ROG Review Competition

ROG Strix SCAR 15 & SCAR 17 (2022) – Ketika Kekuatan Adalah Pilihan

Viewing 1 post (of 1 total)
  • Author
    Posts
  • AlmostDaydream
    Participant

    h732-3

    Ketika pengalaman bermain game kompetitif dan terkini secara maksimal adalah sebuah kebutuhan, ASUS ROG Strix SCAR 15 (G533) & SCAR 17 (G733) adalah pilihan yang menarik untuk dipertimbangkan di kelasnya. Performa yang diberikan pada laptop gaming ini juga mampu untuk menjalankan berbagai kebutuhan produktivitas para profesional dan dapat dilakukan secara fleksibel dalam berbagai kondisi tanpa harus terbatas di satu tempat saja. Dengan berkembangnya seri SCAR dari tahun ke tahun, pada kali ini menawarkan berbagai hal yang lebih inovatif dari laptop ROG Strix SCAR 15 & SCAR 17, serta kembali membawa aura sporty dan serius sesuai konsep utama dari seri ini yaitu menjadi terbaik dari yang lain selayaknya laptop yang juga telah berbekal Windows 11 Home ini.

    G533-G733-PC-GAMEPASS-1920x1080px-TGIM

    Untuk pengalaman maksimal tentunya harus dengan pilihan yang maksimal pula. Dari processor sudah memakai 12th Gen Intel® Core™ i9-12900H Processor 2.5 GHz (24M Cache) yang memiliki 14 core terdiri dari performa dan efisiensi masing-masing sebanyak 6 core dan 8 core, dan 20 thread yang dapat dipacu hingga 5GHz. Kemampuan yang sangat tinggi dan optimal dalam proses komputasi cocok untuk aktivitas gaming dan content creation, sekaligus mampu tampil sangat efisien dan hemat daya yang juga cocok untuk sekedar browsing internet, streaming film, bahkan mendengarkan berbagai lagu.

    Setelah itu, untuk kartu grafis tersedia GPU Laptop NVIDIA® GeForce RTX™ 3080 Ti dan ditambah dengan TGP maks 150W, berupa tambahan yang disediakan Dynamic Boost sebesar 25W. Sehingga kartu grafis ini mampu membuka lebih banyak kinerjanya dan menjadikan kemampuan laptop ini tidak perlu diragukan lagi dalam mengoperasikan game-game kompetitif/e-sports dalam kondisi terbaik dan terkencang. Selain itu, laptop ini jelas sangat mumpuni untuk berbagai game kelas AAA terkini dan dengan berbagai macam genre yang tersedia di pasaran. Ditambah, PC Game Pass kini sudah tersedia di dalam ROG Strix SCAR 15 & SCAR 17 dan Mainkan 100+ game berkualitas tinggi, termasuk EA Play. Dapatkan 1 bulan Game Pass secara Gratis, sudah termasuk dalam pembelian ROG Strix SCAR 15 & SCAR 17.

    Selain memaksimalkan performa dan berbagai peningkatan dari seri sebelumnya, terdapat juga fitur yang menarik seperti MUX Switch seperti semua laptop ROG tahun 2022 yang lainnya, yang dimana data visual dari kartu grafis dapat melalui akses langsung menuju layar laptop tanpa harus melalui CPU dan kartu grafis yang ada di dalamnya. Pada akhirnya terdapat peningkatan performa sebesar 10-30%, hasil yang ditampilkan di layar menjadi lebih baik, dan juga mengurangi latensi.

    Memori yang diberikan ROG Strix SCAR 15 & SCAR 17 ini sebesar 2×16 GB dan dengan kapasitas maksimal yang dapat dipasang hingga 64 GB. Tapi satu hal yang membuatnya menarik dan keberadaannya mulai hadir di tahun 2022 ini, yaitu telah menggunakan tipe DDR5 terbaru yang dimana memiliki kemampuan yang lebih baik daripada generasi sebelumnya DDR4, terutama minimum frame rate yang meningkat sehingga minim terjadi stuttering saat bermain game. Teknologi spesial ini bisa dibilang terasa segar untuk dunia laptop gaming dan kabar baiknya kalian bisa merasakannya saat ini juga di dalam laptop ini.

