ROG Review Competition

ROG FLOW Z13 – Tablet Gaming Terkuat di Bumi

Viewing 5 posts - 1 through 5 (of 5 total)
  • Author
    Posts
  • Ernesthy
    Participant

    Halo kembali lagi bersama Ernesthy di sini, saya mau share soal laptop gaming yang bisa jadi sebuah tablet super powerful dari ASUS Republic of Gamers yaitu ROG Flow Z13 GZ301 World’s Most Powerful Tablet Gaming Laptop.

    Oh iya, sebelum lanjut bahas GZ301. Saya mau kasih info kalau PC Game Pass kini sudah tersedia di dalam ROG Flow Z13 dan Mainkan 100+ game berkualitas tinggi, termasuk EA Play. Dapatkan 1 bulan Game Pass secara Gratis, sudah termasuk dalam pembelian ROG Flow Z13 GZ301.

    Alasan kenapa saya mau bahas laptop ini di forum ROG adalah karena saya suka banget sama laptop satu ini, futuristik banget dan spesifikasi yang ditawarkan juga sesuai banget sama kebutuhan saya saat ini.

    Yah, intinya pengen banget punya ini laptop gaming biar bisa menunjang kerja saya saat ini yang sudah mulai fokus full time di dunia digital dan sosial media.

    Just for your information aja nih, aku punya channel YouTube Tutorial dan juga YouTube Gaming. Tapi untuk saat ini saya bikin content nya ya ala kadarnya aja, semampu dan sekuat PC saya nge- record video yang saya buat.

    Jadi untuk saat ini, semua content video saya yang saya upload itu semua hanya one take action aja tanpa editing, soalnya PC udah lama (rakit sejak tahun 2012) jadi nggak kuat lagi buat jalanin aplikasi editing di tahun 2022.

    Selalu crash tiap edit video di PC, keberatan aka CPU overload used. Mana prosesornya masih pakai intel generasi ke-3, harap maklum aja soalnya PC sudah berumur 10 tahun lebih.

    Lanjut, kalau ada kesempatan punya ini laptop gaming di tahun 2022. Saya jelas akan pilih ROG Flow Z13 GZ301 yang memiliki selogan handalannya yaitu World’s Most Powerful Tablet Gaming Laptop, laptop terkuat di bumi nih boss (senggol dong!).

    Baca thread ini sampai selesai, karena di sini saya akan jelaskan ke kamu “Kenapa harus memilih ROG Flow Z13” di tahun 2022 meskipun banyak gempuran laptop gaming lainnya dari seri ROG dan TUF gaming.

    Berikut 4 alasan saya suka dan memilih laptop gaming ROG Flow Z13 (GZ301):
    1. Alasan pertama adalah kerena spesifikasinya yang powerful.
    2. Fungsinya sebagai laptop, tablet, dan PC portable.
    3. Updateable dan bisa bertahan hingga 10tahun lebih
    4. Harganya terjangkau

    Baik, kita bahas soal spesifikasinya dulu ya. Jadi sih GZ301 ini memiliki spesifikasi utama yaitu prosesor 12th Gen Intel® Core™ H Series, ingat ya proses intel dan versi intel yang digunakan saat ini adalah intel keluaran terbaru dan yang paling powerful saat ini dipasaran.

    Prosesor 12th Gen Intel® Core™ H Series ini telah menggunakan pemrosesan berbasis Intel 7, berbeda dengan generasi sebelum-sebelumnya. Prosesor Intel® Core™ generasi ke-12 menggunakan konfigurasi core yang terdiri dari Performance Core (P-core) dan Efficient Core (E-core).

    Untuk yang belum paham soal apa itu P-Core dan E-Core, saya jelasin di sini ya.

    P-core itu otak yang bertugas untuk memproses tugas-tugas yang berat (performa tinggi), sedangkan

    E-core itu otak yang bertugas untuk menjalankan tugas-tugas ringan namun sangat efisien dan tidak memakan banyak daya.

    Jadi untuk tugas ringan seperti waktu idle (diam) atau hanya sekedar ngetik-ngetik cantik saat mengerjakan tugas dan browsing-browsing manja, si ROG Flow Z13 akan nunjuk E-core buat kerja dan P-core istirahat, supaya apa? ya supaya performance yang diberikan bisa sesuai dengan kebutuhan. Hasilnya daya yang keluar pun bisa minim atau kecil, karena efisiensi inilah yang membuat ROG Flow Z13 jadi bisa lebih hemat dari laptop gaming pada umumnya.

    Hebat ya prosesor Intel® Core™ generasi ke-12 ini, bisa manage kinerja yang sedemikian rumit jadi lebih efisien gitu.

