4 Cara Mengatasi Laptop ASUS ROG yang Mati Hidup

Apakah laptop ASUS ROG Anda mati hidup sendiri? Mungkin merepotkan apalagi jika laptop harus digunakan untuk masalah urgent. Jika begitu sebelum pergi ke reparasi Anda dapat mencoba cara mengatasi laptop ASUS ROG yang mati hidup sendiri berikut ini :

Pada dasarnya cara mengatasi laptop ASUS ROG yang mati hidup sendiri membutuhkan beberapa kiat. Karena ada banyak penyebab yang membuat laptop sering mati hidup sendiri. 

Kita tidak bisa menjamin laptop yang mati hidup sendiri hanya fokus pada masalah tertentu. Maka dari itu Anda dapat mengecek beberapa perangkat dan menemukan masalahnya. 

4 Alasan Banyak Laptop Mati Hidup Sendiri

Menemukan permasalahan laptop memang susah gampang. Bisa jadi langsung ketemu atau harus menelusuri perangkat lain. Namun umumnya permasalahan yang banyak menyebabkan laptop mati sendiri bisa terjadi karena hal-hal berikut :

Overheating 

Sebenarnya ada beberapa penyebab mengapa laptop sering mati sendiri. Tapi yang paling banyak ditemukan yaitu karena laptop tersebut terlalu panas atau overheating.

Laptop yang terlalu panas atau overheating biasanya disebabkan oleh penggunaan yang terlalu lama dan berlebihan sehingga suhu laptop naik. Selain itu seringnya kita meletakkan laptop di sembarang tempat seperti tempat yang mempunyai suhu tinggi maupun pada benda yang gampang menyerap panas.

RAM Rusak 

Masalah lain yang dapat terjadi berkenaan dengan RAM. Biasanya laptop bisa mati sendiri di karenakan RAM yang rusak. RAM rusak bisa dipicu beberapa sebab seperti karena crash maupun disebabkan adanya  perpindahan RAM.

Hal lain yang bisa memunculkan permasalahan RAM juga karena kualitas RAM yang buruk akibat dari penginstalan game dengan ukuran yang besar sehingga memungkinkan RAM menghambat kinerja laptop

Charger Laptop Rusak

Penyebab satu ini mungkin dianggap sepele, tapi dapat mengurangi kualitas laptop dan bahkan membahayakan laptop. Biasanya sering laptop dibuat hang karena charger yang longgar akibat lepas isi daya.

Jika masalah ini terjadi pada laptop Anda segera perbaiki pengisi daya atau mengganti baru charger laptop Anda.

Baterai Bermasalah

Ada juga ketergantungan pengisi daya akibat dari baterai  yang  lemah. Hal ini jika terus-terusan bisa mengakibatkan laptop mati ketika lepas dari charger. Sehingga harus setiap digunakan bersama charger. 

Anda bisa melakukan uji baterai untuk melihat apakah baterai laptop masih dapat berfungsi dengan baik. Jika memang baterai tidak bisa diselamatkan maka cobalah membeli baterai yang baru.

Cara Mengatasi Laptop ASUS ROG yang Mati Hidup

Jika laptop ASUS ROG kesayangan Anda selalu mati hidup sendiri. Mungkin Anda perlu menyimak cara mengatasi laptop ASUS ROG yang mati hidup. Berikut telah dirangkum beberapa tahap yang harus dilakukan saat laptop mati hidup di antaranya adalah :

Bersihkan Bagian dalam Laptop

Pertama, cara mengatasi laptop ASUS ROG yang mati hidup bisa Anda mulai dengan melakukan reparasi laptop. Silakan bongkar pasang sendiri jika dimungkinkan. Namun sebelum itu siapkan kuas kecil lalu bukalah bagian dalam laptop Anda, dengan hati-hati Anda bisa membersihkan bagian dalam laptop terutama pada bagian kipas pada laptop tersebut.

Pastikan debu-debu yang ada di laptop bisa hilang hal ini dikarenakan biasanya terdapat debu ataupun benda lain yang menghambat kipas pada laptop Anda dan menyebabkan laptop menjadi mudah panas.  Saat panas laptop seringkali suka menyala dan mati dengan sendirinya.

Cek Pasta Prosesornya

Kedua, Selain masalah kipas titik penyebabnya bisa juga disebabkan oleh bagian pasta prosesor yang kering sehingga membutuhkan pelumas. Jika begitu Anda dapat membuka bagian pasta yang terletak pada prosesor kemudian Anda dapat melakukan pelumasan pasta sehingga pasta prosesornya tidak lagi kering.

Ganti Baterai

Ketiga, Anda bisa melakukan ganti baterai. Jika memang selama ini laptop punya masalah dengan daya baterai. Selain itu coba lihat adakah kebiasaan yang  sering dilakukan dan bersinggungan dengan baterai. 

Anda bisa menghilangkan kebiasaan bersama laptop seperti seringnya melakukan pengecasan sambil bermain laptop. 

Ganti Hardisk

Keempat, Mengganti hardisk yang ada pada laptop. Pada kesempatan ini Anda bisa melakukan DEFRAG terlebih dahulu untuk melihat apakah hardisk dapat sedang pada kondisi baik atau buruk.

Jika ditemukan masalah pada hardisk, cobalah mengganti laptop dengan hardisk yang baru.

Sekarang jika Anda sudah paham, Anda dapat melakukan bongkar pasang dan membenahi bagian laptop yang bermasalah. Namun jika Anda belum pernah melakukan bongkar pasang dan tidak mengerti bagian-bagian laptop. Jangan mencoba melakukan bongkar pasang laptop sendiri.

Anda dapat meminta bantuan ahli yang mampu bongkar pasang laptop. Jika cara di atas tidak berfungsi dengan baik. Maka Anda bisa mengantarkan laptop ke tempat reparasi Asus setempat dan meminta bantuan perbaikan pada laptop Anda.

Setelah mengetahui cara mengatasi laptop ASUS ROG yang mati hidup sendiri Anda bisa melakukan perbaikannya sekarang. Tapi kalau masih ragu dan tidak menemukan masalahnya. Silahkan langsung  bawa ke pelayanan perbaikan laptop terdekat di lokasi Anda.


FYI : Jika masih ada pertanyaan terkait tips, game, produk ROG, bisa langsung masuk ke forum ROG Community. Di sana kalian bisa sharing dan konsultasi dengan dengan sesama member sepuasnya.

Ready to start your journey?

If there is nothing in a chest, the chest doesn’t mean anything