ROG Review Competition

7 ALASAN ASUS ROG STRIX SCAR 17 SE LAYAK DISEBUT “RAJANYA LAPTOP GAMING”

Viewing 3 posts - 1 through 3 (of 3 total)
  • Author
    Posts
  • Sadra Muhammad
    Participant

    Pernahkah terlintas dalam pikiran pertanyaan tentang laptop gaming apa sih yang paling kencang, paling hebat dan unggul segalanya untuk bermain game apa pun dengan sangat memuaskan?

    World’s Most Powerful Gaming Laptop, merupakan tagline sekaligus kata-kata yang paling tepat untuk menggambarkan ASUS ROG Strix SCAR 17 SE sebagai laptop gaming terkencang yang pernah ada di dunia saat ini. Bisa dikatakan sebagai “Rajanya Laptop Gaming” dengan performa luar biasa menakjubkan dan tidak terkalahkan dalam bermain game.

    G733-SE-PC-GAMEPASS-1910x1000px-win11
    PC Game Pass kini sudah tersedia di dalam Asus ROG Strix SCAR 17 SE dan Mainkan 100+ game berkualitas tinggi, termasuk EA Play. Dapatkan 1 bulan Game Pass secara Gratis, sudah termasuk dalam pembelian Asus ROG Strix SCAR 17 SE.

    Sejatinya laptop gaming diciptakan sebagai perangkat gaming yang lebih fleksibel dan bisa dibawa dari suatu tempat ke tempat lainnya sehingga penggunanya tidak terbatas oleh satu tempat saja untuk bermain game, berbeda dengan PC desktop yang hanya menetap pada tempatnya bukan untuk di pindah-pindah apalagi dibawa-bawa.

    Perbedaan laptop gaming dan PC desktop gaming terletak dari komponen hardwarenya, dengan daya yang jauh lebih besar pada PC desktop dan airflow serta cooling yang lebih baik, maka tidak heran performa yang dihasilkannya pun tentunya akan lebih kencang dan optimal. Sedangkan laptop gaming, dengan keterbatasan form factornya diciptakan dengan seringkas mungkin harus mengorbankan performa yang cukup signifikan jika dibanding PC desktop gaming, namun keuntungannya adalah penggunanya tidak perlu bingung untuk bermain game kapan saja dan dimana saja ketika berpergian dan jauh dari rumah cukup membawa laptop gaming dan chargernya dengan menggunakan tas ransel.

    Sebagai seorang gamer yang kompetitif atau seorang konten kreator professional yang menginginkan perangkat terbaik dan sudah terbiasa dengan performa mumpuni PC desktop, pasti akan kecewa dengan performa laptop gaming yang tidak sebaik PC desktop yang mereka miliki, namun kali ini ASUS ROG Strix SCAR 17 SE telah mengubah pandangan siapa pun terhadap stigma tersebut, karena laptop gaming ini memiliki performa yang dapat menyaingi PC desktop sehingga bisa dijadikan sebagai gaming desktop replacement atau pengganti PC desktop gaming. Layak disebut juga sebagai “Rajanya Laptop Gaming”.

    Penasaran seperti apa alasannya? Simak 7 alasan ASUS ROG Strix SCAR 17 SE layak disebut “Rajanya laptop gaming” berikut ini:
    Untitled123<br />gambar con<br />

    1. Prosesor Paling Powerful

    Sebagai laptop gaming paling powerful, processor yang digunakan juga harus yang paling kencang dengan performa yang tak dapat ditandingi oleh prosesor laptop gaming manapun yaitu 12th Gen Intel® Core™ i9-12950HX mobile processor. Ini merupakan prosesor mobile terkencang yang pernah ada saat ini yang diluncurkan oleh Intel® Corp. pada kuartal II tahun 2022. Prosesor ini menggunakan arsitektur hybrid yang canggih dengan litografi Intel 7 nya memiliki 8 P-Core dan 8 E-Core yang berjumlah 16 Core dengan 24 Thread dan 30MB Intel® Smart Cache. Memiliki base power di 55W yang dapat mencapai turbo maksimal di 157W dengan frekuensi turbo hingga 5.0GHz.