    Kemudian tersedia sebuah penyimpanan NVMe PCIe Gen4x4 SSD dengan kapasitas 2 TB. Media penyimpanan generasi terbaru tersebut memiliki kecepatan baca dan tulis yang jauh lebih cepat daripada generasi sebelumnya yang dimana sanggup menampilkan dan mengolah file tanpa terasa menghambat, terutama akan membantu ketika menghidupkan laptop dan aplikasi berat terkini, pasti akan dilahap dengan mudah. Kabar baiknya, dapat ditambah satu SSD lagi semisal dirasa penyimpanan yang tersedia masih belum cukup.

    Performa yang luar biasa pada ROG Strix SCAR 15 dan SCAR 17 akan semakin optimal ketika pendinginan yang diberikan juga berjalan maksimal. Laptop ini dilengkapi sistem pendingin ROG Intelligent Cooling™ yang terdiri dari Arc Flow Fans™ yang merupakan kipas dengan rancangan khusus dan dilengkapi 84 bilah yang dirancang agar menghasilkan aliran udara lebih baik sekaligus lebih senyap saat beroperasi. Selain itu, ada juga liquid metal conductonaut extreme sebagai thermal compound dan menggantikan thermal paste berbahan silikon.

    Bahkan ketika suhu CPU dan GPU berada di bawah 50 derajat celcius, kipas di dalamnya akan berhenti berputar sehingga dapat mengandalkan pendinginan secara pasif. Hal yang baru terjadi dengan laptop gaming jika dibandingkan beberapa tahun yang lalu, apalagi ketika melakukan penggunaan ringan pasti akan lebih senyap suara walaupun sebenarnya tersembunyi kekuatan monster sesungguhnya di balik laptop ini. Menariknya, ketika dalam mode performa, laptop ini juga telah dirancang untuk tidak melebihi 40 db.

    Lalu ada terowongan anti-debu yang bertugas mencegah penumpukan debu untuk beroperasi secara stabil dalam jangka panjang. Engsel layar pada laptop digeser ke depan di depan 3D Flow Zone dengan ruang ventilasi yang tinggi dan sekaligus memberikan estetika laptop yang khas dan unik. Ventilasi kecil di sekitar tombol WASD yang dimana membuka kesempatan kipas mengalirkan udara dingin ke dalam sasis dari atas, agar ketika digunakan jari-jari tetap dingin sepanjang pengoperasian laptop yang intensif. Dan terakhir, gabungan 6 pipa penyebar panas yang diperluas untuk menyerap lebih banyak panas pada komponen penting, juga dapat mempertahankan masa pakai sistem secara keseluruhan. Jadi, sistem pendinginan termasuk yang telah ada sejak generasi sebelumnya telah ditingkatkan menjadi lebih baik.

    h732-2

    Kebutuhan gaming tidak selamanya tentang mumpuninya performa, tetapi aspek pendukung lainnya seperti layar ROG Strix SCAR 15 & SCAR 17. Baik keduanya telah memiliki layar IPS yang hebat, Dolby Vision HDR, response time 3ms, dan Adaptive-Sync (menjadikan game yang dimainkan bebas dari efek tearing dan stuttering) untuk pengalaman bermain dan menonton dalam skenario terbaik.

    Tetapi masing-masing laptop tersebut juga memiliki 2 opsi berbeda yang menyesuaikan kebutuhan selain ukuran layar itu sendiri. Terdiri dari FHD (1920 x 1080) 16:9, 360Hz, 100% sRGB yang cocok untuk menikmati game dengan frame rate yang sangat tinggi dan menjadikan bermain game kompetitif lebih menarik dan menantang, dan QHD (2560 x 1440) 16:9, 240Hz, 100% DCI-P3 untuk bersantai menikmati game AAA dan juga pantas untuk menjadikan laptop gaming ini sebagai mesin produktivitas yang portabel.

