Cara Memperbaiki Laptop ASUS ROG Mati Total, Identifikasi Masalahnya Dulu

Laptop ASUS ROG Anda tiba-tiba mati total saat perangkat laptop di hidupkan?. Tentu membuat bingung, apakah ada yang salah dengan perangkat laptop atau ada yang salah dengan aplikasi yang dibuka. Jika terjadi masalah seperti itu coba cara memperbaiki laptop ASUS ROG mati total berikut ini !

Perkara laptop mati total sudah banyak kita temukan tidak hanya dijangkiti oleh pengguna ASUS ROG saja. Namun juga terjadi pada laptop merk lain. Tapi tenang saja, ada beberapa cara memperbaiki laptop ASUS ROG mati total yang bisa kita ikuti dan dilakukan secara otodidak. Simak penjelasan berikut.

Cara Memperbaiki Laptop ASUS ROG Mati Total dengan Power Reset

Cara memperbaiki laptop ASUS ROG Mati Total mungkin saja bisa diselesaikan dengan melakukan power reset. Dengan cara mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Coba putuskan semua sumber listrik yang ada pada laptop baik itu kabel data hingga alat pengisi daya yang sedang terhubung.
  2. Kemudian pada kondisi laptop kosong Anda dapat menekan ‘’power’’ kurang lebih dalam jangka 30 detik/
  3. Lalu Anda dapat memasang kembali baterai dan pengisi daya
  4. Kembali hidupkan laptop dengan cara seperti biasa.

Laptop ASUS ROG Mati Total Bisa di sebabkan Masalah Baterai dan Charger

Permasalahan utama dan yang paling sering dalam perangkat laptop yang mati secara tiba-tiba dikarenakan baterainya. 

Biasanya disebabkan pemakaian baterai lama yang performanya sudah menurun, atau adanya kerusakan pada alat pengisi daya sehingga laptop mati total.

Maka dari itu Anda harus bisa melihat kondisi baterai yang terpadang pada laptop atau mengecek alat pengisi daya ASUS ROG apakah ada kesalahan saat mengisi daya, seperti colokan dengan port laptop ASUS ROG Yang Longgar atau adanya aliran listrik tidak bisa mengalir dengan baik akibat terlipatnya kabel charger laptop.

Saat ingin memperbaiki Laptop yang tiba-tiba mati total kiat-kiat yang di ikuti terbagi sesuai dengan jenis baterai. Hampir sama seperti perangkat ponsel yang memiliki dua jenis baterai. 

Perangkat laptop juga membuat hal yang sama, pada pengeluaran laptop lama bentuknya lebih besar dan berat karena memakai baterai pasang.

Sedangkan pada laptop jenis terbaru bentuknya lebih ringan, mudah dibawa dan body yang slim juga memakai jenis baterai tanam sehingga tidak bisa dilakukan bongkar pasang.

Biasanya laptop ASUS ROG memiliki baterai tanam sehingga jika ingin memperbaiki laptop dengan bongkar pasang baterai sedikit sulit. 

Lalu Bagaimana Cara Memperbaiki Laptop ASUS ROG dengan Baterai Tanam?

Meskipun laptop ASUS ROG kita mempunyai baterai tanam. Kita masih bisa coba memperbaiki Laptop ASUS ROG mati total secara mandiri di rumah sebelum membawa ke service laptop dengan kiat-kiat berikut ini :

Pertama, Coba balikkan laptop ASUS ROG Anda supaya lubang kecil yang berada di tengah laptop terlihat. Untuk Anda tahu lubang kecil yang ada di belakang laptop tersebut merupakan lubang yang digunakan untuk menghidupkan ulang atau restart laptop yang mati total.

Kedua, Anda bisa mencari jarum pentul atau penusuk yang dapat dimasukkan pada lubang kecil tersebut. Kemudian And bisa memasukkan jarum pada lubang.

Ketiga, lalu tekan tombol kecil yang berada tepat di dalam lubang. Waktu tekan sekitar kurang lebih 5 detik. 

Keempat, Cobalah melakukan pengisian daya laptop, kemudian Anda bisa menunggu dalam beberapa menit.

Keenam, sesudah di charger cobalah menghidupkan kembali laptop yang semula mati total apakah cara di atas bekerja atau tidak.

Jika tidak bekerja Anda bisa mencoba cara selanjutnya yang mungkin saja membuat laptop ASUS ROG Anda hidup kembali.

  1. Melakukan hard reset pada laptop
  2. Pencet tombol power serta tahan hingga 20 detik
  3. Lalu kembali lagi dengan mengerjakan boot 
  4. Hidupkan kembali laptop Anda menggunakan adaptor tapi lepas baterai pada laptop.

Jika masih tidak menyalah Anda bisa mencoba memeriksa beberapa perangkat seperti adanya RAM yang rusak. Lepas RAM laptop ASUS ROG Anda beberapa waktu kemudian Anda dapat memasang kembali RAM tersebut. 

Atau mungkin layar laptop Anda yang sebenarnya menjadi masalah laptip tidak menyala. Cara mengatasi hal ini adalah dengan menggunakan monitor eksternal Anda bisa memasukkan port VGA ataupun port HDMI pada laptop ASUS ROG.

Penutup

Itu tadi cara memperbaiki laptop ASUS ROG mati total yang bisa di coba secara otodidak. Cara-cara tersebut bisa Anda coba satu persatu seraya melihat dan memperhatikan apa bagian laptop yang bermasalah sehingga menyebabkan laptop mati total.

Kalau saja sudah coba semua cara di atas namun masih laptop ASUS ROG masih tidak bisa hidup. 

Mungkin perangkat laptop Anda membutuhkan bantuan layanan service laptop yang berkompeten. Anda bisa membawa laptop ASUS ROG yang rusak kesana dan meminta ahli melihat permasalahan laptop.

FYI : Jika masih ada pertanyaan terkait tips, game, produk ROG, bisa langsung masuk ke forum ROG Community. Di sana kalian bisa sharing dan konsultasi dengan dengan sesama member sepuasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ready to start your journey?

If there is nothing in a chest, the chest doesn’t mean anything