    processor

    Menurut beberapa review pengujian, processor 12th Gen Intel® Core™ i9-12950HX pada laptop ASUS ROG Strix SCAR 17 SE ini mencatatkan hasil skor yang paling tinggi dibanding semua laptop gaming lainnya yaitu dengan skor Cinebench R15 yang mencapai hampir 3500cb, dimana skor setinggi ini bahkan sudah bisa mengalahkan prosesor 12th Gen Intel® Core™ i9-12900 desktop yang hanya mampu menorehkan skor 3299cb pada Cinebench R15. Konsistensi performa laptop ini pada banyak pengujian juga menunjukkan hasil yang stabil dengan skor yang tetap tinggi yang selalu berada diatas 3400cb pada Cinebench R15. Hal ini membuktikan bahwa kemampuan yang dimiliki oleh ASUS ROG Strix SCAR 17 SE dalam performanya yang terkencang diantara semua laptop gaming dan bahkan PC desktop dengan processor yang sekelas.

    2. Grafis Paling Mumpuni

    Tanpa kompromi, ASUS ROG Strix SCAR 17 SE sudah menggunakan grafis mobile paling kencang dan paling canggih saat ini yaitu Nvidia® Geforce RTX™ 3080Ti laptop GPU dengan TGP 175W yang memiliki 7424 CUDA Cores, 16GB GDDR6 VRAM, dan 256bit memory interface atau RTX™ 3070Ti laptop GPU dengan TGP 150W yang memiliki 5888 CUDA Cores, 8GB GDDR6 VRAM, dan 256bit memory interface.

    RTX

    Kedua opsi grafis tersebut merupakan jajaran teratas dari Nvidia® GeForce RTX™ 30 Series laptop GPU yang menggunakan teknologi-teknologi canggih Nvidia seperti Ray Tracing plaing realistis dengan Nvidia’s 2nd Gen RTX Cores Architectures Ampere yang memiliki RT Cores, Tensor Cores dan streaming multiprocessors baru.

    rtx-features

    Segudang fitur pada Nvidia® GeForce RTX™ 30 Series laptop GPU diantaranya seperti DLSS 2.0 (Deep Learning Super Sampling) yaitu menggunakan teknologi rendering AI yang dapat mempelajari dan merekonstruksi gambar di dalam suatu game untuk mendekati kualitas visual dari target resolusi native-nya, sehingga dengan adanya DLSS ini, secara otomatis menurunkan settingan grafis di dalam game, namun kualitas gambarnya akan tetap bagus juga memukau serta pengguna akan mendapatkan performa yang massive, FPS yang dihasilkan lebih tinggi dan lancar ketika bermain game AAA, lalu ada Dynamic Boost 2.0 yang menggunakan AI untuk mengoptimalkan power GPU, memory GPU dan CPU untuk meningkatkan performa, Resizable BAR yang memungkinkan GPU untuk mengakses seluruh memory GPU sehingga meningkatkan performa di dalam game, kemudian ada Optimal Playable Settings untuk optimasi game secara personal yang ingin dimainkan dengan settingan terbaik sesuai konfigurasi GPU, CPU dan Display laptopnya, Nvidia Reflex untuk menurunkan latency pada game, serta masih banyak lagi teknologi lainnya yang keren dan canggih pastinya.

    3. Pendinginan Paling Ampuh

    Konsekuensi utama dari laptop gaming yang menggunakan mesin-mesin berperforma tinggi seperti prosesor dan grafis yang paling kencang adalah timbulnya kekhawatiran suhu panas yang tinggi yang dapat mengganggu stabilitas performa laptop gaming.

