Review ASUS ROG Zephyrus Duo 15 SE, Bikin Para Gamers Ngiler!

OGcommunity.id – ASUS ROG Zephyrus Duo 15 SE merupakan laptop gaming yang mengusung desain yang unik.

Laptop ini telah dibekali dengan dua buah kamera dan dua layar. Hal inilah yang menginisiasi kata duo pada namanya.

Berikut ini spesifikasi utama dari ASUS ROG Zephyrus Duo 15 SE, antara lain:

  • Ukuran Layar Utama: 15,6 inci IPS Level Display, Full HD 1920 x 1080 pixel 16:9
  • Ukuran Layar Kedua: 14,1 inci, touchscreen (1920 x 550 pixel)
  • Refresh Rate: 300Hz
  • Sistem Operasi: Windows 10 Home
  • Prosesor: AMD Ryzen™ 9 5900HX Mobile Processor (8-core/16-thread, 20MB cache, up to 4.6 GHz max boost)
  • Kartu Grafis: NVIDIA® GeForce RTX™ 3080 dengan teknologi ROG Boost up to 1645MHz at 115W (130W with Dynamic Boost) 16GB GDDR6
  • RAM: 16GB DDR4 on board
  • Penyimpanan: 1TB + 1TB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 Performance RAID0 SSD
  • Dimensi: 36.0 x 26.8 x 2.09 ~ 2.09 cm
  • Berat: 2,48 Kg

Hadirnya ASUS ROG Zephyrus Duo 15 SE ini telah memikat para gamer sultan dengan banyak kelebihan yang dimilikinya, baik dari segi desain dan speknya. Bukan hanya gamer sultan sebenarnya, konten kreator dan para pejuang digital pun ikut tersihir dengan terobosan desain yang dimiliki ASUS ROG Zephyrus Duo 15 SE, diantara yang menjadi keunggulannya yaitu fitur dua layar yang disematkan. 

Desain ASUS ROG Zephyrus Duo 15 SE

Dilihat dari luar, laptop ini tidak jauh berbeda dengan Tipe ROG sebelumnya, simple namun gagah. Ditambah logo ROG yang menghiasi dibagian belakang yang membuat laptop ini nampak berwibawa ketika dibawa ke pertemuan-pertemuan penting. 

ASUS ROG Zephyrus Duo 15 SE terbilang cukup ramping, tingkat ketebalannya istimewa meski dibekali dengan CPU dan GPU Monster. Meski begitu ASUS ROG Zephyrus Duo 15 SE juga memiliki Port yang cukup, yang terdapat pada sisi kanan, kiri dan bagian belakangnya.

Tampil Beda dengan Fitur Dua Layar

Fitur Layar Inilah yang menjadikan laptop ini terlihat unik, karena laptop ini memiliki dua layar yang bisa dioperasikan secara bersamaan. Layar utama laptop ini berukuran 15,6 inc, dengan resolusi 1920×1080 pixels Full HD. Untuk memanjakan para gamer sultan, layar ini memiliki 300 Hz Refresh Rate dan 3 ms Respon Time, tidak hanya itu layar ini juga sudah terdapat Anti Glare Layer dan tingkat kecerahan 340 nits.

Sedangkan layar kedua berukuran 14,1 inc dengan resolusi 1920×550 pixels, layar ini terdapat persis di atas keyboard yang didesain secara diagonal sebagai ruang sirkulasi udara. Berbeda dengan layar utama, layar kedua ini sudah dibekali dengan touchscreen.

Keyboard Anti Mainstream

Desain dari keyboard laptop ini adalah korban dari fitur layar kedua dan ukuran yang dipertahankan. Kelihatan sekali dari Touchpad yang berada sebelah kanan keyboard, desain ini sangat tidak umum namun meninggalkan kesan unik tersendiri bagi para pengguna. Selain itu touchpad tersebut juga bisa difungsikan sebagai numpad.

Jika kita pencet tombol keyboard ini, tombolnya akan terasa empuk dan responsif, ukurannya terbilang cukup standar, dan yang pasti sudah dilengkapi dengan lampu backlight RGB yang mendukung aktifitas pengguna meski dalam kondisi gelap.

Spesifikasi Tingkat Dewa ASUS ROG Zephyrus Duo 15 SE

Perhatian utama para gamer sultan pada ROG Zephyrus Duo 15 SE tidak hanya berhenti pada fitur desain layar dan keyboardnya, spek yang ditanam pada laptop ini pun sangat membagongkan, pasalnya laptop ini sudah menggunakan CPU AMD Ryzen 7 5800H yang dikombinasikan dengan GPU NVDIA GeForce RTX 3060.

