Cara Main Game Android di PC Atau Laptop

Bermain game menggunakan perangkat Android merupakan hal yang sudah tidak tabu lagi. Dari kalangan anak kecil hingga orang dewasa, kini android sudah menjamah mereka semua. Bermain menggunakan android dapat dilakukan dimana  saja, karena sifat perangkat yang mudah untuk dibawa kemanapun.

Namun, terkadang dalam memainkannya, kurang puas karena layar yang kecil, dan efek visualnya yang kurang mengena. Sehingga tidak jarang sebagian orang menginginkan bermain game android di laptop atau komputer mereka agar mendapat sensasi yang lebih baik. Namun, banyak yang belum mengetahui bagaimana cara main game android di pc atau laptop. 

Cara Main Game Android di PC atau Laptop

Bermain game menjadi aktivitas menyenangkan. Selain menjadi media hiburan, bermain game juga memiliki beberapa manfaat. Bermain game dapat meningkatkan kecerdasan berpikir kritis, kreatif dan inovatif.

Melalui game ini, kalian juga dapat melatih emosional juga keterampilan berbahasa kalian. Dari bermain game, kalian juga dapat mendapatkan penghasilan.  

Bermain game di android membuat kita harus lebih fokus dan konsentrasi ke detail yang kecil pada layar hp. Namun jangan khawatir, ada beberapa cara main game di pc atau laptop. Dalam memainkan game ini, kalian dapat memakai emulator ataupun tidak. Simak beberapa cara main game di pc atau laptop di bawah ini :

Cara Main Game Android di PC Tanpa Emulator 

Pada cara yang pertama ini, kalian dapat mempraktikkannya taupe emulator. Namun menggunakan aplikasi mirroring, yang mana layar android dapat dihubungkan dengan pc atau laptop kalian. 

Cara main game di pc atau laptop kalian dengan aplikasi mirroring ini dapat dilakukan dengan meng-install aplikasi mirroring (ApowerMirror, Vysor, AirDoroid, Scrcpy). Kalian bisa menggunakan scrcpy karena size programnya hanya 30 MB, dan tidak perlu repot instal aplikasi tambahan di androidnya. Kemudian pastikan USB debugging telah aktif di menu opsi pengembang. Setelah itu kalian bisa menghubungkan smartphone ke PC atau laptop menggunakan kabel USB. Bukalah scrcpy.xe yang sudah di download, maka layar android akan otomatis tampil di PC. Kalian sudah bisa mulai memainkan gamenya sekarang. 

Cara Main Game Android di PC Dengan Emulator 

Emulator android merupakan program yang dapat digunakan pengguna agar bisa menggunakan sisitem operasi lain di komputer tersebut. Dengan emulator android ini, kalian bisa menggunakan OS android di PC atau laptop kalian.

Secara garis besar, cara main game android di pc atau laptop kalian menggunakan emulator android adalah sebagai berikut : 

  • Langkah pertama, kalian dapat menginstall emulator android di PC atau laptop kalian.
  • Kedua, kalian bisa login dengan email yang sudah ada atau membuat akun baru di akun emulator tersebut.
  • Setelah itu, kalian bisa memilih atau mencari gamenya. Kemudian download dan lakukan proses instalasi sampai selesai.
  • Kalian bisa mulai memainkannya setelah game selesai di download.

Emulator Rekomendasi

Berikut ini, ada beberapa rekomendasi emulator android untuk kalian gunakan di pc atau laptop kalian. 

AMIDuOS  

Emulator ini dapat digunakan pada windows 7/8/9, dengan dukungan lengkap dari user dan developer. Emulator ini tersedia pada versi jellybean dan lollipop dengan masa uji coba gratis selama 30 hari. 

Bluestacks 

Merupakan Emulator terbaik 2021 yang sangat umum digunakan. Spesifikasi RAM minimal untuk meugguuaka bluestack adalah 2GB. Di dalamnya, berisi berbagai macam game yang bisa kita pilih dan download. Aplikasinya juga terus di develop sehingga dapat di update secara berkala. Jika VGA kalian kurang memadai, akan membuat komputer sedikit lag. 

Emulator yang lainnya adalah seperti, Android studio, Andy, GameLoop, Genymotion, Manymo, KOPlayer dan masih banyak lagi. 

Demikianlah artikel mengenai cara main game android di PC atau laptop kalian. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Ready to start your journey?

If there is nothing in a chest, the chest doesn’t mean anything