Inilah 7 Alternatif Steam dan Epic Games Gratis 2022, Wajib Coba!!

Jika kalian sedang mencari hiburan, namun sulit mengakses steam maupun Epic Games, maka ada 7 alternatif Steam dan Epic Games gratis 2022. Apalagi belakangan, para gamer di Indonesia kesulitan untuk mengakses game-game yang mereka sukai.

Mengingat Epic game dan Steam yang masih belum masuk ke daftar PSE Kominfo, dua platform favorit gamers ini memang tidak bisa diakses.

Entah itu, versi aplikasinya maupun gamesnya. Epic Games dan Steam tidak bisa dibuka hanya dengan menampilkan pesan yang error. Kalian mungkin perlu mengulik berbagai macam cara agar bisa mengakses Epic Games dan Steam kembali. 

7 Alternatif Steam dan Epic Games

Jika kalian kesulitan mengakses Epic Games dan Steam, jangan khawatir. Kalian masih dapat mengakses berbagai macam platform serupa untuk menemukan beberapa judul game tertentu yang bisa dimainkan. 

Selain Epic Games dan Steam, kalian bisa mengunjungi beberapa platform yang menawarkan banyak pilihan judul game. Berikut ini rekomendasi 7 alternatif Steam dan Epic Games gratis 2022 :

Humble Bundle

Humble Bundle menawarkan diskon game yang menarik dan bisa kalian borong. Walaupun banyak pilihan game tersedia pada Humble Bundle yang mengharuskan para player mengklaimnya di steam, namun ada beberapa game juga yang sifatnya DRM Free.

Maksud dari DRM Free ini yaitu game yang telah dibeli bisa dimainkan langsung tanpa perlu masuk lagi ke library Steam. 

Garena

Garena adalah publisher game yang populer. Sebelum Garena terkenal dengan Free Fire Max dan Free Fire, merka sudah lebih dahulu bergelut di dunia game, terutama pada game online yang terdapat di PC.

Jika kalian kesulitan untuk mengakses Epic games dan Steam, kalian bisa mengunduh dan memainkan game secara gratis di Garena. 

Beberapa diantaranya League of Legends bagi pencinta MOBA dan FIFA Online 4 di region Thailand. Selain itu, Garena Thailand telah meluncurkan salah satu pilihan game online yang populer, yakni Blade and Soul.

Riot Games

Salah satu publisher beberapa game populer, yaitu Riot Games, dan beberapa game yang diluncurkannya yaitu Legends of Runetera. LoL : Wild Rift, Valrorant dan League of Legends.

Publsher yang satu ini mempunyai launcher mereka tersendiri sehingga memungkinkan para pemain mengunduh game online ini. Bagi pencinta game Valorant tentu sudah akrab dengan yang namanya Riot Games.

Pemain Valorant sendiri tidak begitu terimbas saat Epic Games dan Steam sulit diakses beberapa waktu lalu. Akan tetapi, pemain yang sudah mengunduhnya melalui Epic Games mungkin sementara waktu harus langsung bermain di Launcher Riot.

GOG

Rekomendasi 7 alternatif Steam dan Epic Games gratis 2022 lainnya adalah GOG. GOG adalah platform distribusi untuk game digital seperti Epic Games atau Steam. Hanya saja perbedaannya yaitu GOG telah menjual game FRM Free. 

Dengan begitu, para pengguna bisa memiliki game seutuhnya tanpa perlu membuka Epic Games atauSteam.

GOG (Good Old Game) juga telah menawarkan berbagai macam judul game yang lawas. Meskipun begitu, kalian juga dapat menemukan beberapa pilihan judul game yang modern dan bisa dibilang tidak terlalu jadul.

Platform yang satu ini sangat pas bagi gamers yang tertarik mengoleksi berbagai macam judul game secara leluasa tanpa harus terpatok oleh DRM. 

App Store

Bagi para pengguna iPhone atau produk Apple tentu saja sudah sangat akrab dengan App Store. Ini adalah sebuah platform distribusi game maupun aplikasi di perangkat iOS secara digital. Kalian bisa menemukan banyak pilihan game menarik dan aplikasi yang bisa diunduh.

Bagi para pemain yang memakai iPad atau iPhone. Menariknya lagi, pihak Apple telah menawarkan layanan Apple Arcade secara eksklusif. Melalui sistem berlangganan, maka kalian bisa memainkan berbagai pilihan game eksklusif di Apple Arcade.

Selain itu, paling tidak terdapat 200 lebih game yang bisa kalian mainkan melalui Apple Arcade, bahkan kabarnya akan semakin bertambah. Jadi, tidak ada salahnya sambil menunggu Epic Games normal kembali, kalian bisa mencoba berlangganan layanan Apple Arcade. 

PC Game Pass

Jangan khawatir, bagi pengguna PC kalian juga bisa mencoba salah satu dari 7 alternatif Steam dan Epic Games gratis 2022 yatu Microsoft Store atau PC Games Pass. Di PC Game Pass ini, kalian bisa menikmati berbagai macam judul game yang menarik. 

Hanya dengan tarif sekitar Rp. 15 ribu per bulan saja, kalian pengguna baru bisa berkesempatan memainkan hingga 100 lebih game PC menarik. Beberapa diantaranya ada Bethesda, serta beberapa judul game dari layanan Xbox Game Studios. 

Play Store

Para mobile player tentu Play Store sudah menjadi platform yang familiar. Sama dengan App Store, ini adalah layanan distribusi berbasis digital bagi aplikasi maupun game pada perangkat android, seperti tablet dan hp.

Para pemain game di hp ini bisa menemukan, mengunduh serta bermain berbagai macam judul game menarik yang ada di Play Store. Beberapa diantaranya ada PUBG Mobile, Stumble Guys, Mobile Legends dan masih banyak lagi.

Penutup

Jangan kehabisan akal ketika steam dan epic games tidak bisa digunakan secara normal, karena kalian masih tetap bisa mengakses 7 alternatif Steam dan Epic Games gratis 2022  di atas. 

FYI : Jika masih ada pertanyaan terkait tips, game, produk ROG, bisa langsung masuk ke forum ROG Community. Di sana kalian bisa sharing dan konsultasi dengan dengan sesama member sepuasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *