ROG Review Competition

Wajah Ganda ROG Flow Z13

Tagged: 

Viewing 1 post (of 1 total)
  • Author
    Posts
  • Naufalam06
    Participant

    ROG Flow Z13 GZ301 “World’s Most Powerful Tablet Gaming Laptop”
    Laptop sekaligus tablet fleksibel dengan performa gahar

    ASUS ROG Flow Z13 GZ301 merupakan laptop sekaligus tablet gaming yang belum lama ini telah diperkenalkan pada acara Malam Unleash The Legend Inside with ROG Intel 12th Gen. Hadir dengan tampilan yang nyentrik, laptop ini berbeda dari laptop gaming pada umumnya. ROG Flow Z13 dapat dikatakan sebuah terobosan baru karena desain yang diadopsi oleh laptop ini belum pernah ada pada laptop gaming manapun sebelumnya.

    GZ301-PC-GAMEPASS-1920x1080px-TGIM

    Selain itu, PC Game Pass kini sudah tersedia di dalam ROG Flow Z13 GZ301 dan Mainkan 100+ game berkualitas tinggi, termasuk EA Play. Dapatkan 1 bulan Game Pass secara Gratis, sudah termasuk dalam pembelian ROG Flow Z13 GZ301.

    Selangkah Lebih Maju

    Tak diragukan lagi, ASUS memang selalu berhasil mengahadirkan inovasi-inovasi yang mampu menggebrak dunia per-laptop-an di dunia. ROG Flow Z13 merupakan sebuah inovasi yang cukup mengejutkan dan terbilang unik. Desain 2-in-1 detachable merupakan sebuah terobosan yang memang sebelumnya pernah diadopsi pada beberapa laptop konvensional yang beredar di pasaran.

    Namun, kali ini ASUS mencoba untuk mengadaptasi desain 2-in-1 detachable pada laptop gamingnya. Langkah ‘nekat’ yang diambil ASUS justru berhasil menarik minat dari banyak orang. dengan hadirnya desain fleksibel semacam ini, memungkinkan ROG Flow Z13 dapat digunakan pada beragam skenario penggunaan.

    ROG Flow Z13 juga terbilang laptop gaming yang ringkas, hal ini didukung dengan dimensi laptop yang hanya setebal 12mm dengan bobot 1,1 Kg. Laptop ini juga dilengkapi dengan “kickstand” yang terletak dibelakang bodi utama. Kegunaan Kickstand sendiri adalah untuk memudahkan penggunaan laptop ketika digunakan pada skenario posis laptop secara berdiri. Untuk keyboard, ROG Flow Z13 menghadirkan sistem magnetik yang memudahkan penggunaan dan proses pemasangan pada berbagai skenario penggunaan.

    Selain itu, ASUS tetap menerapkan bezel tipis pada ROG Flow Z13. Desain bezel yang tipis dan detachable yang diusung pada laptop ini memungkinkan bagian engsel pada laptop dimanfaatkan untuk mengakomodasi komponen lainnya. Hingga pada akhirnya, ASUS berhasil menciptakan motherboard dengan desain yang ringkas serta sistem pendingin khusus pada laptop ini.

    Tetap Gahar Meski Ringkas

    Meski laptop ini mengadopsi desain detachable dan tipis, ROG Flow Z13 tetap mempertahankan konsep penggunaannya yang diperuntukkan pada aktivitas gaming. Dengan ditenagai oleh Prosesor Intel generasi ke-12 yang menggunakan konfigurasi core yang terdiri dari Performance Core (P-core) dan Efficient Core (E-core). Kedua teknologi tersebut berturut-turut bekerja untuk memproses data-data berat serta menjalankan tugas-tugas ringan dengan seefiseien mungkin tanpa memakan banyak daya yang berarti. Kombinasi dari kedua teknologi tersebut memungkinkan Laptop ROG Flow Z13 mampi digunakan dengan optimal untuk kebutuhan gaming.

    4

    Untuk menunjang aktivitas gaming yang lebih menyenangkan, ASUS mengkombinasikan produk ini dengan video grafis keluaran NVIDIA, yakni NVIDIA seri RTX. Video grafis milik NVIDIA ini telah menjadi salah satu komponen utama dalam menghadirkan pengalaman bemain game yang menyenagkan.

