2 Cara Screen Record di Laptop ASUS ROG

Cara Screen Record di laptop ASUS ROG sebenarnya mudah. Ada berbagai cara mudah untuk melakukannya.

Bagi Anda pengguna ASUS ROG baru yang sedang kesulitan dalam mengarsip beberapa pembelajaran online tak perlu risau. Pada Artikel kali ini akan membahas bagaimana cara screen record di laptop ASUS ROG.

Di tengah pandemi banyak pekerjaan hingga pembelajaran yang di alih fungsikan ke media online. Sehingga beberapa orang membutuhkan arsip dokumen yang dapat digunakan untuk mengulangi lagi materi yang telah disampaikan.

Untuk itu perekaman layar dimungkinkan supaya pertemuan yang Anda lakukan dengan klien ataupun pembelajaran bisa dapat di lihat kembali. Anda bisa menerapkan cara screen record di laptop ASUS ROG berikut ini :

Apa itu Screen Record ?

Screen Record atau biasa disebut dengan screen recording ataupun screencast. Sesuai namanya ini adalah bentuk tangkapan layar audio yang dapat merekam apapun yang terjadi pada pergerakan laptop maupun Android.

Screen record biasanya berbentuk rekaman suara dari aktivitas laptop yang telah dibuat. Biasanya kita melakukan screen recording saat pertemuan menggunakan google meet atau pun zoom untuk keperluan bukti, atau pun pembelajaran kembali.

Biasanya aktivitas screen record atau perekam suara dilakukan melalui aplikasi pendukung yang dapat Anda instal melalui Android maupun laptop ASUS ROG kesayangan Anda. Namun di beberapa sisi Anda juga dapat melakukan perekaman suara menggunakan beberapa rumus di keyboard.

2 Cara Screen Record di Laptop ASUS ROG

Ada beberapa cara yang biasanya dilakukan orang untuk melakukan screen record di laptopnya. Serta hal ini bisa Anda praktekkan pula pada laptop Asus Rog kesayangan. Berikut cara screen record di laptop ASUS ROG yang wajib Anda ketahui, di antaranya:

Menggunakan Game Bar

Cara pertama yaitu merekam layar melalui beberapa kode yang tersedia di keyboard. Tutorial ini membuat Anda tak memerlukan bantuan aplikasi tambahan lagi. Sebab cukup dengan mengikuti beberapa tahapan berikut ini screen record bisa di ambil :

Pertama, Anda menekan tombol atau logo “Windows yang ada di laptop bersamaan dengan menekan huruf G pada keyboard. Atau ‘’Windows + G’’

Kedua, Lihatlah layar laptop akan memunculkan fitur screen recorder yang berasal dari laptop Windows

Ketiga, Anda bisa memencet ikon ‘’microphone’’ yang ada pada toolbar bagian atas yang berfungsi untuk mematikan atau menyalakan fitur mikrofon yang telah Anda pencet.

Keempat, Pilih fitur ‘’Start Recording” pada menu yang berada di sebelah kiri fitur ‘’Microphone’’

Kelima, Lihatlah tanggapan recorder yang mulai melakukan record pada perangkat laptop Anda. Hal ini berarti recorder sedang berlangsung. 

Jika setelah melakukan rekaman dan ingin melihat hasilnya langsung saja membuka folder laptop Anda kemudian pilih ‘’This PC’’ lalu buka folder Videos kemudian buka lagi folder Captures. Hal rekaman akan terlihat disana.

Cara Mengaktifkan Menu Game Bar Pada Laptop

Cara di atas adalah step-step dalam merekam layar dengan syarat Game Bar sudah aktif terlebih dahulu. Namun bagaimana jika game bar kita belum aktif, atau kita tidak tahu apakah game bar dalam keadaan aktif atau tidak.

Untuk mengetahui hal tersebut Anda dapat mempraktekkan cara mengaktifkan menu Game Bar yang ada pada laptop ASUS ROG berikut ini :

Pertama, buka menu ‘’setting’’ yang ada pada laptop. Biasanya Anda membuka Windows terlebih dahulu dan akan menemukan menu setting disana. 

Kedua, Setelah menemukan menu setting dan membukanya. Anda bisa mencari menu Gaming yang ada disana. 

Ketiga, kemudian akan muncul pilihan menu Game bar. Anda dapat langsung mengaktifkannya dengan klik aktifkan (On). 

Sekarang sudah lihat, kan. Cara screen record di laptop ASUS ROG tak jauh berbeda dari laptop kebanyakan.  Karena sama-sama menggunakan perangkat Windows. Cukup mudah untuk melakukan screen record.

Namun jika Anda masih sedikit kesulitan, bisa langsung mencoba cara lain salah satunya menginstal aplikasi yang berfungsi untuk melakukan screen record. 

Screen Record Menggunakan Aplikasi Snagit pada Laptop ASUS ROG

Cara screen record di laptop ASUS ROG melalui aplikasi Snagit cukup simple dan tidak bertele-tele diantaranya :

Pertama, unduh aplikasi Snagit pada laptop Asus Rog kesayangan Anda

Kedua, Instal laptop, setelah itu aplikasi Snagit bisa dibuka.

Ketiga, buka aplikasi Snagit dan lihatlah bahwa layar langsung menampilkan beberapa pilihan fitur screen recorder.

Keempat, Anda bisa memilih menu “Video”, kemudian pilih lagi “Capture” lalu Anda dapat memilih “Area Layar”’ untuk merekam sesuai area layar laptop

Kelima, Klik tombol “Pause” jika Anda ingin melakukan jeda, atau tombol ‘’Stop’’ jika Anda ingin memberhentikan recorder dan selesai.

Penutup

Setelah itu Anda bisa menyimpan hasil screen recorder pada laptop Asus Rog. Cukup mudah  bukan ?

Namun sayangnya penggunaan aplikasi ini secara gratis sangat dibatasi. Dimana pengguna hanya boleh menggunakan versi gratis selama 15 hari dengan syarat mendaftar akun terlebih dahulu.

Itu dia 2 cara mudah dalam melakukan screen record pada laptop Anda. Cara screen record di laptop ASUS ROG ini bisa Anda praktekkan di rumah ya!


FYI : Jika masih ada pertanyaan terkait tips, game, produk ROG, bisa langsung masuk ke forum ROG Community. Di sana kalian bisa sharing dan konsultasi dengan dengan sesama member sepuasnya.

Ready to start your journey?

If there is nothing in a chest, the chest doesn’t mean anything