ROG Review Competition

ROG Zephyrus M16 Laptop Gaming Tipis yang Cocok untuk Anak Muda

Viewing 1 post (of 1 total)
  • Author
    Posts
  • Bai Ruindra
    Participant

    GU603-PC-GAMEPASS-1920x1080px-TGIM

    PC Game Pass kini sudah tersedia di dalam ROG Zephyrus M16 (GU603Z) dan Mainkan 100+ game berkualitas tinggi, termasuk EA Play. Dapatkan 1 bulan Game Pass secara Gratis, sudah termasuk dalam pembelian ROG Zephyrus M16 (GU603Z).

    ROG Zephyrus M16 (GU603Z) memiliki tagline, World’s First 16-inch Super-Narrow Bezels Gaming Laptop. Sebuah laptop gaming yang tak ada tanding soal bezel tipis dan beratnya yang ringan. Beratnya cuma 1,9 kg yang menandakan bahwa sebuah laptop gaming masih bisa dirancang setipis dan seringan mungkin untuk mendukung produktivitas.

    Biasanya, kita menemukan sebuah laptop gaming yang berat dan tebal. Gamer yang membawanya tentu terlihat gagah sekali namun terkadang pundak terasa sangat lelah memikul beban yang berat. ASUS mendengar keluh-kesah dari gamer ini, terlebih anak muda yang ingin terlihat stylish. Maka, lahirlah ROG Zephyrus M16 (GU603Z) sebagai laptop gaming yang ringan dan tidak terlalu tebal.

    ROG Zephyrus M16 (GU603Z) Dedikasi untuk Anak Muda

    Screenshot-2022-09-22-090343

    ASUS menghadirkan ROG Zephyrus M16 (GU603Z) bukan tanpa alasan. Salah satu faktor utama tak lain keinginan anak muda yang selalu terdepan dalam gaya. Laptop gaming ini memberikan kesegaran yang luar biasa pada bagian bodi, terutama berat dan diameter tidak terlalu besar.

    Dalam sekali pandang, ROG Zephyrus M16 (GU603Z) seperti laptop pada umumnya. Namun identitas ROG membawa perubahan berarti pada sebuah laptop. Ikonik yang pasti dari logo membuat anak muda yang membawa serta ROG Zephyrus M16 (GU603Z) dalam keseharian akan mendapatkan sanjungan yang lebih keren.

    ROG Zephyrus M16 (GU603Z) boleh saya sebut sebagai dedikasi untuk anak muda yang gemar bermain game namun tetap produktif dengan ragam aktivitas lainnya. Laptop gaming ini tidak saja diandalkan untuk bermain game AAA tetapi bisa digunakan oleh konten kreator dalam membuat konten-konten menarik dan bermanfaat.

    Lantas, apa yang menarik dari ROG Zephyrus M16 (GU603Z) jika dipakai oleh anak muda?

    Laptop Gaming Ringan Tetapi Banyak Fungsi

    Screenshot-2022-09-22-090412

    ROG Zephyrus M16 (GU603Z) memiliki dimensi 35.5 x 24.3 x 1.99 ~ 1.99 cm dan berat 1.9 Kg. Laptop gaming ini tergolong ringan untuk sekelas laptop game. Terobosan baru dari ASUS ini membawa perubahan yang berarti kepada anak muda yang ingin tampil keren tetapi tidak perlu membawa laptop yang berat.

    Kita tahu sendiri, anak muda sangat kompetitif dan kreatif. Mereka bisa berpindah dari satu tempat ke tempat lain saat beraktivitas. Maka, ROG Zephyrus M16 (GU603Z) adalah pilihan yang tepat saat berpindah dari satu kafe ke kafe yang jauh.

    Ringan saja tidak cukup untuk sebuah kesegaran di mata anak muda. Ragam aktivitas mereka bisa dijangkau dengan prosesor yang mumpuni. ASUS membekali ROG Zephyrus M16 (GU603Z) dengan prososer terbaik di kelasnya.