    Nggak heran kalau ini prosesor Intel® Core™ i9-12900H yang menyandang gelar sebagai prosesor mobile paling kencang saat ini, ya iya lah. Prosesornya aja memiliki konfigurasi 14 core (6P-core & 8E-core) dan 20 thread yang mampu dipacu hingga 5GHz.

    Oh iya, for your information kalau prosesor Intel® Core™ i9-12900H yang saya sebutkan tadi itu adalah prosesor Intel® Core™ generasi ke-12 yang ditanam alias digunakan sama ROG Flow Z13 loh. Dan kamu tahu, kalau chipset Intel® Core™ i9-12900H itu adalah prosesor tertinggi di keluarga 12th Gen Intel® Core™ H Series.

    Nah ini lah salah satu dan paling utama alasan saya milih si ROG Flow Z13 GZ301 jadi laptop gaming idaman, karena dia sudah pakai prosesor intel paling powerful. “Kalau bisa punya sih, soalnya belum mampu beli di kondisi seperti sekarang (‘_’)”.

    Kecil-kecil cabai rawit gitu loh, bodinya kecil tapi punya tenaga yang sekuat itu. Game-game PC sekelas AAA pun bisa dilibas semua tanpa masalah saat dimainkan di ROG Flow Z13.

    Supaya kamu bisa lihat seberapa kencang ini prosesor di laptop gaming ROG Flow Z13, cek aja hasil benchmark di bawah ini.

    Dari hasil benchmark Cinebench R15 64-bit Multi (15 Runs) dengan uji coba beberapa profil atau mode pada ROG Flow Z13 sebagai berikut:
    1. Turbo 50W+, fans ~40dB (biru)
    2. Performance 35W+, fans ~33dB (merah)
    3. Silent 15W+, fans <30dB (kuning)
    4. Performance 30W+ dengan daya dari baterai, fans ~33dB (hijau)

    Terlihat dengan mode performance saat di daya 30W+, GZ301 mampu memepertahankan performance nya dengan stabil di sekitar 1400 hingga 1500+. Ini menunjukan kalau memang hasil dari performance prosesor Intel® Core™ i9-12900H itu memang terbaik dan bukan kaleng-kaleng.

    Selain uji coba menggunakan Cinebench R15, berikut juga ada uji coba atau stress test prosesor Intel® Core™ i9-12900H menggunakan 3DMark Benchmark dan juga melakukan uji coba menggunakan profil silent, performance dan turbo.

    Berikut hasil 3DMark Benchmark ROG Flow Z13:

    Silent Mode

    Performance Mode

    Turbo Mode

    Dengan hasil benchmark seperti di atas, tidak perlu diragukan lagi soal performance dari si tablet gaming paling powerful ini. Untuk kerja berat seperti rendering video ataupun desain dan sebagainya pasti bisa diselesaikan dengan cepat tanpa ada masalah.

    Apalagi hanya sekedar untuk bermain game-game berat saat ini, bukan jadi halangan untuk ROG Flow Z13 melaju kencang dengan spesifikasinya yang super gahar ini.

    Biar cerita soal performance sih laptop gaming ini tidak begitu ngambang atau tidak jelas, di sini saya akan kasih sedikit gambaran soal bagaimana sih performance sebenarnya si ROG Flow Z13 saat dibuat untuk main game AAA terbaru saat ini.

    Apakah hasilnya mengecewakan atau tidak? Mari lihat bebera hasil test gaming di ROG Flow Z13 dengan menggunakan pengaturan layar FHD+ 120Hz dan MUX Switch ke dGPU NVIDIA® GeForce RTX™ 3050 Ti Laptop GPU 35-40W dengan profil Turbo & Performance Mode.

    Pertama kita lihat hasil test dipengaturan game rata kanan alias maksimum preset.

    INFO
    – Battlefield V, The Witcher 3 – Direkam menggunakan Fraps / in-games FPS counter dalam Campaign Mode.
    – Far Cry 5, Middle Earth, Strange Bridgade, Red Dead Redemption 2, Tomb Raider games – Direkam menggunakan fitur bawaan Benchmark utilities.

    Dari hasil di atas terlihat beberapa game masih bisa dijalankan dengan normal sekalipun dimainkan dalam ultra settings, perbedaan fps saat performance mode dan turbo mode tidak terlalu signifikan. Meski hanya sekitar 10% perbedaan yang dihasilkan, ini cukup memuaskan karena suara dari kipas yang dikeluarkan pun cukup memiliki perbedaan (35dB performance mode vs 40dB turbo mode).

