ROG Review Competition

Laptop Terbaik Untuk Gamer dan Content Creator ROG Zephyrus M16 (GU603)

Viewing 1 post (of 1 total)
  • Author
    Posts
  • arifdotcom
    Participant

    Tidak dipungkiri baik seorang gamer maupun seorang content creator pasti dalam memilih laptop harus sesuai dengan kebutuhannya dan sebagian besar pilihannya menitik beratkan pada 3 kriteria antara lain : Pertama layar yang luas bikin semakin lega ditambah visualisasi layar yang memukau mata, kedua perfomancenya yang kencang didukung sistem pendingin yang terbaik dan terakhir kalau bisa bobotnya ringan dikelasnya.

    11-12 buat kebutuhan para gamer dan content creator dengan 3 kriteria laptop diatas adalah yang paling utama dan salah satu laptop yang dijamin sesuai dengan 3 kriteria diatas adalah ROG Zephyrus M16 (GU603) merupakan laptop gaming yang menyandang predikat sebagai “ World’s First 16-inch Super-Narrow Bezels Gaming Laptop “.
    header
    Spesial untuk para gamer semakin dimanjakan dengan fasilitas game berupa PC Game Pass kini sudah tersedia di dalam ROG Zephyrus M16 (GU603) dan Mainkan 100+ game berkualitas tinggi, termasuk EA Play. Dapatkan 1 bulan Game Pass secara Gratis, sudah termasuk dalam pembelian ROG Zephyrus M16 (GU603).

    LAYAR YANG LUAS DAN VISUALISASI LAYAR YANG MEMUKAU
    Nebula-Display
    Laptop gaming ini mengusung layar ukuran 16 inch dengan body ratio 94% yang layarnya bisa dibuka hingga 180 derajat. Layarnya memiliki banyak keunggulan karena mengusung ROG Nebula™ Display yang merupakan standard baru untuk sebuah layar laptop gaming dan content creator yang mengedepankan kecepatan, tingkat kecerahan dan kualitas visual. Sebenarnya Apa itu ROG Nebula™ Display, berikut penjelasannya :

    ROG Nebula™ Display mengedepankan kecepatan waktu respons sangat penting untuk kinerja tampilan, kecepatan ini menunjukkan seberapa cepat tiap piksel dapat beralih dari satu warna ke warna lain dan pada ROG Zephyrus M16 memiliki kecepatan respons times ultra-cepat 3 ms yang akhirnya tidak akan ada namanya ghosting pada tampilan layar. ROG Zephyrus M16 (GU603) memiliki kecepatan refresh rate yang tinggi di resolusi QHD+ WQXGA (2560×1600) dengan rasio aspek 16:10 yaitu 165Hz, karena menjamin gambar yang jernih dan tajam di semua skenario.
    NEBULA-DISPLAY-FAST-rev
    Apalagi dibantu dengan Teknologi MUX Switch, yang memungkinkan GPU mengirim frame langsung ke layar dengan latensi terendah dan kinerja tertinggi. Dari semua keunggulan diatas perlu ada yang menjaga syncronisasi antara refresh rate layar dengan kecepatan frame dari GPU agar tidak ada namanya tampilan visual yang patah – patah, robek dan lagging yaitu Teknologi Adaptive-Sync.

    ROG Nebula™ Display mengedepankan tingkat kecerahan, tidak dipungkiri kecerahan layar juga berperan penting agar mata tetap nyaman dalam melihat visual dalama layar. Tampilan yang lebih cerah membuat tampilan gambar jadi lebih jelas, apalagi di ruang yang cukup terang atau di outdoor sangat membutuhkan kecerahan yang sangat tinggi.
    nebula-display-bright
    Laptop biasa cuma sekitar 300 nits tingkat kecerahannya, beda di laptop ROG Zephyrus M16 (GU603) bisa mengeluarkan kecerahan layar hingga 500 nits yang sangat terang untuk berbagai kondisi pencahayaan agar menghasilkan gambar dilayar yang cerah dan jernih. Untuk kontras layar memiliki Contrast Ratio 1200:1 Penting juga untuk tingkat kontras yang memberi layar sangat detail dan jelas dalam bedakan tiap warna saat kondisi gelap dan terang.

    ROG Nebula™ Display Mengedepankan Kualitas Visual dan Kenyamanan Mata, Kenapa laptop gamer ini cocok dengan para content kreator ? jawabannya karena kualitas visual layar laptop gaming ini sangat memukau.

