ROG Review Competition

ROG FLow Z13 – Cross Industry Professional Hands-on Review

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • Author
    Posts
  • PC Game Pass merupakan layanan yang memudahkan para pencinta dan pemain game untuk mendapatkan dan memainkan beragam PC game sesuai dengan genre yang disukainya. PC Game Pass kini sudah tersedia di dalam ROG Flow 13 dan Mainkan 100+ game berkualitas tinggi, termasuk EA Play. Dapatkan 1 bulan Game Pass secara Gratis, sudah termasuk dalam pembelian ROG Flow Z13 GZ301.

    Khusus mengenai ROG Flow Z13 GZ301, tagline “World’s Most Powerful Tablet Gaming Laptop” telah disematkan pada 2-in-1 laptop yang unik ini, dan bukan tanpa alasan yang kuat. Inovasi yang berani dan merupakan terobosan teknologi yang menggabungkan berbagai aspek seperti kinerja, portabilitas, manajemen thermal, hingga penggunaan komponen yang “future proof”, tampak jelas pada produk ROG Flow Z13 ini yang terbilang “berani” ini.

    01-Opening

    Sepintas, tidak ada yang aneh dari gambar di atas, yaitu sebuah ROG Flow Z13, yang dioperasikan oleh seorang gamer yang memainkan game yang didapatkan melalui PC Game Pass. Namun ROG Flow Z13 bukanlah sebuah laptop biasa yang hanya dapat memainkan game-game AAA secara mulus. ROG Flow Z13 dapat bertransformasi menjadi sebuah tablet! Meski bukan yang pertama di dunia, ROG FLow Z13 memiliki form factor 2-in-1 detachable yang sangat “berani” dan inovatif untuk sebuah gaming laptop, seperti layaknya tagline dari ROG yaitu “For Those WHO DARE”. ROG Flow Z13 dengan portabilitasnya, juga dapat dibawa kemana saja dan memainkan game apa saja.

    DAPUR PACU GARANG DENGAN INTEL 12TH GEN INTEL CORE PROSESOR SERI H
    Calon pengguna ROG Flow Z13 ini diberikan sederet pilihan dalam menentukan konfigurasi ROG Flow Z13 yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka. Namun secara umum, ROG Flow Z13 ini dilengkapi dapur pacu prosesor 12th Gen Intel Core Seri H, yang telah menggunakan pemrosesan berbasis Intel 7. Pembeda prosesor 12th Gen Intel Core seri H ini dengan generasi sebelumnyya adalah, bahwa 12th Gen Intel Core Seri H ini memiliki arsitektur kombinasi Performance Core (P-Core) dan juga Efficient Core (E-core), di mana arsitektur ini memungkinkan kombinasi yang optimal antar kinerja dan efisiensi daya saat digunakan. Dapur pacu 12th Gen Intel Core Seri H pada ROG Flow Z13 yang dapat menjadi pilihan ini terdiri dari Intel Core i5-12500H (4 P-Core dan 8 E-Core), Intel Core i7-12700H (6 P-Core dan 8 E-Core) dan Intel Core i9-12900H (6 P-Core dan 8 E-Core).

    Baik Intel Core i5, i7 dan i9 kesemuanya memiliki dukungan Intel vPro, yaitu platform yang dibuat oleh Intel bagi kebutuhan bisnis yang mengintegrasikan dan tervalidasi dengan fitur-fitur di dalamnya yang mendukung kinerja, keamanan, pengaturan dan stabilitas. Intel Core i5-12500H dan Intel Core i7-12700H dalam ROG Flow Z13 memiliki dukungan Intel vPro Essential yang ditujukan untuk komputasi small business. Sedangkan Intel Core i9-12900H dalam ROG Flow Z13 memiliki seluruh dukungan Intel vPro dalam Core i5-12500H dan Core i7-12700H, ditambah dengan banyak fitur dukungan dan konektivitas seperti Wi-Fi 6/6E, Thunderbolt, Intel AMT, dan lain-lainnya bagi komputasi krusial yang terdapat dalam kategori Intel vPro Enterprise. Namun, review tanpa live unit, bukanlah review yang “menggigit”. Kebayang kan, bagaimana ROG Flow Z13 ini jika menggunakan prosesor tertingginya? Nah, agar tidak penasaran, di akhir review ini, akan ditampilkan beberapa foto hasil penggunaan ROG Flow Z13 dengan menggunakan 12th Gen Intel Core i9-12900H, langsung dari unitnya untuk menjalankan aplikasi engineering 3d, real-time 3d visualization hingga non-linear editing.

