Apa Itu Platform Steam

Apa itu Platform Steam? Sering kali kita kebingungan dalam mencari layanan platform terpercaya dan berkualitas dalam menyediakan marketplace bagi game-game berkualitas dan variatif. 

Namun tahukah kamu semua keluhan itu bisa didapatkan para gamer hanya dari platform Steam. Apa itu platform Steam? Sudahkan kamu mengetahuinya, jika belum simak ulasan berikut ini :

Apa Itu Platform Steam

Steam pasti platform ini sudah akrab di telinga para gamers Indonesia. Steam sendiri seperti toko game online yang menjual berbagai jenis game variatif mulai dari yang game kembangan perusahaan hingga game Indie.

Produk ini dikembangkan oleh Valve Corporation yang menjalin kerjasama dengan berbagai pengembang game resmi berlisensi. Keunggulan Steam dibanding yang lain yaitu kualitas game yang dijual. 

Valve sebagai pengembang telah mendirikan perangkat lunak mandiri ini sejak tahun 2003 pada bulan September. Game-game dalam Steam telah tersedia pada berbagai 

Platform seperti Windows Phone, Linux, macOS, Windows, iOS dan juga bisa di akses bagi para pengguna android. 

Perangkat Steam juga telah tersedia hingga 28 bahasa, salah satunya Indonesia. Kamu yang pemula dan tidak bisa berbahasa inggris tentunya bisa mengakses steam tanpa kendala bahasa.

Fitur Layanan Steam

Jika sudah mengerti apa itu platform Steam, maka sekarang akan diperkenalkan fitur tersedia di Steam. Fitur-fitur ini membuat banyak kemudahan bagi pelanggan dan pengguna.

Beberapa fitur steam yang wajib kamu tahu sehingga bisa mempermudah diantaranya adalah :

  1. Steam Wallet, sebuah fitur yang dibuat steam untuk memudahkan kita dalam melakukan monitoring pengeluaran saldo dalam membeli steam. Apalagi sebagai orang tua pasti sangat terbantu dengan adanya fitur satu ini.
  1. Fitur Family View, berguna sebagai kontrol bagi orang tua dalam melihat apa saja akses anak di platform steam sehingga memudahkan untuk memberi yang terbaik dan mengatur kegiatan anak.
  1. Fitur Obrolan , jenis fitur ini tentunya memudahkan kita pada masalah komunikasi. 

Steam mendukung beberapa jenis komunikasi dalam platformnya yaitu dengan media obrolan teks, mengobrol secara individu maupun grup, fitur menambahkan teman sampai bergabung pada obrolan publik dan berbicara dengan orang acak.

Keunggulan Penggunaan Platform Steam 

Banyaknya pengunjung dan pelanggan steam dari kalangan gamers yang membeli game tentu mempunyai alasan. Setidaknya ada beberapa keunggulan yang membuat steam menjadi primadona sebagai layanan penjual game original, diantaranya:

Game yang di jual Bebas Bajakan

Seperti diketahui platform yang telah bekerja sama dengan pihak-pihak resmi ini memiliki keunggulan dari game-game yang mana platform nya bebas bajakan. Orisinalitas dari game-game tersebut sudah terjamin oleh para konsumen game.

Bisa Masuk Komunitas Pemain Game

Jika kamu seseorang yang suka bersosialisasi, steam juga menyediakan layanan sosialisasi online sesama komunitas pecinta game. Tentunya dengan adanya komunitas ini akan menjadi platform menarik sebagai wadah diskusi dan tukar pikiran.

Pastinya asyik memiliki teman-teman baru yang hobinya sama dengan kita. Manfaat kan ini untuk belajar lebih banyak, kamu juga bisa bertanya jika ada kendala saat bermain game di mana para member nya cukup ramah dan saling care satu sama lain.

Tersedia Banyak Game Fresh

Untungnya jika kita berlangganan Steam tidak hanya game-game besar yang bisa di beli tapi berbagai game indie juga tersedia. Game indie memberi suasana segar ketika  di mainkan pasalnya game seperti ini jarang dimainkan dan bisa lebih bervariasi.

Kamu selain itu juga dapat menemukan berbagai pengalaman bermain game mulai dari game dengan alur yang penuh tantangan hingga game untuk santai dan menguras pikiran.

Tersedia Kolom Review yang Bisa Menjadi Referensi

Pada layanan Steam juga telah tersedia berbagai review dari game-game yang akan kita beli. Sehingga kita sebagai pelanggan bisa lebih selektif dan tak ragu lagi memilih game jenis apa yang ingin dibeli.

Terdapat Banyak Diskon Game

Steam tak jarang mengadakan diskon besar-besaran pada hari-hari besar seperti tahun baru maupun diskon pada ulang tahun steam hari-hari besar lain sebagainya. Kamu bisa memanfaatkan momen-momen tersebut untuk melakukan pembelian game.

Biasanya kisaran diskon sangat bervariasi tergantung kebijakan dari layanan steam sendiri.

Bisa Melakukan Pembayaran dengan Berbagai Jenis Transaksi

Kemudahan lain yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan steam yaitu akses dalam pembayaran. Layanan ini memberi berbagai pilihan menu pembayaran mulai dari steam wallet, voucher, hingga kartu kredit maupun Gift Card.

Melalui berbagai pilihan pembayaran tersebut kamu tak perlu bingung lagi, melakukan transaksi sehingga pembelian game dari layanan Steam menjadi lebih cepat dan aman tanpa kendala berarti.

Sekarang kamu sudah pahamkan tentang apa itu platform steam dan bagaimana seluk beluk di dalamnya mulai dari fitur hingga keunggulan yang  dimiliki. Sekarang kamu bisa menggunakannya dengan bijak dan memanfaatkan berbagai jenis keunggulan dan fitur dari platform satu ini.


FYI : Jika masih ada pertanyaan terkait apa itu platform Steam maupun tips, game, produk ROG, bisa langsung masuk ke forum ROG Community. Di sana kalian bisa sharing dan konsultasi dengan dengan sesama member sepuasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ready to start your journey?

If there is nothing in a chest, the chest doesn’t mean anything