ROG Review Competition

ROG FLOW X16 ” Laptop Gaming Layar 16 inch Pertama Bergenre Convertible “

Tagged: 

Viewing 5 posts - 1 through 5 (of 5 total)
  • Author
    Posts
  • arifdotcom
    Participant

    Desain laptop dulunya dikotak – kotak seperti ada jurang pemisah tiap desainnya, seperti dulunya laptop dengan layar besar, bulky (tebal), model clamsheel dan perfomance kencang pasti itu identik laptop gaming. Untuk desain laptop premium pasti identik dengan bobotnya yang ringan, tipis, layar bisa diputar 360 derajat, layar touch screen dan perfomance kencang.
    PC-Game-Pass-ROG-flow-x16

    Trend desain laptop saat ini mulai berbeda dimana tidak ada namanya jurang pemisah antara desain laptop gaming dan laptop premium. Desain laptop gaming saat ini bisa merambah ke desain laptop premium dan salah satu laptop yang bisa mengkombinasikan desain laptop gaming dan laptop premium adalah ROG Flow X16 (GV601) yang menyandang sebagai Laptop Gaming “ World’s First 16″ Convertible Gaming Laptop “.

    Menginformasikan bahwa PC Game Pass kini sudah tersedia di dalam ROG Flow X16 (GV601) dan Mainkan 100+ game berkualitas tinggi, termasuk EA Play. Dapatkan 1 bulan Game Pass secara Gratis, sudah termasuk dalam pembelian ROG Flow X16 (GV601).

    Desain Laptop Gaming convertible dengan layar 16 inch ini adalah perpaduan antara Laptop Convertible ROG Flow X13 dan Laptop Layar 16 inch terbaik ROG Zephyrus M16, dimana tidak hanya berfungsi sebagai laptop gaming dan laptop content creator namun laptop dengan layar ukuran cukup besar 16 inch bisa berubah fungsi salah satunya menjadi tablet karena layarnya yang bisa diputar 360 derajat dan mendukung layar sentuh.

    Mari kita menjelajahi laptop ROG Flow X16 (GV601) apa saja Keunggulan dan apa saja Spesifikasi yang disuguhkan oleh Laptop Gaming paling Inovatif ini.

    <h2>MENGGUNAKAN PROSESOR PALING EFISIEN DAYA AMD Ryzen™ 6000 SERIES</h2>
    Laptop Gaming ROG Flow X16 (GV601) menggunakan prosesor AMD Ryzen™ 6000 Series yang merupakan prosesor terbaru dibangun dengan proses fabrikasi 6nm menggunakan arsitektur Zen 3+. Semakin kecil proses fabrikasinya pasti prosesor AMD Ryzen™ 6000 Series ini menghasilkan performa dan efisiensi daya yang lebih bagus dari generasi sebelumnya. Dengan begitu Laptop Gaming ROG Flow X16 (GV601) yang ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen™ 6000 Series ini memiliki performance-per-watt lebih baik yang sangat berpengaruh pada daya tahan baterai laptop.

    Loncatan teknologi Prosesor AMD Ryzen™ 6000 Series dengan arsitektur Zen 3+ terdapat pada chip grafis terintegrasinya yaitu AMD Radeon™ yang menggunakan arsitektur AMD RDNA™ 2. Chip grafis ini lebih powerful dan efisien dimana performa yang yang dihasilkan mampu game AAA dengan resolusi 1080p dengan pemakaian daya baterai yang lebih efisien.

