5 Game PC Detektif, Investigasi & Mengungkap Misteri dengan Nuansa yang Menegangkan

Suka dengan game teka-teki untuk memecahkan misteri dan kasus? Cobain deh main game PC detektif. Dalam game PC detektif ini, kamu akan diminta untuk memecahkan banyak kasus dan rata-rata kasusnya adalah kasus kriminal.

Kasus kriminal yang ada di dalam game PC detektif ini sangat lekat dengan pembunuhan. Namun, selain pembunuhan masih ada kasus lain yang harus kamu tuntaskan. Asyiknya lagi, di sini ada juga game PC detektif yang mengambil tema dari Sherlock Holmes lho!

Rekomendasi Game PC Detektif

Ada lima game PC detektif yang bisa kamu coba mainkan. Untuk yang suka main game puzzle dan teka-teki, pasti menyukai semua game PC detektif ini.

Return of the Obra Dinn

Return of the Obra Dinn
SpesifikasiDetail
Tahun Rilis2018
PlatformPC, Nintendo Switch, PS4, Xbox One
Memori (RAM & ROM)RAM: 4 GB, ROM: 2 GB
GraphicsDiscrete GPU
Sistem OperasiWindows 7 atau lebih baik
Prosesor2 GHz Intel i5 atau lebih baik
Harga GameRp 165.999

Kalau kamu suka main game PC detektif yang penuh dengan teka-teki yang mikir banget, Return of the Obra Dinn bisa jadi pilihan yang tepat buat kamu. Dirilis pada tahun 2018 oleh Lucas Pope, pencipta Papers, Please, game ini mengajak kamu menjadi seorang penyelidik asuransi yang ditugaskan untuk menyelidiki misteri hilangnya kru kapal dagang Obra Dinn.

Tidak ada yang bergerak di kapal ini, namun kematian-kematian para krunya memberikan banyak petunjuk yang harus kamu pecahkan. Menggunakan jam saku ajaib, kamu dapat menyaksikan momen terakhir sebelum kematian setiap kru untuk menyusun teka-teki ini.

Kelebihan:

  • Kelebihan game PC detektif ini adalah mekanika teka-teki yang sangat informatif. Kamu bakal diperlihatkan momen sebelum kematian setiap kru lewat jam saku. Nah, setiap memori itu menunjukkan bagaimana seseorang meninggal dan petunjuk penting.
  • Uniknya, game detektif ini menggunakan gaya visual 1-bit ala komputer jadul. Walau sederhana, tapi justru memberikan atmosfer misteri yang kuat.
  • Cerita game ini juga unik dan menarik sehingga kamu tidak akan bosan untuk terus menggali lebih dalam di balik kematian para kru dan kapal Obra Dinn.

Kekurangan:

  • Sayangnya, game ini cenderung sangat sulit karena tidak diberikan petunjuk yang jelas. Semuanya murni hasil observasi dan kemampuan deduksi pemain.
  • Pergerakan karakternya juga lambat dan tidak bisa berlari.
  • Kadang visual 1-bit ini membuat beberapa pemain pusing.

Sherlock Holmes: Crimes and Punishments

Sherlock Holmes Crimes and Punishments
SpesifikasiDetail
Tahun Rilis2014
PlatformPC, PlayStation, Xbox
Memori (RAM/ROM)2 GB RAM / 14 GB ROM
Graphics (PC)AMD Radeon HD 3850 / Nvidia GeForce 8600 GTS (256 MB)
Sistem Operasi (PC)Windows Vista SP2 / 7 / 8
Prosesor (PC)AMD/Intel Dual-Core 2.4 GHz
Harga GameRp 319.999

Tahu tokoh Sherlock Holmes dong? Makanya, game PC detektif Sherlock Holmes: Crimes and Punishments aini tidak luput dari daftar. Game ini menawarkan pengalaman investigasi dengan kualitas grafis yang lebih cemerlang dan gameplay yang menarik, terutama jika kamu memainkan versi PC.

