Selain Jadi Gamer, Hasilkan Cuan Juga Menjadi Content Creator

ROGcommunity.id – Content Creator atau pembuat konten saat ini menjadi salah satu pekerjaan yang paling diminati oleh berbagai kalangan. Karena dapat hasilkan cuan juga menjadi content creator. Jadi, jangan pandang sebelah mata profesi content creator.

Biasanya, para content creator akan mengumpulkan ide dan data mengenai suatu hal lalu akan dibuat menjadi suatu konten. Tentunya, hal yang akan dibahas pun harus menarik bagi penonton. Supaya, viewer dalam kontennya mendapat angka yang banyak.

Konten yang dibuat para content creator dapat berupa tulisan, gambar, ataupun video yang selanjutnya diunggah ke berbagai media sosial, seperti YouTube, Instagram, TikTok, serta Twitter.

Gambar atau video yang disuguhkan oleh para content creator hendaknya berisi tentang sesuatu yang memiliki tujuan tertentu, misalnya branding. Dengan begitu, orang akan ramai menonton konten anda dan bisa hasilkan cuan juga menjadi content creator. Jadi, tidak hanya sekedar hobi.

Era Sekarang Dapat Hasilkan Cuan Juga Menjadi Content Creator

Oleh karenanya, seorang content creator harus perlu memiliki banyak keterampilan. Tidak hanya soft skill, tetapi juga hard skill. Memang, di era sekarang hasilkan cuan juga menjadi content creator. 

Maka, dari itu di era milenial sekarang hendaknya dapat hasilkan cuan juga menjadi content creator. Cuan dapat dihasilkan apabila konten yang kita buat ditonton oleh banyak orang.

Berikut ini tips di era sekarang hasilkan cuan juga menjadi content creator, yaitu  sebagai berikut :

  1. Pilihlah platform yang sesuai dengan konten

Terdapat banyak media sosial yang digunakan oleh masyarakat Indonesia saat ini, mulai dari Instagram, TikTok, Twitter, Facebook, hingga YouTube. Setiap media sosial pasti memiliki fungsinya masing-masing dan content creator harus memilih platform media sosial yang sesuai dengan konten mereka.

Apabila konten yang dibuat memiliki durasi waktu lebih dari 30 menit, maka YouTube akan menjadi platform yang cocok untuk mengunggah konten anda. Apabila konten tersebut berupa gambar atau video singkat maka, content creator dapat menggunakan TikTok atau Instagram.

  1. Amati cara monetisasi platform media sosial.

Monetisasi merupakan proses untuk mengubah sesuatu agar dapat menjadi sebuah penghasilan. Pada proses ini, tentunya content creator dapat menghasilkan cuan dari konten yang diunggah. 

Sayangnya, tiap media sosial memiliki cara monetisasi yang berbeda-beda. Dengan begitu tentunya pembuat konten harus mempelajari setiap monetisasi platform tersebut.

  1. Memahami target penonton

Penonton merupakan salah satu hal yang penting bagi pembuat konten. Content creator tentu harusnya memahami target audiens dari setiap konten yang ia buat. Tujuan dibuatnya konten tersebut untuk pengguna berusia 18 hingga 25 tahun atau pengguna yang lebih tua dari itu.

  1. Membuat konten yang berkualitas

Banyak orang yang bisa merekam atau membuat gambar, tetapi tidak semua orang mampu untuk mengolah ide menjadi sesuatu yang berkualitas. Sangatlah penting bagi para content creator untuk menghasilkan konten yang berbobot dan juga memiliki kualitas. 

Sehingga konten tidak hanya menghibur tetapi juga mengedukasi bagi para penontonnya. Dengan, begitu penonton akan setia menunggu unggahan dari uploadan konten tersebut.

  1. Selalu up to date terkait ide konten

Para content creator juga dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan tren sekarang. Sehingga mereka dapat membuat konten yang relevan dengan apa yang sedang viral saat ini.

  1. Rutin dalam menulis ide dan konten

Konsistensi merupakan kunci penting bagi seorang content creator. Jika Anda adalah kreator konten, maka hendaknya menentukan pembuatan konten dalam kurun waktu satu minggu atau satu bulan. 

Hal ini dilakukan untuk menjaga followers agar tetap setia mengikuti setiap konten terbaru yang diposting. Sehingga pembuat konten harus mengunggah dua atau tiga konten dalam satu minggu secara rutin agar penonton tetap haus konten-konten menarik lainnya. Jadi, content creator harus tahu timing yang pas untuk upload kontennya.

  1. Memahami SEO

SEO atau Search Engine Optimization merupakan upaya yang bertujuan untuk mengoptimalisasi mesin pencari. Dengan SEO, pembuat konten dapat membuat konten secara optimal agar konten yang dibuat masuk pada peringkat teratas pada hasil pencarian.

  1. Lakukan kolaborasi

Para content creator juga dapat melakukan kolaborasi dengan content creator lainnya. Atau bisa juga content creator berkolaborasi dengan tokoh populer yang sedang menjadi perbincangan hangat pada masa itu.

Dengan begitu mungkin saja viewer dari konten yang anda upload menjadi fantastis. Karena, tidak dapat dipungkiri bahwa hal yang sedang viral pasti banyak dicari.

  1. Meminta masukan atau saran

Apabila pembuat konten telah mengunggah secara rutin dan terus – menerus menghasilkan konten, jangan ragu dan takut untuk meminta kritik dan juga saran atas konten yang telah dibuat.

Kritik dan saran tersebut yang dapat membantu untuk perkembangan seorang content creator dan lebih memahami apa keinginan dari para penonton.

Semoga dengan mengikuti sembilan tips di atas, dapat hasilkan cuan juga menjadi content creator. sehingga, dapat menjadi passive income yang lumayan bagi content creator pemula. 

FYI : Jika masih ada pertanyaan terkait tips, game, produk ROG, bisa langsung masuk ke forum ROG Community. Di sana kalian bisa sharing dan konsultasi dengan dengan sesama member sepuasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ready to start your journey?

If there is nothing in a chest, the chest doesn’t mean anything