    <h2>LAYAR YANG LUAS DAN VISUALISASI LAYAR YANG MEMUKAU</h2>
    Laptop gaming ROG Flow X16 (GV601) yang mengusung layar ukuran 16 inch dan bisa diputar 360 derajat ini memiliki banyak keunggulan karena mengusung ROG Nebula™ Display yang merupakan standard baru untuk sebuah layar laptop gaming yang mengedepankan kecepatan, tingkat kecerahan dan kualitas visual. Sebenarnya Apa itu ROG Nebula™ Display, berikut penjelasannya :

    ROG Nebula™ Display Mengedepankan Kecepatan
    Kecepatan waktu respon layar untuk gaming sangat penting untuk mendukung kinerja tampilan, kecepatan ini menunjukkan seberapa cepat tiap piksel dapat beralih dari satu warna ke warna lain dan pada ROG Flow X16 (GV601) memiliki kecepatan respons times ultra-cepat 3 ms yang akhirnya tidak akan ada namanya ghosting pada tampilan layar. ROG Flow X16 (GV601) memiliki kecepatan refresh rate yang tinggi di resolusi QHD+ WQXGA (2560×1600) dengan rasio aspek 16:10 yaitu 165Hz, karena menjamin gambar yang jernih dan tajam di semua skenario.
    NEBULA-FAST

    Adanya teknologi MUX Switch merupakan terobosan teknologi baru, yang memungkinkan GPU mengirim frame langsung ke layar tanpa perlu melewati internal graphic yang signifikan menurunkan latensi dan menaikan kinerja sistem graphici. Dari semua keunggulan diatas perlu ada yang menjaga syncronisasi antara refresh rate layar dengan kecepatan frame dari GPU agar tidak ada namanya tampilan visual yang patah – patah, robek dan lagging yaitu Teknologi Adaptive-Sync.

    ROG Nebula™ Display Mengedepankan Tingkat Kecerahan,
    Kenyataannya untuk aktifitas gaming dan buat content tingkat kecerahan layar sangat berperan penting agar mata tetap nyaman dalam melihat visual dalam layar. Tampilan yang lebih cerah membuat tampilan gambar jadi lebih jelas, apalagi di ruang yang cukup terang atau di outdoor sangat membutuhkan kecerahan yang sangat tinggi. Laptop biasa cuma sekitar 300 nits tingkat kecerahannya, beda di laptop ROG Flow X16 (GV601) bisa mengeluarkan kecerahan layar hingga 500 nits yang sangat terang untuk berbagai kondisi pencahayaan agar menghasilkan gambar dilayar yang cerah dan jernih.
    NEBULA-BRIGHT

    ROG Nebula™ Display Mengedepankan Kualitas Visual dan Kenyamanan Mata
    Sebagai laptopnya para content creator sangat penting kualitas visual layar laptop gaming yang dihasilkan sangat memukau.

    Kualitas visual di laptop ROG Flow X16 (GV601) yang sangat memukau itu berkat dukungan layar yang memiliki color gamut DCI-P3 100% dengan begitu suguhan rentang warnanya menjadi lebih luas, warna lebih hidup dan menggunakan palet warna yang sama seperti film HDR modern.

    Laptop ROG Flow X16 (GV601) sudah menggunakan layar yang mendapatkan sertifikasi Pantone® Validated Display. Dengan sertifikasi ini menjadikan visualisasi warna yang ada dilayar pasti sama dengan warna standard Pantone, apalagi warna standard pantone yang sering digunakan dalam dunia desain grafis, mode, percetakan, dan manufaktur. Tidak ketinggalan teknologi dari Dolby Vision menjadikan layar semakin sempurna dalam memanjakan mata saat melihat dan mengedit gambar atau video kualitas HDR yang sangat jelas menjadikan aktivitas streaming, edit video dan konten lainnya lebih kaya warna, lebih cerah dan warna lebih hidup. Layar ROG Flow X16 (GV601) juga sudah sertifikasi Display HDRTM 1000 juga yang mendukung teknologi HDR dengan luminance hingga 1000 cd/m2, yang bisa memberikan rentang warna lebih luas dan kontras yang tinggi, warna putih paling terang dan warna gelap paling gelap dengan begitu akurasi warna yang disuguhkan sangat jelas dan detail.
    NEBULA-VIVID

    Layar dengan ROG Nebula™ Displays juga memilik standard harus bersertifikasi dari TÜV Rheinland® Certified, dimana layarnya sudah memenuhi syarat untuk memanjakan dan menjaga kesehatan mata dengan meminimalisir cahaya biru ( BlueLight Filter ) dan juga bebas kedipan ( Anti Flicker ). Tujuan dari sertifikasi ini adalah untuk mencegah kelelahan mata selama sesi panjang dalam permainan atau pembuatan konten yang butuh sesi panjang dengan begitu mata para gamer dan content creator dimanjakan dengan kenyamanan dan tetap terjaga kesehatan matanya.