    Kembali lagi, dalam pengujian ini suhu ruangan juga sangat berpengaruh. Semakin dingin ruangan saat bermain game atau melakukan uji coba maka semakin baik pula performance yang bisa dihasilkan.

    Selanjutnya kita coba menggunakan pengaturan medium pada game dengan kondisi spesifikasi laptop yang sama yaitu Intel® Core™ i9-12900H dan NVIDIA® GeForce RTX™ 3050 Ti Laptop GPU.

    Terlihat ya perbedaannya jadi lebih baik dari saat kita setting ultra atau rata kanan, meskipun ini laptop gaming tapi bisa memberikan hasil performance yang baik di pengaturan medium.

    Dengan desain yang se- compact itu tapi hasil dari performance -nya tidak kalah jauh dengan PC gaming yang harganya serupa.

    Yah bisa dibilang ini seperti PC gaming yang bisa dibawa kemana pun dengan mudah, tinggal masuk tas kita sudah bisa berpergian sambil main game berat di jalan.

    Oh iya, ini uji coba nya masih pakai GPU bawaan sih laptop ya, belum dicoba pakai XG Mobile RTX 3070Ti ataupun XG Mobile RTX 3080. Kalau pakai XG Mobile pasti hasilnya tentu jauh lebih baik lagi seperti layaknya PC Gaming.

    Apa itu XG Mobile? hmm… nanti akan saya bahas tentang XG Mobile lebih jelas di penjelasan alasan saya ke-3 kenapa memilih ROG Flow Z13 jadi laptop impian.

    Lanjut ya, tadi kan sudah lihat tuh perbandingan fps dan kebisingan kipas saat dipakai buat main game. Nah, sekarang kita lihat bagaimana suhu laptop ROG Flow Z13 saat dipakai untuk bermain game dengan setting profil Turbo Mode dan juga penggunaan sehari-hari pada umumnya.

    INFO
    1. Penggunaan sehari-hari, uji coba dilakukan setelah nonton netflix di EDGE Browser selama 30 menit, Silent Mode (fans 0-30dB).
    2. Penggunaan nge- game, Main Far Cry 5 (30 menit) Turbo Mode (fans <40dB).

    Terlihat ya pada penggunaan sehari-hari untuk netflix selama 30 menit di beberapa titik suhu paling tinggi sekitar 36.1 derajat Celcius pada bagian tepi layar dan bagian tengah layar sekitar 35.1 derajat Celcius. Suhu ini terbilang normal karna seperti suhu pada umumnya smartphone ataupun laptop saat kita gunakan.

    Jadi masih aman dan nyaman ketika dipegang atau digunakan, bahkan saat digunakan untuk bermain game berat di turbo mode pun suhu nya tidak lebih dari 41.2 derajat Celcius, kecuali pada bagian deket dengan prosesor yang mampu mencapai suhu 47.1 derajat Celcius. Pada suhu ini emang mulai terasa tidak nyaman karna suhunya mulai terasa hangat tapi pada bagian tepi-tepi layar atau laptop suhu nya masih terbilang batas normal karna tidak lebih dari 41.2 derajat Celcius.

    Dan untuk daya tahan baterai nya sendiri saat digunakan di pengaturan kecerahan layar sekitar 120 nits (~50%) dan profil mode yang digunaakan Hybrid mode, didapatkan hasil seperti ini:

    11W (5-6 jam) – Penggunaakn untuk menulis / ngetik (Silent Mode, Wi-Fi ON)
    8.5W (6-7 jam) – Nonton YouTube 1080p fullscreen di Edge Browser (Silent mode, Wi-Fi ON)
    7.7W (7-8 jam) – Nonton Netflix fullscreen (Silent Mode, Wi-Fi ON)
    14W (4-5 jam) – Browsing di Edge Browser (Silent Mode, Wi-Fi ON)
    60W (<1 jam) – Main game Witcher 3 (Performance mode, Wi-Fi ON)

    Memang saat dipakai untuk main game durasi baterainya tidak begitu panjang karna daya yang dibutuhkan saat bermain game itu berbeda dengan penggunaan biasa. Saat kita bermain game maka kita akan menggunakan dGPU dimana saat menggunakan dGPU kita membutuhkan daya yang cukup besar, ini lah alasannya kenapa saat kita bermain game di laptop diwajibkan untuk sambil dicolok ke listrik supaya daya yang digunakan bukan melalui baterai melainkan dari adapter sumber listrik berada.

    Alasan kedua kenapa saat bermain game di laptop lebih baik sambil colok ke listrik (charging mode) adalah supaya laptop bisa berjalan lebih optimal dengan daya yang maksimal pula.

