9 Cara Merawat Laptop Gaming Mudah dan Praktis Agar Awet

Cara merawat laptop gaming – Laptop gaming merupakan laptop yang diciptakan khusus untuk bermain game. Ciri yang membedakan laptop gaming dengan laptop biasanya adalah pada spesifikasi laptop tersebut.

Laptop gaming biasanya memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dengan harga yang juga lebih tinggi. Spesifikasi lebih tinggi diperuntukkan bermain game berat tanpa kendala. Walaupun spesifikasi tinggi, laptop gaming juga berpotensi rusak oleh faktor-faktor tertentu.

Berbeda dengan PC Gaming, jika kamu tahu cara merakit PC gaming, atau bahkan sudah memilikinya, cara merawatnyapun juga berbeda.

9 Cara Merawat Laptop Gaming Paling Ampuh

Ada 9  cara paling ampuh yang dapat kamu lakukan untuk merawat laptop gaming. Cara tersebut meliputi berbagai aspek, dari menggunakan alat eksternal tambahan, durasi penggunaan, cara membersihkan, dan lain sebagainya. Simak informasi lebih lanjut berikut:

1- Gunakan system pendingin tambahan

Pendingin-Cooling-PC

Umumnya, laptop gaming sudah dilengkapi dengan fan eksternal tambahan yang dapat digunakan untuk mendinginkan laptop semasa penggunaan. Pastikan kamu menggunakan kipas tersebut selalu saat kamu menggunakan laptop, terutama saat bermain game dengan durasi yang cukup lama.

Kipas eksternal akan meminimalisir panasnya mesin laptop saat digunakan yang sekaligus menghindarkan laptop dari kerusakan performa, software maupun hardware. Namun, hal penting lain yang harus diperhatikan adalah kondisi kipas tersebut. 

Misalkan kamu memainkan game-game yang tebilnag berat seperti game RTS, kipas ini menjadi sangat penting karena laptop membutuhkan tambahan pendingin untuk menjaganya pada performa stabil.

Biasakan memeriksa kipas eksternal secara rutin termasuk membersihkannya. Kipas yang tidak dirawat tidak akan memberikan dampak baik pada laptop gaming, dan justru terjadi sebaliknya.

Bagi kamu yang laptop gamingnya tidak dilengkapi kipas eksternal atau justru sudah rusak, kini banyak tersedia kipas eksternal laptop gaming yang dapat kamu beli baik di pasar online maupun offline. 

2- Tidak sembarangan menyimpan laptop gaming

ASUS ROG GL503GE EN023T Laptop Gaming Termurah

Cara merawat laptop gaming selanjutnya adalah dengan tidak menyimpan laptop sembarangan. Hindari menyimpan laptop gaming kamu di atas kasur karena hal itu akan menutup lubang ventilasi laptop sehingga mudah memanas.

Selanjutnya, hindari juga terlalu sering memindahkan laptop gaming, terutama yang menggunakan hardisk. Hal ini akan menggores platter laptop. Selain itu, jangan menyimpan laptop di sembarang tempat yang tidak tahu kebersihannya, hal ini untuk menghindarkan kotoran maupun serangga masuk ke dalam laptop gaming kamu. 

3- Rutin bersihkan laptop gaming

Membersihkan laptop gaming sangat penting demi keberlangsungan umur laptop. Membersihkan laptop dapat kamu lakukan sendiri atau dengan mengirimnya ke service.

Membersihkan laptop sendiri di rumah meliputi pembersihan bodi luar meliputi keyboard, layar, platter, dan lain-lain. Pembersihan ini dapat kamu lakukan dengan menggunakan tisu atau lap sedikit basah atau menggunakan peralatan khusus agar lebih maksimal. 

Adapun pembersihan yang dilakukan di tempat service adalah pembersihan bagian dalam seperti pelapisan ulang pada prosessor dan VGA serta pengecekan ulang software. Pembersihan melalui service ini dapat kamu lakukan berkala setahun dua atau sekali. 

