ROG Review Competition

Laptop, tablet, dan bahkan desktop! – ROG FLOW X16 Review

Viewing 1 post (of 1 total)
  • Author
    Posts
  • Putra
    Participant

    Apa kalian bingung sama judulnya? Sama, gw juga. Tapi bercanda deh wkwkwk

    Ok jadi, pada artikel ini gua akan mereview laptop yang super duper ultra mega wonder dari asus yaitu ROG FLOW X16 – World’s First 16” Convertible Gaming Laptop!

    IMG-7030

    And yes! Lu ga salah baca, 16” and convertible and it’s gaming!

    But wait sebelum lanjut kalian tahu gak kalau PC Game Pass kini sudah tersedia di dalam ROG FLOW X16 dan Mainkan 100+ game berkualitas tinggi, termasuk EA Play. Dapatkan 1 bulan Game Pass secara Gratis, sudah termasuk dalam pembelian ROG FLOW X16

    IMG-7021

    Alright, so gua akan mulai review ini dengan spill spesifikasi dari si ROG FLOW X16 ini. FLOW X16 ini sudah dilengkapi dengan sistem Windows 11 Pro dan ditenagai dengan AMD Ryzen 9 6900HS (8-core/16-thread, 16MB cache, up to 4.9 GHz max boost) ditambah sama GPU dari NVIDIA GeForce RTX 3070 Ti (125 watt, 8GB GDDR6), kemudian penyimpanannya sudah pakai SSD PCIe 4.0 1TB up to 2TB ditemani dengan 32GB ram DDR5 up to 64GB yang speednya 4800Hz. CAKEP BENER YGY, buat laptop convertible sih ini insane banget!

    IMG-7031

    Speknya memang cool tapi spotlight dari si FLOW X16 ini kata gua bukan mesin nya, tapi form factornya. Sini deh gua jelasin!

    IMG-7027

    Pertama nih dari system cooling nya yang dinamain ROG INTELLIGENT COOLING yang bikin ROG FLOW X16 ini ga panas justru malah dingin banget bahkan lebih dingin dari Thomas Shelby wkwkwk. Makanya si ROG sampe berani buat naruh spek monster di laptop compact ini.

    Nah, ROG INTELLIGENT COOLING ini ada ada 5 fitur:

    File-012

    Pertama ada Dust Filter.

    Kalau ada debu yang masuk ke fan pasti bikin fan ga muter maksimal dan jatohnya bikin laptop panas, ini simple dan sepele tapi nonjok banget kalau dibiarin. Asus pinter juga ya merhatiin detail kecil begini, good job asus!

    File-013

    Yang ke-2 ada 5 Comprehensive Heatpipes.

    Banyak ya ada 5 heatpipes, ini dibanyakin biar heatpipes ga cuman narik panas dari CPU, GPU, dan VRAM tapi juga VRM yang memasok daya. Ini yang bikin laptop punya performa stabil dan umurnya jadi panjang

    File-016

    Yang ke-3 ada Pulsar Heatsink

    X16 punya 330 fins heatsink dari tembaga yang tebal lapisannya itu 0.1mm dengan total luas permukaan heatsink 110.902mm2. Hal ini yang bikin hambatan udara jadi minim banget.

    File-017

    Yang ke-4 ada Frost Force Tri-fan Thermal Module.

    3 fan kebanyakan? No… itu cukup. Ini biar panas tambahan dari GPU bisa dengan cepat dikirim langsung ke heatsink. Si fan nya juga kenceng banget karena sekarang ada 84 bilah melengkung yang tebal dan bentuknya bervariasi untuk mengurangi turbulensi dan memaksimalkan efisiensi udara.

    File-018

    Yang ke-5 ada Liquid Metal.

    Liquid Metal compound dari Thermal Grizzly mengurangi suhu CPU hingga 10oC. Ini lebih bagus daripada menggunakan Thermal Pasta biasa.