    Intelligent-COOLING

    Namun hal tersebut tidak berlaku bagi ASUS ROG Strix SCAR 17 SE yang memiliki pendinganan paling ampuh dengan ROG Intelligent Cooling™ yang mampu mendinginkan lebih baik dibanding laptop gaming pada umumnya. Menggunakan Thermal Grizzly’s Conductonaut Extreme liquid metal pada CPU dan GPU yang sangat ampuh menjaga suhu lebih dingin 15°C dari thermal paste pada umumnya.

    cooling-SCAR-17-SE<br />free download gambar<br />

    Sudah menggunakan teknologi ARC flow Fans™ dengan 84 Blades yang melengkung yang dirancang dengan sangat baik dan tidak bising karena pada mode performance sekali pun suara fan yang dihasilkan tidak melebihi 40dB. Laptop ini juga sudah menggunakan Vapor Chamber untuk menyerap dan menyebarkan panas melalui seluruh permukaannya sehingga pendinginan lebih cepat dan efisien terhubung ke sumber panas serta didukung 4 ventilasi pembuangan panas yang memaksimalkan airflow untuk pembuangan panas menjadi lebih optimal.

    Vapor-chamber-liquid-metal

    ROG Intelligent Cooling™ membuat CPU dan GPU pada laptop ini dapat bekerja sebaik mungkin dan mempertahankan frekuensi peningkatan yang lebih tinggi dalam performa yang dihasilkan serta sehingga bermain game apa pun dalam jangka waktu yang lama sekali pun tetap aman dan nyaman serta laptop ASUS ROG Strix SCAR 17 SE akan selalu berada pada performa terbaiknya.

    4. Desain Paling Estetik

    ASUS ROG Strix SCAR 17 SE memiliki desain yang estetik dan sangat stylish dengan nuansa gaming yang kental. Build quality yang terbuat dari metal yang sangat solid dengan beberapa detail yang mengagumkan misalnya seperti terdapat corak berupa gambar dan tulisan bergaya cyber dengan tinta yang tak kasat mata yang dikembangkan secara khusus pada bagian permukaan laptop ini. Apabila terkena pantulan cahaya, kode bercorak gambar dan tulisan tersebut akan terlihat dengan jelas dan sangat keren.

    STRIX-SCAR-17-SE-FIXED

    Bagian belakang pada laptop ini terdapat Armor Caps dengan 3D printing templates yang dapat di customize sesuai keinginan penggunanya dengan 3 pilihan warna dalam paket penjualannya yaitu Prismatic Black, Stealth Silver, dan Translucent Speckled Black.

    AAAA-FIXED

    Desain laptop ini disempurnakan dengan pencahayaan RGB yang sangat keren mulai dari logo ROG pada bagian permukaan, keyboard per-key Aura RGB, lighting RGB di sekeliling base bagian depan hingga dibawah monitor bagian samping kiri yang dapat menyala dan di customize sesuai suasana dan keinginan penggunanya.

    Area-Keyboard

    Bagian permukaan di sekitar keyboard yang terbuat dari plastik yang kokoh berlapis matte sehingga menjaga suhu permukaan lebih dingin dibanding logam, dengan cat yang lembut ketika disentuh dan menjadi sandaran telapak tangan dengan sangat nyaman serta meminimalisir noda sidik jari.

    tombol-keys

    Desain keyboard laptop ini terinspirasi dari keyboard desktop terbaik, tombol fungsi diberi jarak untuk meminimalisir kesalahan saat memencet tombol-tombol keyboard, ukuran tombol panah juga diperbesar disesuaikan dengan kontrol jari sehingga lebih presisi. Selain itu terdapat juga 5 tombol gaming khusus untuk memberikan akses cepat ke fitur volume up and down, mute microfon, pengaturan mode serta software armoury crate. Memiliki travel distance 2.0mm dan keycap dish 0.15mm yang sangat nyaman digunakan untuk bermain game. Keyboard ini dirancang dengan tombol-tombol yang dapat bertahan lama hingga lebih dari 100 juta klik atau 5 kali lebih awet dibanding laptop pada umumnya.

