ROG Review Competition

TUF Dash F15, World’s Slimmest Value Gaming Laptop

Viewing 1 post (of 1 total)
  • Author
    Posts
  • Anwar Arofa
    Participant

    FX517-PC-GAMEPASS-1920x1080px-TGIM

    Kamu sedang mencari laptop yang slim, powerful, namun harganya tetap terjangkau? Kenalin, ASUS TUF Dash F15, laptop yang ringkas, powerful dan terjangkau. Ini cocok lho bagi kamu yang suka bepergian kemana-mana tapi males kalo harus bawa laptop gaming yang berat! Sekarang mending kita bahas aja seluk-beluk tentang laptop ini!

    Eh, tapi kamu perlu tahu kalau PC Game Pass kini sudah tersedia di dalam laptop TUF Dash F15, jadi kamu bisa mainkan 100+ game berkualitas tinggi, termasuk EA Play. Dapatkan 1 bulan Game Pass secara gratis, sudah termasuk dalam pembelian TUF Dash F15. Jadi enak deh kalau mau main game gak usah beli satu persatu!

    Oke, sekarang kita mulai bahas laptop ini ya. Laptop ini ditenagai oleh prosesor Intel® Core™ gen 12, dengan varian tertinggi memakai Intel® Core™ i7-12650H. Prosesor ini memiliki konfigurasi 10 core, yang terdiri dari 6 P-core, dan 4 E-core dan 16 thread yang mampu berjalan pada frekuensi 4,7 GHz. Dengan prosesor ini, TUF Dash F15 dipastikan lancar untuk digunakan dalam berbagai aktivitas mulai dari bermain game, live streaming, pembuatan konten, rendering, hingga multitasking.

    download

    Nah, tentunya laptop gaming yang powerful juga harus memiliki GPU. TUF Dash F15 dibekali dengan chip grafis hingga NVIDIA® GeForce RTX™ 3060, dengan TGP hingga 105W sehingga kalau anda pakai buat main game, rendering, atau editing video, tentunya kartu grafis ini sangat mampu untuk menjalankannya. TUF Dash F15 juga merupakan salah satu lini laptop gaming ASUS yang telah dibekali dengan MUX Switch. Apa kerjanya? Yaitu mengalihkan jalur data pemrosesan tampilan layar secara langsung ke chip grafis GeForce RTX™ yang tersedia. MUX Switch dapat memangkas latency dan meningkatkan FPS di dalam game hingga 15%. MUX Switch dapat diakses langsung melalui aplikasi Armoury Crate yang tersedia di TUF Dash F15.

    RTX 30 Series telah dibekali dengan beberapa fitur, seperti DLSS. NVIDIA DLSS memberikan sebuah peningkatan kecepatan pada permainan tanpa harus kompromi dengan kualitas gambarnya. Tingkatkan pengaturan dan resolusi untuk sebuah pengalaman visual yang bahkan lebih baik dari sebelumnya.

    Selain itu, pastinya RTX 30 Series juga memiliki fitur Ray Tracing. Ray Tracing mensimulasikan bagaimana cahaya di kehidupan nyata untuk menghasilkan grafis paling realistis dan imersif untuk para gamers dan kreator, berkat RT Cores yang dimiliki.

    TUF Dash F15 juga telah dibekali dengan NVIDIA Max-Q, NVIDIA Max-Q adalah tempatnya teknologi yang ditenagai oleh AI yang mengoptimalkan laptop guna memberikan performa tinggi dalam bentuknya yang tipis.

    Selain dibekali dengan CPU dan GPU yang kencang, tentunya TUF Dash F15 juga dibekali dengan RAM dan SSD yang besar dan kencang. TUF Dash F15 telah dibekali memori DDR5 4800MHz, yang dapat diupgrade hingga kapasitas 32GB. Sementara untuk penyimpanannya, TUF Dash F15 mengandalkan penyimpanan SSD NVMe PCIe 3.0 yang memiliki kapasitas hingga 1TB, sehingga pengalamanmu dalam bermain game atau menggunakan aplikasi akan berjalan lebih gesit dan memiliki waktu loading yang singkat.

    image001-4

    Walaupun TUF Dash F15 memiliki performa yang tinggi namun dengan bodi yang ringkas, bukan berarti laptop ini adalah laptop yang panas, karena TUF Dash F15 telah dibekali dengan lima heatpipe berbahan tembaga. Heatpipe tersebut tidak hanya mengalirkan panas dari komponen utama seperti prosesor dan kartu grafis saja, namun juga mencakup komponen penghasil panas lainnya seperti VRM dan VRAM GPU. Panas dari heatpipe lalu disalurkan ke heatsink dengan desain khusus yang dapat melepas panas sekaligus membuang debu keluar dari sistem pendinginan TUF Dash F15.

    Agar pendinginannya maksimal, heatpipe tersebut dibantu oleh Arc Flow Fans™ yang memiliki desain 84 bilah kipas, dengan masing-masing bilah memiliki ketebalan yang berbeda-beda. Dengan mengatur ketebalan tiap blade hingga ketebalan 0,1 mm di ujung bilah, turbulensi dapat direduksi, dan pada saat yang sama dapat meningkatkan aliran udara secara keseluruhan. Walaupun TUF Dash F15 keluaran tahun ini menjadi sedikit lebih senyap dibandingkan dengan keluaran tahun lalu, kipas-kipas TUF Dash F15 menyediakan 13% aliran udara yang lebih banyak dibandingkan generasi sebelumnya. Empat lubang pembuangan udara juga disiapkan sehigga TUF Dash F15 dapat melepas panas secara lebih optimal.

