Cara Overclock di Laptop ASUS ROG

Apakah Anda pengguna ASUS ROG yang terkadang kesal dengan kecepatan laptop. Namun ingin cara memperbaiki kecepatan tanpa uang banyak. Untuk itu Anda bisa mempraktekan cara overclock di laptop ASUS ROG berikut ini.

Tak hanya memahami cara overclock di laptop ASUS ROG, sebelum itu Anda harus paham apa itu overlock, bagaimana keamanan laptop saat menggunakan overlocking dan apa saja resiko bagi laptop Anda.

Simak informasi tentang overclock laptop ASUS ROG berikut ini :

Apa itu Overclock?

Overclock merupakan sebuah istilah yang dalam teknologi informasi yang mana bahasa sederhananya digunakan untuk membuat suatu perangkat berjalan dengan kecepatan lebih tinggi.

Melakukan overlcock mungkin sedikit beresiko karena sebenarnya kita telah berbuat sesuatu yang diluar kapasitas setelan bawaan laptop.

Sebagian orang melakukan overclock pada laptop untuk membuat PC berjalan lebih cepat tanpa melakukan upgrade yang lebih mahal ataupun mengeluarkan uang lebih tinggi. Hanya saja sebanding dengan permasalahan yang didapat jika salah overclock.

Apakah Cara Overclock di Laptop ASUS ROG aman?

Anda mungkin bertanya, apakah overclock aman untuk laptop ASUS ROG ?

Pertanyaan ini memang wajar dilontarkan karena menyangkut keselamatan dan keamanan saat menggunakan cara overclock di laptop ASUS ROG karena takut ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada laptop ketika di overclock.

Sebenarnya melakukan overclock tidak disarankan pada orang awam karena takut merusak komponen-komponen laptop. Namun selagi Anda dapat menentukan batas overclock hal ini menjadi sah-sah saja. 

Selama Anda tetap memperhatikan limit potensi komponen dan paham kapan harus berhenti melakukan overlock.

Resiko Melakukan Overclock

Tapi lihat lah dulu beberapa resiko yang bisa terjadi karena melakukan overclocking laptop berikut ini :

Pemborosan Daya

Ketika melakukan overlock siap-siap konsumsi daya komponen dapat meningkat. Hal ini membuat laptop menjadi panas dan sedikit beresiko apalagi ketika memainkan voltase pada laptop.

Membuat Sistem Tidak Stabil

Batasan overlock adalah sebuah kewajiban yang harus dilakukan. Karena salah-salah dalam melakukan overclock yang diluar limit akan membuat  sistem laptop tidak stabil. 

Berbagai hal bisa terjadi ketika sistem tidak stabil seperti aplikasi mengalami crash ketika dibuka, sampai laptop penuh dengan layar biru ataupun laptop menjadi hang.

Terjadi Kerusakan Hardware

Kalau pada tingkatan ini tergolong sudah sangat berbahaya. Dimana komponen hardware Anda bisa rusak karena tingkat voltase yang tinggi. Untuk itu pastikan untuk mempelajari benar-benar bagaimana overclock dilakukan.

Overheat 

Pastikan ketika melakukan overclocking laptop Anda memiliki cooling PC yang baik dan memadai. Jika tidak laptop akan terus memanas dan berbahaya bagi keberlangsungan laptop. 

Kalau ragu, Anda bisa melakukan upgrade cooler sehingga terjadinya overheat bisa diminimalisir sedini mungkin.

Umur Laptop Berkurang

Melakukan overclocking tidak disarankan sebagian orang apalagi jika melewati limit akan membuat beberapa komponen laptop bermasalahan. 

Permasalahan overclock Salah satunya yaitu umur laptop bisa menjadi berkurang karena adanya pemasangan GPU palsu yang dapat memberi tekanan pada kualitas laptop.

Gak Ada Garansi 

Kalau dari toko yang menjual laptop tentunya saat Anda melakukan overclock akan merugikan mereka. Sebab perbuatan yang disengaja itu seperti melakukan pemaksaan kepada laptop yang tidak sesuai dengan spesifikasi.

Hal ini tentulah dilarang, mengingat jika ingin spesifikasi yang lebih tinggi Anda tinggal memberi laptop dengan upgrade atau versi yang lebih tinggi. Sehingga biasanya penjual akan menghanguskan garansi atau jaminan ketika kita mengalami kerusakan akibat overclock.

Cara Melakukan Overclock di Laptop ASUS ROG

Cara Overlock di Laptop ASUS ROG melalui BIOS
Cara Overclock di BIOS pada Laptop ASUS ROG | Sumber: Intel

Saat memperaktekkan cara overclock di laptop ASUS ROG  biasanya dilakukan melalui Basic Input Output System atau BIOS laptop. Menggunakan BIOS lebih terkontrol ketika melakukan overclock dengan beberapa tahap berikut ini :

  • Anda dapat masuk pada BIOS laptop bawaan. Dimulai dengan menghidupkan laptop ASUS ROG kemudian pencet tombol F1, F2, F8 atau Del dengan berulang-ulang sampai laman BIOS terbuka.
  • Kemudian setelah menghidupkan BIOS Anda dapat melakukan pengaturan CPU dengan memilih menu tab
  • Lalu aktifkan CPU Host Clock Control di laman Setting CPU
  • Anda kemudian bisa mencoba menaikkan frekuensi CPU dengan besar 5% kemudian pilih simpan
  • Selanjutnya Anda bisa melakukan restart pada laptop setelah itu cobalah periksa stabilitasnya. 
  • Gunakan laptop yang telah di overlock secara normal selama 30 menit kemudian bisa dicoba menjalankan aktivitas yang agak berat seperti main game. Jika Anda merasa kurang dari kecepatan laptop yang telah beroperasi.

Cobalah menaikkan kembali secara bertahap namun jangan sampai lebih dari 20 % untuk meminimalisir resiko. Pastikan untuk melihat dengan hati-hati. Jika ada yang salah hentikan overclocking Anda harus benar-benar memastikan laptop tidak ada gangguan setelah overclocking maupun sebelum overclocking.

Penutup

Itu dia cara overclock di laptop ASUS ROG yang bisa Anda praktekkan. Namun pastikan untuk melihat lebih jeli komponen laptop dan juga kesiapan laptop agar saat melakukan overclock laptop Anda tidak akan bermasalah.


FYI : Jika masih ada pertanyaan terkait tips, game, produk ROG, bisa langsung masuk ke forum ROG Community. Di sana kalian bisa sharing dan konsultasi dengan dengan sesama member sepuasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ready to start your journey?

If there is nothing in a chest, the chest doesn’t mean anything