    FLEKSIBEL DENGAN DISCRETE GPU DAN ROG XG MOBILE EXTERNAL GPU
    Kebutuhan sebuah gaming laptop yang mumpuni juga bergantung kepada GPU yang diusung oleh gaming laptop tersebut. GPU yang “garang” tentunya akan memberikan kinerja dan “experience” yang baik dalam memainkan game AAA dan tanpa hambatan. ROG Flow Z13 telah dilengkapi dengan Intel Iris Xe Graphics yang merupakan GPU pendamping CPU 12th Gen Intel Core Seri H. Namun GPU internal ini sejatinya tidak cukup mumpuni untuk dikonsumsi oleh game-game AAA yang “menuntut” lebih.

    02-Opening

    Sebagai pendongkrak kinerja GPU yang sebanding dengan performa CPU tersebut, dipasangkanlah discrete GPU NVIDIA Geforce RTX 3050 Ti dengan arsitektur Ampere. GPU ini dibekali dengan graphics RAM sebesar 4GB, 2.560 CUDA cores, teknologi NVIDIA 2nd gen Ray Tracing, 3rd gen Tensor Cores, dukungan DX12 Ultimate, DLSS, Reflex, Braodcast, Ansel, 7th gen Encoder, 5th gen Decoder hingga dukungan pemakaian NVIDIA Studio Drivers, menjadikan ROG Glow Z13 menjadi “killer tablet gaming” yang unik, dari segala sisi.

    Namun, kinerja yang didapat tidaklah berhenti di situ. Terdapat beberapa opsi ROG XG Mobile External GPU yang akan langsung melipatgandakan kinerja grafis karena dilengkapi dengan NVIDIA Geforce 3070 Laptop dengan 8GB GDDR6, NVIDIA Geforce 3080 Laptop dengan 16GB GDDR6 atau AMD Radeon RX 6850XT dengan 12GB GDDR6. Unit yang digunakan sehari-hari oleh penulis adalah unit ROG XG Mobile dengan NVIDIA Geforce RTX 3070 Laptop dengan 8GB GDDR6. Pada bagian akhir dari review ini, akan ditampilkan pemakaian dan kinerja dari ROG Flow Z13 GZ301ZE yang ditenagai 12th Gen Intel Core i9-12900H dan ROG XG Mobile 3070.

    Sebagai “bonus”, pada chassis ROG XG Mobile terdapat beragam port yang dibutuhkan seperti Gigabit RJ-45 LAN port, HDMI 2.0b, DisplayPort 1.4 dengan dukungan G-SYNC, 4x USB 3.2 Gen 1 type-A berikut SD Card reader (UHS-II berkecepatan 312MB/s). Bonus ini “cukup” untuk meningkatkan opsi ekspansi bagi penggunaan ROG Flow Z13 sehari-hari.

    MANAJEMEN KINERJA DENGAN ARMOURY CRATE
    ROG Flow Z13 juga dilengkapi dengan sebuah aplikasi manajemen platform yang disebut sebagai ARMOURY CRATE. Banyak yang melewatkan fungsi utama dari ARMOURY CRATE ini selain fungsi utamanya yang secara umum dapat mengatur tampilan LED pada keyboard dan jendela kecil di sisi belakang ROG Flow Z13. Namun fungsi yang sesungguhnya dan sangat bermanfaat adalah tersedianya pengendalian kinerja yang kita butuhkan untuk mengatur keseimbangan kinerja ROG Flow Z13, hingga memaksimalkan waktu pemakaian batere sekiranya tidak terdapat sumber daya listrik yang bisa kita gunakan untuk mengisi ulang baterenya.

