ROG Review Competition

Asus TUF Dash F15 FX517 Review: The Most Affordable And Durable Gaming Laptop

  • This topic is empty.
Viewing 1 post (of 1 total)
  • Author
    Posts
  • nikkosf
    Participant

    Asus TUF Dash F15 FX517 Review: The Most Affordable And Durable Gaming Laptop

    1

    PC Game Pass kini sudah tersedia di dalam TUF Dash F15 FX517 dan Mainkan 100+ game berkualitas tinggi, termasuk EA Play. Dapatkan 1 bulan Game Pass secara Gratis, sudah termasuk dalam pembelian TUF Dash F15 FX517.

    Tahun lalu Asus meluncurkan seri TUF Dash yang kontroversial dari laptop serba guna, komputer 15 inci dengan konstruksi yang lebih ramping dan lebih ringan daripada opsi kelas menengah rata-rata di luar sana, serta spesifikasi kelas menengah yang seimbang dan label harga yang kompetitif. Jajaran Asus’ TUF dikenal sebagai perangkat gaming yang terjangkau dan tahan lama, dengan harga disekitar Rp21.999.000.

    Namun, Asus memilih untuk mengimplementasikan perangkat keras Tiger Lake H35 di laptop tersebut, dengan opsi hanya untuk prosesor 4C, dan itu terbukti menjadi penjualan yang sangat sulit di era di mana sebagian besar platform yang bersaing menawarkan perangkat keras 6 atau 8 Core dan kemampuan pemrosesan yang unggul. Ini telah berubah, sampai batas tertentu, dengan generasi Dash F15 2022.

    Kali ini, seri Asus TUF Dash F15 FX517 2022 dibangun di atas perangkat keras gen ke-12 Alder Lake, dengan opsi hingga prosesor Core i7-12650H. Ini adalah desain hybrid dengan 6 Core Performa Tinggi dan 4 core Efisiensi ekstra, serta berbagai peningkatan dan pengoptimalan IPC dibandingkan dengan perangkat keras Tiger Lake H35 di masa lalu. Selanjutnya, Asus membawa dukungan memori DDR5 untuk seri ini, menerapkan GPU daya yang lebih tinggi yang sekarang dapat berjalan hingga 105W, menerapkan MUX, sedikit memperbarui modul termal untuk mengatasi lonjakan daya perangkat keras, dan menyegarkan tampilan dan ergonomis. ke tingkat yang kecil.

    Mengetahui hal ini, dalam artikel ini saya akan memberi tahu Anda apa yang diharapkan dari seri Dash F15 2022 dan bagaimana perbandingannya dengan model TUF Gaming mainstream yang lebih tebal dan lebih berat, yang masih menawarkan kemampuan CPU dan GPU yang lebih cepat dan hanya sedikit lebih mahal.

    Hanya dalam beberapa kata, dengan Dash F15s, Anda masih memperdagangkan kinerja untuk format portabel dan harga yang lebih rendah, tetapi di masa lalu, kesepakatan itu hampir tidak dapat dibenarkan, sementara dengan generasi ini, hal itu dapat terjadi dalam beberapa situasi.

    Spesifikasi dari Laptop ASUS TUF Dash F15 FX517ZM
    Layar 15,6 inci, 16:9, non-touch, matte,
    FHD 1920 x 1080 piksel IPS, 300 Hz dengan sRGB 100%
    Prosesor Intel Alder Lake Core i7-12650H, 6C+4c/16T
    Video Intel UHD + Nvidia GeForce RTX 3060 Laptop 6GB (hingga 100W dengan Dynamic Boost)
    dengan MUX dan Adaptive Sync (tidak ada GSync pada tampilan internal)
    Memori 16 GB DDR5-4800 RAM – hingga 64 GB (2x DIMM)
    Penyimpanan 1 TB SSD (Samsung PM991A) – 2x slot M.2 PCIe gen4
    Konektivitas WiFi 6 (Intel AX201) 2×2 dengan Bluetooth 5.2, Gigabit LAN (Intel I219-LM)
    Port 2x USB-A 3.2 gen1, 1x USB-C gen2 dengan Thunderbolt 4, 1x USB-C gen2 dengan video, data dan pengisian daya, HDMI 2.0b, LAN, headphone&mikrofon, Kunci
    Baterai 76Wh, adaptor daya 200 W, pengisian daya USB-C hingga 100W
    Ukuran 354 mm atau 13,93” (w) x 251 mm atau 10,19 (d) x 20,7 mm atau 0,81” (h)
    Berat 1,95 kg (4,3 lbs), 0,6 kg (1,32 lbs) power brick dan kabel, versi UE
    Keyboard backlit putih kubah karet ekstra dengan NumPad, speaker ganda, webcam HD

    2

    Design daru Seri TUF Dash adalah varian yang lebih tipis, lebih ringan, dan agak lebih halus dari notebook TUF Gaming biasa. Interiornya terbuat dari plastik matte halus, seperti pada TUF biasa, dan tutupnya terbuat dari aluminium. Kedua permukaan terasa nyaman saat disentuh, tetapi juga mudah menimbulkan noda, jadi Anda harus selalu membersihkannya.

    Laptop ini juga kokoh dan dibuat dengan baik, dan saya tidak melihat ada suara aneh selama saya menggunakannya. Pada saat yang sama, ini sedikit lebih tipis dan lebih ringan daripada rata-rata laptop 15 inci kelas menengah, dengan berat hanya di bawah 2 kilo untuk konfigurasi yang diuji ini.

    Secara keseluruhan, Dash F15 adalah desain yang tampak bagus dan serbaguna, tetapi itu menunjukkan masalah anggarannya di sana-sini, dan dilengkapi dengan beberapa kebiasaan praktis yang mungkin membuat sebagian dari Anda menjauh.

    3

    Dash F15 adalah seri laptop all-around / gaming Asus yang paling terjangkau tahun ini, dan meskipun bukan tanpa beberapa kebiasaan, saya menemukan itu sebagai komputer multiguna yang baik selama beberapa minggu terakhir ini yang saya gunakan untuk ulasan ini.

    Dari segi performa, generasi 2022 ini jauh lebih mumpuni dibandingkan model 2021. Asus memperbarui opsi CPU dan RAM, meningkatkan daya GPU, dan menambahkan MUX, dan semua ini membuat perbedaan yang signifikan dengan beban kerja dan permainan yang menuntut. Faktanya, konfigurasi i7 + 3060 ini mencetak skor lebih baik daripada yang saya harapkan dalam benchmark dan pengujian game kami, dibandingkan dengan TUF Gaming A15 yang lebih kuat yang baru-baru ini diulas.

    Meskipun demikian, ini memang mengorbankan kinerja sampai batas tertentu untuk konstruksi yang lebih tipis dan lebih ringan. Ini juga memotong beberapa sudut dalam hal kepraktisan, dengan LED status yang ditempatkan dengan mengganggu, tepi tajam dan IO terjepit di tepi kiri, dan tidak menyebar lebih nyaman di semua sisi dan belakang. Terserah Anda untuk menerima ketidaknyamanan ini atau pergi dengan sesuatu yang lain jika Anda tidak bisa.

    4

Viewing 1 post (of 1 total)
  • You must be logged in to reply to this topic.

Ready to start your journey?

If there is nothing in a chest, the chest doesn’t mean anything