ROG Review Competition

6 Reason Why ROG Flow X16 was The BE[A]ST Convertible Gaming Laptop

Viewing 6 posts - 1 through 6 (of 6 total)
  • Author
    Posts
  • x16-1b

    Preferensi tiap orang mengenai sebuah perangkat pasti berbeda- beda apalagi untuk urusan pekerjaan, ada yang menyukai perangkat yang ringan dengan portabilitas yang tinggi, ada pula yang lebih memilih perangkat dengan performa yang ganas walau dengan dimensi yang cukup tebal dengan bobot yang lumayan membuat punggung nyeri. Bagi saya perangkat yang sempurna adalah perpaduan antara keduanya, yaitu memiliki portabilitas yang tinggi namun dengan performa yang ganas. ASUS ROG adalah satu- satunya produsen teknologi yang berani membuat trobosan dengan merancang ROG Flow X16 GV601yang menjadi The World’s First 16″ Convertible Gaming Laptop, yup kamu gak salah baca, tim Research & Development ASUS ROG memang gak main- main dalam meracik Laptop Gaming ini, mereka telah menemukan formulasi yang optimal yang selama ini diidamkan banyak Gamers dan Content Creator di luar sana. Tagline For Those Who Dare, yang artinya Hanya untuk Mereka yang Berani memang tepat disematkan untuk ASUS ROG.

    Bukan ROGers namanya kalo Laptopnya cuma buat Stalking mantan dan dengerin Playlist lagu- lagu Galau di Spotify. Huh cupu!. Akan sangat disayangkan jika performa seganas ROG Flow X16 hanya digunakan untuk pekerjaan yang ringan- ringan saja. Kalo Laptopnya sudah Upgrade, kegiatannya juga harus ikutan Upgrade. Mungkin bisa jadi rajin buat VLOG dan makin semangat untuk belajar 3D. Atau seminimal mungkin bagi para Gamers bisa semakin jago main game-nya dan bisa bersaing di kancah Regional.

    PC Game Pass kini sudah tersedia di dalam ROG Flow X16 dan Mainkan 100+ game berkualitas tinggi, termasuk EA Play. Dapatkan 1 bulan Game Pass secara Gratis, sudah termasuk dalam pembelian ROG Flow X16. Udah gak ada alasan lagi Harga Game mahal

    PC-GAMEPASS

    Masih bingung mencari Laptop Gaming yang cocok untuk profil-mu?. Ayo kumpul di sini karena saya akan menjabarkan 6 Alasan Kenapa ROG Flow X16 adalah Laptop Convertibel 16 inci terbaik/tersangar yang tepat untukmu.

    1optional-mode

    Alasan yang pertama adalah cara penggunaan Laptop ROG Flow X16 yang ber aneka-ragam, berbeda dari Laptop kebanyakan yang menggunakan engsel yang hanya bisa terbuka hingga 110 derajat. Laptop Gaming ini memiliki engsel dengan sudut buka hingga 360 derajat sehingga memiliki banyak opsi penggunaan menyesesuaikan dengan apa yang kamu lakukan.

    x16-2

    Tersedia 4 opsi yang bisa kamu pilih, diantaranya Mode Gaming PC (penggunaan seperti laptop pada umumnya). Mode Tablet bisa di gunakan untuk menggambar menggunakan ASUS Pen ataupun untuk Streaming Film kesayanganmu. Mode Gaming dengan Kontroller membuat pengalaman Gaming mu jadi lebih asyik dengan posisi layar lebih dekat, dan yang terakhir Mode Gaming sambil Multitasking (Tent Mode) yang menjadikan si ROG Flow X16 perangkat yang tepat bagi para streamer untuk bermain sambil menayangkan langsung permainan game pada berbagai platform online, ditambah GPU portabel ROG XG Mobile hingga AMD Radeon RX 6850M multi-tasking jadi lebih nyaman dan bebas lag.

