Rekomendasi Laptop Gaming 7 Jutaan Kualitas Terbaik

Jika Anda menginginkan laptop gaming dan baru memiliki budget 7 jutaan, maka ambil produk lama yang memiliki spek gaming. Harganya jelas lebih murah ketimbang produk baru. Sebab laptop gaming keluaran terbaru dibanderol dengan harga yang cukup fantastis namun juga sebanding dengan performa yang ditawarkannya.

Oleh karena itu, dengan budget 7 jutaan lebih baik memilih laptop entry level yang kualitasnya juga tidak kalah dan masih sanggup menjalankan game-game berat. Anda hanya perlu meng-upgrade beberapa hardwarenya sesuai kebutuhan ketika memiliki budget lebih.

Baca Juga: 5 Game PC Offline dengan Grafis Maksimal

Cara ini adalah win win solution terbaik yang bisa Anda lakukan sejauh ini. Meski gamenya terbatas, seperti game esports, Dota 2, Valorant, atau bahkan bisa GTA V. Semakin berat game tersebut, pilih grafis yang paling kecil agar tidak mengorbankan FPS.

Berikut beberapa rekomendasi laptop gaming 7 jutaan kualitas terbaik di kelasnya, antara lain:

ASUS VivoBook A409JA 

Laptop ASUS Vivobook A409JA memang bukan dirancang untuk bermain game secara khusus, namun performanya juga tidak bisa diremehkan. Berikut spesifikasi utama yang ditawarkan, antara lain : 

  • Prosesesor: Dual-Core Prosesor Intel Core i3-1005G1
  • Sistem Operasi : Windows 10 Home
  • Layar : 14″ FHD (16:9)
  • RAM : 4 GB LPDDR4 Onboard Memory, 1 x SO-DIMM socket
  • Penyimpanan: HDD 1TB 2.5″ SATA
  • VGA : Intel UHD Graphics
  • Konektivitas: Bluetooth 4.2, WiFi 802.11 AC (2×2)

Selain spesifikasi di atas, ASUS Vivobook A409JA juga memiliki HD webcam yang dapat mendukung beberapa aktivitas online seperti Zoom Meeting, Streaming, dan sebagainya. Kualitas audio yang dihasilkan juga terbilang bagus dengan dibubuhkannya Speaker ASUS SonicMaster Stereo.

Layarnya berjenis LED berukuran 14 inch, mampu menghasilkan resolusi HD (16:9). Laptop ASUS Vivobook A409JA memiliki dual core prosesor Intel Core i3 dengan 4 thread sebesar 1,2GHz TurboBoost 3,4GHz. 

ASUS VivoBook A409JA bisa dikategorikan sebagai laptop entry-level yang performanya cukup kompeten. Mampu menangani berbagai tugas sekolah, kuliah maupun komputasi menengah harian. Sayangnya laptop ini bukan laptop khusus game, jika ingin menggunakannya untuk bermain game, mungkin Anda bisa menambahkan memori RAM.

Sebab kapasitas bawaannya hanya sebesar 4GB DDR4-2666Mhz dan masih bisa diupgrade lagi hingga maksimal 16GB. Setelah itu, upgrade juga HDD yang terpasang dengan SSD, agar transfer data dapat berjalan lebih cepat.

ASUS Vivobook A409JA masuk ke dalam jajaran laptop gaming 7 jutaan dengan membawa spek yang cukup mumpuni. Agar bisa bermain game dengan performa yang lebih baik, maka pengguna harus menyiapkan budget tambahan untuk mengupgrade hardwarenya. Harga laptop ini dibanderol dengan harga Rp7.599.000. 

Laptop Gaming 7 Jutaan – ASUS M415

ASUS M415 hadir dengan dua varian warna, hitam dan slate grey. Meski tergolong laptop keluaran lama, namun laptop ini masih sanggup untuk bermain game karena telah didukung dengan prosesor yang tangguh dan RAM besar. Berikut spesifikasi utamanya:

  • Prosesor : AMD Ryzen™ 5 5500U Processor 2.1GHz
  • Sistem Operasi : Windows 10 Home
  • Kartu Grafis : Grafis AMD Radeon™
  • Layar : 14 inch
  • RAM : 8GB DDR3 on board, Memory Max Up to 16GB.
  • Penyimpanan : 512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD.
  • Baterai : 37WHrs, 2S1P, 2-cell Li-ion.
  • Berat : 1,55 kg

Layarnya memiliki resolusi FHD (1920 x 1080 piksel) dengan aspek rasio dari layar ke bodi 16:9. Layar LEDnya juga memiliki Backlit, kecerahannya sebesar 200nits, sudah didukung teknologi NTSC: 45% for non-OLED dan Anti-glare display. 

Penggunaan Processor AMD Ryzen™ 5 5500U untuk bermain game saat ini jelas masih mendukung sebab prosesor ini memiliki kecepatan dasar berfrekuensi 2.1GHz dengan 3M Cache, dan memiliki lock maksimal hingga 3.95GHz. 

Sedangkan untuk harganya, laptop gaming 7 jutaan dari ASUS M415 bisa ditebus dengan Rp7.990.000 saja.

ASUS A456UR-WX036D

Laptop ASUS A456UR-WX036D hadir dengan prosesor Intel Core i5, jenis prosesor yang sering dimiliki oleh laptop gaming lainnya. Laptop ini juga didukung oleh VGA GT930M 2 GB. Berikut beberapa spesifikasi yang ditawarkan, antara lain: 

  • Prosesor : Intel Core i5-6200U (2.3 – 2.8 GHz)
  • VGA : NVIDIA GT930M 2 GB
  • Penyimpanan :  1 TB HDD
  • RAM : 4 GB
  • Layar : 14 inch
  • Sistem Operasi :  DOS

Prosesor dan VGAnya mungkin sudah cukup baik jika digunakan untuk menjalankan berbagai jenis game. Namun penyimpanannya masih menggunakan HDD sebesar 1 TB. Bagi Anda yang menginginkan performa lebih, maka lebih baik mengupgrade bagian hardwarenya saja.

Gunakan penyimpanan jenis SSD dan menambahkan jumlah RAM pada laptop ini. Rasakan bedanya, dari segi performa jelas akan berjalan lebih baik. Harga laptop gaming 7 jutaan dari ASUS ini dibanderol dengan harga Rp 7.307.000 saja.

Demikian 3 rekomendasi laptop gaming 7 jutaan.

Daftar laptop yang disajikan di atas memang bukanlah laptop gaming terbaru. Namun masih dapat digunakan untuk keperluan gaming. Jika Anda masih kurang puas dengan performanya, maka cukup dengan mengupgradenya saja.

3 thoughts on

Rekomendasi Laptop Gaming 7 Jutaan Kualitas Terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Ready to start your journey?

If there is nothing in a chest, the chest doesn’t mean anything