    03-Armour-Crate

    Terdapat dua hal penting dalam pengaturan kinerja dan upaya memaksimalkan penggunaan batere.
    1. Yang pertama adalah pengaturan kinerja CPU yang dapat dilakukan dengan memilih beberapa preset yang telah disediakan seperti gambar di bawah ini.

    04-Armour-Crate-CPUsettings

    WINDOWS – akan mengatur penggunaan kinerja, mengikuti pengaturan power dalam Windows.

    SILENT – akan mengatur konfigurasi CPU dan fan hingga ROG FLow Z13 akan bekerja se-efisien mungkin, yang akan memberikan waktu pakai dalam mode penggunaan batere semaksimal mungkin. Setting ini cocok kala kita bepergian dan ROG Flow Z13 tidak terhubung dengan adaptor untuk mengisi daya.

    PERFORMANCE – merupakan pengaturan untuk mendapatkan kinerja terbaik bahkan saat tidak menggunakan adaptor pengisi daya. Namun setting ini akan lebih cepat menghabiskan batere, dengan fan yang akan berputar lebih cepat ketimbang pada mode SILENT.

    TURBO – merupakan pengaturan untuk mendapatkan kinerja tertinggi pada ROG Flow Z13 yang hanya dapat difungsikan saat ROG Flow Z13 terhubung dengan adaptor pengisi daya.

    MANUAL – pengaturan manual memiliki fleksibilitas tinggi di mana kita dapat mengatur parameter-parameter yang mengatur kinerja dan juga fan dalam kondisi tertentu secara manual. Fitur ini tersedia bagi pengguna yang ingin memaksimalkan pengaturan penggunaan ROG Flow Z13 lebih jauh lagi.

    2. Yang kedua adalah pengaturan kinerja GPU yang dapat dilakukan dengan mudah, yaitu memilih beberapa preset yang juga telah disediakan seperti gambar berikut.

    05-Armour-Crate-GPUsettings

    ULTIMATE – merupakan pengaturan GPU untuk mendapatkan kinerja maksimum dengan penggunaan daya yang maksimum pula.

    STANDARD – merupakan pengaturan GPU yang menyeimbangkan kinerja yang juga mengoptimalkan penggunaan batere, yang kesemuanya diatur oleh Windows.

    ECO MODE – setting ini akan secara drastis menurunkan kinerja gaming karena akan menonaktifkan NVIDIA Geforce RTX 3050 Ti dan hanya bersandar kepada Intel Iris Xe Graphics sehingga waktu penggunaan baterenya akan lebih lama.

    OPTIMIZED – setting ini akan secara otomatis mengatur penggunaan GPU antara Standard dan Eco Mode. Penggunaan mode ini sangatlah direkomendasikan untuk mendapatkan keseimbangan optimal antara kinerja dan lama pengoperasian saat menggunakan batere.

    BEYOND GAMING
    Melanjutkan review dari ROG Flow Z13 ini, penulis akan berbagi mengenai konfigurasi dan juga beban kerja apa saja yang dijalankan dalam ROG Flow Z13 ini, dengan harapan bahwa review ini akan memberikan gambaran yang cukup jelas, bagaimana ROG Flow Z13 ini digunakan sehari-hari.

    06-RFZ13modes

    KONFIGURASI ROG FLOW Z13

    07-My-ASUSconfig

    Dalam pre-instalasi SSD nya, terdapat software MyASUS yang dapat digunakan untuk menampilkan konfigurasi umum. Namun secara detail, unit GZ301ZE.312 ini memiliki konfigurasi umum sebagai berikut.