    Cuman sebenernya dari yang gua lihat dari review-review X16 ini kalau sebenernya X16 ini masih ada panasnya lebih tepatnya dibagian yang sejajar heatpipes dan heatsink. Tapi karena itu juga ditengah menurut gua itu ga problem sih soalnya daerah yang panas itu yang jarang dipegang.

    OK, Spek monster, cooling super, apalagi sih yang bikin X16 ini spesial? Of course fitur convertiblenya! Tapi gua bakal bahas itu terakhir karena “always save the best for the last”, jadi kita lanjut ke layarnya si X16 saja dulu ygy.

    IMG-7005

    Layar si X16 ini pakai panel IPS dengan mini LED backlight ukuran 16” dengan aspek rasio 16:10, resolusi QHD dengan refresh rate 165Hz dan response time 3ms dan tingkat kecerahan yang bisa diatur sampai 500 nits, support pen input dan juga touchscreen!

    Layar ROG NEBULA DISPLAY ini punya banyak fitur:

    File-019

    X16 sudah pakai kaca Gorilla Glass 3 jadi kalian ga perlu takut layarnya lecet, bakalan aman jaya sentosa.

    File-020

    X16 sudah pakai Dolby Vision Technology yang bikin gambar lebih cerah dan hidup, jadi enak deh kalau mau nonton.

    File-021

    Layar X16 juga sudah dapet sertifikasi Pantone Color Validation, ini bagus banget buat kalian konten kreator karena warna di layar X16 ini akurat.

    File-022

    Layar X16 juga sudah 100% DCI-P3 Color Coverage, ini juga bagus buat nonton karena layar X16 akan menunjukkan warna yang memang sesuai dan sama dengan film.

    File-023

    Layar X16 sudah punya Adaptive Sync Technology, fitur ini cocok banget buat lu yang gamer karena layar lu bakal sinkron dengan gamenya dan lu gak bakalan ngalamin tearing dan suttering ketika bermain game.

    File-024

    Layar X16 juga sudah bersertifkasi DisplayHDR 1000, jadi si X16 ini akan menampilkan warna hitam yang paling gelap dan putih yang paling terang, super akurat kontras warnanya deh pokoknya.

    Cakep brutal ini layarnya, sadissss. X16 juga ditemani dengan audio dan webcam yang gak kalah fitur

    File-025

    X16 pakai smart Amp speaker dan Immersive Quad Speakers yang didukung Dolby Atmos. Sehingga membuat lu masuk lebih dalam ke gameplay atau film lewat suara surround 5.1.2 nya.

    File-028

    Two Way AI Noise Cancelation, bikin gak akan ada suara bocor jadi mic hanya akan menangkap suara yang diperlukan saja.

    File-027

    3D Mic Array, jadi suara yang diambil sama mic lebih jelas dan besar karena memaksimalkan input suara di didepan laptop dan meminimalkan yang dibelakang laptop.

    File-026

    Webcamnya ga spesial sih, resolusinya cuman 720p, ya standar di dunia perlaptopan lah. Tapi ini webcam punya Infrared Camera 3DNR buat memaksimalkan pembukaan laptop dengan face unlock ketika kondisi ruang gelap. Oiya jadi X16 ini udah pakai face unlock dan ga pakai fingerprint di power button kayak di X13, jadinya lebih keren X16 ini.

    Ngomong-ngomong power button, powerbutton X16 ini gak ditaro di layout berbarengan keyboard tapi di samping bodinya samping-sampingan sama I/O Port. I/O port yang ada di X16 ini lumayan banyak, port-portnya bisa kalian lihat dibawah

    Screenshot-1664

    Walau banyak tapi X16 masih gak ada lan port sama kayak X13, tapi kalau dipikir-pikir juga sebenernya lan port disini ga begitu kepake sih lagian udah ada wifi 6E yang 3x lebih cepet dari wifi 5, soalnya juga kan X16 ini lebih fokus ke portabilitas dan bisa diubah jadi tablet, masa kalau lu nongkrong atau ngerjain tugas/kerjaan di cafe terus lu tanya abang-abang pelayannya “bang, router buat nyolok kabel lan dimana ya?” atau ketika lu pakai mode tablet apa iya bakal dicolokin kabel lan? Engga kan, duh gua bayanginnya aja ngakak banget!!!