    Sebagai laptop gaming convertible dan berfungsi banyak dengan 4 mode, fungsi touch screen pasti sering digunakan. Untuk mendukung itu ROG Flow X16 (GV601) menggunakan panel layar jenis IPS Panel yang menjadikan layar enak dilihat dan mendukung penggunaan touch screen. Didukung juga dengan layar Corning Gorilla Glass 3 untuk menambah perlindungan pada layar agar tetap terjaga permukaan layar dari goresan.

    <h2>PERFOMANCE KENCANG DENGAN TEKNOLOGI TERKINI</h2>
    Perfomance Gahar ROG Flow X16 (GV601) begitu kencang semua itu dipengaruhi oleh 4 komponen hardware utama meliputi Prosesor/CPU, Graphic/GPU, RAM dan Storage. Bagaimana 4 komponen utama di ROG Flow X16 (GV601) ini berikut penjelasan spesifikasi hardwarenya.

    ROG Flow X16 (GV601) untuk CPU menggunakan AMD Ryzen™ 6000 Series, yang di Indonesia menggunakan 2 type antara lain :
    – AMD Ryzen™ 9 6900HS Processor (8-core/16-thread, Cache 20MB, up to 4.9 GHz max boost)
    – AMD Ryzen™ 7 6800HS Processor (8-core/16-thread, Cache 20MB, up to 4.7 GHz max boost)
    amd-6000-series

    Kedua prosesor diatas yang sama – sama melimpah ruah jumlah core / thread dan jumlah cachenya, pasti memberi perfomance gahar untuk aktifitas gaming dan membuat konten, hebatnya perfomance sekencang itu TDP yang digunakan cuma 35W saja. Sesuai penjelasan di awal kalau Prosesor AMD Ryzen™ 6000 Series memiliki kelebihan pada perfomance per watt yang lebih baik dibanding generasi sebelumnya.

    Keberadaan RAM atau memori yang digunakan laptop menjamin kecepatan dan menjaga perfomance sistem laptop saat main game, jalankan aplikasi content creator, buka aplikasi banyak window ( kerja multi tasking ) dan Laptop ROG Flow X16 (GV601) sudah mendukung RAM DDR5 4800MHz. RAM dengan kapasitas besar 16GB yang bekerja secara dual channel 2x8GB menjadikan laptop ROG Flow X16 (GV601) semakin cepat karena memiliki Frekeunsi yang lebih cepat dengan bandwidth yang lebih luas, dengan kapasitas RAM yang lebih besar dan bekerja secara dual channel mampu menaikkan minimum framerate sistem dan bisa mengurangi efek stuttering saat bermain game.

    Untuk laptop ROG Flow X16 (GV601) yang internal graphicnya AMD Radeon™ dengan arsitektur AMD RDNA™ 2 yang sangat memukau untuk main game dan buat content creator, lebih maksimal lagi dengan dukungan tambahan discrete graphic besutan dari NVIDIA® GeForce RTX™ 30 series dimana pada seri tertinggi menggunakan NVIDIA® GeForce RTX™ 3070Ti. Adanya discrete graphic NVIDIA® GeForce RTX™ 30 series sangat membantu untuk aktifitas gaming dan content creator karena arsitektur Ampere yang menjadi dasar RTX generasi kedua NVIDIA memiliki fitur Tensore Core dan RT Core yang sangat berguna dalam akselerasi pemrosesan data berbasis kecerdasan AI yang kompatibel dengan berbagai game dan aplikasi para content creator.