    5. Layar Paling Impresif

    Dibekali layar 17 inchi dengan resolusi QHD (2560 x 1440) rasio 16:9 yang sudah IPS-level dengan anti-glare display, ASUS ROG Strix SCAR 17 SE menawarkan pengalaman gaming mobile yang paling impresif dengan dilengkapi refresh rate 240Hz dan 3ms reponse time yang cepat dan halus serta sudah mendukung teknologi Adaptive Sync dan Dolby Vision HDR.

    DISPLAY

    Akurasi warna yang luar biasa baik untuk sebuah laptop gaming dengan color gamut 100% DCI-P3 yang memungkinkan penggunanya dapat menggunakan laptop ini untuk bermain game dengan sangat nyaman dalam jangka waktu yang lama hingga kegiatan content creation secara professional.

    6. Fitur dan Teknologi Paling Lengkap dan Canggih

    Fitur spesifikasi yang lengkap dan terbaik tentu harus dimiliki oleh ASUS ROG Strix SCAR 17 SE, dengan dibekali RAM 32GB DDR5 Sodimm dengan konfigurasi dual channel 16GB x 2 yang dapat diupgrade hingga 64GB DDR5 dual channel.

    RAM-dan-SSD

    Penyimpanan hingga 2TB PCIe® 4.0 NVMe™ M.2 SSD yang sangat luas untuk menyimpan banyak sekali game dan film favorit, dan tentunya storage ini memiliki kecepatan read dan write hingga 7000mbps sehingga dalam memproses apa saja menjadi sangat cepat dan responsif serta masih bisa dibuat menjadi 2x lebih kencang dengan konfigurasi Raid 0.

    AUDIO

    Audio pada laptop ini sudah didukung 4x smart AMP speaker dari Dolby Atmos yang menggunakan 2 tweeter dan 2 woofer yang mengarah kebawah sehingga suara yang dihasilkan sangat immersive didalam game. Mendengarkan musik juga menjadi sangat nikmat berkat Audio Hi-Res. Serta yang tidak kalah penting yaitu laptop ini sudah didukung oleh two-way AI Noise Cancelation yang dapat menyaring suara yang masuk/ input audio dan suara yang keluar/ output audio pada laptop ini menjadi jernih dan terbebas dari suara kebisingan disekitar laptop sehingga memastikan penggunanya tetap nyaman tanpa gangguan ketika melakukan panggilan audio, streaming game, hingga konferensi berbasis video.

    BATTERY

    Battery laptop gaming biasanya identic dengan kapasitas yang tidak terlalu besar dengan daya tahan yang juga tidak lama. ASUS ROG Strix SCAR 17 SE menolak hal tersebut dengan memberikan kapasitas battery yang besar yaitu 90Wh yang dapat bertahan hingga 8,5 jam untuk video playback. Ini sangat patut diapresiasi karena membuktikan bahwa laptop gaming terkencang ini mampu digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama ketika berpergian tanpa harus membawa charger. Berbicara mengenai charger, laptop ini menggunakan adapter sebesar 330W dengan teknologi rapid charging yang dapat mengisi daya dari nol hingga 50% dalam waktu hanya 30 menit serta mendukung pengisian daya USB type-C hingga 100W.

