Resident Evil 4 HD Remake: Perbandingan Antara Versi Original dan HD Remake

Pada tahun 2023, Capcom merilis Resident Evil 4 HD Remake, sebuah remake dari game aslinya yang dibuat dengan menggunakan teknologi dan grafis terbaru.

Lalu, apa saja yang berubah dari versi aslinya? Simak penjelasan ROG Community berikut ini

Resident Evil 4 Perbandingan Versi Remake Dan Original

Grafis

Screenshot perbandingan grafis Resident Evil 4 HD Remake dan Original

Salah satu perbedaan yang paling mencolok antara Resident Evil 4 HD Remake dan versi aslinya adalah perubahan grafis Resident Evil 4 HD Remake.

Resident Evil 4 HD Remake menggunakan engine RE Engine yang sama dengan Resident Evil 2 Remake dan Resident Evil 3 Remake, sehingga memberikan tampilan yang lebih realistis, detail, dan hidup.

Selain itu, Resident Evil 4 HD Remake juga mendukung resolusi 4K dan frame rate 60 fps, yang membuat game ini terlihat lebih halus dan responsif.

Gameplay

Adegan gameplay Resident Evil 4 HD Remake

Gameplay Resident Evil 4 HD Remake masih mengikuti gameplay Resident Evil 4 versi asli, yaitu mengombinasikan elemen action, horror, dan puzzle namun dengan sedikit perubahan.

Beberapa adalah perbedaan Gameplay Resident Evil 4 HD Remake Vs Original:

  • Leon sekarang bisa bergerak dan menembak secara bersamaan, tidak seperti versi asli yang membuatnya harus berhenti untuk menembak.
  • Leon juga bisa menggunakan pisau tempur untuk menangkis dan menyerang musuh, tidak hanya untuk menusuk. Pisau tempur memiliki meter ketahanan yang bisa habis jika digunakan terlalu sering, tetapi bisa diperbaiki oleh pedagang atau diganti dengan pisau dapur sementara.
  • Leon bisa melakukan gerakan merunduk untuk menghindari serangan musuh atau menyerang mereka dengan pisau tempur.
  • Senjata sekarang bisa diatur dengan quick-swap, yang memungkinkan Leon untuk mengganti senjata dengan cepat tanpa harus membuka menu inventori.
  • Senjata juga memiliki stat dan atribut individual yang bisa disesuaikan sepanjang game.

Fitur-fitur

Beberapa fitur baru di Resident Evil 4 HD Remake seperti Ashley yang sekarang tidak memiliki health bar sendiri, yang membuat misi-misi yang melibatkannya tidak terasa seperti babysitting. Leon bisa memberikan perintah kepada Ashley untuk mengikutinya atau menjauh darinya.

Ashley juga lebih berguna dan mandiri di versi remake ini. Ada beberapa mekanik co-op yang membutuhkan Ashley untuk digunakan, seperti membuatnya masuk ke celah-celah sempit, menekan tombol bersamaan, atau melempar barang-barang ke Leon.

Selain itu ada perubahan dari layout di dalam game dan mode baru yang terbuka setelah memainkan game ini, seperti mode Mercenaries, mode Professional, kostum alternatif, senjata spesial, dan figur-figur yang bisa dikoleksi.

Review Resident Evil 4 HD Remake

Ada beberapa ulasan Resident Evil 4 HD Remake yang mayoritas berupa pujian dari para kritikus dan pemain. Beberapa di antaranya adalah:

Apa saja perbedaan utama antara Resident Evil 4 original dan Versi remake?

Karakter utama Resident Evil 4 dalam versi HD dan Original
  • Grafis: Versi remake menggunakan engine RE Engine yang memberikan tampilan yang lebih realistis, detail, dan hidup, serta mendukung resolusi 4K dan frame rate 60 fps.
  • Gameplay: Versi remake mengubah beberapa aspek gameplay, seperti kemampuan Leon untuk bergerak dan menembak secara bersamaan, menggunakan pisau tempur, merunduk, dan mengatur senjata dengan quick-swap.
  • Fitur-fitur: Versi remake menambahkan beberapa fitur baru, seperti perubahan dan penambahan dalam layout level dan urutan cerita, mode dan fitur tambahan yang bisa dibuka setelah menyelesaikan game, dan figur-figur yang bisa dikoleksi.

Bagaimana pengaruh perubahan grafis terhadap pengalaman bermain?

Perubahan grafis membuat game lebih imersif dan menakutkan, karena atmosfer dan efek horror menjadi lebih kuat dan nyata. Selain itu game ini menjadi lebih menantang dan seru.

Perubahan grafis juga membuat game lebih indah dan menarik, karena karakter, senjata, lingkungan, dan objek lainnya menjadi lebih detail dan berkarakter.

Fitur gameplay apa yang diperbarui atau ditambahkan dalam Versi remake?

  • Kemampuan Leon untuk bergerak dan menembak secara bersamaan, menggunakan pisau tempur, merunduk, dan mengatur senjata dengan quick-swap.
  • Mekanik co-op yang melibatkan Ashley, seperti membuatnya masuk ke celah-celah sempit, menekan tombol bersamaan, atau melempar barang-barang ke Leon.
  • Stat dan atribut individual untuk setiap senjata yang bisa disesuaikan sepanjang game.
  • Perubahan dan penambahan dalam layout level dan urutan cerita.

Itulah ulasan kami mengenai Resident EVil 4 HD Remake. Jika kamu tertarik segera download dan selamat bermain!

Ready to start your journey?

If there is nothing in a chest, the chest doesn’t mean anything