Inilah Cara Mengecek Pity Genshin Impact, F2P Wajib Tahu

Bagi player Genshin Impact wajib mengetahui cara mengecek pity Genshin Impact untuk memudahkan mendapat karakter dan senjata impiannya.

Apa itu Pity

Dalam Genshin Impact sistem pity ada untuk membatasi ketidakpastian dalam system gacha di dalamnya. Artinya meskipun Genshin Impact berisi gacha dalam berbagai hal termasuk karakter dan senjata, ada hitungan pasti sampai berapa kali gacha kita akan mendapatkan senjata atau karakter.

Secara umum dalam Genshin Impact seorang player akan mendapatkan karakter atau senjata bintang 4 setiap 10 kali pull (wish). Hal ini berlaku baik di banner standard, senjata, maupun banner special.

Sedangkan untuk karakter bintang 5 didapatkan jika pull mencapai 90 dan senjata bintang 5 jika pull mencapai 80.

Sebelum kita tahu cara mengecek pity Genshin Impact, berikut macam-macam banner Gacha di Genshin Impact.

Macam-macam banner untuk gacha Genshin Impact

Perlu diketahui bahwa dalam Genshin Impact ada 4 macam banner. Banner ini memberikan informasi karakter yang tersedia di setiap banner dan juga senjata yang tersedia di dalam gachanya.

Untuk mengakses banner gacha ini kita membuka menu wish. Lalu pilih di banner apa kita akan melakukan wish atau pull untuk gacha.

Standard Banner

cara mengecek pity genshin impact

Banner ini ada dan tersedia sepanjang waktu. Jika kita melakukan wish di banner ini maka kita akan mendapatkan senjata atau karakter bintang 4 secara acak.

Sementara itu jika kita melakukan wish sampai 90 kali maka diberikan garansi mendapatkan senjata bintang 5 dari tipe Skyward dan beberapa senjata bintang 5 tertentu dan juga karakter bintang 5 tertentu yakni Keqing, Mona, Diluc, Qiqi dan Jean.

Jadi ketika kita melakukan pull sampai 90 kali, kita pasti mendapatkan antara salah satu senjata bintang 5 di atas atau karakter bintang 5 di atas.

Limited Character Banner

Banner ini juga disebut Character Event Wish. Banner ini tersedia dalam waktu terbatas setiap updatenya. Biasanya ada dua buah banner di setiap updatenya.

Misalnya di update terbaru yakni patch 3.4 kali ini di fase pertama ada Alhaitham dan Xiao.

cara mengecek pity genshin impact
cara mengecek pity genshin impact

Jika kita melakukan wish atau gacha di banner maka setiap 10 kali pull kita pasti akan mendapatkan karakter atau senjata bintang 4. Bedanya dengan standard banner, karakter bintang 4 yang tampil di banner ini mendapatkan rate up artinya kemungkinan untuk mendapatkan mereka lebih besar.

Untuk karakter bintang 5 yang kita dapatkan setelah mencapai 90 kali wish tergantung pada yang ditampilkan di banner yang kita ambil untuk gacha.

Weapon banner

Banner ini biasanya dikhususkan untuk senjata yang memang signature bagi karakter yang tampil di limited character banner. Jadi sebelum melakukan wish kita diminta untuk memilih salah satu senjata yang ada.

Untuk sistemnya juga sama dengan penjelasan di limited character banner di atas. Hanya saja untuk mendapatkan senjata bintang 5 sesuai banner jika pull mencapai 80 kali.

Mekanisme 50/50 Gacha Genshin Impact

Ada mekanisme 50/50 (fifty fifty) di dalam system gacha Genshin Impact. Mekanisme ini memberikan karakter bintang 5 setelah 90 kali pull, tetapi kadang karakter yang didapatkan antara karakter di standard banner atau di limited character banner.

Contohnya kita melakukan wish sampai 90 kali kemudian mendapatkan Diluc, ini berarti kita terkena mekanisme 50/50. Kita baru akan mendapatkan karakter yang tampil di banner secara pasti setelah melakukan 90 kali pull atau gacha sekali lagi (total 180 kali pull).

Namun ada kemungkinan juga kita tetap medapatkan karakter yang sesuai banner meskipun baru melakukan 90 kali pull pertama.

Keberuntungan dalam Gacha Genshin Impact

Memang begitulah adanya system gacha di Genshin Impact. Kita dipaksa untuk memperhitungkan dengan baik mau wishh di banner mana, terutama untuk player f2p alias free to play, alias tidak ingin keluar uang nyata untuk gacha.

Beda cerita bila kita player yang rela mengeluarkan bahkan dalam jumlah besar (disebut sebagai Whale). Mau pull di mana saja ok ok saja.

Cara mengecek pity Genshin Impact

Nah, bagaimana cara mengecek pity Genshin Impact dan bagaimana menghitungnya?

Caranya dengan klik history (Riwayat) di setiap banner yang ingin kita gacha.

cara mengecek pity genshin impact

Contohnya di gambar ini, di Riwayat pull di limited character banner didapatkan Diluc di halaman 15 (setiap halaman Riwayat pull ditampilkan Riwayat 5 kali pull terakhir).

Dari sini bisa dihitung pull kita dengan cara jumlah halaman ditampilkan sebelum Riwayat karakter bintang 5 (di banner ini: Diluc) dikalikan 5 lalu ditambahkan urutan berapa karakter bintang 5 kita.

Jadi (15-1) x 5 = 70. Kemudian 70 + 2 = 72.

Berarti jika garansi karakter bintang 5 ada di angka 90 maka dikurangi 72 tersisa 18. Dari sini berarti pity kita 18 yang artinya setelah 18 kali pull di pull yang ke 18 kita pasti mendapatkan karakter bintang 5 yang sesuai banner karena sebelumnya kita terkena mekanisme 50/50 dengan mendapatkan Diluc.

Begitulah cara mengecek pity Genshin Impact kita.

Hard dan Soft Pity

Hitungan di atas bisa disebut sebagai hard pity. Ada juga yang disebut soft pity yakni setelah mencapai 75 kali pull kesempatan kita mendapatkan karakter atau senjata bintang 5 semakin tinggi, tidak perlu pull mencapai 90 kali.

Semua bergantung pada keberuntungan. Ada player yang hanya melakukan pull beberapa kali sudah mendapatkan karakter atau senjata bintang 5, bahkan ada yang langsung mendapatkan 2 karakter bintang 5 dalam 10 kali pull.

Penutup

Jangan lupa investasikan pity kita untuk karakter yang benar-benar kita inginkan karena pity ini sistemnya cary over artinya berlanjut dari banner sat uke banner lainnya untuk limited character banner.

Untuk tips lainnya silahkan kunjungi rogcommunity. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ready to start your journey?

If there is nothing in a chest, the chest doesn’t mean anything