    Dalam mendukung kinerja lebih kencang, ROG Zephyrus M16 (GU603Z) bekerja dengan prosesor 12th Gen Intel® Core™ H Series, Intel® Core™ i9-12900H, yang telah menggunakan pemrosesan berbasis Intel 7. Prosesor ini menggunakan konfigurasi yang baik yang terdiri dari Performance Core (P-core) dan Efficient Core (E-core).

    Sebagai informasi, P-core akan bekerja untuk tugas berat sedangkan E-core akan menjalankan tugas ringan namun bukan berarti tidak bisa diandalkan, bahkan bisa digunakan untuk bekerja lebih lama karena hemat daya.

    P-core dan E-core merupakan fitur baru di ranah prosesor laptop yang sangat bisa diunggulkan. Kemampuannya tidak sebatas pada kinerja dan pemrosesan lebih tinggi tetapi sangat optimal dalam menghemat daya. Hal ini tentu menarik di mana laptop kebanyakan dengan fitur tingkat tinggi akan mengonsumsi lebih banyak daya.

    ROG Zephyrus M16 (GU603Z) bekerja di atas rata-rata dapur picunya karena Intel memberikan kesegaran tersendiri pada prosesor terbaru mereka. Prosesor di laptop ROG Zephyrus M16 (GU603Z) mendapat julukan prosesor mobile paling kencang karena konfigurasi 14 core, yaitu 6 P-core dan 8 E-core. Prosesor ini juga didukung oleh 20 thread yang akan bekerja sampai dengan 5GHz.

    Dapur Picu Hemat Daya Dipadu dengan Layar Hebat

    Screenshot-2022-09-22-090430

    Prosesor ROG Zephyrus M16 (GU603Z) memang hemat daya dan mobilitas tinggi dalam segala kondisi. Nah, apakah ini cukup untuk bermain game atau sekadar menonton video?

    Visualisasi keren dari ROG Zephyrus M16 (GU603Z) datang dengan standar baru layar laptop gaming yang dikenal sebagai ROG Nebula™ Display. Layar ini dirancang untuk kebutuhan gaming dengan mengombinasikan kualitas visual, tingkat kecerahan dan juga kecepatan.

    Panel layar ROG Zephyrus M16 (GU603Z) memiliki color gamut 100% DCI-P3 dengan tingkat kecerahan 500 nits. Fitur Adaptive Sync membuat layar makin perkasa saat bermain game maupun multimedia lainnya. Layar mumpuni ini memiliki response time 3ms yang membuatnya tidak lamban dalam bekerja.

    Layar ROG Nebula™ Display memiliki sertifikasi PANTONE® Validated Display untuk akurasi warna. Dengan demikian, warna yang dihadirkan tidak membuat maka sakit meskipun dalam waktu lama. Dalam membuat aktivitas makin nyaman dan berkelas, TÜV Rheinland adalah bagian penting untuk kebutuhan low blue light dan anti-flicker dalam mendukung kinerja lainnya.

    ASUS membawa serta teknologi dari Dolby Vision yang akan membuat gebrakan makin nyata dari sebuah laptop gaming kelas atas. ASUS percaya bahwa ROG Zephyrus M16 (GU603Z) tidak saja untuk bermain game semata namun konten kreator yan tiap hari bekerja produktif sangat bisa mengandalkan laptop ini.

    Layar yang hebat ini didukung oleh chip grafis NVIDIA® GeForce RTX™ 3070Ti yang powerful untuk bermain game dan melahirkan konten kreatif. Dalam menghadirkan konten lebih baik, grafis ini mendapat sentuhan Tensor Core dan juga RT Core yang mengintegrasikan kecerdasan buatan (AI) yang aplikatif dalam berbagai game.

    Memori dan Media Penyimpanan Lebih Luas

    ROG Zephyrus M16 (GU603Z) dibekali memori 16GB dual-channel DDR5 dengan kecepatan 4800MHz. Memori ini tidak saja besar secara angka tetapi mampu bekerja lebih baik dengan menaikkan minimum framerate serta mengurangi efek stuttering saat bermain game.

