Cara Memperbaiki Intel CPU Turbo Boost Tidak Dapat Mencapai Frekuensi Tertinggi

Saat Intel CPU Turbo Boost berada pada posisi rendah maka performa laptop juga menurun sehingga banyak orang mencari cara memperbaiki Intel CPU Turbo Boost tidak dapat mencapai frekuensi tertinggi.

Pada artikel kali ini kami akan membahas sedikit  banyak tentang masalah dari cara memperbaiki intel CPU Turbo Boost Tidak Dapat mencapai Frekuensi Tertinggi. 

Namun sebelum itu kita harus paham istilah dari masing-masing kata di atas diantaranya :

Pengertian CPU

CPU atau Central Processing Unit merupakan sirkuit elektronik yang digunakan untuk membawa instruksi dari program komputer untuk digunakan dalam beberapa kegiatan komputer seperti kontrol, operasi perhitungan dasar, hingga logika dan input atau output.

CPU adalah sebuah prosesorayang dibuat oleh pasir dan terdapat juga silikon ebagai bahan utama dari perangkat ini.

Apa Kegunaan CPU ?

Dalam tugasnya, CPU berfungsi menjalankan tugas dari beberapa hal yaitu diantaranya adalah :

Decode

Pada kegunaannya CPU bertugas hanya mengerti bahasa Assembly sehingga jika Anda memiliki bahasa pemrograman lainpun perangkat ini tidak akan merespon kecuali akan diubah melalui bantuan Assembler untuk mengubah bahasa menjadi bahasa Assembly dengan bentuk kode-kode biner.

Writeblack

Pada saat prosesor melakukan eksekusi perintah, akan ditulis dalam bentuk sebuah tulisan yang mana berisi perintah. Lalu perintah tersebutlah menghasilkan keluaran dan CPU yang bertugas menjalankannya.

Melakukan Eksekusi

Dalam tugas lainnya CPU juga berfungsi melakukan beberapa tugas dalam eksekusi diantaranya adalah :

– melakukan pemindahan data yang berasal dari memori dan dipindahkan ke lokasi lain

– dapat berpindah dari satu alamat ke alamat lain dan Central Processing Unit atau CPU mampu membuat keputusannya sendiri.

– Central Processing Unit atau CPU juga dapat melakukan kalkulasi fungsi matematika kompleks dengan menggunakan Arithmetic Logic Unit atau CPU.

Melakukan Fetch 

Ketika aplikasi dijalankan akan ada banyak intruksi yang dikirim ke CPU.Biasanya instruksi ini berasal dari memori program. Selain itu CPU berusaha melakukan pengenalan alamat dan penyimpanan secara spesifik. Ada juga program counter yang berfungsi untuk menghitung CPU ketika mengatur program yang akan dibuat laptop.

Pengertian Intel Turbo Boost

Intel CPU turbo boost merupakan cara yang digunakan untuk menjalankan inti prosesor dengan otomatis dan lebih cepat daripada frekuensi yang telah ditandai.  Sehingga saat prosesor bekerja lebih maksimal maka akan menghasilkan berbagai performa yang lebih tinggi pada aplikasi tunggal maupun multithreaded.

Jika Anda ingin menambahkan Intel CPU Turbo Boost pada perangkat komputer atau laptop kesayangan. Kabar baiknya tidak perlu menambah atau menginstal perangkat lunak dan aplikasi apapun.

Saat Intel Central Proscessing Unit atau CPU berada pada kecepatan clock yang lebih tinggi maka berarti CPU dapat melakukan performa yang lebih cepat. Biasanya clock mengukur CPU dengan jumlah yang dijalankannya perdetik.

Apakah Turbo Boost Berbahaya Bagi Laptop?

Pada dasarnya turbo boost merupakan fitur resmi yang ada pada laptop. Sehingga perangkat ini dapat dikatakan aman untuk digunakan pada laptop. Bahkan beberapa pembelian memberikan garansi.

Selain itu pada laptop yang memasang turbo boost pada prosesor laptopnya memiliki keunggulan lain yaitu tersedianya fitur overclock yang dapat meningkatkan kinerja laptop.

Turbo boost yang dipasang pada laptop juga akan membuat performa prosesor menjadi lebih maksimal sesuai dengan perangkat motherboard, PSU atau pun pendingin laptop Anda.

Namun Turbo Boost biasanya lebih cocok untuk dipasangkan pada laptop gaming karena membutuhkan performa single-core. 

Cara Memperbaiki Intel CPU Turbo Boost Tidak Dapat Mencapai Frekuensi Tertinggi 

Ketika ingin melakukan peningkatan Intel CPU Turbo Boost hingga frekuensi tertinggi Anda dapat melakukan tahap-tahap berikut ini, diantaranya :

Pertama, Ketik Command Prompt pad apencarian Windows kemudian Anda klik Open.

Kedua, Anda dapatt mengetikkan perintah di Command Prompt dengan menulis sebagai berikut (powercfg-SETACTIVE-8c5e7fda-e8bf-4a96-9a85-a6e23a8c635c)lalu Anda dapat menekan tombol Enter yang ada pada keyboard laptop.

Ketiga, Setelah Anda menulis perintah tersebut lakukan konfirmasi apa high performance mode sudah dijalankan atau belum. Kemudian Anda bisa memilih rencana daya sistem operasi windows dengan menulis dan mencari pada kolom cari di Windows  ‘’Choose a power plan ‘’ kemudian klik pilihan open.

Keempat, Lihatlah apakah mode kinerja tinggi atau high performance sudah bisa dipilih dan tersedia pada rencana daya komputer Anda ataukah belum. 

Jika sudah menyelesaikan tahap-tahap di atas maka tutorial cara memperbaiki Intel CPU Turbo Boost tidak dapat mencapai frekuensi tertinggi telah berhasil dilakukan. Serta kini Anda dapat menikmati performa yang lebih kencang pada laptop.

Penutup

Sekarang Anda sudah paham mengenai pengertian dari CPU kemudian pengertian Intel Turbo Boost hingga memahami bagaimana cara memperbaiki Intel CPU Turbo Boost tidak dapat mencapai frekuensi tertinggi.

Keahlian tersebut bisa Anda gunakan untuk laptop pribadi. Namun jika tutorial di atas tidak berjalan sama sekali mungkin Anda bisa menghubungi pelayanan laptop terdekat untuk meminta bantuan.

FYI : Jika masih ada pertanyaan terkait tips, game, produk ROG, bisa langsung masuk ke forum ROG Community. Di sana kalian bisa sharing dan konsultasi dengan dengan sesama member sepuasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ready to start your journey?

If there is nothing in a chest, the chest doesn’t mean anything