    Secara koneksi internet, opsi yang lebih stabil tersedia pada port RJ45 gigabit ethernet dan mendukung 2.5G LAN. Sementara untuk koneksi internet nirkabel, telah dilengkapi dengan modul WiFi 6E terbaru. Dibandingkan WiFi 6, WiFi 6E hadir dengan opsi koneksi melalui frekuensi 6 GHz yang lebih kencang dan stabil. Sangat cocok untuk aktivitas bermain game karena memberikan latency yang lebih rendah daripada frekuensi 5GHz dan 2,4GHz.

    Tak berhenti sampai disitu saja, terdapat berbagai opsi sambungan port yang bervariasi dan tersedia di dalam laptop ROG Strix SCAR 15 & SCAR 17. Dimulai dari 2 port USB 3.2 Type-A, 3.5mm combo audio jack, HDMI 2.1 yang mendukung output layar hingga 4K120Hz dan 8K60Hz, dan 2 port USB Type-C yang dimana satu port mendukung DisplayPort dan USB power delivery yaitu fasilitas pengisian daya laptop melalui adaptor ataupun power bank.

    Kemudian, satu port lagi dengan dukungan Thunderbolt 4, dapat menampilkan pula layar tambahan yang akan sangat berguna untuk membuka berbagai software sekaligus dalam satu waktu, terutama jika ditambah lagi melalui port lain. Selain itu, siapapun dapat memiliki akses kartu grafis eksternal jika dirasa masih kurang (walaupun kebanyakan sih pasti sudah lebih dari cukup). Keduanya memiliki kecepatan transfer data yang tinggi, dapat membuka jalan akses penyimpanan eksternal SSD secara kencang, dan pada akhirnya menjadikan laptop ini sangat diandalkan dalam jangka panjang.

    h732

    Rasanya ada yang kurang ketika membahas ROG Strix SCAR 15 & SCAR 17 tanpa keyboard yang dimana menyertakan fitur pencahayaan RGB tiap tombol melalui Aura Sync yang dapat diatur secara fleksibel termasuk khusus game. Teknologi dari ROG Overstroke menjadikan input keyboard lebih cepat dan mudah dengan akurasi yang lebih tinggi. Tidak hanya itu, keyboard dari laptop ini diciptakan untuk bertahan lama dalam pemakaian jangka panjang sehingga tak perlu merasa khawatir. Area Tombol WASD pun juga dapat diketik dengan tenang. Kemudian terdapat tombol-tombol pintasan atau Hotkeys di sisi atas kiri keyboard yang masing-masing bertugas sebagai pengontrol volume suara, mematikan volume mikrofon, kecepatan kipas, dan akses cepat menuju fitur software Armoury Crate. Touchpad yang hadir disini berukuran besar untuk navigasi kursor yang lebih leluasa dan dapat menjadi area alternatif untuk tombol numpad.

    Dari segi audio tersedia 4 buah speaker dengan racikan Dolby Atmos terdiri dari 2 tweeter dan 2 woofer untuk menciptakan pengalaman merasakan mendengarkan audio yang lebih baik. Audio Hi-Res menjadikan pengalaman mendengar musik yang sama autentiknya dengan hasil yang direkam. Dan juga kemampuan Two Way AI Noise Cancelation menyaring audio yang tidak diperlukan saat memasuki microphone.

    Baterai sebesar 90Wh di dalam ROG Strix SCAR 15 & SCAR 17 bukanlah kapasitas yang main-main, terutama ketika mengaktifkan mode “Silent” di area luar dan bersantai sembari menjalankan pekerjaan ringan dengan laptop ini, kebutuhan daya baterai disini akan sangat cukup. Untuk fleksibilitas saat bepergian, dapat menggunakan opsi pengisian daya USB Type-C hingga 100W berkat dukungan USB power delivery. Saat mengisi daya menggunakan adaptor 280W yang disediakan, laptop ini dapat diisi ulang dari nol hingga 50% hanya dalam 30 menit.