    12th Gen Intel Core i9-12900H
    16GB LPDDR5 RAM
    NVIDIA Geforece RTX 3050 Ti 4GB
    1TB NVME PCIe. 4.0 SSD 2230
    Intel WiFi 6E
    UHD+ 16:10 (3840 x 2400, WQUXGA) DCI-P3 85% IPS Display
    1x microSD UHS-II
    3.5mm Combo Audio Jack
    1x USB 2.0 Type-A
    1x Thunderbolt 4 port
    1x USB 3.2 Type-C port
    1x ASUS Pen with MPP 2.0

    PORTABILITAS (DIMENSI, FORMAT FISIK, PEN DAN KEYBOARD)
    ROG Flow Z13 hanya memiliki bobot 1.1kg dengan ketebalan 12mm, dan juga layar berukuran 13-inci. Dimensi fisik ini memberikan kesan “imut” namun garang di sisi kinerja. Dimensi unik dari ROG Flow Z13 ini memberikan kelebihan portabilitas yang relatif lebih tinggi ketimbang pesaing-pesaingnya yang memiliki ukuran layar setidaknya 14-inci.

    Dalam pengoperasiannya, ROG Flow Z13 dilengkapi kickstand yang menungkinkan ROG Flow Z13 dapat diposisikan secara tegak layaknya sebuaha laptop, hingga nyaris rebah 170 derajat, datar dengan meja. Posisi rebah ini sangat membantu penggunaan ROG Flow Z13 yang juga dilengkapi dengan ASUS Pen yang kompatibel dengan Microsoft Pen Protocol 2.0, kala membuat sketsa langsung di atas layar.

    Keyboard yang terpasang dapat dilepas dengan mudah karena menggunakan sistem penguncian magnetis. Memasangnya kembali pun sama mudahnya seperti saat melepaskan. Touchpad yang terintegrasi pada keyboard pun terasa “smooth” saat menggunakan karena permukaannya didesain mampu menggelincirkan permukaan jari dengan lembut saat mengoperasikan Touchpad, tanpa menghilangkan tingkat akurasinya.

    KENDALI THERMAL YANG INOVATIF
    Tidaklah mudah untuk mendesain sistem yang mampu mengendalikan dan membuang panas yang dihasilkan oleh komponen-komponen dalam sebuah laptop, terlebih laptop berukuran ekstra ramping dengan CPU dan GPU yang memiliki kinerja jauh di atas rata-rata. Dibutuhkan inovasi yang terbukti mampu melepaskan panas yang dihasilkan oleh CPU dan GPU dengan segera.

    Dimulai dari penggunaan vapor chamber pada sistem pengendalian thermal dari ROG Flow Z13. Vapor chamber merupakan sistem pendingin dengan bentuk seperti heat pipe pipih, namun memiliki ruang di dalamnya yang menyimpan cairan yang mampu menguap dan mengembun kembali dengan cepat di dalam heat pipe tersebut, yang memungkinkan pelepasan panas hingga 2.000 watt panas melalui area yang cukup kecil yaitu area 4 centimeter persegi.

    08-Vapor-Chamber

    Inovasi kedua dalam sistem pendinginnya adalah desain Arc Flow Fan dengan 84 bilah khusus yang memiliki desain Variable Blade Thickness, dengan ketebalan yang bervariasi untuk setiap bilah kipasnya. Inovasi ini mampu meminimalisir turbulens dari aliran udara yang membawa panas keluar dari ROG Flow Z13 sehingga sistem pendinginan bekerja sangat baik dan optimal.

    09-Fans

    Inovasi berikutnya dalam kendali thermal adalah sistem Self Cleaning generasi kedua atau Self Cleaning 2.0 yang memungkinkan debu dan partikel yang masuk, kembali terbawa keluar. Invoasi ini dapat menghindari tersangkut dan bertumpuknya debu dan partikel yang ikut terhisap melalui kisi-kisi “intake”, yang dapat berakibat turunnya kemampuan keseluruhan sistem pendinginan yang bekerja.

    Inovasi yang tidak kalah pentingnya adalah fan yang dilengkapi dengan anti-resonance design, yang membuat fan bekerja dengan senyap dan tidak menimbulkan gangguan suara yang berlebihan yang dapat mengganggu saat menggunakan ROG Flow Z13.