    Di atas saya sudah membahas bagaimana powerful -nya spesifikasi yang ditawarkan ROG Flow Z13, mulai dari prosesor yang digunakan, graphics card bawaan, lalu performance gaming hingga daya tahan baterainya saat digunakan sehari-hari dan bermain game berat.

    Sekarang saya mau bahas alasan ke-dua saya kenapa ingin memiliki laptop gaming ROG Flow Z13. Kamu tahu kan kalau ROG Flow Z13 ini bisa jadi tablet sekaligus PC portable loh.

    Nah, ini lah alasan kedua saya kenapa saya sangat suka banget dan jatuh hati sama ROG Flow Z13 GZ301 karena kegunaannya itu sangatlah fleksibel bisa menyesuaikan kebutuhan kita.

    Saat rebahan bisa jadi laptop, bahkan saat nyantai bisa jadi tablet, dan saat kita sedang ingin bekerja di layar lebih luas, ROG Flow Z13 bisa jadi PC juga. Keren kan? tentu keren banget dong, kapan lagi bisa punya laptop gaming 2in1 gini, yang bisa dibawa kemana-mana dan bisa jadi PC juga.

    Mode tablet ini sangat ngebantu juga loh, apalagi kamu yang anak -nya suka design. Memanfaatkan fitur touch screen dan pen, di mode tablet dengan layar ukuran 13,4 inci memudahkan kita saat menggambar atau men- design di laptop.

    Praktis banget sih, performanya kencang sekelas laptop gaming tapi kegunaannya bisa jadi tablet. Tentu orang yang terbiasa menggunakan tablet untuk kerja sehari-harinya akan merasa nyaman dan puas saat menggunakan ROG Flow Z13.

    Saya pun demikian, untuk ngedit video pun pasti terasa enak banget pakai ROG Flow Z13. Nongkrong di cafe coffe ye kan, trus sambil pegang ROG Flow Z13 ngedit-ngedit content YouTube. Wah ngebayanginnya aja udah seru banget apalagi kalau punya beneran nih, auto pamer tiap hari di stories Instagram dan rajin bikin content tiap hari buat channel Youtube.

    Trus waktu di rumah, saat kita sedang membutuhkan layar yang lebih luas kita tinggal colok ajak ROG Flow Z13 dengan monitor menggunakan kabel usb Type-C to HDMI/DisplayPort™ karena GZ301 ini port Thunderbolt™ 4 -nya support DisplayPort™ jadi aman dan bisa digunakan dengan monitor tambahan.

    Itu lah kenapa saya bilang kalau ROG Flow Z13 ini juga bisa dijadikan PC Portable, praktis banget ya. Mana ukurannya kecil cuma 13.4 inci dengan berat hanya 1.18Kg saja, tapi bisa kasih performa yang luar biasa.

    Siapa yang nggak tertarik buat miliki ini laptop sih. Saya aja ngiler banget pengen punya ini laptop gaming powerful dan praktis.

    Lanjut ke alasan ke-tiga saya mengidam-idamkan laptop gaming ROG Flow Z13 adalah karna spesifikasinya yang diberikan itu updateable.

    Kenapa saya bisa bilang updateable?

    Silahkan disimak alasannya di bawah ini, kamu boleh setuju atau tidak dengan poin ini nantinya tapi menurut saya alasan yang yang akan saya sampaikan nanti lumayan logic kok.

    Kamu tahu kan kalau ROG Flow Z13 ini memiliki prosesor Intel® Core™ i9-12900H, storage 1TB, memory 16GB 5299MHz LPDDR5, dan NVIDIA® GeForce RTX™ 3050 Laptop GPU.

    Dari 4 spesifikasi utama, ROG Flow Z13 sudah hadir dengan spesifikasi terbaik di tahun 2022 saat ini. Bahkan memory 16GB itu saya rasa sudah lebih dari cukup untuk 10 tahun kedepan karena untuk editing atau gaming pun beberapa aplikasi dan game hanya membutuhkan memory sekitar 6GB-8GB dan masih tersisah sekitar 8GB hingga 10GB untuk sistem.

    PC jadul yang saya rakit di tahun 2012 menggunakan memory 16GB DDR3, prosesor intel generasi 3, GPU GTX760Ti saja selama 10 tahun ini masih berjalan normal untuk kebutuhan bikin content yang ringan-ringan dan browsing atau nonton film.

    Dengan gambaran seperti itu, saya rasa ROG Flow Z13 ini mampu bertahan hingga 5-10 tahun lebih secara fungsi nya ya. Kalau kita berkaca dari spesifikasi PC yang saya gunakan, soalnya ROG Flow Z13 ini bisa menggunakan XG Mobile.

