Cara Merakit PC Gaming Lengkap dan Praktis

PC gaming adalah istilah untuk komputer yang performanya ditingkatkan untuk bermain game dengan kualitas yang tinggi. Tidak jarang jika sekarang ini banyak ditemui PC gaming yang bermacam-macam, game racing PC, dll. Sehingga banyak yang mencoba memahami cara merakit PC gaming.

Merakit PC gaming dapat dilakukan langsung olehmu atau dengan bantuan seorang profesional. Pastinya merakit PC gaming dengan biaya yang murah sudah menjadi keinginan banyak orang. Untuk lebih mudah dalam merakitnya.

Cara Merakit PC Gaming

Spesifikasi Game 

Langkah awal sebelum merakit PC gaming, kamu harus tau lebih dulu game apa yang nantinya bakal dijadikan acuan dalam bermain. Biasanya game memiliki spesifikasi masing-masing agar dapat dengan lancar dimainkan di PC gaming.

Sehingga tidak terjadi lag atau kondisi di mana game akan terasa berat dan lambat pada saat dimainkan. Jika sudah menentukan game apa yang akan digunakan, maka kedepannya menentukan apa yang dibutuhkan PC gamingmu sangat mudah.

Komponen PC Gaming

Dalam merakit PC Gaming dibutuhkan beberapa komponen yang wajib ada, sehingga performa PC mu tidak akan kesulitan menghadapi spesifikasi game yang ditentukan. Komponen itu sendiri ada Motherboard, CPU, Penyimpanan, RAM, GPU, PSU, Sistem Pendinginan, dan  Sistem operasi.

Keseluruhan komponen tersebut yang akan mengisi PC gaming mu sesuai dengan spesifikasi game yang sudah ditentukan sebelumnya. Sehingga tidak perlu khawatir nantinya jika terjadi lag  pada saat bermain.

CPU (Central processing unit)

Komponen ini biasanya berada di dalam plastik atau di soket itu sendiri. Di samping soketnya ada sebuah tuas logam kecil. Kemudian buka tutup soket dengan menekan tuas dan lepaskan dari kemasannya.

CPU tersebut bisa kamu isi dengan CPU yang sudah kamu beli sebelumnya. Caranya tinggal masukan CPU ke dalam soket, lalu turunkan tuas hingga mengunci. Hindari menyentuh langsung permukaan CPU, karena komponen ini sangat rentan terhadap debu dan minyak.

Pendingin

Pendingin ini bertujuan untuk mendinginkan kinerja CPU yang berlebih atau overheat. Beberapa pendingin ada yang memerlukan braket pemasangan dan ada yang tidak.

Banyak pendingin yang sudah dilengkapi dengan pasta termal pada CPU, jadi akan lebih mudah dalam pemasangannya. Untuk memasang pasta termal, pencet sekecil beras ke tengah CPU. Lalu, letakkan pendingin pada CPU. Pasta termal akan menyebar secara merata akibat tekanan pendingin ke CPU.

RAM (Random Access Memory)

Sebelum menambahkan RAM, pastikan kamu tahu cara cek RAM sehingga kamu dapat mengestimasi akan menambahka berapa banyak RAM.

Cara merakit PC gaming yang kelima yaitu dengan menambahkan RAM. Berfungsi sebagai penyimpanan PC yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap. Komponen ini juga menjadi syarat PC gaming mu menjadi lebih kuat.

Cara pemasangannya cukup mudah, cukup lihat ada berapa slot yang tersedia untuk pemasangan RAM. Bisa dua atau bahkan empat RAM sekaligus. Semakin besar kapasitas RAM yang tersedia, semakin banyak pula daya tampung data game yang dapat disimpan.

Motherboard

Komponen yang satu ini memiliki peranan yang sangat penting, karena komponen inilah yang menjadi wadah bagi RAM maupun CPU nantinya. Jadi pastikan dengan benar untuk memasang komponen ini. 

Cara memasang motherboard yaitu pastikan pelindungnya sudah terpasang pada casing dan sejajarkan dengan pelindungnya. Setelah itu pasang sekrup yang tersedia pada motherboard untuk menahannya agar tidak jatuh saat dipasang.

GPU (Graphics Processing Unit)

Komponen yang satu ini berfungsi sebagai rendering grafis. Lebih lanjut lagi, komponen ini yang nantinya akan mempertajam tampilan grafis dari setiap game yang sudah kamu tentukan. 

Banyak sekali jenis GPU yang bisa kamu temukan, mulai dari yang paling murah hingga paling mahal semua bisa kamu temukan. Sesuaikan GPU dengan game yang sudah ditentukan untuk tampilan yang lebih maksimal. 

Cara pemasangannya yaitu cari slot PCIe* x16 pada motherboardmu lalu pasang GPU, sejajarkan secara perlahan dengan kedua braket penahan belakang dan slot, lalu dorong perlahan ke dalam slot PCIe* x16 hingga terdengar suara klik. Kemudian isi beberapa sekrup di belakang untuk menempatkan GPU dengan kokoh.

PSU (Power Supply Unit)

Merakit PC gaming yang tidak boleh ketinggalan adalah memasang Komponen PSU. Komponen ini berfungsi sebagai pemasok tegangan langsung ke komponen dalam casing yang membutuhkan tegangan seperti motherboard, HDD dll.

Cara memasangnya cukup mudah, bisa diatur sesuai dengan keinginan. Jika ingin mendapatkan ruang udara yang lebih, kamu bisa meletakannya sesuai dengan ventilasi yang tersedia pada casing lalu sekrup untuk mengencangkan PSU.

Penyimpan (HDD atau SSD)

komponen ini juga masuk dalam daftar wajib merakit PC gaming. HDD dan SSD memiliki fungsi yang sama yaitu penyimpanan tetap pada PC Gaming. Tinggal disesuaikan jenis penyimpanan mana yang cocok untukmu. Itu tadi mengenai merakit PC gaming yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Pastikan kamu tidak melewatkan setiap langkahnya, ya. Selamat mencoba!

Kesimpulan

Cara merakit PC Gaming sebenarnya tidak memiliki aturan baku. Justru bagimana perakitannya bergantung pada kreatifitas dan angan-angan dari perakitnya. Yang penting, semua dipasang ditempatnya dan sesuai aturan yang tertera.

Selanjutnya ketika PC gaming telah terakit, kamu harus menyesuaikan segala bentuk hal yang diperlukan untuk di setting, baik mengatur hardware dan software. Semisal kamu harus tahu cara setting mouse gaming agar kamu dapat mengotimalkan mouse untuk gaming.

FYI : Jika masih ada pertanyaan terkait tips, game, produk ROG, bisa langsung masuk ke forum ROG Community. Di sana anda bisa sharing dan konsultasi dengan dengan sesama member sepuasnya.

6 thoughts on

Cara Merakit PC Gaming Lengkap dan Praktis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ready to start your journey?

If there is nothing in a chest, the chest doesn’t mean anything