Laptop ini dibekali dengan RAM 16gb dengan pembagian 8gb Onboard dan satu keping 8gb yang bisa diupgrade hingga 16gb. Jadi total RAM yang bisa dibawa laptop ini adalah 24gb. Dan yang tidak kalah penting, kapasitas penyimpanan juga terbilang sangat lega karena sudah dibekali dengan 1TB SSD M.2 NVMe.

Sedangkan untuk baterai, laptop ini dinilai cukup awet jika dilihat dari tenaga yang dihasilkan, kurang lebih sekitar 6 jam normal penggunaan, seperti dokumen dan browsing dengan tingkat keterangan layar 30%. Laptop ini juga sudah memiliki fitur fast charging, kecepatan pengisian baterai hingga 50% hanya memakan waktu 30 menit, dan 1 jam 50 menit jika dilanjutkan ke 100% pengisian.

Performa ROG Zephyrus Duo 15 SE

Laptop ASUS ROG Zephyrus Duo 15 SE ini mengandalkan prosesor AMD Ryzen™ 9 5900HX dengan kartu grafis NVIDIA® GeForce seri RTX™ 3080 16GB.

Keduanya sangat cocok dimanfaatkan untuk bermain game berat apapun. Apalagi dengan dukungan RAM 16GB dengan konfigurasi 8GB onboard dan satu keping RAM 8GB.

Kapasitas RAMnya ini dapat diupgrade hingga maksimal 24GB.

Perlu diketahui bahwa kartu grafis NVIDIA® GeForce RTX™ 3080 16GB merupakan salah satu kartu grafis terbaik di pasaran.

Apalagi kartu grafis ini telah didukung dengan teknologi ROG Boost. Kualitas grafis yang mampu dihasilkan tentu sangat realistik.

Penggunanya bisa memainkan semua game berat apapun pada pengaturan grafis tertinggi.

Sistem Pendingin Terbaik Mengoptimalkan Kinerjanya

ASUS telah memberikan sistem pendinginan yang mampu mengimbangi performanya selama main game berat.

Performanya bisa tetap stabil dan tidak cepat panas. Sebab kipasnya ini telah dirancang berkualitas tinggi agar tetap senyap meski dalam proses pendinginan.

Penggunanya bisa memilih berbagai mode pengaturan performanya melalui aplikasi Armoury Crate. Terdapat 4 mode pengaturan, antara lain mode Windows, Silent, Performance, dan Turbo.

ASUS juga mempersilakan penggunanya untuk melakukan pengaturan manual sehingga dapat mengatur kipas pendingin sesuai dengan kebutuhannya.

Konektivitas Lengkap

Soal konektivitas, Anda tidak perlu khawatir karena ASUS ROG Zephyrus Duo ini memiliki port konektivitas yang lengkap.

Pada bagian kirinya, terdapat port power adapter, audio jack 3.5mm, dan slot card reader microSD. Sementara itu pada bagian kanannya, terdapat port USB 3.1 Type-A dan satu port USB 3.2 Gen 2 Type-C.

Pada sisi belakangnya, terdapat port USB 3.1 Type-A, Ethernet, dan port HDMI output. Port konektivitas yang dimiliki ASUS ROG Zephyrus Duo ini memiliki keunggulan power delivery yang dapat mentransfer dengan lebih cepat.

Kesimpulan

Fitur dua layar yang dimiliki laptop ini adalah terobosan yang luar biasa, karena akan sangat membantu meningkatkan produktifitas mulai dari game, desain, stream dan segala kebutuhan lainnya. Ditambah dengan spek tingkat dewa yang sudah pasti memanjakan para penggunanya.

Bagi para sultan gamer, memiliki laptop ini adalah sebuah kewajiban, pasalnya semua yang dibutuhkan mereka telah tertanam pada laptop satu ini mulai dari gaya, spek hingga desain mewahnya.

Demikian beberapa hal seputar ASUS ROG Zephyrus Duo 15 SE yang perlu Anda ketahui.

Berbagai keunggulan yang disematkan padanya ini membuat laptop gaming ini dibanderol dengan harga mulai Rp 39.800.000. Ayo bergabung ke Komunitas ROG Indonesia, komunitas gamer terbesar di Indonesia.

2 thoughts on

Review ASUS ROG Zephyrus Duo 15 SE, Bikin Para Gamers Ngiler!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ready to start your journey?

If there is nothing in a chest, the chest doesn’t mean anything