    2powerfull

    Alasan yang kedua adalah perpaduan performa AMD Ryzen ™ 9 6900HS Mobile Processor (8-core/16-thread, 16MB cache, up to 4.9 GHz max boost) menghasilkan peningkatan performa 10% lebih tinggi dari seri pendahulunya, dipadukan dengan pemrosesan grafis hingga NVIDIA® GeForce RTX™ 3070 Ti Laptop GPU 8 GB(untuk seri tertinggi GV601RW-M5110X). Tapi tidak cukup disitu, performa pengelolaan grafis ini masih bisa di optimalkan denganROG Boost yang dapat menghasilkan clock speed hingga 1085MHz dengan TGP hingga 125W. Teknologi MUX-Switch yang disematkan ke semua lini Laptop Gaming ROG di 2022 mengoptimalkan penggunaan baterai dan performa yang dikeluarkan karena pembagian pengelolaan grafis disesuaikan dengan penggunaan (untuk penggunaan ringan seperti pengetikan dan streaming video, GPU hanya menggunakan sedikit resource sehingga konsumsi daya lebih hemat).

    x16-3b

    Untuk penggunaan Gaming, fitur NVIDIA Ray-Tracing yang ada pada RTX 30 Series tentunya akan sangat memanjakan mata, gambar yang di hasilkan sangat realistis karena pantulan cahaya yang di render pada game dikalkulasi secara tepat dan realtime. Fitur NVIDIA DLSS menghasilkan FPS lebih tinggi tanpa mengurangi kualitas gambar yang di tampilkan. NVIDIA Max-Q mengoptimalisasi performa pemrosesan grafis pada form factor yang tipis menggunakan Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan).
    Memori DDR 5 32GB yang bisa di upgrade hingga 64GB (Dual Channel) akan membuat tugas berat yang di berikan pada Laptop Gaming ini akan terasa ringan dan tanpa hambatan. Media Penyimpanan sebesar hingga 2TB PCIe® 4.0 NVMe™ M.2 Performance SSD membuat loading Aplikasi ataupun Game akan selesai dalam satu kedipan mata.

    3cooling

    Alasan yang ketiga, adanya solusi pendinginan terbaik (ROG Intelligent Cooling Solution) telah disematkan pada ROG Flow X16 ini untuk meredam panas yang dihasilkan kedua komponen ganas GPU + CPU. Selain kedua komponen tersebut, solusi pendinginan dari ROG juga mendinginkan bagian VRAM beserta jalur VRM.

    x16-4b-1

    Ada 4 komponen utama yang memiliki andil besar dalam mendinginkan ROG Flow X16 ini, komponen yang pertama adalah Liquid Thermal Paste Compound dari thermal grizzly yang diaplikasikan pada permukaan Prosesor menggunakan mesin untuk hasil yang presisi. Penggunaan Liquid Metal pada Prosesor dapat menurunkan suhu hingga 10 derajat Celcius jika dibandingkan Thermal Paste biasa. Seperti yang kita tahu Liquid Metal bersifat konduktif dan dapat berbahaya untuk komponen internal Laptop, karena itu dirancang sekat khusus yang mengunci Liquid Metal agar tetap pada posisinya.

    Frost Force Technology dirancang secara presisi menghasilkan solusi yang optimal mendinginkan komponen- komponen utama disetiap kondisi. Ada 2 kipas yang berfungsi menurunkan suhu dari heatpipe, dan 1 kipas khusus untuk membuang udara panas dari GPU menuju Heatsink. Walau sedang melakukan Rendering 3D ataupun bermain Game, suhu Laptop Gaming ini bakal tetap Adem. Desain baru Arc Flow Fans yang memiliki 84 bilah yang melengkung dirancang untuk memaksimalkan aliran udara dan meredam kebisingan. Variable Blade Thickness Design mengurangi turbulensi sehingga aliran udara yang masuk lebih efisien.

    Pulsar Heatsink yang terdiri dari 330 sirip Heatsink berjajar dengan desain super tipis (tiap sirip tembaga hanya 0,1mm ketebalannya). Desain ini memungkinkan lebih banyak sirip namun dengan hambatan udara yang minim, sehingga dihasilkan total luas permukaan 110.902mm².5 Comprehensive Heat Pipe bertugas membuang panas tidak hanya dari CPU, GPU dan VRAM namun juga jalur VRM yang menyokong daya pada komponen- komponen utama tersebut.

    Selain 4 yang disebutkan tadi, ada juga fitur 0db Ambient Cooling yang membuat ROG Flow X16 ini mendinginkan suhu komponen secara pasif (tanpa mengeluarkan suara) terutama pada saat workload Ringan. Ketika menggunakan Aplikasi yang berat, maka Fan akan kembali berputar.

