Apa Itu Discord Untuk Kalangan Gamer? Bagaimana Cara Streamingnya

Apakah kamu salah satu gamer yang sering kali ingin melakukan komunikasi dua arah menggunakan game. Apakah kamu tahu apa Itu Discord Untuk Kalangan Gamer?

Entah itu melakukan percakapan suara hingga merekam live streaming. Bagi game yang tidak memiliki fitur komunikasi ada alternatif yang bisa menjadi aplikasi kedua yaitu Discord.

Jika ingin menjadi gamer profesional, kita memang harus memahami banyak hal tentang game. Dan yang tidak kalah penting, harus konsisten! Termasuk tentang Discord ini.

Apa itu Discord?

Sudahkah kamu mendengar atau mengetahui aplikasi satu ini? Seiring dengan pesatnya aktivitas gaming Discord telah menjadi aplikasi populer penghubung komunikasi saat bermain game.

Pada artikel kali ini kita akan membahas seluk beluk tentang aplikasi Discord yang banyak digunakan pada dunia game, serta mengulas bagaimana cara streaming game melalui Discord. Simak artikel berikut!

Pengertian Aplikasi Discord

Apa Itu Discord Untuk Kalangan Gamer? Bagaimana Cara Streamingnya

Sekarang kita akan mengenal apa itu discord untuk kalangan gamer? Bagaimana cara streamingnya.

Discord aplikasi yang memiliki ikon berwarna ungu ini merupakan platform gratis yang digunakan untuk melakukan komunikasi bagi para pemain game online dengan media voice chat. 

Konsep Discord sendiri pertama kali dikenalkan oleh seorang pendiri OpenFeint sebuah platform permainan sosial dalam seluler yaitu Jason Citron. 

Aplikasi Discord telah dirilis sejak tahun 2015 lalu tepatnya di tanggal 13 Mei yang mana penggunanya terus naik seiring dengan maraknya game online yang berkembang sekarang. Banyak para gamer yang menggunakan discord karena dinilai praktis dan mudah digunakan.

Kini aplikasi Discord telah digunakan oleh lebih dari 4,6 juta pengunduh pada playstore dengan rating kepuasan pengguna berada pada 4.5.

Discord punya beberapa fitur unggulan yang memudahkan para gamer berkomunikasi dengan lawan main. Seperti adanya channel atau kanal, server, memudahkan untuk streaming hingga panggilan video.

Bahaya Penggunaan Discord

Apakah penggunaan aplikasi Discord berbahaya dalam komunikasi game?

Pada dasarnya aplikasi Discord yang semakin banyak digunakan oleh gamer membuat aplikasi ini menjadi platform sasaran bagi para hacker. Untuk itu bagi kamu pengguna baru atau lama Discord lebih hati-hati dalam menggunakan platform ini.

Meski begitu aplikasi Discord masih aman digunakan untuk siapapun asalkan kita bisa menjaga privasi akun dengan baik. 

Berapa Maksimal Pengguna Aplikasi Discord?

Pada hakikatnya sebuah server bisa memiliki 250 ribu anggota. Tapi jika kamu harus menghubungi pihak discord jika ada lebih dari 25 ribu anggota yang online secara bersamaan.

Karena hal ini berpotensi untuk terjadinya kesalahan koneksi. Untuk itu permintaan lebih banyak ruang server sangat disarankan bagi kamu.

Cara Streaming Discord

Tidak hanya tersedia di PC aplikasi Discord juga dapat di unduh oleh pengguna Android, Linux, Mac dan iOS. Jika kamu ingin melakukan streaming dengan Discord dalam aktifitas bermain game ada beberapa cara yang bisa dilakukan 

Cara streaming Discord Melalui Smartphone

Bagi pengguna yang ingin menggunakan discord melalui ponsel bisa streaming dengan melakukan tahap-tahap berikut :

  • Pertama, download dan install aplikasi Discord melalui playstore 
  • Kedua, buka aplikasi discord kamu dan masuk atau daftar akun ke aplikasi
  • Ketiga, lalu pilih model voice channel yang kamu inginkan
  • Keempat, tekan menu ‘’ Join Voice’’ lalu pilih ikon share screen yang terletak di bagian bawah layar
  • Kelima, tunggu ponsel sudah siap membagikan layar untuk streaming game melalui discord.

Sekarang Anda bisa merekam permainan dan pembicaraan game dan membuat streaming melalui Discord. Tapi bagaimana jika kamu pengguna PC yang ingin menggunakan Discord juga dalam bermain game? tenang cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini :

Cara Streaming Discord melalui PC 

Buat kamu pengguna perangkat PC dan juga ingin melakukan komunikasi dengan perantara Discord ikuti cara berikut :

  • Kedua, setelah laman situs terbuka kamu bisa mendaftarkan akun discord dengan mengisi data diri yang diperlukan. Jika sudah punya akun langsung saja masuk dengan mengisi data yang diperlukan.
  • Ketiga, lalu setelah masuk ke akun Discord kamu terlebih dahulu Anda membuat server 
  • Keempat, jika server sudah dibuat selanjutnya pilih salah satu voice channel yang tersedia di laman kamu. Pilih voice channel yang kamu inginkan.
  • Kelima, kemudian tekan ‘’screen’’ yang ada pada laman. Lalu akan terlihat jendela bagian mana yang kamu ingin bagikan.
  • Keenam, setelah itu klik ‘’share’’. Maka discord kamu sudah siap dibagikan dan digunakan bersama perangkat game yang akan kamu mainkan.

Penutup

Sekarang kita sudah mengenal apa itu Discord untuk kalangan gamer? Bagaimana cara streamingnya. Kamu tentunya sudah paham seluk beluk tentang discord dan bisa mempraktekkan secara langsung streaming game melalui discord agar komunikasi bisa berjalan lancar.

Kini tidak perlu khawatir jika game yang kamu mainkan tidak memiliki fitur komunikasi memadai. Kamu bisa menambahkan Discord sebagai aplikasi alternatif untuk merekam streaming hingga melakukan panggilan video.

FYI : Jika masih ada pertanyaan terkait tips, game, produk ROG, bisa langsung masuk ke forum ROG Community. Di sana Anda bisa sharing dan konsultasi dengan dengan sesama member sepuasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ready to start your journey?

If there is nothing in a chest, the chest doesn’t mean anything