    Memori yang mutakhir ini didukung oleh media penyimpanan NVMe PCIe Gen4 SSD. Dengan kecepatan 7Gbps, kinerja dari penyimpanan sangat tinggi dalam transfer data. Bisa dipastikan bahwa proses loading saat membuka aplikasi, bermain game, maupun booting bisa dilakukan dengan sangat cepat.

    Fitur Terbaru untuk Lini ROG

    ASUS membekali laptop ROG maupun TUF dengan MUX Switch. Visual yang dihadirkan pada laptop dengan teknologi ini langsung ke layar tanpa melalui proses panjang dari prosesor dan integrated chip grafis. Dengan demikian, kemampuan kerja dari teknologi ini membawa pengaruh besar terhadap pekerjaan, game maupun multimedia.

    MUX Switch membawa perubahan besar terhadap kinerja yang mencapai 10-30% saat bermain game. Data visual kini dapat ditampilkan langsung dari discrete chip grafis, performa dalam game pun dapat ditampilkan secara lebih baik. Visual yang keren ini tentu sangat dibutuhkan oleh para gamer dalam melancarkan aksinya.

    Koneksi Lengkap di Laptop Gaming Tipis

    Memang, beberapa laptop yang tipis tidak memiliki banyak port. Berbeda dengan ROG Zephyrus M16 (GU603Z) karena memiliki banyak port seperti pada umumnya laptop. Port yang tersedia pada ROG Zephyrus M16 (GU603Z) adalah USB 3.2 Gen2 Type-A, HDMI 2.0b, UHS II MicroSD card reader, 3.5mm combo audio jack, dan port gigabit ethernet (LAN).

    Screenshot-2022-09-22-090515

    ASUS juga membekali ROG Zephyrus M16 (GU603Z) dengan Thunderbolt™ 4 USB Type-C. Fitur ini memiliki kecepatan transfer data sampai 40Gbps dan bisa diandalkan sebagai display port. Layar laptop gaming ROG Zephyrus M16 (GU603Z) bisa dihubungkan ke monitor dengan kualitas 8K melalui port ini.

    Screenshot-2022-09-22-090526

    Dalam mendukung kinerja lebih baik, ROG Zephyrus M16 (GU603Z) akan bekerja maksimal menggunakan WiFi 6E. WiFi ini akan bekerja dengan 3 frekuensi yaitu 2,5GHz, 5GHz, dan 6GHz. Frekuensi 6GHz akan menawarkan kecepatan transfer data lebih stabil dan kencang daripada frekuensi lainnya.

    ROG Zephyrus M16 (GU603Z) adalah laptop yang lengkap soal transfer data baik secara manual maupun digital. Dengan demikian, kebutuhan harian anak muda yang serba cepat bisa diatasi dengan kinerja hemat daya, kencang dan mumpuni dari ROG Zephyrus M16 (GU603Z).

    Simpulan dan Rekomendasi

    ROG Zephyrus M16 (GU603Z) dapat dimiliki dengan harga Rp34.999.000 atau Rp36.999.000. Datang dengan warna Off Black, laptop gaming ini sangat segar dipandang mata. Elegan dan mewah sudah pasti berkat logo ROG yang gahar.

    Di saat melakukan meeting online, ROG Zephyrus M16 (GU603Z) dapat meredam suara dengan baik berkat AI noise-canceling technology. Hal ini tentu saja sangat dibutuhkan oleh banyak orang di mana beberapa pekerjaan dilakukan secara online.

    Windows 11 Home menjadi sistem operasi yang mumpuni agar ROG Zephyrus M16 (GU603Z) bekerja lebih optimal. Tak ada halangan untuk bekerja kreatif dan aktif selama laptop dengan penetrasi lebih baik berada di dalam genggaman!

    Screenshot-2022-09-22-103657

Viewing 1 post (of 1 total)
  • The forum ‘ROG Review Competition’ is closed to new topics and replies.

Ready to start your journey?

If there is nothing in a chest, the chest doesn’t mean anything