    CONNECTIONS-n-IO-PORTS

    Wi-Fi 6E terbaru dan port RJ45 untuk LAN 2.5G yang siap mendukung setiap permainan menjadi lancar dengan koneksi yang cepat dan stabil. Selain itu port I/O yang lengkap pada laptop ASUS ROG Strix SCAR 17 SE menjadi andalan untuk memungkinkan penggunanya ekspansi permainan ke level yang lebih mengagumkan dengan adanya port HDMI 2.1 yang bisa digunakan untuk menghubungkan ke external monitor serta 2 USB Type-C yang support DisplayPort™ dan power delivery charging serta Intel® Thunderbolt™ 4.0 yang juga bisa dihubungkan hingga dual monitor 4K 120Hz atau single monitor 8K 60Hz dan mendukung penggunaan eGPU tambahan. Seperti biasa pastinya juga terdapat port USB 3.2 Type-A sebanyak 2 buah lalu 1 buah combo audio jack 3,5mm dan port untuk pengisian daya.

    Armoury-Crate

    Dukungan software Armoury Crate yang menjadi pusat kendali untuk mengatur laptop ASUS ROG Strix Scar 17 SE sesuai dengan keinginan penggunanya baik untuk dapat menang dalam game dan berbagai mode skenario penggunaan, memantau suhu CPU dan GPU dan memory, RGB yang dapat diharmonisasikan dengan game yang dimainkan dengan Aura Sync, mengatur profil kipas, kustomisasi tombol-tombol pintas dengan menggantinya sebagai macro keys, mengatur game visual dengan 6 mode grafis yang sesuai game, color calibration, Aura Creator, Aura Wallpaper hingga MUX Switch untuk mengalihkan penggunaan grafis diskrit langsung ke display tanpa melalui integrated grafis prosesor sehingga mengurangi latensi dan meningkatkan performa didalam game rata-rata 5-10% bahkan hingga 30% lebih baik tergantung dari game yang dimainkan.

    7. Harga Paling Bersaing

    laptop gaming paling powerful yang dapat menyaingi kemampuan PC desktop gaming dan layak disebut “rajanya laptop gaming” ini memiliki harga yang kompetitif dan paling bersaing dikelasnya, menawarkan performa terbaik dengan spesifikasi CPU dan GPU tertinggi, sistem pendinginan ampuh, layar impresif, build quality solid, desain estetik yang unik, fitur dan teknologi lengkap dan canggih ini dibanderol dengan harga yang pantas.

    Berdasarkan website resmi ASUS https://rog.asus.com/id/laptops/rog-strix/rog-strix-scar-17-se-2022-series/ untuk laptop gaming ASUS ROG Strix SCAR 17 SE memiliki 2 varian dengan 2 harga yang berbeda yaitu:

    12th Gen Intel® Core i9-12950HX/ RTX™ 3070Ti/ 2x16GB DDR5/ 1TB SSD Rp 47,999,000,-
    12th Gen Intel® Core i9-12950HX/ RTX™ 3080Ti/ 2x16GB DDR5/ 2TB SSD Rp 65,999,000,-

    Harga diatas tertera pada tanggal 23 September 2022 dan sewaktu-waktu dapat berubah tanpa pemberitahuan. Warna yang tersedia untuk ASUS ROG Strix SCAR 17 SE hanya warna hitam yaitu disebut juga off black stealth.

    BUNDLING

    Pembelian ASUS ROG Strix SCAR 17 SE sudah termasuk OS Windows 11 Home, Office Home & Student, ROG Backpack, FHD 1080p 60fps External Camera, ROG Chakram mouse P511, Marketing Giveaway (Keystone + 2 Customizable Armor Caps, (ROG Delta Headset untuk varian RTX™ 3080Ti only), dan tentunya garansi 2 Tahun ASUS Global dengan VIP Perfect Warranty di tahun pertama.

    Sadra Muhammad
    Participant

    Terima Kasih Admin, akhirnya tulisan saya sudah terposting.

    Sadra Muhammad
    Participant

    saya sudah coba rapihkan tulisan ini, dan sudah saya posting, namun masih belum di approve, jadi link ini yang saya daftarkan karena sudah hampir deadline.

Viewing 3 posts - 1 through 3 (of 3 total)
  • You must be logged in to reply to this topic.

Ready to start your journey?

If there is nothing in a chest, the chest doesn’t mean anything