    Tidak ketinggalan teknologi Max-Q NVIDIA mampu menjaga kinerja discrete graphic yang disematkan pada laptop yang tipis tetap berperforma cepat. Kinerja dari Graphic NVIDIA® GeForce RTX™ 30 series semakin cepat kinerjanya berkat adanya teknologi MUX Switch, karena teknologi ini membuat perfomance laptop semakin meningkat 10 – 30% karena cara kerjanya dengan memaksimalkan data visual yang berasal graphic NVIDIA® GeForce RTX™ 3000 series dapat tampil langsung pada layar tanpa melewati internal graphic.

    Tidak ketinggalan Komponen terakhir yang turut serta menjaga perfomance laptop adalah penggunaan storage jenis PCIe® 4.0 NVMe™ M.2 SSD di ROG Flow X16 (GV601) yang mana type ini adalah paling tercepat saat ini. Kemampuannya bisa menghadirkan kecepatan transfer yang sangat memukau dengan kecepatan baca hingga 5Gbps dan kecepatan tulis hingga 4Gbps. Terbukti keberadaan storage jenis PCIe® 4.0 NVMe™ M.2 SSD sangat membantu para gamer dan buat content di laptop karena kecepatan tingginya sangat membantu dalam proses loading membuka – menjalankan aplikasi content creator dan game, kecepatannya menjadikan laptop sangat cepat saat booting awal mulai dari nyalakan laptop sampai muncul tampilan desktopnya.

    <h2>HASIL BENCHMARK</h2>
    Diambil dari komunitas Asus Zencreator hasil benchmark ROG Flow X16 (GV601) menggunakan Prosesor AMD Ryzen™ 9 6900HS, GPU NVIDIA GeForce RTX™ 3070Ti, RAM 16GB DDR5 dan 1TB PCIe 4.0 Performance SSD.
    bench-pcmark-cinebench
    bench-3d-nvidia-dlss
    bench-ssd

    <h2>SISTEM CEPAT DIDUKUNG SISTEM PENDINGIN REVOLUSIONER</h2>
    Dinamika dua komponen Prosesor dan Discrete Graphic yang terus berkembang teknologinya pasti mengikuti perkembangan menuju lebih baik pada Sistem operasi, Aplikasi dan Game yang dalam persyaratannya menuntut perfomance lebih maksimal dari komponen prosesor dan discrete graphic. Semakin maksimal perfomance dua komponen ini tidak dipungkiri juga harus diimbangi dengan perfomance sistem pendingin yang mumpuni untuk bisa menekan hawa panas yang dihasilkan oleh 2 komponen ini.
    sistem-pendingin-flox-x16

    Sistem Pendingin juga terus berkembang dalam menerapkan teknologinya agar bisa efektif menurunkan hawa panas yang dikeluarkan oleh prosesor dan discrete graphic. Untuk ROG Flow X16 (GV601) adalah laptop gaming pertama kali yang sudah menerapkan Sistem Pendingin ROG Intelligent Cooling Teknologi Frost Force yang merupakan sistem pendingin revolusioner berbeda dengan sistem pendingin lainnya. Bagaimana sistem pendingin revolusioner ini bekerja berikut penjelasannya :.

    Belajar dari pengalaman menerapkan ROG Intelligent Cooling salama bertahun-tahun dan terus berinovasi untuk memaksimalkan kinerja sistem pendingin akhirnya muncul Sistem pendingin terbaru ini. Dengan mengandalkan tiga kipas khusus, yang mana dua kipas bertugas mengalirkan udara segar dari luar ke dalam untuk mendinginkan panas berasal dari heat pipe CPU – GPU dan udara panas ini langsung diarahkan ke luar chasis melalui lubang udara yang sudah dirancang khusus. Untuk kipas ketiga bertugas mendinginkan komponen penting lainnya yang terhubung langsung ke Pulsar Heatsink yang mana Pulsar Heatsink ini terbuat dari tembaga yang memiliki 330 fins dengan lapisan tembaga ultra tipis 0,1 mm dan luas permukaan 110.902 mm2 untuk memaksimalkan sistem pendinginan. Dengan kipas ketiga inilah yang membuat ROG Flow X16 (GV601) dapat beroperasi dengan suhu hingga 7⁰C lebih rendah ketimbang sistem pendingin laptop gaming tradisional.