4- Jangan habiskan baterai laptop gaming hingga 0%

Selanjutnya yang ke empat adalah tidak menghabiskan baterai laptop hingga 0%. Baterai laptop, dengan spesifikasi tinggi sekalipun tetap memiliki batas usia. Dan batas usia ini semakin cepat pendek karena penggunaan baterai laptop hingga 0%.

Solusinya adalah buru-buru mengisi baterai laptop saat notifikasi baterai hendak habis muncul. Notifikasi ini biasanya muncul saat baterai laptop sampai di angka 10%. Pastikan kamu tidak mengabaikan hal-hal yang terlihat sepele seperti ini namun berpengaruh penting pada keawetan laptop gaming kamu. 

5- Perhatikan waktu charger laptop

Laptop gaming masa kini biasanya dilengkapi dengan control charging di mana ia bisa menstabilkan aliran charge sekaligus menghentikannya saat baterai penuh. Namun, tidak semua laptop gaming memiliki spesifikasi seperti itu.

Jika laptop gaming kamu termasuk salah satunya, maka perhatikan waktu charger laptop. Cabut segera setelah laptop terisi penuh. Hindari over charger yang justru akan berdampak pada kerusakan baterai laptop gaming kamu. 

6- Perhatikan waktu penggunaan

Spesifikasi yang bagus pada laptop gaming kamu membuat kamu dapat menggunakannya hingga seharian. Namun, tidak ada salahnya untuk mengatur waktu penggunaan demi menjaga performa laptop. Jadi, istirahatkan laptop kamu beberapa saat. Terutama setelah digunakan untuk bermain game berat. 

7- Hapus data yang tidak perlu

Semakin banyak ruang yang tersedia dalam laptop gaming kamu, maka semakin cepat dan bagus pula kinerjanya. Untuk mempertahankan kinerja yang bagus, hindari menyimpan terlalu banyak data yang membuat memori laptop penuh. Hapus semua data yang tidak kamu butuhkan. Pastikan kamu mengecek secara berkala. 

8- Gunakan mouse atau keyboard eksternal

Sebagai pemain game, tentu kamu mengetahui beberapa game yang membutuhkan penekanan pada keyboard yang lebih cepat dari biasanya.

Nah, kamu bisa menggunakan keyboard atau mouse ekstrenal saat memaikan game tersebut. Hal ini untuk menghindarkan laptop kamu dari kerusakan, terutama yang berkaitan dengan keyboard. 

9- Pastikan daya listrik stabil

Cara rawat laptop gaming yang terakhir adalah dengan memastikan bahwa daya listrik yang mengalir ke laptop gaming kamu saat melakukan pengisian baterai stabil. Daya listrik stabil membuat komponen elektrik dalam laptop gaming kamu terawatt dengan baik. 

Sebaliknya, daya listrik yang tidak stabil membuat laptop gaming kamu mengalami konsleting bahkan hingga terbakar. Tentu kamu tidak menginginkan hal tersebut terjadi pada laptop gaming kesayangan kamu, bukan?

Penutup

Itulah cara merawat laptop gaming paling ampuh yang dapat kamu lakukan sendiri di rumah. Merawat lebih mudah dari pada memperbaikinya. Jadi, tetap sayangi laptop gaming kamu dan selamat mencoba! 

Jika kamu sering bermain game, kamu harus tahu cara menjadi gamer profesional untuk upgrade diri menjadi pemain pro. Dengan perangkat laptop gaming kamu sangat berkesempatan untuk menjadi pro player.

FYI : Jika masih ada pertanyaan terkait tips, game, produk ROG, bisa langsung masuk ke forum ROG Community. Di sana Anda bisa sharing dan konsultasi dengan dengan sesama member sepuasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Ready to start your journey?

If there is nothing in a chest, the chest doesn’t mean anything