    LAYAR 13.4-INCI ULTRA HD 16:10 DENGAN RESOLUSI 3820 x 2400
    ROG Flow Z13 tersedia dalam beberapa pilihan layar dan konfigurasi yang berbeda. Unit yang dimiliki dan digunakan oleh penulis merupakan unit yang dilengkapi dengan layar 13.4-inci yang memiliki resolusi UHD yaitu mampu menampilkan 3840 x 2400 pixel.

    Layar UHD pada ROG Flow Z13 merupakan layar IPS yang memiliki spesifikasi 100% sRGB dengan refresh rate 60Hz yang sudah memadai dalam penggunaan sehari-hari, terutama untuk pekerjaan yang dilakukan penulis yang meliputi daily office work, 3D modeling, rendering, visual effects hingga non-linear editing. Namun salah satu hal yang krusial dalam non-linear editing adalah tingkat akurasi yang tinggi untuk melakukan color correction pada media video maupun gambar. Layar UHD pada ROG Flow Z13 memiliki standar tingkat DCI-P3 (Digital Cinema Initiatives Protocol 3) yang mampu menampilkan detail gamut hingga 85%. Layar ini juga telah melalui proses validasi Pantone, sehingga warna yang dihasilkan memiliki akurasi yang terbilang tinggi. Kedua hal ini merupakan hal penting dalam bagian proses produksi konten film.

    10-Dolby-Vision

    Layar ROG Flow Z13 juga mendukung Dolby Vision, yang memberikan tampilan High Dynamic Range (HDR) yang disertifikasi oleh Dolby untuk menampilkan film-film yang kompatibel dengan Dolby Vision.

    KINERJA “GAHAR” DARI 12TH GEN INTEL CORE I9-12900H
    Seperti disebutkan sebelumnya, unit ROG Flow Z13 yang digunakan ditenagai oleh 12th Gen Intel Core i9-12900H yang memiliki 6 P-core dan 8 E-core dengan total 14 core dan 20 threads, yang mampu “dikebut” hingga 5Ghz.

    Pemanfaatan optimal dari Prosesor ini dalam salah satu pekerjaan penulis adalah saat melakukan transcoding. Kinerja CPU yang dimiliki oleh Intel Core i9-12900H ini mampu memangkas waktu transcoding menggunakan CPU secara signifikan.

    NVIDIA GEFORCE RTX 3050 TI UNTUK ENGINEERING DAN MULTIMEDIA
    Penyematan NVIDIA RTX 3050 Ti dalam ROG Flow Z13, selain menjadi penggerak utama pengguna untuk menjalankan game-game AAA, GPU ini dapat digunakan untuk menjalankan program 3D, visual effects dan multimedia.

    11-Pics4

    SISTEM AUDIO
    Selain memiliki “noise cancellation”, sistem audio ROG Flow Z13 juga dilengkapi dengan AI (Artificial Intelligence) filtering yang mampu memperjelas kata-kata yang diucapkan, dan juga menyaring hingga menghilangkan suara-suara lain yang berpotensi mengganggu sekiranya kita melakukan video call ataupun merekam suara kita sendiri dengan menggunakan built-in microphone.

    12-AIaudiosystem

    Selain AI untuk merekam audio, AI diterapkan pula pada audio playback, sehingga menghasilkan playback audio yang jernih yang didukung pula oleh Dolby Atmos pada built-in speakernya, yang mampu meningkatkan kualitas dan pengalaman mendengarkan audio dalam bentuk musik hingga efek suara saat menonton film.

    13-Dolby-Atmos

    PLAY HARD, WORK SMART DENGAN ROG XG MOBILE HINGGA OPSI THUNDERBOLT EGPU
    Secara umum, selain ditenagai oleh 12th Gen Intel Core Seri H dan juga Nvidia Geforce RTX 30 seri Laptop yang mumpuni, ROG FLOW Z13 juga memiliki banyak ragam inovasi yang diterapkan, dan klaim World’s Most Powerful Tablet Gaming Laptop bukanlah isapan jempol belaka.

