Tips memilih Laptop Gaming Di Tahun 2024

Memilih laptop gaming di tahun 2024 bukan hal yang sulit tetapi juga tidak mudah. Banyak laptop gaming yang tersedia di pasaran, namun memilih yang tepat yang sesuai kebutuhanmu tentu bukan hal yang mudah.

Untuk itu, kali ini ROG Community akan memberikan tips memilih laptop gaming yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhanmu.

Tips Memilih Laptop Gaming

Ukuran Dan Portabilitas

Tips pertama dalam memilih laptop gaming adalah berat dan portabilitas. Laptop yang terkesan tidak terlalu jauh perbedaan beratnya seperti ROG Strix SCAR 16 yang berbobot 2.6kg dengan ROG Flow X16 yang 2.2kg mungkin tidak terlalu signifikan. 

Jika Kamu lebih banyak menghabiskan waktu di satu tempat dan laptopmu lebih sering bertengger di atas meja, mungkin berat tidak terlalu menjadi masalah. 

Selain pertimbangan protabilitas, kualitas layar tentu juga jadi pertimbangan. Memang, layar ROG Nebula adalah inovasi yang sangat memanjakan mata. 

Namun, Flow X13 dengan layar 13 inci tidak akan memakan ruang sebesar Strix SCAR 18. Jika Kamu berencana menggunakan layar laptop sebagai tampilan utama, layar yang lebih kecil tentu akan membatasi apa yang kamu tampilkan saat menggunakannya. 

Namun, bagi Kamu yang sudah memiliki monitor kedua atau layar portabel seperti ROG Strix XG17AHPE, Kamu bisa lebih leluasa dalam memilih bentuk laptop.

Daya tahan baterai juga harus kamu pertimbangkan. Bagi Kamu yang lebih sering berada di ruang gaming pribadi dan hanya sesekali bepergian dengan laptop, akan lebih cocok memilih laptop yang mengedepankan performa dan ukuran layar daripada daya tahan baterai dan kemudahannya saat dibawa. Jika memang demikiran, laptop ROG Strix bisa menjadi pilihan yang tepat. 

Namun, jika Kamu termasuk orang yang banyak beraktivitas di luar, laptop ROG Flow dan Zephyrus dengan desain yang ramping dan ringan bisa menjadi laptop yang ideal, karena keduanya dioptimalkan untuk memberikan waktu penggunaan yang lebih lama tanpa perlu mencari colokan listrik.

Jangan lupa juga untuk memperhatikan detail kecil. Fitur seperti keyboard dan trackpad mungkin tidak terlihat glamor, tapi sangat menentukan kenyamanan penggunaan laptop. 

Banyak laptop murah menawarkan trackpad yang kurang responsif dan keyboard yang tidak konsisten. Namun, laptop-laptop ROG hadir dengan trackpad yang luas dan responsif. 

Keyboardnya juga dirancang dengan travel yang dalam dan sentuhan yang solid, dilengkapi dengan pencahayaan dari satu warna hingga RGB 4-zona atau per-tombol. 

Laptop yang lebih besar seperti Strix SCAR 18 memiliki ruang lebih untuk trackpad yang lebih besar, termasuk papan nomor dan fitur tambahan lainnya. 

Model seperti Zephyrus Duo 16 dan Strix G16 menawarkan NumberPad yang terintegrasi langsung ke dalam trackpad, memberikan kombinasi sempurna antara efisiensi ruang dan kenyamanan.

Dari pertimbangan-pertimbangan tersebut berikut laptop-laptop gaming yang bisa menjadi pilihanmu.

  1. Rekomendasi Laptop Ultra Tipis dan Ringan:
  • Zephyrus G14
  • Flow X13
  • Flow Z13
  1. Layar yang Memukau dengan Performa Dahsyat:
  • Strix SCAR 16
  • Strix SCAR 18
  1. Kombinasi Kekuatan dan Portabilitas:
  • Zephyrus M16
  • Zephyrus G16

Refresh Rate Dan Resolusi Layar

memilih laptop gaming

Ukuran bukanlah satu-satunya pertimbangan ketika memikirkan layar laptop. Refresh rate dan resolusi adalah salah satu penentu juga dari kualitas tampilan gaming yang harus jadi pertimbangan saat memilih laptop gaming.

Refresh rate menentukan seberapa mulus gerakan di dalam sebuah game. Sebagai contoh, layar 144Hz menyegarkan 144 kali per detik, yang berarti dapat menampilkan hingga 144 frame per detik.

Dalam game yang membutuhkan kecepatan seperti first-person shooter, 144Hz akan terasa jauh lebih fluid dan responsif daripada 60Hz, apalagi jika refresh rate-nya 240Hz. 

Untungnya, kebanyakan laptop ROG hadir dengan response time 3ms atau kurang, memastikan gerakan yang sangat jernih yang akan memberimu keunggulan dalam pertempuran.

Bukan hanya tentang gerakan, tetapi kualitas setiap frame ditentukan oleh resolusi, atau jumlah piksel dalam setiap frame. Resolusi yang lebih tinggi berarti grafis yang lebih tajam dan berkualitas tinggi.

