebuah layanan toko digital sebagai alternatif steam PC game jika diblokir. Namun toko digital ini khusus untuk layanan game indie, yang menawarkan launcher sendiri. Meskipun begitu, kalian juga bisa mengunduh game tanpa launcher dari toko digital ini.

Selain itu, kebanyakan game yang ada di Game Jol ialah gratis, sedangkan sebagian lagi meminta donasi untuk kerja keras yang telah mereka berikan. Donasi ini sifatnya sukarela, jadi kalian bisa berdonasi maupun tidak.

  • Indiegala

Meskipun statusnya sebagai alternatif steam PC game jika diblokir, namun situs web ini sebenarnya menawarkan game dari pihak ketiga, dan salah satunya adalah Steam.

Indiegala seringkali menawarkan game-game gratis, entah itu dari giveaway untuk dimainkan lewat aplikasi Indiegala ataupun giveaway pihak ketiga.

Platform ini juga dapat dijadikan sebagai alternatif untuk memperoleh game gratisan. Untuk pembayaran sendiri, Indiegala menawarkan pembayaran dengan kartu VISA, kartu kredit, Razer Gold, dan American Express.

  • Origin

Origin memberikan gamer dengan layanan one stop shop khususnya untuk judul-judul Electronic Arts-nya. Setiap bulan memungkinkan kalian bisa memperoleh penawaran diskon menarik dari waralaba favorit Origin.

Tidak hanya itu saja, pengunjung juga dapat uji coba gratis dan melakukan demo. Kalian bisa mendapatkannya di sebagian besar koleksi game Origin. 

  • Kinguin

Platform ini menawarkan layanan yang berbeda dari game umumnya. Para gamers di sini diajarkan bagaimana cara menjual, bertukas hingga membeli game secara aman. 

Semua platform pada game yang mencakup proses pertukaran unik ini yaitu GOG, PS4 dan steam. Dengan Kinguin, para gamer dapat mengambil profit dari adanya Rencana Perlindungan Pembeli Perusahaan.

Dalam hal ini, rencana perlindungan pembeli menawarkan jaminan cashback selama 1 bulan pada penjual atau pembeli. 

  • G2A

Toko digital lainnya yaitu G2A yang dibuat sama sepert Kinguin. Gamer yang memakai alternatif steam ini bisa menjual, membeli hingga memperjualbelikan kunci game lewat berbagai platform. 

Menariknya lagi, G2A memberikan penawaran berupa Random Keys. Sehingga memungkinkan gamer bisa memilih untuk melakukan pembelian hanya satu atau bahkan beberapa kunci yang memberikan akses ke dalam game secara random. 

Metode ini tentu saja merupakan opsi menarik bagi pengguna yang tertarik berpindah genre game. Selain itu bagi siapa saja yang tertarik memperluas wawasan mengenai game.

Penutup

Itulah 8 rekomendasi alternatif steam PC game jika diblokir yang bisa kalian pilih sesuai kebutuhan. Cek plus minusnya dan pilih yang terbaik!

FYI : Jika masih ada pertanyaan terkait tips, game, produk ROG, bisa langsung masuk ke forum ROG Community. Di sana kalian bisa sharing dan konsultasi dengan dengan sesama member sepuasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ready to start your journey?

If there is nothing in a chest, the chest doesn’t mean anything