    14-Play-Hard-Work-Smart

    Bagi penggunanya, ROG Flow Z13 ini dapat memenuhi kebutuhan untuk bermain game-game AAA terkini yang membutuhkan gaming performance tingkat tinggi untuk menampilkan detail tinggi, dengan ROG XG Mobile-nya. Mobility factor dan portability-nya merupakan nilai plus dan unik tersendiri pula. Namun, ROG Flow Z13 ini juga dapat dimanfaatkan oleh visual engineer generalist, 3d generalist, visual effects generalist, serta non-linear video editor untuk menyelesaikan pekerjaan sehari-hari, dalam tingkatan tertentu.

    15-XGmobile

    Untuk meningkatkan kelengkapan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan baik engineering maupun multimedia creation, ROG Flow Z13 memiliki opsi ekspansi independen yang dirasa cukup, yang disediakan oleh sebuah Thunderbolt 4 port, yang dapat dihubungkan dengan peripheral eksternal seperti external display, external storage hingga external professional GPU seperti NVIDIA RTX A4000 atau A5000. Opsi tambahan mandiri ini dapat memaksimalkan kinerja grafis menjadi lebih signifikan lagi pada sebuah ROG Flow Z13, dalam ekosistem yang dibutuhkan di lingkup pekerjaan.

    16-eGPU

    KEUNIKAN, KENYAMANAN DAN KEAMANAN SAAT PENGOPERASIAN ROG FLOW Z13
    Selama menggunakan ROG Flow Z13 ini, dijumpai beberapa faktor unik, kenyamanan dan keamanan saat mengoperasikannya. Beberapa hal ini dapat digarisbawahi dan menjadi poin plus tersendiri bagi ROG Flow Z13.

    TOMBOL POWER DAN OTORISASI SIDIK JARI
    Saat menjalankan pekerjaan dan berbagi konsep dengan rekan, ROG Flow Z13 membuktikan bahwa desain unik yang diusung dapat memberikan manfaat nyata. Keunikan pertama adalah saat menyalakan ROF Flow Z13 di mana tombol power memiliki sistem otorisasi sidik jari terintegrasi yang langsung dapat merekam sidik jari secara bersamaan saat menekan tombol power. Otorisasi sidik jari secara simultan akan menyimpan sementara dan mengaktifkan login Windows secara langsung saat login screen muncul. Ini berarti, sejak ROG Flow Z13 diaktifkan, sistem BIOS-nya menyatu dengan sistem operasi Windows 11 tanpa harus menunggu tampilnya login screen.

    DETACHABLE KEYBOARD DAN PEN MPP 2.0
    Keunikan yang berikutnya adalah, kala keyboard dilepaskan dan ROG Flow Z13 bertansformasi menjadi tablet yang dijadikan sebagai media review. ASUS Pen yang memiliki Microsoft Pen Protocol 2.0 memberikan alur yang lancar bagi pencatatan, membuat notes hingga berlanjut ke sketsa. Sekembalinya, keyboard dapat dipasang dengan mudah dan ROG Flow Z13 kembali berfungsi selayaknya laptop pada umumnya.

    17-Unique01

    Dalam mengoperasikan ROG Flow Z13 selain dengan Touch Screen, penggunaan Pen yang intensif seringkali dibutuhkan. Untuk menghindari jatuh dan rusaknya Pen saat diletakkan di atas meja karena tersenggol, Pen dapat diletakkan di atas palm rest dan melekat karena magnet yang kuat. Pen tidak akan bergulir atau jatuh dengan mudah, sehingga aman saat tidak digunakan namun siap dalam jangkauan, sewaktu-waktu dibutuhkan.

    18-Pen

    2 BUAH KAMERA
    Keunikan berlanjut dengan adanya 2 kamera, yaitu kamera yang menghadap pengguna, serta kamera yang menghadap ke belakang, layaknya kamera-kamera pada smartphone.

