Cara Main Minecraft Multiplayer Offline Maupun Online dengan Mudah

Tidak perlu untuk memahami cara main Minecraft multiplayer. Meskipun demikian, bagi yang baru memainkan Minecraft memang sering kebingungan. Banyak yang masih bingung bagaimana cara memainkannya.

Game-game yang sudah umum dimainkan sejak lama semisal game bola, game racing, dll., bisa dikatakan game yang relatif lebih mudah memainkannya. Hal inilah yang membedakan dengan game Minecraft yang memiliki keunikan sendiri.

Berikut telah dirangkum beberapa cara bermain Minecraft, bisa multiplayer!

Sekilas Tentang Minecraft

Minecraft merupakan game kotak pasir 3D atau istilahnya sandbox yang awalnya dibuat oleh Markus “Notch” Persson. Minecraft sendiri dikelola oleh Mojang Studios yang merupakan bagian dari Xbox Game Studios, yang sekarang merupakan bagian dari Microsoft.

Game ini dirilis pada 17 Mei 2009 dan dikenal sebagai Minecraft Classic. Hingga beberapa tahun setelah perilisan game tersebut, Minecraft sekarang sudah mulai tersedia untuk perangkat konsol hingga smartphone. 

Minecraft berfokus untuk memungkinkan pemain menjelajahi, berinteraksi, dan memodifikasi peta yang dibuat secara dinamis yang terbuat dari balok berukuran satu meter kubik. Selain blok, lingkungan menampilkan tanaman, monster, dan item. 

Beberapa aktivitas dalam game ini termasuk membangun, menambang bijih, melawan gerombolan musuh, dan membuat balok dan alat baru dengan mengumpulkan berbagai sumber daya yang ditemukan dalam game. 

Model permainan yang terbuka memungkinkan pemain untuk membuat struktur, kreasi, dan karya seni di berbagai server multipemain yang kompetitif atau kolaboratif atau peta pemain tunggal mereka. 

Fitur lain termasuk sirkuit redstone untuk perhitungan logika dan tindakan jarak jauh, kereta tambang dan trek, dan dunia bawah misterius yang disebut Nether. Tujuan permainan yang ditentukan tetapi sepenuhnya opsional adalah untuk melakukan perjalanan ke dimensi yang disebut Akhir dan mengalahkan naga Ender.

Memainkan game sendirian mungkin akan terasa lebih cepat jenuh. Namun beda halnya jika kamu memainkannya bersama dengan teman-temanmu. Minecraft ini juga memiliki sebuah cara main Minecraft multiplayer. 

Bermain dengan teman pastinya akan lebih seru dan menyenangkan. Karena selain bisa menjelajah bersama, kamu juga bisa saling berbagi item hingga bahan bangunan untuk dapat membangun beberapa lahan untuk ditinggali bersama. Berikut ulasannya.

Cara Main Minecraft Multiplayer

Ada beberapa cara jika kamu ingin main Minecraft secara multiplayer atau berdua. Kamu bisa memainkannya secara online maupun offline. 

  1. Langkah yang pertama yaitu kamu harus download Minecraft terlebih dahulu. Minecraft Pocket Edition v1.18.31.04 apk yang bisa digunakan untuk multiplayer
  2. Kemudian jika sudah terinstall, nyalakan fitur hotspot di ponsel yang ingin dijadikan sebagai server
  3. Selanjutnya, nyalakan fitur Wifi yang terdapat pada ponsel kedua (up to 5 device) yang ingin kamu ajak bermain
  4. Setelah itu, sambungkan client ke server utama
  5. Pada tahapan ini, kamu dan temanmu buka game Minecraft secara bersama-sama
  6. Jika kamu yang menjadi server, maka kamu akan masuk ke world terlebih dahulu, begitu juga sebaliknya
  7. Jika sudah masuk ke world, minta temanmu yang menjadi klien untuk melihat tab teman. Pada tab tersebut nanti akan terlihat world yang sedang dimainkan oleh ponsel yang dijadikan sebagai server
  8. Kamu bisa langsung masuk ke world yang terlihat pada tab tersebut.  Dan main bersama-sama dengan teman-teman.

Namun, ada tips yang lebih mudah dan tidak perlu ribet. Kamu bisa menggunakan Wifi yang sama dalam satu perangkat. Seperti contoh kamu memakai Wifi rumahan atau kantoran. Maka kamu tidak perlu menggunakan jaringan hotspot seluler untuk dapat masuk ke server world.

Itu tadi merupakan Cara main Minecraft multiplayer yang bisa kamu coba dengan temanmu. Tapi, dalam kondisi ini kamu hanya bisa bermain dan melihat pemain yang menjadi server world. Kamu tidak bisa ikut andil seperti membangun bersama. 

Kami punya cara agar kamu dapat menikmati keseruan yang sama saat berada di dalam world server. Kamu juga bisa membangun bersama dengan temanmu untuk menambah keseruan dalam bermain Minecraft ini. Berikut caranya:

Cara Main Minecraft Multiplayer Dan Crafting

logo minecraft
  1. Langkah yang pertama, kamu harus masuk terlebih dahulu ke world server bersama temanmu
  2. Jika sudah, tekan menu pause yang ada pada game Minecraft
  3. Kemudian pada sisi kanan layar, kamu dapat memilih ikon di samping nama temanmu yang berisi beberapa pilihan izin.
  4. Kamu ubah perizinannya dengan mengubah ikon mahkota menjadi operator
  5. Jika sudah menjadi operator, maka temanmu sudah bisa ikut membangun sama halnya denganmu
  6. Selain itu, kamu juga bisa mengubah beberapa perizinan lainnya yang ingin kamu ubah dan mendukung temanmu dalam world yang kamu miliki.

Selain itu, kamu juga bisa bermain multiplayer secara online dengan world server atau bisa dibilang dengan orang asing yang berada pada world server. Seperti kita mengunjungi world orang lain secara online. Berikut caranya:

  1. Buka aplikasi Minecraft yang sudah kamu install
  2. Kemudian klik tombol masuk yang tersedia
  3. Masukkan akun Microsoft kamu dan masukkan kata sandi untuk membuat akun Xbox live kamu
  4. Ikuti langkah yang disarankan jika belum memiliki akun Gamertag
  5. Selanjutnya klik tombol Let’s play 
  6. Langkah selanjutnya, pilih tab friends atau server yang muncul. Jika ada maka tinggal pilih dan ikut atau join
  7. Tunggu hingga loading world nya selesai, dan kamu sudah bisa main bersama server world orang lain.

Penutup

Demikian beberapa cara main Minecraft Multiplayer yang dapat langsung kamu coba memainkkanya. Jika masih ada pertanyaan terkait tips, game, produk ROG, bisa langsung masuk ke forum ROG Community. Di sana Anda bisa sharing dan konsultasi dengan dengan sesama member sepuasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Ready to start your journey?

If there is nothing in a chest, the chest doesn’t mean anything