    Ditambah dengan dukungan memori LPDDR5 berkapasitas 16GB dan sistem penyimpanan berbasis NVME PCIe 4.0 x4 SSD. Memori generasi ini memiliki kecepatan 33% lebih tinggi ketimbang memori generasi sebelumnya. Kedua komponen ini jelas dapat menambah pengalaman bermain game yang menyenangkan.

    Meski begitu, belum cukup rasanya bila pengalaman bermain game hanya sebatas menyenangkan. Untuk menyelesaikan persoalan tersebut, ASUS juga telah menghadirkan fitur yang memungkinkan ROG Flow Z13 untuk dapat dihubungkan dengan ROG XG Mobile.

    ROG XG Mobile sendiri bukan sembarang video grafis eksternal seperti pada umumnya. Untuk menghubungkannya, diperlukan port khusus. Dengan adanya fitur semacam ini, tentunya dapat menunjang pengalaman bermain game yang lebih baik.

    Apakah cukup sampai disitu? Tentu tidak, ASUS masih menambahkan beberapa teknologinya di produk ini. MUX Switch dan Sistem Pendingin Inovatif merupakan jawabannya. MUX Switch sendiri merupakan sebuah teknologi berupa chip khusus yang dapt mengatur jalur data visual yang ditampilkan di laptop. Hadirnya teknologi ini memungkinkan performa dalam game dapat ditampilkan dengan lebih baik.

    Kemudian, sistem pendingin yang dihadirkan dengan 84 bilah khusus yang kesemuanya dirancang dengan memiliki ketebalan bervariasi. Tujuan dari perancangan bilah kipas yang sedemikian rupa tak lain untuk menghadirkan sistem pertukaran udara yang lebih optimal. Sistem pendinginan pada ROG Flow Z13 juga dilengkapi dengan desain anti-resonance. Desain semacam ini memungkinkan kipas berputar dengan lebih senyap. Adapun Self Cleaning 2.0 yang bertugas untuk menghempaskan setiap debu dan partikel keluar bagian sistem pendingin.

    Kombinasi dari beragai fitur dan teknologi pada ROG Flow Z13 benar-benar dapat menunjang pengalaman bermain game yang maksimal.

    Cocok Untuk Kebutuhan Content Creator

    Seperti pada sub-bab sebelumnya, yang mana ROG Flow Z13 di tenagai dengan Prosesor Intel Generasi ke-12. Konfigurasi dari core dalam Prosesor milik Intel ini menghasilkan sebuah prosesor hibrida yang selain mampu menunjang performa bermain game yang optimal dan lebih menyenangkan, di sisi lain prosesor ini juga cocok untuk kebutuhan pembuatan konten (conten creation). Kemampuan pemrosesan yang cepat dan optimal, serta penggunaan daya efisien menjadi alasan bahwa ROG Flow Z13 yang ditenagai Prosesor Intel Generasi ke-12 ini cocok untuk digunakan oleh content creator.

    3

    Kemudian, salah satu fitur paling penting bagi seorang content creator yang wajib ada dalam sebuah laptop, yakni tingkat akurasi warna pada layar. Pada ROG Flow Z13, ASUS selaku produsen laptop ini menghadirkan layar dengan resolusi yang mendukung resolusi gambar 4K dan standar warna 100% DCI-P3. Fitur ini tentu sangat penting bagi seorang content creator, standar warna 100% DCI-P3 yang dihadirkan oleh ROG Flow Z13 jelas dapat menyajikan visual yang lebih detail, tajam, dan halus karena tingkat akurasi warnanya yang tinggi. Hal ini menjadi alasan utama, mengapa laptop ini sangat cocok untuk digunakan oleh content creator.

    Meski alasan utama sudah ditemukan, masih ada satu alasan tambahan mengapa ROG Flow Z13 cocok untuk kebutuhan para conten creator yang nampaknya cocok untuk ditambahkan dalam artikel kali ini. Alasan tersebut terkait dengan dimensi dan bobot laptop. Dimensi yang tidak telalu besar dan bobot yang cukup ringan dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi laptop gaming ciptaan ASUS ini. hal tersebut memungkinkan penggunaan yang fleksibel dan portabel, sehingga dapat digunakan dimana pun, seperti di café atau pun tempat-tempat lainnya.

Viewing 1 post (of 1 total)
  • You must be logged in to reply to this topic.

Ready to start your journey?

If there is nothing in a chest, the chest doesn’t mean anything