    SISTEM PENDINGINAN VERTIKAL
    Bagi pengguna yang sering “membawa” pekerjaannya ke kamar tidur, ROG Flow Z13 memiliki fitur “keamanan” tersendiri yang muncul dari desain manajemen thermalnya. Kisi-kisi intake bagi udara dingin yang masuk, tidak terdapat di bagian bawah ROG Flow Z13 seperti laptop pada umumnya. Namun terletak di sisi belakang ROG Flow Z13 sehingga udara dingin masuk dari sisi belakang ROG Flow Z13, dan udara panas keluar dengan bebas melalui bagian atasnya.

    19-Airflow

    Hal ini “mengamankan” ROG Flow Z13 dari overheating sekiranya diletakkan di atas tempat tidur dalam posisi tegak saat digunakan dengan menggunakan kickstand. Sistem pendingin akan tetap bekerja sempurna karena tidak ada udara masuk yang terblokir.

    PRODUKTIVITAS KERJA
    Selain terhubung dengan high-speed wireless network melalui WiFi 6E-nya, ROG Flow Z13 ini juga dapat dihubungkan dengan wireless equipment seperti wireless mouse, wireless audio system, hingga wireless display yang menjadikannya bagian dari perangkat kerja dengan yang bebas dari “kesemrawutan” kabel dan jauh lebih produktif. Transfer file antara smartphone dan ROG Flow Z13 juga dapat dilakukan dengan menggunakan Bluetooth.

    KESIMPULAN, HARGA DAN PAKET PEMBELIAN
    ROG Flow Z13 memang memiliki desain yang unik, dengan klaim World’s Most Powerful Tablet Gaming Laptop yang bukan pepesan kosong. Kinerjanya yang mampu ditingkatkan berlipat dengan dukungan langsung ROG XG Mobile hingga Thunderbolt peripherals untuk penggunaan high speed external storage, external GPU, bahkan VR sekalipun, menjadikan ROG Flow Z13 mampu mengusung kelas tersendiri di jajaran laptop ultra-portable.

    Keunikannya membuktikan bahwa ground-up desain ROG Flow Z13, selain tampak mewah dan berani, mampu mengantisipasi beragam tantangan yang muncul bagi pengguna yang memainkan game-game AAA, hingga menjadi penopang para profesional untuk menyelesaikan pekerjaannya dalam koridor tertentu.

    ROG Flow Z13 tersedia dalam beberapa konfigurasi dan harga, seperti tertera di bawah ini.
    Rp 23.999.000 (Core i5 / Iris Xe / FHD 120Hz / 2x8GB RAM / 512GB SSD)
    Rp 28.499.000 (Core i7 / RTX 3050 / FHD 120Hz / 2x8GB RAM / 512GB SSD)
    Rp 32.999.000 (Core i9 / RTX 3050 Ti / FHD 120Hz / 2x8GB RAM / 1TB SSD)
    Rp 34.999.000 (Core i9 / RTX 3050 Ti / 4K 60Hz / 2x8GB RAM / 1TB SSD)

    Harga yang tertera diatas mengacu pada press release resmi ROG Flow Z13 pada 19 April 2022. Pembeli dapat mengunjungi website resmi ASUS untuk pemesanan unit yang diinginkan.

    Setiap pembelian Asus ROG Flow Z13 akan mendapatkan secara gratis PC Game Pass, Windows 11 original, Office Home & Students, ROG Flow Sleeve serta ASUS Pen Stylus dan tentunya 2 tahun garansi global yang termasuk ASUS VIP Perfect Warranty di tahun pertama. Jangan lupa juga untuk follow akun Instagram @asusid @asusrog.id.

    ==========

    *Review ini ditulis dengan menggunakan ROG Flow Z13

    Alhamdulillah. Terima kasih ASUS ROG Indonesia! 🙏😊 Saya sdh mendapatkan notifikasinya.

Viewing 2 posts - 1 through 2 (of 2 total)
  • You must be logged in to reply to this topic.

Ready to start your journey?

If there is nothing in a chest, the chest doesn’t mean anything