    4vividdisp

    Alasan yang keempat, adalah Nebula HDR Display yang sangat memanjakan mata, layar ROG Flow X16 menghasilkan kontras yang lebih tajam dengan kecerahan yang lebih tinggi (1100 nits) dibandingkan layar LED biasa. Untuk panel layarnya berukuran 16 inci menggunakan teknologi Mini LED dari AMLED Technology dengan Aspect Ratio 16:10 dan resolusi QHD+. Refresh rate layar ini super cepat yaitu 165Hz dan Respone Time hanya 3ms, Bagian Layar Touchscreen sudah dilapisi Corning Gorilla Glass 3 yang sudah teruji terhadap goresan dan benturan. Nebula HDR Engine mengoptimalisasi prosesing gambar sehingga menghasilkan local dimming yang hyper-akurat, mengurangi blooming effect yang banyak terjadi pada panel HDR pada umumnya.

    x16-5c

    Walau refresh rate super cepat, tapi untuk masalah akurasi warna ROG Nebula Display gak main- main. Layar ROG Flow X16 sudah mendukung Dolby Vision Technology yang meningkatkan standar Dynamic Range (HDR), sehingga gambar yang dihasilkan lebih kaya akan warna, lebih hidup dan lebih nyata. Performa contrast panel layar ROG Flow X16 dengan 512 local dimming zone pada panel Display HDR 1000. Setiap layar Laptop Gaming ini telah melalui tahap kalibrasi bawaan pabrik berstandar Pantone Validated dan 100% DCI-P3 Color Coverage yang menjadi standar untuk perfilm-an Professional. Rentang warna yang dapat dihasilkan panel layar ini lebih luas dan lebih jelas.

    5versatility

    Alasan yang kelima, adanya fitur serba guna pada ROG Flow X16 yaitu berupa 4 buah tombol Gaming Hotkeys dengan fitur makro yang bisa kamu konfigurasi sesuai kebutuhan. Fitur N-Key Rollover sangat memudahkan saat Gaming terutama pada Game pertarungan seperti Tekken karena semua input di keyboard akan tetap terbaca walau banyak tuts key yang di tekan dalam waktu yang bersamaan. Keys Travel Distance hingga 1,7mm membuat pengalaman pengetikkan jadi lebih nyaman. One-Zone RGB Keyboard menambah estetika dan memudahkan pengetikan pada pencahayaan yang minim. Dukungan ASUS Aura Sync memungkinkan Laptop Gaming ini menyelaraskan warna pada Keyboard dengan Peripheral Gaming ASUS ROG lainnya.

    x16-6-1

    Dukungan Stylus MPP2.0 pada layar ROG Flow X16 memberikan pengalaman menggambar dengan sensitifitas tekanan hingga 4096 level. Layar Sentuhnya responsif dan sudah mendukung multi-touch. Pas banget buat kalian yang suka Nonton sambil santai- santai di Sofa tanpa terganggu keyboard yang menghalangi.

    6baudio

    Alasan yang ke-enam adalah Audio yang Mengelegar dan Webcam yang dapat di andalkan. 4 Unit speaker yang sudah di tune oleh Dolby Atmos membawa suasana Bioskop dalam form factor Laptop Gaming. Smart AMP Speaker pada ROG Flow X16 menghasilkan suara yang lebih dinamis bahkan ketika volume di naikkan. Two-Way AI Noise Cancellation akan menjernihkan suara yang keluar, ataupun suara yang masuk. Video Conference, Streaming ataupun Recording Audio akan menghasilkan suara yang jelas tanpa suara kebisingan sekitar dengan 3D Mic Array.

    x16-7-1

    Webcam dengan resolusi 720p HD IR Camera sudah cukup untuk Video Conference di kala WFH. Fitur 3DNR Infrared Camera akan memudahkan untuk Login menggunakan Face Unlock di Windows 11-mu walau dengan cahaya yang minim.

    Salah satu fitur yang jadi pertimbangan para Gamers adalah konektifitas, di ROG Flow X16 sudah menggunakan WiFi 6E (802.11ax) (Triple band) 2*2 dengan kecepatan hingga 3x lipat dari WiFi 5. Koneksi Bluetooth 5.2 membuat interferensi pada perangkat kontroller wireless jadi lebih minim.

    x16-8-1

    Baterai ROG Flow X16 memiliki kapasitas 90WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion dengan teknologi Fast Charging yang dapat terisi hingga 50% hanya dalam 30 menit saja. Compact 100W USB- C Adapter memiliki ukuran yang ringkas sehingga mudah di bawa berpergian.

