Member Berinteraksi – ROG Ally Hack Edition

5 Tips dan Trik ROG Ally: Tingkatkan Pengalaman Konsol Gaming Handheld-mu!

Tagged: 

Viewing 1 post (of 1 total)
  • Author
    Posts
  • Ridwan Prasasta
    Participant

    Oke, sobat ROG Community!

    Jika kalian sudah memboyong ROG Ally, konsol gaming handheld keren dari Asus, pastinya kalian puas dengan kemampuannya yang luar biasa.

    Tapi tunggu dulu, masih ada beberapa hal yang bisa kalian lakukan untuk mendapatkan pengalaman yang lebih asyik lagi tanpa ribet. Jadi, simak baik-baik tips dan trik di bawah ini!

    Pertama, jangan Lupa Update Armoury Crate Pertama, pastikan ROG Ally kalian selalu up-to-date dengan meluncurkan Asus Armoury Crate SE dan cek apakah ada pembaruan di sana.

    Caranya gampang, tinggal tekan tombol berlogo ROG di sisi kanan Ally, lalu buka Armoury Crate. Setelah itu, klik “Content” di bagian atas layar, cek pembaruan yang tersedia, lalu unduh dan terapkan.

    Kedua, kuasai Shortcut-nya Ally emang keren, tapi Windows 11 masih agak kurang nyaman buat layar sentuh. Untungnya, Asus sudah menyediakan shortcut-shortcut keren yang mungkin tidak langsung terlihat. Di bagian belakang Ally, ada dua tombol makro. Nah, tekan kombinasi tombol makro dengan tombol lain untuk mendapatkan aksi-aksi cepat berikut:

    • Makro + Arah Atas: Tampilkan keyboard virtual
    • Makro + Arah Bawah: Buka Task Manager
    • Makro + Arah Kiri: Tampilkan Desktop
    • Makro + Arah Kanan: Buka Task Viewer
    • Makro + A: Ambil screenshot
    • Makro + B: Buka Pusat Notifikasi Windows
    • Makro + X: Mode Proyeksi
    • Makro + Y: Mulai Rekam

    Sangat berguna jika kalian ingin cepat kembali ke desktop atau beralih antar aktivitas saat bermain game.

    Ketiga, gunakan Keyboard Virtual Oke, selain shortcut di atas, kalian juga bisa menggunakan Command Center. Tekan tombol segitiga di sisi kiri layar, dan Command Center akan muncul, memberikan akses cepat ke berbagai pengaturan.

    Salah satunya adalah keyboard virtual yang sangat membantu, terutama jika keyboard fisik tidak muncul saat harus mengisi password dan lainnya.

    Setelah keyboard virtual terbuka, kalian bisa mengatur posisinya di layar dan mengubah mode tampilannya sesuai selera. Saya sendiri suka mode “traditional” yang membuatnya seperti keyboard biasa dengan tombol lengkap.

    Jadi, kalian bisa menggunakan shortcut Windows seperti Alt+Tab, Ctrl+Shift+Del, dan lain-lain.

    Lewat Armoury Crate, kalian juga bisa mengatur tombol apa saja yang ingin ditampilkan di Command Center agar lebih mudah diakses.

    Keempat, sambungkan Perangkat Bluetooth Ally emang hebat, dengan kemampuan beralih antar mode kontrol sesuai kebutuhan, layar sentuh 10-poin, dan penyesuaian kontrol untuk game-game tertentu lewat Armoury Crate.

    Tapi kalian juga bisa menambahkan perangkat Bluetooth, seperti keyboard dan mouse untuk kontrol yang lebih nyaman.
    Cara menghubungkannya gampang:

    Tekan tombol Start Windows Ketik “Bluetooth settings” di kolom pencarian Buka pengaturan Bluetooth Klik “Add device” dan biarkan Ally mencari Aktifkan mode pemasangan di perangkat Bluetooth kalian Sambungkan perangkat, dan selesai!

    Kelima, atur Settingan untuk Baterai Lebih Tahan Lama Ally memang disiapkan untuk gaming maksimal dengan layar 1080p 120Hz. Tapi baterai pastinya cepat habis kalau terus dimaksimalkan.

    Aku sarankan main dengan catu daya aja agar bisa tampil maksimal tanpa khawatir kehabisan baterai.

    Nah, kalau kalian ingin baterai lebih awet, coba tips ini:

    1. Di Windows, buka Command Center
    2. Aktifkan AMD RSR
    3. Atur mode performa ke 15W
    4. Ubah resolusi ke 720p
    5. Atur refresh rate ke 60Hz

    Setelah itu, saat membuka game:

    1. Buka pengaturan video/grafis
    2. Atur resolusi ke 720p
    3. Batasi frame rate ke 60 FPS
    4. Nyalakan AMD FSR atau Intel XeSS jika tersedia

    Saya menemukan pengaturan ini cukup membantu menghemat baterai di game-game berat. Untuk game ringan, kalian juga bisa coba atur mode performa ke 9W silent mode. Dengan begini, Ally bisa bertahan hingga 2,5 jam lebih lama. Tapi tentunya akan mengurangi performa FPS, jadi eksplorasi sendiri ya!

    Nah, itu dia 5 tips dan trik buat kalian para pemilik ROG Ally agar bisa mendapat pengalaman gaming maksimal. Selamat mencoba dan jangan lupa bagikan hasil kalian di forum ini!

Viewing 1 post (of 1 total)
  • You must be logged in to reply to this topic.

Ready to start your journey?

If there is nothing in a chest, the chest doesn’t mean anything