    Secara bagian luar laptop, terdapat berbagai sentuhan detail pada sebagian area ventilasi bawah berupa pegangan karet dengan elemen tipografi yang mampu menahan laptop dengan kuat ketika ditaruh pada permukaan datar, Armor Caps pada sasis laptop yang dapat disesuaikan baik yang tersedia dalam 3 model maupun kustom 3D sendiri, lampu yang menerangi tiga tepi depan sasis dan LED tambahan di bawah layar tersebut juga mendukung sinkronisasi dari Aura Sync, dan permukaan pada area keyboard dan sekitarnya yang terkena tangan diciptakan lembut, nyaman, lebih dingin walaupun pada performa maksimal, dan meminimalisir noda termasuk sidik jari.

    Pastinya untuk kendali utama laptop ini berpusat pada software Armoury Crate yang dimana memiliki berbagai opsi esensial terdiri dari pemantauan secara langsung aktivitas komponen laptop (CPU, GPU, dan memori), area hotkeys pada keyboard yang dapat dikustomisasi fungsinya, mode grafis GameVisual 6 untuk mengoptimalkan pengalaman visual pada beberapa genre game tertentu, Aura Creator untuk mengganti warna-warna pencahayaan beserta efek pergerakannya secara lebih luas dan melengkapi kemampuan Aura Sync secara langsung, Aura Wallpaper yang dapat menyinkronkan animasi wallpaper desktop dengan pencahayaan RGB pada laptop dan dapat ditambah secara online, dan Scenario Profiles yang terdiri dari profil kipas dan daya yang dapat mengubah dinamika dari thermal laptop secara cepat dari mode Silent, Performance, dan Turbo, konfigurasi pencahayaan, tombol Windows atau touchpad diaktifkan, dan juga profil GameFirst VI dan Sonic Studio III yang siap dipakai.

    h732

    ROG Strix SCAR 15 & SCAR 17 hadir di pasaran dengan harga yang ditawarkan berdasarkan informasi resmi dari ASUS Indonesia (per April 2022), dan juga berbagai opsi alternatif berikut:

    15” (G533)
    Rp 65.999.000 (Core i9 / RTX 3080 Ti / 2x16GB RAM / 2TB SSD)
    Rp 44.999.000 (Core i9 / RTX 3070 Ti / 2x16GB RAM / 1TB SSD)
    Rp 34.299.000 (Core i9 / RTX 3060 / 2x8GB RAM / 1TB SSD)
    Rp 31.272.000 (Core i7 / RTX 3060 / 2x8GB RAM / 512GB SSD)

    17” (G733)
    Rp 66.999.000 (Core i9 / RTX 3080 Ti / 2x16GB RAM / 2TB SSD)
    Rp 46.408.000 (Core i9 / RTX 3070 Ti / 2x16GB RAM / 1TB SSD)
    Rp 35.399.000 (Core i9 / RTX 3060 / 2x8GB RAM / 1TB SSD)

    Untuk spesifikasi layar tidak ada yang berbeda secara harga selain berdasarkan ukuran laptop. Terdapat paket penjualan ROG backpack, FHD 1080P@60FPS external camera, ROG Chakram Core mouse P511, ROG Delta headset (untuk beberapa tipe), dan Marketing Giveaway (Keystone + 2 Customizable Armor Caps). Tak kalah pentingnya, termasuk juga Microsoft Office Home and Student dan 2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty untuk semua pilihan laptop di atas.

    Satu hal yang dapat disimpulkan, ketika bermain game secara maksimal dan tak terbatas menjadi pilihan utama dan juga secara bersamaan dapat menjalankan program yang produktif dan berbagai opsi multimedia lainnya tanpa ada yang perlu dikorbankan, kehadiran laptop ASUS ROG Strix SCAR 15 & SCAR 17 (2022) sebagai World’s Best Performance Gaming Laptop with Intelligent Cooling System ini sangat menarik untuk menjadi pilihan di kelasnya.

Viewing 1 post (of 1 total)
  • You must be logged in to reply to this topic.

Ready to start your journey?

If there is nothing in a chest, the chest doesn’t mean anything