    Kualitas visual di laptop ROG Zephyrus M16 (GU603) yang sangat memukau itu berkat dukungan layar yang memiliki color gamut DCI-P3 100% dengan begitu suguhan rentang warnanya menjadi lebih luas, warna lebih hidup dan menggunakan palet warna yang sama seperti film HDR modern.
    NEBULA-DISPLAY-VIVID
    Laptop ROG Zephyrus M16 (GU603) suguhan warna layarnya sudah mendapatkan sertifikasi Pantone® Validated Display. Perlu diketahui bahwa warna Pantone merupakan warna standard yang sering digunakan dalam dunia desain grafis, mode, percetakan, dan manufaktur. Tidak ketinggalan teknologi dari Dolby Vision menjadikan layar semakin sempurna dalam memanjakan mata saat melihat gambar kualitas HDR yang sangat jelas menjadikan sorotan cahaya yang lebih terang dan bayangan yang lebih gelap dengan kontras yang lebih tajam.

    ROG Nebula™ Displays standard layarnya juga harus bersertifikasi dari TÜV Rheinland® Certified, dimana layarnya sudah memenuhi syarat untuk memanjakan dan menjaga kesehatan mata dengan meminimalisir cahaya biru ( BlueLight Filter ) dan juga bebas kedipan ( Anti Flicker ). Tujuan dari sertifikasi ini adalah untuk mencegah kelelahan mata selama sesi panjang dalam permainan atau pembuatan konten yang butuh sesi panjang dengan begitu mata para gamer dan content creator dimanjakan dengan kenyamanan dan tetap terjaga kesehatan matanya.

    PERFOMANCE KENCANG DIDUKUNG SISTEM PENDINGIN MUMPUNI
    Perfomance kencang sebuah laptop secara mandiri dipengaruhi oleh 4 komponen utama yaitu Prosesor/CPU, Graphic/GPU, RAM dan Storage, untuk di ROG Zephyrus M16 (GU603) mengusung spesifikasi hardware sebagai berikut:
    ROG Zephyrus M16 (GU603) untuk CPU sebagai otak prosesingnya menggunakan prosesor besutan Intel prosesor 12th Gen Intel® Core™ H Series yang telah menggunakan pemrosesan berbasis Intel 7. Berbeda dengan prosesor generasi sebelumnya untuk tiap prosesor Intel® Core™ generasi ke-12 memiliki 2 konfigurasi core prosesor yaitu Perfomance Core (P-Core) yang memiliki perfomance tinggi bertugas untuk mengerjakan tugas – tugas berat dan untuk Efficiency Core (E-Core) yang memiliki perfomance sedang kerjanya efisien tidak memakan banyak power bertugas untuk menangani tugas – tugas ringan..
    Perfomance
    Mengusung 2 konfigurasi core yang memiliki perfomance tinggi dan kerja efisien sangat cocok untuk para gamer dan content creator yang ingin lebih dari kecepatan laptop ROG Zephyrus M16 (GU603) namun disaat kerja yang ringan bisa ditangani oleh core prosesor yang efisien dayanya. ROG Zephyrus M16 (GU603) yang spesifikasi tertinggi menggunakan prosesor tertinggi dikelasnya yaitu 12th Gen Intel® Core™ i9-12900H, yang saat ini menyandang gelar sebagai prosesor mobile paling kencang saat ini berkat konfigurasi 14 core (6 P-core dan 8 E-core), 20 thread, cache 24M dan mampu digeber hingga 5GHz.

    Untuk laptop ROG Zephyrus M16 (GU603) menggunakan discrete graphic besutan NVIDIA® GeForce RTX™ 30 series dimana pada seri tertinggi mengginakan NVIDIA® GeForce RTX™ 3070Ti. Keberadaan discrete graphic menggunakan chip grafis NVIDIA® GeForce RTX™ 30 series dibangun dengan Ampere arsitektur yang merupakan arsitektur RTX generasi kedua NVIDIA sudah dilengkapi dengan Tensore Core dan RT Core yang sangat berguna dalam akselerasi pemrosesan data berbasis kecerdasan AI yang kompatibel dengan berbagai game dan aplikasi para content creator.

    Untuk RAM yang digunakan sudah mendukung DDR5 4800MHz, dengan kapasitas 16GB dengan komposisi 2x8GB yang bekerja secara dual channel. RAM DDR5 4800MHz yang memiliki Frekuensi yang lebih cepat, kapasitasnya besar dan bekerja dual channel sangat signifikan dalam menaikkan minimum framerate yang akhirnya bisa mengurangi efek stuttering saat bermain game. Sebagai content creator keberadaan RAM yang cepat dan kapasitas besar menjadikan tugas untuk photo dan video editing semakin cepat karena tidak ada ceritanya system melambat karena RAM yang digunakan kurang saat membuka banyak aplikasi.