    ROG Flow X16 (GV601) yang menggunakan sistem Intelligent Cooling cukup revolusioner ini perlu ditunjang adanya thermal compound jenis liquid metal. Thermal compound jenis Liquid metal ini merupakan buatan dari Thermal Grizzly yang terkenal mampu dengan cepat dan efektif mengalirkan panas dari komponen CPU langsung beralih ke heat sink CPU. Lalu panas dari heat sink CPU ini langsung diserap – disebar ke lima heat pipe dan terakhir ke pulsar heat sink, yang akhirnya panas di heatsink ini berhasil dibuang keluar kena semburan angin dari 3 kipas di ROG Flow X16 (GV601).

    ROG Flow X16 (GV601) dengan sistem Intelligent Cooling menerapkan 5 heat pipe yang mengcover panas dari CPU, GPU, VRAM dan komponen sirkuit VRM bertugas menyerap dan menyebarkan panas sampai ujung heat sink. Fan kipas dengan desain Arc Flow FansTM yang memiliki 84 bilah sirip melengkung mampu memaksimalkan aliran udara dan meminimalkan kebisingan hingga 0dB. Variabel ketebalan bilah yang ujungnya semakin meruncing 0,2mm mampu mengurangi turbulensi yang diakibatkan oleh kipas berputar dengan cepat.

    Sistem pendingin ini sangat tergantung pada kinerja dari 3 kipas fan ini, karena dia bertugas mengambil udara segar dari luar laptop yang sangat berpotensi serat dan debu cepat masuk juga. Debu dan serat adalah benda yang perlu dihindari agar tidak masuk ke dalam sistem pendingin dalam laptop, karena serat dan debu yang sudah masuk ke dalam sistem pendingin sangat berpengaruh menghambat udara segar yang masuk dan juga menghambat keluarnya udara panas dari sistem pendingin. Oleh karena itu perlu adanya Dust Filter yang berfungsi untuk filter debu dan serat masuk, filter ini sangat penting untuk menjaga kinerja sistem pendingin di ROG Flow X16 (GV601) tetap maksimal dan awet tahan lama.

    <h2>LAPTOP CONVERTIBLE MENDUKUNG 4 MODE</h2>
    ROG Flow X16 (GV601) merupakan laptop gaming convertible pertama yang mengusung layar 16 inch dan bisa berubah fungsinya menjadi 4 mode, fungsinya sebagai berikut :
    Mode-flow-x16
    Mode Laptop
    Mode layaknya fungsi dasar sebuah laptop dengan layar bisa dibentangkan sampai 180 derajat. Main game dan buat content sangat sering digunakan dalam mode ini.

    Mode Stand
    Mode yang mengedepankan layarnya bisa digunakan sebagai display untuk host game dan gamer bisa menggunakan controller tambahan seperti joystick dll. Mode ini sangat disarankan untuk sebagi host game dengan interkoneksi dengan console game karena sistem pendingin bekerja maksimal tanpa ada halangan masuknya udara segar dan keluarnya udara panas.

    Mode Tablet
    Mode yang memanfaatkan sepenuhnya layar touchscreen, nyaman untuk browsing, baca dokumen dan berita, apalagi dengan layar 16 inch jadi semakin luas menjelajah saat browsing internet.

    Mode Tent
    Mode dimana laptop dibuat berdiri seperti tenda, bisa dipakai kerja multitasking dimana laptop bisa dipakai untuk display kedua. Buat host game dengan interkoneksi sama console game juga sangat bagus karena dengan mode ini posisi sistem pendingin bisa berjalan maksimal tanpa halangan buat udara segar masuk dan udara panas keluar. Mode ini juga ideal untuk content creator yang senang aktifitas desain menggunakan pen stylus, karena tekanan dari pen stylus masih bisa ditahan oleh bode laptop.