Kelebihan:

  • Kelebihan game PC detektif ini adalah ia dibangun menggunakan grafis Unreal Engine 3 dengan detail karakter yang nyata.
  • Lebih serunya lagi, game ini punya enam kasus berbeda, mulai dari pembunuhan dengan harpun hingga pembunuhan berbau ritual Mesir kuno.
  • Lalu, di sini kamu bukan sekedar mencari petunjuk, tetapi harus jago dalam menyusun deduksi dari petunjuk-petunjuk tersebut untuk menentukan pelaku kejahatan.
  • Di akhir setiap kasus, kamu akan dihadapi dengan pilihan moral yang sulit, apakah pelaku harus dihukum atau dimaafkan.
  • Agar tidak bosan, game PC detektif ini bahkan memberikan momen aksi yang singkat namun tetap menegangkan, yaitu tembak-menembak hingga pertarungan.

Kekurangan:

  • Kekurangannya, enam kasus ini ternyata punya alur yang berbeda sehingga pengalaman bermainnya agak sedikit kurang terarah.
  • Kontrolnya agak canggung karena menggunakan perspektif orang pertama dan ketiga terutama saat berpindah satu lokasi ke lokasinya agak lambat dan awakward.
  • Terkadang waktu loadingnya agak panjang setiap kali berpindah tempat.

L.A. Noire

L.A. Noire - game detektif pc
SpesifikasiDetail
Tahun Rilis2011
PlatformPC, PS3, PS4, Xbox 360, Xbox One, Nintendo Switch
Memori (RAM dan ROM)RAM: 2GB – 8GB, ROM: 16GB
GraphicsNVIDIA GeForce 8600 GT – GTX 580 / AMD Radeon HD3000 – HD 6850
Sistem OperasiWindows 10 64-Bit
ProsesorIntel: Dual Core 2.2 GHz – Quad Core 3.2GHz / AMD: Dual Core 2.4GHz – Quad Core 3.2GHz
Harga GameRp 200.000

Game PC detektif selanjutnya adalah L.A. Noire. Game ini menonjolkan teknologi animasi wajah terbaru, MotionScan, yang menangkap setiap ekspresi aktor dengan detail yang baik. Kamu akan berperan sebagai Cole Phelps, seorang detektif LAPD, yang harus mengungkap berbagai kasus kriminal di Los Angeles pada era pasca Perang Dunia II.

Kelebihan:

  • Game ini punya teknologi animasi wajah yang canggih, yaitu MotionScan yang membuat setiap interogasi terasa hidup.
  • Dengan teknologi canggih maka kamu bisa melihat tanda-tanda kebohongan atau keraguan melalui ekspresi wajah karakter.
  • Lalu, game ini juga sukses membangun dunia Los Angeles tahun 1940-an dengan sangat detail, mulai dari kendaraan, bangunan, hingga musik yang disajikan di radio.
  • Kasus kriminal di game ini juga menantang karena setiap kasus memerlukan ketelitian dalam menemukan petunjuk dan menilai karakter yang kamu interogasi.
  • Cerita di game ini fokus pada kejahatan yang rumit dan konspirasi, dan banyak plotwist di dalamnya.

Kekurangan:

  • Kekurangan game ini adalah, kadang sistem integorasinta terasa kaku. Setiap kali kamu salah memilih dialog maka reaksinya akan aneh.
  • Ada pengulangan gameplay yang membuatnya terasa membosankan.
  • Eksplorasi wilayahnya agak terbatas dan tidak banyak interaksi yang bisa kamu lakukan ketika berada di lokasi-lokasi penting.

Ghost Trick: Phantom Detective

Ghost Trick Phantom Detective
SpesifikasiDetail
Tahun Rilis2023
PlatformPC, Nintendo Switch, PS4, Xbox One
Memori (RAM dan ROM)RAM 8 GB, Penyimpanan 7 GB
GraphicsIntel UHD Graphics 630 / Radeon Vega 8 (Minimum)
NVIDIA GeForce GT 1030 / Radeon RX550 (Rekomendasi)
Sistem OperasiWindows 10 (64-bit)
ProsesorIntel Core i3 8350k / AMD Ryzen3 3200G (Minimum)
Intel Core i3-9100F / AMD Ryzen3 3200G (Rekomendasi)
Harga GameRp 453.999

Ghost Trick: Phantom Detective adalah game PC detektif yang unik. Game ini merupakan remaster dari judul klasik yang awalnya dirilis di Nintendo DS. Dengan grafis HD yang ditingkatkan dan alur cerita yang menarik, game ini menghadirkan pengalaman yang unik di mana kamu harus memecahkan misteri kematianmu sendiri sebagai hantu.