    Omong-omong soal tablet, si X16 ini bisa diubah menjadi 5 mode

    IMG-7014

    1. mode laptop

    File-009

    2. Mode stand, cocok buat posisi nonton

    IMG-7016

    3. Mode tent/tenda buat lu yang suka main pakai controller cocok banget pakai mode ini ketika main

    IMG-7017

    4. Mode tablet, nah ini mode yang paling keren dan bener-bener berguna menurut gua.

    IMG-7018

    Tapi mode tablet ini gak cocok buat lu pegang kayak megang tablet pada umumnya karena menurut gua agak aneh kalau dipegang karena belakangnya ada keyboardnya. Btw, keyboardnya travel distancenya cuman 1.7 mm ada 4 gaming hotkeys dan juga N-Key Rollover dan yang paling penting backlit keyboardnya udah RGB ga kayak X13 yang warna putih doang, ya walau cuman satu zona saja sih RGBnya cuman itu udah tambah kesan gaming banget.

    Screenshot-1663

    Alasan lain ga cocok buat dipegang ketika mode tablet adalah karena beratnya yang 2.1 Kg, walau ketebalannya tipis hanya 19mm dan bodinya yang dibuat dari magnesium plastic yang keras mewah tapi tetap aja berat jadi mending ditaruh aja di meja dijadiin pen tablet gitu lebih bagus. Atau kalau lu seorang gymners jadi berat 2Kg mah buat lu biasa aja, mau lu pegang juga bebas sih wkwkwk.

    IMG-7004

    Yang mode terakhir sebenernya ga asus resmiin langsung tapi menurut gua ini salah satu mode yang ga kalah keren dari mode tablet yaitu mode desktop!

    IMG-7015

    Menurut gua ketika si X16 ini dicolok pakai egpu ROG yang namanya ROG XG Mobile. X16 jatohnya kayak desktop karena of course performanya ditambah lewat egpu dan gabisa dibawa kemana-mana karena nyambung sama XG Mobile dan portnya jadi tambah banyak lewat XG Mobile salah satunya ada lan port, jadi lu bisa dapet performa internet yang lebih stabil dan lebih cepat. Intinya ketika dicolok dengan XG Mobile si X16 jadi desktop monster deh.

    Terakhir kayaknya gua lupa bilang X16 ini udah punya mux switch dan ROG Armoury crate, ya standarnya ROG lah ya. Kalian ROGers udah tahu lah guna mereka buat apaan..

    Plus, si X16 ini punya 2 pilihan charge yaitu bisa lewat type-C atau dc jacknya. Untuk type-C minimal 100 watt setau gua dan kalau bawaannya yang colok ke dc jack itu 270 watt. Berdasarkan dari website asus ROG yang menjelaskan FLOW X16, asus mengclaim kalau X16 sudah punya fast charging technology (50% in 30 mins), cuman gua ga begitu tahu ya ini pakai charge yang mana (tapi harusnya yang 270 watt sih, soalnya lebih logis saja. Tapi kalau ternyata yang 100 watt, dayum asus mad!).

    Jadi ROG FLOW X16 cocok banget buat segala kalangan gamers maupun content creator ygy.

    Harga FLOW X16 ini dibanderol mulai dari Rp28.999.000 untuk varian terendah dan Rp41.999.000 untuk varian tertingginya.

    Sekian review laptop ROG FLOW X16 dari gua dan ketemu lagi di review selanjutnya (kalau gua bikin lagi, tapi gatau kapan ya wkwkwk).

    Sumber: https://rog.asus.com/id/laptops/rog-flow/rog-flow-x16-2022-series/ dan 2022 ROG Flow X16 – Ultraversatile. Ultrapowerful. | ROG

Viewing 1 post (of 1 total)
  • The forum ‘ROG Review Competition’ is closed to new topics and replies.

Ready to start your journey?

If there is nothing in a chest, the chest doesn’t mean anything