    <h2>PERIPHERAL PENDUKUNG GAMING</h2>
    Sebagai laptop gaming dan content creator ROG Flow X16 (GV601) memiliki peripheral yang mumpuni untuk menunjang aktifitas gaming dan content creator. Pada keyboard memiliki travel distance 1.7mm, RGB Zone mendukung Aura Sync, Mendukung 4 tombol hotkeys yang berfungsi sebagai macro dan N-Key Rollover yang bermanfaat untuk menimalisir banyak tekanan keyboard bersamaan.
    Untuk content creator layar ROG Flow X16 (GV601) yang mendukung touch screen juga mendukung penggunaan Pen Stylus MPP2.0 bagi content creator yang suka aktifitas drawing.

    <h2>AUDIO MEMUKAU</h2>
    ROG Flow X16 (GV601) memiliki Quad Speaker kualitas Dolby Atmos dan Smart Amp mendukung immmersive saat bermain game, apalagi audio ini sudah mendukung suara surround 5.1.2. Pada microphone sudah mendukung 3D Mic Array yang mendukung 3 mode yaitu Mode Cardioid yang mampu menangkap suara tepat didepan laptop dan meminimalisir inoutan suara dibelakang. Mode Stereo menggunakan suara chanel kanan dan chanel kiri untuk merekam soundscape yang lebih luas biasanya saat live music dll. Mode Omnidirectional bisa mengambil suara dari semua arah secara merata, yang mana mode ini sangat cocok saat aktifitas teleconference dengan audience lebih 1 orang.

    Tidak kalah penting microphone laptop ini sudah mendukung teknologi Two Way AI Noise – Cancelation yang berfungsi untuk meminimalisir suara berisik di belakang sangat penting saat aktifitas streaming dan teleconference.

    <h2>KONEKTIVITAS LENGKAP DENGAN EXTRA XG MOBILE</h2>
    Untuk konektivitas dengan kabel ROG Flow X16 (GV601) memiliki port yang tergolong sangat lengkap untuk sebuah laptop convertible yang sangat ringkas. Mulai dari adanya Port USB 3.2 Type-C dan Type-A, Port Display HDMI 2.0b, port combo jack audio 3.5mm. Keberadaan Port USB 3.2 Type-C untuk laptop gaming ASUS terbaru juga mendukung fitur DisplayPort 1.2 dan fitur Power Delivery. Kedua fitur ini sangat memungkinkan port USB Type-C di ROG Flow X16 (GV601) bisa digunakan sebagai display output dan sebagai pengisi daya melalui adapter USB Type-C atau power bank.
    CONNECTIVITY-flow-x16

    ROG Flow X16 (GV601) untuk konektivitas nirkabel sudah mendukung penggunaan teknologi Wi-Fi 6E terbaru yang berbeda dengan generasi sebelumnya WiFi 6. Untuk teknologi nirkabel Wi-Fi 6E bertambah satu lagi frekuensi di 6 GHz selain frekuensi standar 2,4GHz dan 5GHz. Dengan teknologi Nirkabel Wi-FI 6E menggunakan frekuensi 6GHz mampu menghadirkan konektivitas dengan kecepatan lebih tinggi, lebih stabil, juga kompatibel dengan 2 frekuensi dibawahnya dan fungsionalitas buat kebutuhan para gamer yang butuh latensi rendah saat main game dengan koneksi Wi-Fi, bahkan masih kompatibel dengan 2 frekuensi dibawahnya.