    Tidak ketinggalan teknologi Max-Q NVIDIA mampu menjaga kinerja discrete graphic yang disematkan pada laptop yang tipis tetap berperforma cepat. Kinerja dari Graphic NVIDIA® GeForce RTX™ 30 series semakin cepat kinerjanya berkat adanya teknologi MUX Switch. Berkat teknologi ini Perfomance laptop semakin meningkat 10 – 30% karena cara kerjanya dengan memaksimalkan data visual yang berasal graphic NVIDIA® GeForce RTX™ 3000 series dapat tampil langsung pada layar tanpa melewati internal graphic.
    HASIL-REVIEW-MEDIA
    Terakhir faktor terpenting dalam menjaga perfomance laptop adalah penggunaan type storage yang digunakan oleh ROG Zephyrus M16 (GU603) yaitu menggunakan storage jenis NVMe PCIe Gen4 SSD versi tercepat saat ini. Penyimpanan storage type tercepat ini mampu menghadirkan kecepatan transfer yang sangat memukau yaitu kecepatan baca hingga 7Gbps dan kecepatan tulis hingga 5Gbps. Storage jenis NVMe PCIe Gen4.0 SSD yang memiliki kecepatan tinggi ini membuat para gamer dan content creator semakin cepat dalam proses loading membuka aplikasi content creator, game bahkan booting awal saat nyalakan laptop hingga muncul desktopnya dapat dilakukan sangat cepat.

    Laptop gaming ini untuk storagenya bersifat upgradeable karena masih ada 1 slot kosong yang bisa untuk menaikkan kapasitas atau menaikkan kecepatan storage. Apabila storage NVMe PCIe Gen4.0 SSD bawaanya laptop dirasa kurang masih bisa ditambah di slot yang kosong bila untuk menaikkan kapasitas atau bila performance storage dirasa masih kurang cepat masih bisa mengaktifkan RAID 0 dengan memanfaatkan 2 storage dengan kapasitas sama yang secara sistem bisa berjalan secara striped.

    SANG PENJINAK PANAS
    Laptop ROG Zephyrus M16 (GU603) merupakan laptop dengan performa yang sangat gahar karena laptop gaming ini memiliki TGP lebih tinggi dibanding generasi sebelumnya. TGP yang tinggi menjadikan laptop semakin gahar, namun dibalik laptop yang gahar panas yang dihasilkan juga cukup tinggi. Untuk menahan panas yang dihasilkan komponen dan sistem tetap stabil saat diajak kerja berat harus didukung dengan sistem pendingin yang mumpuni agar bisa menjinakkan hawa panas yang banyak dihasilkan oleh CPU dan GPU.
    Cooling
    Solusinya menggunakan ROG Intelligent Cooling, apa saja fitur sistem pendingin pada ROG Zephyrus M16 (GU603) yang mampu menjinakkan hawa panas ini :

    Keuntungan laptop gaming dengan Desain Ergolift adalah body laptop yang otomatis terangkat saat layar dibuka memberikan ruang lega dibawah laptop untuk bisa mendapatkan hawa segar yang siap digunakan oleh 2 kipas didalam laptop untuk mendinginkan komponen yang menghasilkan panas.

    Panasnya CPU dan GPU yang saat ini banyak dihasilkan pada laptop biasanya cukup diserap oleh heat pipe dan langsung dibuang keluar oleh kipas pendingin dalam laptop. Laptop ROG Zephyrus M16 (GU603) memiliki 6 heat pipe yang mampu menarik panas dengan mengcover titik panas pada CPU, GPU, VRAM dan tidak ketinggalan sirkuit VRAM yang merupakan pemasok daya buat CPU juga ikut tercover. Dengan begitu tidak hanya mendinginkan titik – titik sumber panas saja namun dengan adanya heat pipe yang banyak mampu menjaga stabilitas dan keawetan komponen laptop untuk jangka Panjang.

    Selain heat pipe sebagai penyerap sumber panas yang efektif perlu ditunjang pula dengan keberadaan Liquid Metal dari Thermal Grizzy yang saat ini merupakan thermal compound yang paling efektif dalam membantu penyerapan panas dari CPU ke heat pipe dari pada thermal compound standard lainnya, terbukti keefektifan thermal Grizzy ini mampu menurunkan suhu CPU hingga 10 derajat Celsius.