    Untuk konektifitas I/O Port, ada banyak pilihan port sesuai kebutuhanmu
    – 1x 3.5mm Combo Audio Jack
    – 1x HDMI 2.0b support HDMI switch
    – 2x USB 3.2 Gen 2 Type-A
    – 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort™ / power delivery / G-SYNC
    – 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort™ / power delivery
    – 1x ROG XG Mobile Interface
    – 1x Micro SD Card Reader

    Berikut ini adalah bundling yang terdapat pada paket penjualan ROG Flow X16. (Mungkin berbeda berdasarkan daerah penjualan)
    – ROG Backpack
    – ROG Delta headset
    – ROG Chakram Core mouse P511
    – ROG XG Mobile (GC32L with AMD Radeon RX 6850M XT)

    bundle

    kesimpulan

    Selain tampilannya yang keren dan multifungsi, banyak opsi penggunaan yang akan memudahkan penggunanya. Laptop Gaming ROG Flow X16 memiliki performa yang sangat ganas. Perpaduan antara AMD Ryzen 6000 Series dan RTX 30 Series membuat Laptop ini mampu untuk melakukan workload berat seperti bermain Game AAA dan Rendering 3D sekalipun. ROG XG Mobile dapat mem-boost UP performa ROG Flow X16 jadi lebih kencang. Memungkinkan untuk melakukan aktifitas Multitasking Flawlessly.RAM DDR5 32GB dan 2TB PCIe® 4.0 NVMe™ M.2 Performance SSD membuat booting, loading aplikasi ataupun splash screen pada Game akan terasa sangat cepat. Storage yang besar cukup untuk menghandle pekerjaan dengan file- file besar.

    Solusi pendinginan ROG Intelligent Cooling sangat tepat diterapkan untuk meredam panas yang dihasilkan ROG Flow X16 ketika digunakan. Dukungan Stylus MPP2.0 akan sangat memudahkan Kreator untuk berkarya. 4 Unit Smart AMP Speaker menyajikan suara yang lantang tanpa mengurangi kualitas suara.

    ROG Nebula HDR Display dengan akurasi warna yang tinggi DCI-P3 Color Coverage & Pantone Validated membuat para konten kreator tidak perlu kalibrasi ulang warna saat video di export. Refresh rate 165Hz dengan response time 3ms akan sangat membantu memenangkan pertandingan yang membutuhkan refleks cepat seperti pada game FPS.

    Travel Distance keyboard 1,7mm membuat feel pengetikan jadi lebih nyaman. One-Zone RGB Keyboard menambah estetika juga memudahkan pengetikan di kala malam. 4 buah tombol Gaming Hotkeys dengan fitur makro akan mempersingkat waktu untuk melakukan task- task pada Aplikasi favoritmu.

    Baterai besar 90WHrs sudah lebih dari cukup untuk menyelesaikan pekerjaan di luar tanpa harus mencari stop kontak. Metode pengecasan Fast Charging yang dapat mengisi hingga 50% dalam 30 menit sangatlah kencang di kelas Laptop Gaming. Banyaknya opsi konektifitas port I/O akan memudahkan perpindahan data ataupun penggunaan aksesori tambahan pada ROG Flow X16. Jujur dengan racikan yang sedemikian rupa, tidak ada hal yang terlintas selain ingin cepat- cepat memilikinya.

    gamepass

    Sekian review singkat ROG Flow X16 dari saya, ayo sharing fitur favoritmu dari si ROG Flow X16 ini di kolom komentar 🙂 [Ini versi revisi karena versi sebelumnya terdapat coding pada teks]

    Alhamdulillah gak berantakan lagi. Hehe

    Terimakasih pak Admin sudah di approve

    Ernesthy
    Participant

    ROG Flow Series itu emang terdepan.
    Setelah ROG Flow Z13, ROG Flow X16 juga jadi impian karena bisa dilipat dan super tipis gitu.

    arifdotcom
    Participant

    Lengkap banget reviewnya…tapi memang keren nih laptop convertible, bisa jadi tablet pula

    Walau baru 2 generasi tapi inovasinya mantep emang ROG Flow Series

    Iya bro makasih. Hehe

    Banyak banget opsinya, bisa banget menyesuaikan kebutuhan usernya. Penasaran juga sih eperience main game pake mode Tablet

Viewing 6 posts - 1 through 6 (of 6 total)
  • You must be logged in to reply to this topic.

Ready to start your journey?

If there is nothing in a chest, the chest doesn’t mean anything