Terakhir, fitur HDR perlu juga jadi salah satu yang dipertimbangkan saat memilih laptop gaming. Dengan fitur High Dynamic Range (HDR), layar laptopmu bisa menampilkan semua gambar dan adegan di dalam game dengan presisi. 

Laptop-laptop ROG generasi terbaru dengan fitur Nebula HDR bisa menjadi list pilihanmu. Apalagi sekarang ada beberapa laptop ROG dengan Nebula HDR dikombinasikan dengan panel Mini LED, atau layar Nebula baru ROG yang menampilkan panel OLED. 

  1. Laptop Gaming dengan Refresh Rate Tinggi Terbaik:
  • Strix SCAR 16
  • Strix SCAR 18
  • Strix G18
  • Strix G16
  1. Laptop Gaming HDR Terbaik:
  • Strix SCAR 16
  • Strix SCAR 18
  • Zephyrus M16
  • Zephyrus G14
  • Zephyrus G16

Cooling System Dan Suara Kipas

memilih laptop gaming

Performa cooling system dan suara kipas juga harus menjadi pertimbanganmu saat memilih laptop gaming yang ideal. 

Hardware dengan spek tinggi di laptop gaming sudah pasti membutuhkan cooler yang mumpuni, jika tidak maka akan terjadi overheat dan mengganggu kenyamananmu. 

Dengan fitur ROG Intelligent Cooling, laptop gaming dari ROG sangat sesuai dengan kriteria ini. salah satunya dari series Strix. 

Laptop Strix unggul dalam kapasitas pendinginan berkat ukuran yang lebih besar, mereka dapat menampung lebih banyak kipas, full-heatsink, dan heatpipe. 

Mereka juga menggunakan compound thermal metal cair dari Thermal Grizzly pada CPU dan GPU, yang dapat menurunkan suhu chip lebih dari 15°C dibandingkan pasta termal biasa. 

Dengan fitur dan teknologi ini Laptop ROG bisa membawa mencapai 175W performa pada GPU, memungkinkan GPU seri NVIDIA 40 tampil optimal.

Fitur lainnya seperti Active Aerodynamic System Plus 2.0 pada Zephyrus Duo 16 yang ramping, vapor chamber pada perangkat 13 dan 14 inci, atau kipas ketiga yang ditempatkan secara strategis.

Keluarga laptop Zephyrus dan Flow sangat direkomendasikan karena bentuknya yang tipis tetapi tetap dingin dan senyap meski digunakan untuk bermain game. 

Koneksi Dan Port

Faktor yang tidak kalah penting saat memilih laptop gaming adalah konektivitas dan ketersediaan port di laptop tersebut.

Di tahun 2024 seharusnya teknologi Wi-Fi yang dipakai di laptop dan perangkat lainnya juga harus diupdate. Salah satunya ditandai dengan teknologi Wi-Fi 6E.

Salah satu rekomendasi laptop yang menggunakan fitur ini adalah seri Laptop ROG dari tahun 2022 dan seterusnya yang dilengkapi dengan Wi-Fi 6E dengan akses ke band 6GHz. 

Port atau ketersediaan colokan untuk berbagai keperluan juga harus dipertimbangkan. Dan sekali lagi laptop ROG dari series Flow, Zephyrus maupun Strix port yang tersedia sudah sangat lengkap.

CPU, GPU, RAM, dan Penyimpanan

memilih laptop gaming

Hal ini tentu tidak bisa ditinggalkan saat memilih laptop gaming, hardware seperti CPU, GPU, Ram dan storage menjadi penentu performas laptop gaming.

Untuk itu kami merekomendasikan seluruh lineup ROG 2023 menawarkan CPU flagship dengan jumlah core tinggi dari Intel dan AMD. 

Secara garis besar untuk kartu grafis, lineup GPU seri NVIDIA 40 hadir dengan empat tingkat performa utama – entry-level, midrange, enthusiast, dan halo tier sudah menjadi standar utama dalam laptop gaming di tahun 2024. 

Teknologi terbaru seperti DLSS Super Resolution, Frame Generation, dan Ray Reconstruction di series NVIDIA 40 terbaru sangat menunjang performa gaming di laptop yang menggunakannya.

Berikutnya terkait RAM, ukuran 16 GB sudah cukup jika hanya digunakan untuk gaming. Namun jika laptop digunakan untuk gaming sambil multitasking lainnya, maka ukuran RAM 32 GB atau lebih sangat direkomendasikan.

Terakhir yakni ketersediaan storage. Semakin banyak penyimpanan yang Anda miliki, semakin banyak game yang dapat Anda instal sekaligus (di antara file lainnya, seperti musik, film, dan foto).

Dari semua itu laptop-laptop gaming dari ROG dengan berbagai seriesnya sudah pasti menjadi pilihan utama laptop gaming yang perlu kamu pertimbangkan. 

Dengan banyaknya tipe dan keunggulannya masing-masing, laptop-laptop dari ROG menjadi rekomendasi kami jika kamu ingin bermain game dengan lancar dan tanpa gangguan.

Jika kamu tertarik dengan jajaran laptop dari ROG ini kamu bisa mengunjungi situs resmi dan toko resmi ASUS ROG di link berikut ini.

Ready to start your journey?

If there is nothing in a chest, the chest doesn’t mean anything