    Game dan aplikasi content creator terus berkembang pesat pasti menuntut discrete graphic yang semakin mutakhir. Untuk PC Desktop dengan mudahnya upgrade discrete graphic, untuk dilaptop 100% bakal tidak bisa diupgrade. Berbeda ROG Flow X16 (GV601) yang mendukung fitur perangkat GPU External ROG XG Mobile yang bekerja layaknya sebagai discrete graphic Eksternal.
    XG-MOBILE

    Menggunakan jalur PCIe yang sangat cepat untuk transfer data tidak akan menyebabkan bootleneck pada performa grafis sistem yang disebabkan oleh ROG XG Mobile. Dengan ROG XG Mobile yang menggunakan adaptor daya 330W otomatis akan berfungsi sebagai charger laptop ROG Flow X16 (GV601) dan sekaligus menambah port lainnya mulai dari port USB, Display Port, port HDMI dan port Ethernet.

    Untuk ROG Flow X16 (GV601) versi terendah masih mengunakan discrete graphic NVIDIA® GeForce RTX™ 3050Ti dan versi tertinggi menggunakan RTX™ 3070Ti. Dengan adanya XG Mobile masih bisa menambah kemampuan laptop dengan expansi kekuatan discrete graphic yang lebih baik dari bawaan laptop Mulai XG Mobile Nvidia GeForce RTX 3080 atau AMD Radeon RX6850M XT.

    <h2>SPESIFIKASI DAN HARGA ROG Flow X16 (GV601)</h2>

    CPU
    AMD Ryzen™ 9 6900HS Processor (8-core/16-thread, up to 4.9 GHz max boost)
    AMD Ryzen™ 7 6800HS Processor (8-core/16-thread, up to 4.7 GHz max boost)

    Operating System
    Windows 11 Home

    Memory
    2x8GB LPDDR5

    Storage
    1TB M.2 NVMe™ PCIe®4.0 SSD
    512GB M.2 NVMe™ PCIe®4.0 SSD

    Display
    16-inch, QHD+ (2560 x 1600) 16:10, Nebula Display, 165Hz 3ms, 500nits,
    DCI-P3 100%, Pantone Validated, Adaptive Sync, Dolby Vision

    Graphics
    NVIDIA® GeForce RTX™ 3070Ti
    NVIDIA® GeForce RTX™ 3060
    NVIDIA® GeForce RTX™ 3050Ti

    Input/Output
    1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x HDMI 2.0b support HDMI switch, 2x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort™ + power delivery + G-SYNC, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort™ + power delivery, 1x ROG XG Mobile Interface

    Connectivity
    Wi-Fi 6E(802.11ax)+Bluetooth 5.2 (Dual band) 2*2

    Audio
    Dolby Atmos, AI noise-canceling technology, Hi-Res certification, Support Microsoft Cortana near field/Far field, Built-in 3-microphone array, 4-speaker system with Smart Amplifier Technology

    Battery
    90WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion

    Dimension
    35.5 x 24.3 x 1.94 ~ 1.94 cm

    Weight
    2.10 Kg

    Colors
    Off Black

    Price
    Rp42.999.000 (Ryzen 9 / RTX 3070Ti / 2x8GB RAM / 1TB SSD / QHD+ 165Hz)
    Rp37.999.000 (Ryzen 9 / RTX 3060 / 2x8GB RAM / 1TB SSD / QHD+ 165Hz)
    Rp29.999.000 (Ryzen 7 / RTX 3050Ti / 2x8GB RAM / 512GB SSD / QHD+ 165Hz)

    Warranty
    2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty

    • This topic was modified 2 months, 2 weeks ago by Moh Mufid Muwaffaq.
    • This topic was modified 2 months, 2 weeks ago by arifdotcom. Reason: perbaiki kode html

    Lengkap banget reviewnya, mantap

    arifdotcom
    Participant

    Thank You Mas Rachman Reza

    Ernesthy
    Participant

    Mantab ini ROG Flow X16, laptop gaming bisa dilipat-lipat gitu.

    arifdotcom
    Participant

    betul laptop gaming idaman banget

Viewing 5 posts - 1 through 5 (of 5 total)
  • You must be logged in to reply to this topic.

Ready to start your journey?

If there is nothing in a chest, the chest doesn’t mean anything