2 Cara Mengatasi Masalah Suara Speaker Pecah/Sember Pada Laptop ASUS ROG

ROGcommunity.id – Cara mengatasi masalah suara speaker pecah/sember pada laptop ASUS ROG sebenarnya mudah. Hal ini wajib diketahui para pemiliknya.

Terutama ketika memiliki Laptop ASUS ROG, masalah seperti ini tentu membuat kita sangat risih dan menurunkan performa laptop. Sehingga kita harus segera membetulkan speaker tersebut. 

Ada beberapa cara mengatasi masalah suara speaker pecah/sember pada laptop ASUS ROG yang bisa Anda coba di rumah tanpa bantuan profesional. 

Namun sebelum itu kita harus mengetahui dulu kira-kira apa saja yang bisa menyebabkan laptop ASUS ROG Anda mengeluarkan suara speaker yang sember/pecah.

Penyebab Suara Speaker Pecah/Sember pada Laptop ASUS ROG

Disinyalir ada beberapa masalah inti yang menyebabkan Speaker Laptop ASUS ROG Anda menjadi bersuara pecah atau sember. Di antaranya adalah :

Penggunaan Power Amplifier

Penyebab suara speaker menjadi tidak jelas atau pecah biasanya saat kita memaksa speaker harus menggunakan power dengan daya yang tidak seimbang atau daya kecil. 

Hal tersebut sering terjadi bukan karena speaker aslinya memiliki suara yang pecah namun dapat disebabkan oleh kekurangan arus yang disebabkan oleh penggunaan power yang sudah tidak dalam keadaan baik lagi atau penggunaan power amplifier rakitan.

Settingan 

Sebelum memeriksa permasalahan yang besar. Cobalah meneliti permasalahan yang sering dianggap sepele namun kita lewatkan begitu saja. Biasanya speaker yang pecah dapat disebabkan oleh adanya kesalahan dalam mengatur laptop. 

Untuk itu cobalah untuk melihat kembali pengaturan audio yang ada di laptop ASUS ROG Anda apakah sudah benar atau ada kesalahan yang terjadi disana. 

Masalah Speaker Box

Saat membeli perangkat laptop kita sering tidak hati-hati hingga terkadang salah satu komponen dalam audio laptop ASUS ROG pun dibeli secara abal-abal contohnya adalah penggunaan speaker box yang abal-abal. 

Ketika membeli speaker box yang KW tentunya kualitasnya juga menurun hingga menyebabkan suara audio yang dikeluarkan menjadi pecah. Anda dapat meminimalisir hal ini dengan membeli speaker box di tempat terpercaya sehingga menghindari pembelian speaker box palsu.

Periksa Spool Audio

Cara mudah memperbaiki speaker yang pecah adalah dengan melihat permasalahan yang ada pada daun. Biasanya ketika memiliki daun speaker yang bermasalah membuat suara sember pada audio yang diputar. 

Anda bisa mencoba memukul kecil daun speaker ketika dihidupkan beberapa kali apakah benar-benar bekerja atau tidak. 

Cobalah memainkan area speaker untuk menemukan masalah yang mungkin saja terjadi pada laptop ASUS ROG Anda. Setelah mencoba mencari sumber masalah Anda dapat mencoba melakukan pemeriksaan audio laptop pada bagian spool caranya cukup geser membran audio ASUS ROG Anda.

Cara Mengatasi Masalah Suara Speaker Pecah/Sember Pada Laptop ASUS ROG

Setelah mengetahui penyebab-penyebab dari masalah speaker sember atau pecah pada laptop ASUS ROG. Sekarang kita bahas bagaimana cara mengatasi masalah suara speaker pecah/sember pada laptop ASUS ROG.

Berikut beberapa kiat cara mengatasi masalah suara speaker pecah/sember pada laptop ASUS ROG yang bisa Anda coba di rumah :

Pertama, Anda masuk dulu pada desktop laptop ASUS ROG

Kedua, Coba lihat  ke bagian kanan bawah yang ada di sisi layar. Klik di tempat yang terdapat ikon speaker tersebut.

Ketiga, Lalu Anda bisa mencoba menekan pilihan ‘’Mixer’’ ataupun menekan pilihan ‘’Open Volume Mixer’’

Keempat, Jika sudah dilakukan. Anda bisa melihat akan ada dua ikon speaker yang muncul di laman laptop. Kemudian lanjut dengan memilih ikon bertuliskan Speaker Device yang berada di sebelah kiri layar.

Kelima, Jika sudah memilih maka Anda langsung masuk ke menu pengaturan speaker yang ada di layar lalu langsung  ke pilihan ‘’Levels’’. lalu pilih tombol ‘’Balanced’’ yang terdapat di di sebelah audio tersebut.

Keenam, sekarang Anda bisa menyesuaikan dan mengubah tingkatan volume laptop yang tersedia. Misalnya tulisan L (left) atau R (right) yang mengartikan posisi speaker laptop ASUS ROG Anda.

Ketujuh, ubah pengaturan dengan menjadikan sisi speaker yang Anda anggap pecah dengan menurunkan volume sisi speaker pada poin 0. Sedangkan pada sisi speaker yang tidak bermasalah Anda bisa menaikkannya pada suara yang lebih tinggi supaya nanti terdengar lebih nyaring. 

Sekarang laptop sudah memperbaiki sisi suara speaker yang sember ataupun pecah.

Cara Alternatif Mengatasi Suara Sember pada Laptop

Cara ini mungkin terkesan sedikit anti mainstream yang tidak disarankan namun banyak dicoba dan beberapa berhasil melakukannya.

Yaitu dengan mengelem bagian membran speaker laptop ASUS ROG yang rusak. Dengan cara bongkar pasang laptop terlebih dahulu. Tapi cara ini agak sedikit berisiko dan Anda juga harus memakai lem yang lentur meski sudah mengering seperti lem silikon rubber atau lem kastol.

Itu dia cara mengatasi masalah suara speaker pecah/sember pada laptop ASUS ROG yang bisa Anda coba di rumah. Lakukan percobaan tersebut dengan hati-hati jika masih tidak bisa Anda bisa meminta bantuan dengan ahlinya. Selamat mencoba dan semoga bisa berhasil ya!


FYI : Jika masih ada pertanyaan terkait tips, game, produk ROG, bisa langsung masuk ke forum ROG Community. Di sana kalian bisa sharing dan konsultasi dengan dengan sesama member sepuasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ready to start your journey?

If there is nothing in a chest, the chest doesn’t mean anything