    Pada sisi kipas menggunakan sistem Arc Flow Fans™ dimana ada 84 bilah sirip fan yang dari pangkal sampai ujung memiliki ketebalan yang bervariasi. Tujuannya agar untuk memaksimalkan aliran udara, putaran fan yang bisa membentuk gelombang aerodinamis untuk meminimalisir turbulensi dan noise akibat putaran kipas. Untuk kipas terbuat dari polimer kristal cairan khusus yang kuat untuk digunakan pada putaran RPM tinggi.

    Internal Blast Cooling merupakan sirip fin yang potongan sasisnya memiliki ketepatan yang tinggi yang sangat berguna untuk mengarahkan aliran udara ke komponen internal yang merupakan sumber panas. Seperti panas yang bersumber dari CPU dan GPU dengan menggunakan Internal Blast Cooling mampu mengurangi suhu hingga 6 derajat Celsius.
    LAPTOP GAMING YANG RINGAN
    Laptop ROG Zephyrus M16 (GU603) memiliki layar 16 inch yang merupakan ukuran layar ideal untuk para gamer dan content creator. Semakin luas layar buat main game semakin lega karena banyak ruang layar yang dapat digunakan dan pengalaman dalam main game juga lebih immersif ( bisa merasakan layaknya di kenyataan ). Begitu juga untuk para content creator semakin luas layar semakin nyaman saat editing membuat content, karena banyak menu dan tool di aplikasi photo / video editing yang berjibun dibutuhkan layar yang luas

    Trend Laptop lama apabila ukuran layarnya semakin luas identik bobot laptop juga semakin berat, bahkan untuk laptop lama ukuran layar 15 inch bisa mencapai bobot 2,5 kg….sangat berat sekali, kasihan banget apabila saat main game cari Wi-Fi spot diluar atau cari ide bikin content di cafe bawa laptop seberat 2,5 kg. Untuk Laptop ROG Zephyrus M16 (GU603) yang mengusung layar 16 inch mampu mematahkan trend laptop lama yang hanya berbobot 1,9 kg saja dan itu sangat ringan dikelasnya .

    Layar lebih lega semua itu berkat banyak teknologi yang diterapkan pada laptop gaming yang mampu memangkas habis bobot laptop, mulai dari penerapan bezel yang sangat tipis yang menjadikan layar semakin slim dimana panel layar ukuran layar 16 inch bisa ditampung pada frame layar yang berukuran 15 inch. Begitu juga dengan komponen hardware yang digunakan semakin memangkas habis bobot laptop, seperti SSD M2. NVMee, menerapkan satu modul Wi-Fi dan Bluetooth dan bahan maupun desain kontrusksi yang digunakan juga berpengaruh pada bobot laptop.

    FITUR LAINNYA
    Banyak fitur terbaik lainnya pada laptop gaming ROG Zephyrus M16 (GU603) yang sekaligus laptopnya content creator ini, antara lain :

    Memiliki konektivitas terbaik, mulai dari konektivitas menggunakan kabel dimana ROG Zephyrus M16 (GU603) dilengkapi berbagai jenis port mulai dari USB 3.2 Gen2 Type-A, HDMI 2.0b, UHS II – Speed 312MB/s MicroSD card reader, 3.5mm combo audio jack, bahkan masih hadir dengan port gigabit ethernet (LAN).
    coonectivity-zephyrus-m16
    Tidak kalah penting juga ada port serba bisa Thunderbolt™ 4 USB Type-C, yang bisa digunakan untuk menghubungkan beberapa perangkat kelas profesional seperti transfer data dengan high speed network adapter atau high speed storage karena Thunderbolt™ 4 memiliki kecepatan transfer data hingga 40Gbps. Selain itu juga dapat digunakan sebagai display port yang artinya ROG Zephyrus M16 (GU603) bisa dihubungkan ke monitor beresolusi tinggi hingga 8K melalui port Thunderbolt™ 4, dengan begitu apabila gamer maupun content creator dirasa layar laptop 16 inch masih kurang luas bisa extend layar monitor diluar laptop yang lebih luas dan lebih tinggi resolusinya..

    Untuk konektivitas nirkabel ROG Zephyrus M16 (GU603) disokong oleh koneksi Wi-Fi 6E(802.11ax) dan Bluetooth 5.2 (Dual band) 2*2. Teknologi WiFi terbaru ini hadir tidak hanya mendukung dua frekuensi saja namun bisa mendukung tiga frekuensi yaitu 2,5GHz, 5GHz, dan 6GHz. Frekuensi 6GHz menyuguhkan kecepatan transfer data lebih baik dan stabil ketimbang 2,5GHz dan 5GHz. Gamer pun akan mendapatkan pengalaman bermain game online terbaik lewat ROG Zephyrus M16 (GU603) dan lebih fleksibel karena apabila WiFi spot diluar yang belum mendukung frekuensi 6GHz, masih ada frekuensi 5GHz dan 2,5Ghz.