Kelebihan:

  • Konsep game ini unik dan berbeda dibandingkan game detektif lainnya. Kamu bakal berperan sebagai hantu dengan emampuan supernatural seperti menghentikan waktu, berpindah antar objek, dan memanipulasi lingkungan untuk mengungkap teka-teki.
  • Lalu, setiap area di game ini punya teka-teki yang kreatif, dan kamu bisa gunakan kekuatan hantu untuk memecahkan teka-teki itu.
  • Dibandingkan versi sebelumnya, versi remaster ini punya visual lebih baik dan detail.
  • Musik dalam game versi remaster juga lebih memberikan sentuhan emosional yang kuat.
  • Untuk ceritanya juga unik, ada sedikit sense humor ala anime di sini.

Kekurangan:

  • Kekurangannya adalah, game ini memiliki gameplay yang linear sehingga kamu tidak bisa bereksperimen dengan cara lain untuk menyelesaikan teka-teki. Hanya ada satu cara yang benar untuk bisa menuntaskan misi.
  • Lalu, di sini juga terlalu banyak dialog panjang sehingga kamu harus rajin membaca untuk bisa menamatkan gamenya.
  • Untuk yang main versi PC, ada batasan frame rate di 60fps.

Detective Grimoire

Detective Grimoire
SpesifikasiDetail
Tahun Rilis19 Agustus, 2014
PlatformPC, Android, iOS
Memori (RAM dan ROM)512 MB RAM, 200 MB ROM
GraphicsOn-board graphics
Sistem OperasiWindows XP
Prosesor2.33GHz atau lebih cepat, atau Intel Atom™ 1.6GHz untuk netbook
Harga GameRp 65.000 (versi standar), Rp 82.499 (Soundtrack Edition)

Last but not least, Detective Grimoire akan menempatkan kamu sebagai detektif muda yang ditugaskan untuk menyelidiki pembunuhan di sebuah tempat wisata rawa yang penuh dengan karakter eksentrik dan misteri. D

engan gaya visual yang menarik dan gameplay yang mudah dipahami, Detective Grimoire berhasil menciptakan atmosfer misterius yang memikat, sambil tetap menyuguhkan humor yang cerdas dan teka-teki yang cukup menghibur.

Kelebihan:

  • Game ini punya cerita menarik dengan penuh misteri tentang pembunuhan di sebuah objek wisata rawa yang dikelilingi oleh karakter-karakter eksentrik.
  • Visual dalam game ini cukup indah dengan atar belakang yang digambar secara digital memberikan atmosfer yang hidup.
  • Bagusnya lagi, setiap karakternya disuarakan dengan penuh emosi sehingga interaksi dan dialog terasa lebih hidup dan menyenangkan.
  • Mekanika logikanya juga cerdas, di mana pemain akan diminta untuk menyusun berbagai fakta dan informasi untuk membentuk kesimpulan.
  • Selain itu, game ini juga punya gameplay yang mudah dipahami oleh siapa pun pemainnya.

Kekurangan:

  • Teka-teki di game ini terlalu mudah dibandingkan empat game sebelumnya.
  • Interaksi di game ini juga sangat terbatas, bahkan beberapa karakter tidka memberikan informasi apapun.
  • Game ini lebih nyaman dimainkan pakai layar sentuh dibandingkan PC karena ada mekanisme menyeret objek.

Game PC detektif memang paling seru dimainkan. Meski minim aksi, tapi game ini bakal sangat cocok untuk yang suka tantangan dengan konsep teka-teki yang kuat. Apakah kamu salah satunya?

Ready to start your journey?

If there is nothing in a chest, the chest doesn’t mean anything