ASUS ROG Laptop Gaming Pertama Dengan Sertifikasi AMD Advantage Edition Plus Edisi Khusus Alan Walker, Cek Speknya

ROGcommunity.id – ASUS ROG laptop gaming pertama dengan sertifikasi AMD Advantage Edition, plus edisi khusus Alan Walker adalah laptop gaming seri terbaru dari ASUS. 

Laptop gaming ASUS ini termasuk laptop gaming yang pertama ada di dunia dengan kombinasi performa GPU AMD Radeon RX 6800M dan CPU AMD Ryzen 9 5900HX Mobile Processor. Keduanya berkat hasil kerjasama dengan pihak AMD untuk performa yang mumpuni. 

Laptop tersebut hadir lewat produk ROG Strix G15 Advantage Edition serta ROG Zephyrus G14 Alan Walker Special Edition. Keduanya menawarkan target pasar berbeda, dengan performa khas masing-masing produk.

ASUS ROG Laptop Gaming Pertama Dengan Sertifikasi AMD Advantage Edition Plus Edisi Khusus Alan Walker

ASUS ROG Laptop Gaming Pertama Dengan Sertifikasi AMD Advantage Edition Plus Edisi Khusus Alan Walker, Cek Speknya
ASUS ROG Laptop Gaming Pertama Dengan Sertifikasi AMD Advantage Edition Plus Edisi Khusus Alan Walker

Produk ROG Strix G15 Advantage Edition, merupakan produk khusus untuk konsumen yang lebih mengutamakan performa yang mumpuni tanpa kompromi. Sedangkan pada produk ROG Zephyrus G14 AW SE khusus bagi konten kreator dalam bidang musik. 

ASUS ROG, Laptop Gaming Pertama Dengan Sertifikasi AMD Advantage Edition, Plus Edisi Khusus Alan Walker memang layak dipilih sesuai kebutuhan pengguna. Untuk lebih mengenal keduanya, mari kita ulas spek masing-masing produk.

Fitur dan Keunggulan ASUS ROG Strix G15 Advantage Edition

Produk ROG Strix G15 Advantage Editon telah didukung oleh prosesor dari AMD Ryzen 9 5900HX dengan tampilan grafis dari GPU AMD Radeon RX 6800M 12 GB GDDR6. Merupakan salah satu laptop ROG yang pertama dengan performa dapur pacu dan kartu grafis dari AMD.

Bahkan kombinasi dapur pacu tersebut disematkan dalam tulisan ‘IIIR’ pada bodi laptop melalui aksen yang berwarna merah, yang berarti perpaduan antara Radeon, ROG dan Ryzen. Selain itu, spek penyempurna lainnya adalah baterai yang berkapasitas 90Wh, SSD NVMe 1TB daN RAM 2×8 GB.

Pada sektor layar telah disematkan panel bertipe IPS yang membentang 15,6 inchi dan beresolusi QHD melalui ukuran 2560×1440 pixel, 100% DCI-P3 dan refresh rate 165Hz.

Keseluruhan spek tersebut dikemas apik melalui bodi yang 7% lebih simpel dan ringkat ukurannya dari seri Strix G yang diluncurkan tahun 2020. Memiliki ukuran layar laptop yang sama persis, hanya saja dimensinya mengecil, karena rasio layar yang dinaikkan 85% ke bodinya.

Karena mengusung design framework yang baru yang ditetapkan AMD, inilah yang membuat laptop ROG tersebut dinamakan advantage edition. Hal ini juga mengacu terhadap pemakaian kartu grafis dari Radeon terbaru dan prosesor Ryzen.

Perpaduan tersebut sangat penting guna mewujudkan fitur AMD SmartShift, sehingga memungkinkan terjadinya penyesuaian terhadap alokasi daya pada CPU maupun GPU sesuai dengan pemakaiannya.

Dengan kata lain, untuk editing video maupun aktivitas konten kreatif lainnya, maka perangkat akan memfokuskan alokasi daya pada performa CPU. Begitupun sebaliknya, saat bermain game, maka yang diutamakan performa GPU-nya. Alhasil, performanya meningkat sampai 10%. 

Ada lagi AMD Smart Access Memory, sebagai fitur khusus agar CPU dapat mengakses VRAM dari GPU. Hal ini juga didukung oleh RX 6800M dengan kapasitas mencapai 12GB. 

Pada ROG Strix G15 seri Advantage Edition, memiliki sistem pendingin dengan mengandalkan vapor chamber dibandingkan heat pipe, sehingga memungkinkan proses pembuangan panas lebih merata dibandingkan semua komponen. Tidak hanya GPU dan CPU-nya saja. 

Fitur dan Keunggulan ASUS ROG Zephyrus G14 Alan Walker Special Edition

ASUS ROG Laptop Gaming Pertama Dengan Sertifikasi AMD Advantage Edition Plus Edisi Khusus Alan Walker memang layak dipilih para konten kreator atau gamer profesional. 

ROG Zephyrus G14 Alan Walker Special Edition adalah produk kolaborasi antara pabrikan ASUS  dengan Alan Walker, DJ terkenal berkebangsaan Norwegia. Menawarkan desain yang berbeda dari tipe standar Zephyrus G14. 

Lewat produk ini, pada dasarnya ASUS ingin memberitahukan jika brand ROG juga ikut menyasar segmen lifestyle, dan bukan hanya gamer

Spek dapur pacu yang mumpuni, dengan mengandalkan prosesor dari AMD Ryzen 9 5900HS. Menghadirkan TDP lebih rendah membuat ROG Zephyrus G14 AW SE semakin irit. Sementara itu, sektor grafisnya mengandalkan Nvidia GeForve RTX 3050 Ti 4GB GDDR6. 

Melalui spek performa GPU di atas dapat disimpulkan bahwa laptop ini memang khusus bagi konten kreator.           

ROG Zephyrus G14 AW SE kini telah hadir dengan RAM 8GB, baterai 76 Wh dan SSD NVMe mencapai 1TB. Pada layarnya, produk ini selevel lebih tinggi dari panel IPS seluas 14 inci, memiliki refresh rate 120Hz dengan resolusi 1440p. 

Pada sektor layar, sudah disematkan color gamut 100% dengan DCI P3. Untuk menyempurnakan seri laptop bagi konten kreator, laptop ROG Zephyrus G15 AW sudah dibekali spek Pantone Validated. Produk laptop ini juga mempunyai bobot 1,7 kg dengan tebal bodi sekitar 1,99cm.

Kedua ASUS ROG, Laptop Gaming Pertama Dengan Sertifikasi AMD Advantage Edition, Plus Edisi Khusus Alan Walker ini memang layak dihargai tinggi karena keduanya dibanderol dengan kisaran Rp 30 jutaan. 


FYI : Jika masih ada pertanyaan terkait tips, game, produk ROG, bisa langsung masuk ke forum ROG Community. Di sana kalian bisa sharing dan konsultasi dengan dengan sesama member sepuasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ready to start your journey?

If there is nothing in a chest, the chest doesn’t mean anything