    Untuk yang belum tahu soal XG Mobile, jadi ROG XG Mobile itu seperti graphics card external atau tambahan yang bisa dihubungkan ke ROG Flow Z13 langsung. Ketika dihubungkan, nantinya ROG Flow Z13 bisa menggunakan GPU eksternal.

    Contohnya XG Mobile dengan graphics card GeForce RTX™ 3080 dihubungkan ke ROG Flow Z13 yang menggunakan NVIDIA® GeForce RTX™ 3050 Laptop GPU di dalamnya, nanti kamu bisa memilih ingin menggunakan dGPU bawaan atau menggunakan GPU eksternal/tambahan yang ada pada XG Mobile.

    Sehingga saat kamu memilih menggunakan GPU yang ada pada XG Mobile, nantinya ROG Flow Z13 akan berjalan menggunakan NVIDIA® GeForce RTX™ 3080, bukan dGPU bawaannya lagi.

    Tentu saat menggunakan XG Mobile dengan GPU yang versinya di atas versi bawaan maka secara sepsifikasi dan performa hasilnya akan jauh lebih baik dan kencang.

    Makanya saya bilang laptop ini updateable karena bisa menggunakan ROG XG Mobile, tinggal nanti ASUS ROG menggunakan teknologi XG Mobile hingga berapa lama.

    Yang jelas bisa menggunakan NVIDIA® GeForce RTX™ 3080 secara terpisah dengan bodi laptop itu sendiri pun sudah termasuk kemajuan yang luar biasa sih, sekalipun sudah terlewat 5 sampai 10 tahun pun NVIDIA® GeForce RTX™ 3080 masih ok banget buat dipakai kedepan.

    Dengan pertimbangan updateable ini lah saya memilih ROG Flow Z13, persoalan durability nya apakah mampu bertahan hingga selama 10 tahun atau tidak, itu urusan nanti. Terpenting adalah spesifikasi yang ditawarkan ROG Flow Z13 ini masih bisa dijadikan pertimbangan untuk dimiliki untuk kamu yang berpikir penggunaan jangka panjang alias lama. Biar nggak ganti-ganti laptop tiap tahun dan bisa ngehemat pengeluaran.

    Setelah kita bahas panjang kali lebar soal spesifikasi dari ROG Flow Z13 dan bagaimana performanya, akhirnya kita sampai di kesimpulan akhir soal laptop gaming ini.

    Laptop gaming dengan ukuran layar 13.4 inci FHD+ 16:10 (1920 x 1200, WUXGA), refresh rate 120Hz, dan response time 30ms, memiliki penyimpanan 512GB – 1TB PCIe® 4.0 NVMe™ M.2 SSD (2230) serta kamera 8MP (720P HD), dibandrol dengan harga sekitar Rp21.499.000 -Rp32.999.000.

    Keren kan ya, laptop dengan spesifikasi seperti itu tapi bisa dimiliki dengan harga sekitar 21 jutaan saja. Menurut ku sih worth it untuk dibeli, menginat fungsi dan berbagai alasan yang sudah saya bahas di atas.
    Bagaimana menurut kamu, apakah laptop ROG Flow Z13 ini layak untuk dibeli dengan harga segitu atau tidak?

    Coba sampaikan pendapat kamu di bawah ya.

    ———————
    DISCLAIMER
    *Sumber benchmark & test devices dari ultrabookreview.com.
    **Untuk informasi lebih lengkap tentang fitur dan spesifikasi ROG Flow Z13, bisa kunjungi halaman resminya di sini.

    Tablet impian sih ini ROG Flow X13. Performanya mantul bet

    Ernesthy
    Participant

    ROG Flow Z13 kak, bukan ROG Flow X13.
    Beda produk itu -_- wkkwkwk

    arifdotcom
    Participant

    Kalo bisa bertahan 10 tahun lebih keren banget nih laptop bahkan terkuat di bumi juga

    • This reply was modified 2 months, 2 weeks ago by arifdotcom. Reason: edit response
    Ernesthy
    Participant

    Kalau durability nya sanggup bertahan sampai 10th sih emang keren ini laptop, secara spesifikasi juga masih worth it buat 2 tahun lebih kedepan.
    Apalagi untuk saat ini pun di pasar tablet gaming belum ada yang sekeren ROG Flow Z13.

Viewing 5 posts - 1 through 5 (of 5 total)
  • You must be logged in to reply to this topic.

Ready to start your journey?

If there is nothing in a chest, the chest doesn’t mean anything