    Laptop Gaming ini juga memiliki camera yang mumpuni untuk aktifitas live streaming di media server gaming bahkan bagus juga untuk kegiatan teleconference. Semua itu berkat adanya camera yang sudah beresolusi 720P HD dan mendukung IR Camera ( Infra Red Camera ) yang bisa digunakan untuk login dengan memanfaatkan fitur windows hello.
    Pada Audio sebagai laptop gaming sangat mendukung untuk aktifitas streaming, record audio dan bermain game karena 6 speakernya sudah mendukung Hi-Res Audio Dolby Atmos. Mulai dari fitur Dual Force -Canceling Woofers dengan woofer berpasangan yang mampu meredam resonansi pada sasis akibat suara woofers yang memiliki frekuensi rendah, suara bass dan soundscape yang dinamis.

    Pada microphonenya sudah mendukung teknologi AI Noise – Cancelation yang berfungsi untuk meminimalisir suara berisik di belakang sangat penting saat aktifitas streaming dan teleconference. Mendukung Mode Cardioid yang mampu menangkap suara tepat didepan laptop dan meminimalisir inputan suara dibelakang. Mode Stereo mampu menangkap suara chanel kanan dan chanel kiri untuk merekam soundscape yang lebih luas biasanya saat live music dll. Mode Omnidirectional bisa mengambil suara dari semua arah secara merata, yang mana mode ini sangat cocok saat aktifitas teleconference dengan audience lebih 1 orang.
    view-insight
    Memiliki baterai kapasitas 90Wh yang cukup besar akhirnya bisa menghasilkan baterai life yang cukup lama berdasarkan hasil tester internal Asus mampu bertahan hingga 10 jam saat memutar video dalam kondisi Wi-Fi nyala dan kecerahan layar 150 nits. Didukung juga teknologi Fast Charging yang mampu mengisi baterai mencapai kapasitas 50% dalam waktu 30 menit, fitur ini sangat penting untuk aktifitas mobile dimana kecepatan charging menjadikan pengguna semakin produktif. Tidak ketinggalan karena memiliki port Thunderbolt™ 4 USB Type-C yang mendukung power delivery laptop ini bisa dicharge melalui port ini, bahkan saat mobile mendadak butuh charger bisa menggunakan power bank sebagai pengganti colokan listrik PLN.

    SPESIFIKASI dan HARGA
    ROG Zephyrus M16 (GU603)

    CPU :
    – 12th Gen Intel® Core™ i9-12900H Processor 2.5 GHz (24M Cache, up to 5.0 GHz, 14 cores: 6 P-cores and 8 E-cores)
    – 12th Gen Intel® Core™ i7-12700H Processor 2.3 GHz (24M Cache, up to 4.7 GHz, 14 cores: 6 P-cores and 8 E-cores)

    Operating System :
    Windows 11 Home

    RAM :
    2x8GB DDR5 4800MHz

    STORAGE :
    1TB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 SSD

    DISPLAY :
    16”, WQXGA (2560 x 1600) 16:10, ROG Nebula Display, 100% DCI-P3, 165Hz 3ms, 500 nits, Adaptive Sync, Mux Switch, Dolby Vision, PANTONE Validated Display

    Graphics :
    NVIDIA® GeForce RTX™ 3060 Laptop GPU

    Input/Output :
    1x RJ45 LAN port, 1x Thunderbolt™ 4 support DisplayPort™ and power delivery, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort™ and power delivery, 2x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 1x card reader (microSD) (UHS-II, 312MB/s), 1x 3.5mm Combo Audio Jack, HDMI 2.0b

    Camera :
    720P HD IR Camera for Windows Hello

    Connectivity :
    Wi-Fi 6E(802.11ax)+Bluetooth 5.2 (Dual band) 2*2

    Audio :
    AI noise-canceling technology, Dolby Atmos, Hi-Res certification, Smart Amp Technology

    Battery :
    90WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion

    Dimension :
    35.5 x 24.3 x 1.99 ~ 1.99 cm

    Weight :
    1.9 Kg

    Colors :
    Off Black

    Price :
    Rp34.999.000 (Core i7 / RTX 3060 / 2x8GB RAM / 1TB SSD)
    Rp36.999.000 (Core i9 / RTX 3060 / 2x8GB RAM / 1TB SSD)

    Warranty :
    2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty

Viewing 1 post (of 1 total)
  • The forum ‘ROG Review Competition’ is closed to new topics and replies.

Ready to start your journey?

If there is nothing in a chest, the chest doesn’t mean anything