    TUF Dash F15 hadir dengan ketebalan bodi kurang dari 20mm dan bobot hanya 2kg, menjadikannya salah satu laptop gaming paling ringkas dikelasnya. Tidak hanya itu, TUF Dash F15 terbaru kali ini juga dibekali dengan tampilan baru yang lebih modern serta bezel yang lebih tipis dari pendahulunya, dengan screen-to-body ratio hingga 80%.

    Walaupun TUF Dash F15 memiliki bodi yang ringkas, durabilitasnya tidak dapat diragukan lagi. Laptop gaming ini dirancang khusus agar tetap tampil tangguh serta dapat diandalkan kapan pun dan dimanapun. TUF Dash F15 juga telah lolos uji ketahan ekstrem berstandar militer AS (MIL STD-810H) seperti uji jatuh, getaran hingga operasional di suhu serta kelembapan ekstrem.

    ASUS-TUF-Dash-F15-FX517-jpg

    Dengan performa yang tinggi dan bodi yang ringkas, TUF Dash F15 memiliki konektivitas modern seperti WiFi 6 (802.11ax) dan Bluetooth 5.1. Selain itu laptop gaming ini juga hadir dengan berbagai port yang siap untuk mendukung aktivitas penggunanya. Salah satu port modern yang ada di TUF Dash F15 terbaru adalah Thunderbolt 4. Port dengan interface USB Type-C tersebut tidak hanya memiliki kecepatan transfer data yang tinggi tetapi juga mendukung penggunaan monitor tambahan hingga resolusi 8K. Selain itu, port tersebut juga mendukung pengisian daya melalui teknologi USB Power Delivery sehingga menambah aspek mobilitas TUF Dash F15. Dengan konektivitas dan port yang modern, TUF Dash F15 semakin lebih nyaman digunakan, dimanapun.

    Layar TUF Dash F15 menggunakan layar 15 inci beresolusi 1920×1080, panel IPS, refresh rate 144Hz dan response time 3ms, membuatnya layar yang cocok digunakan untuk bermain game ataupun multitasking. TUF Dash F15 tetap dibekali dengan keyboard full-size yang telah dilengkapi numpad fisik. Keyboard tersebut sudah dilengkapi juga dengan LED backlight serta ditemani oleh sebuah touchpad yang lebih baik. Tidak hanya lebih akurat, touchpad di TUF Dash F15 terbaru lebih luas dibandingkan dengan generasi seblumnya, sehingga penggunanya akan terasa nyaman saat menggunakan touchpad.

    Untuk baterainya, laptop ini menawarkan kapasitas baterai 76 Wh. Selain itu, laptop ini juga dilengkapi dengan webcam 720p. Ada beragam fitur yang ditawarkan di laptop ini, seperti AI noise-cancelling technology, Dolby Atmos, Hi-Res Certification, Built-in array microphone, 2-speaker system.

    Nah, lalu bagaimana dengan opsi upgradenya? Walaupun TUF Dash F15 memiliki bodi yang ringkas, laptop ini sangat mudah kok untuk diupgrade. TUF Dash F15 hadir dengan fitur pop-up screw yang membuat penggunanya lebih mudah saat melepas panel bodi bagian bawah laptop ini. Pengguna TUF Dash F15 juga memiliki akses yang mudah ke berbagai komponen seperti slot SSD dan memori di TUF Dash F15.

    ASUS telah menyediakan opsi upgrade lebih luas di TUF Dash F15 terbaru melalui dua slot M.2 NVMe PCIe dan juga dua slot memori DDR5 4800MHz. Maka dengan itu, pengguna TUF Dash F15 dapat melakukan upgrade kapasitas penyimpanan serta memori laptop-nya lebih mudah secara mandiri.

    Lalu, bagaimana untuk harganya? ASUS TUF Dash F15 memiliki harga mulai dari Rp16 juta untuk varian terendahnya, dan Rp24 juta untuk varian tertingginya.

    Rp16.799.000 (Core™ i5/RTX 3050/FHD 144Hz/8GB RAM/512GB SSD)
    Rp20.299.000 (Core™ i7/RTX 3050/FHD 144Hz/2x8GB RAM/1TB SSD)
    Rp21.999.000 (Core™ i7/RTX 3050Ti/FHD 144Hz/2x8GB RAM/1TB SSD)
    Rp24.499.000 (Core™ i7/RTX 3060/FHD 144Hz/2x8GB RAM/1TB SSD)

    Kesimpulannya, ASUS TUF Dash F15 adalah salah satu pilihan buat kamu yang dananya terbatas, namun sedang mencari laptop yang powerful, ringkas, namun tetap terjangkau! Jadi, setelah kamu meilhat kemampuan yang ditawarkan oleh laptop ini, kamu masih mikir-mikir? Apalagi setelah meilihat bonus yang ditawarkan oleh laptop ini? Ayo, mending kamu segera dapatkan laptop ini di ASUS Official Store sekarang juga!

    https://www.asus.com/Laptops/For-Gaming/TUF-Gaming/ASUS-TUF-Dash-F15-2022/

Viewing 1 post (of 1 total)
  • The forum ‘ROG Review Competition’ is closed to new topics and replies.

Ready to start your journey?

If there is nothing in a chest, the chest doesn’t mean anything