5 Game Edukatif PC yang Cocok untuk Anak, Bermain sambil Belajar Seru Banget!

Game itu tidak selalu membawa dampak buruk. Kamu bisa memberikan beberapa game edukatif PC untuk anak. Nah, game edukatif PC yang saya rekomendasikan kali ini gameplay-nya sangat variatif, namun rata-rata berupa game simulasi.

Game edukatif PC ini biasanya menawarkan simulasi yang bersangkutan dengan sains, seperti sains di luar angkasa, menjadi mekanik mobil, merakit PC, bahkan hingga memahami tata surya. Sangat edukatif untuk anak-anak kan? Maka dari itu, segera beri game edukatif PC anak ini sekarang!

Game Edukatif PC untuk Anak

Ada lima game edukatif PC untuk anak yang bagus untuk kamu berikan ke anak-anak. Semua game edukatif PC ini bisa kamu temukan di Steam.

Kerbal Space Program

Kerbal Space Program
SpesifikasiDetail
Tahun Rilis28 April 2015
PlatformPC, PlayStation, Xbox
Memori (RAM/ROM)4 GB RAM / 3 GB ROM (Minimum), 8 GB RAM / 4 GB ROM (Recommended)
GraphicsDX10 (SM 4.0) capable, 512MB VRAM (Minimum), 1GB VRAM (Recommended)
Sistem OperasiWindows 7 SP1+ (Minimum), Windows 10 64-bit (Recommended)
ProsesorCore 2 Duo 2.0 GHz (Minimum), Core i5 (Recommended)
Harga GameRp 269.999

Kerbal Space Program (KSP) adalah game edukatif PC dengan menampilkan dunia simulasi luar angkasa. Dalam game ini, kamu akan memimpin program luar angkasa dari ras alien kecil bernama Kerbals.

Gameplaynya, kamu bisa merancang dan membangun berbagai jenis pesawat luar angkasa, dengan tantangan memastikan bahwa pesawat tersebut bisa terbang berdasarkan prinsip aerodinamika dan fisika orbital yang realistis.

Kelebihan:

  • Game edukatif PC ini memberikan pembelajaran yang kuat dengan adanya simulasi fisika yang mendalam, kamu bisa belajar tentang aerodinamika, gravitas, dan eksplorasi luar angkasa.
  • Bahkan di sini pun ada mode Science di mana kamu bisa melakukan eksperimen untuk membuka teknologi baru. Untuk mode Career kamu diminta untuk mengelola semua program luar angkasa.
  • Kemudian, game ini punya konsep sandbox sehingga kamu bisa bebas membangun pesawat apa pun dengan semua komponen yang tersedia.
  • Setiap kali kamu menyelesaikan misi ada perasaan bangga dan puas.
  • Game edukatif PC ini juga bahkan memiliki komunitas modding yang aktif sehingga kamu bisa menambahkan fitur, komponen, dan misi yang unik.

Kekurangan:

  • Meski unik tapi sayangnya game ini hanya dibekali grafis yang sederhana.
  • Lalu, di game ini juga minim tutorial yang mungkin membuat beberapa pemain kewalahan.
  • Kekurangan lainnya, kadang ada masalah dalam memindahkan komponen tertentu saat merancang roket.

SpaceEngine

SpaceEngine - game edukatif pc
SpesifikasiDetail
Tahun Rilis11 Juni 2019
PlatformPC
Memori (RAM/ROM)6 GB RAM / 4 GB ROM (Minimum), 8 GB RAM / 50 GB ROM (Recommended)
GraphicsGeForce GTX 1050 Ti (Minimum), GeForce GTX 1060 (Recommended)
Sistem OperasiWindows 10
ProsesorIntel Core i3-3220T (Minimum), Intel Core i5-4430 (Recommended)
Harga GameRp 245.000

Jika kamu mencari game edukatif PC yang menghibur sekaligus memberi pengetahuan astronomi, SpaceEngine bisa jadi pilihan yang tepat. Game ini merupakan simulasi alam semesta yang dirancang dengan skala 1:1, mencakup miliaran galaksi, nebula, bintang, dan planet. Semua objek tersebut ditampilkan dengan ukuran realistis yang bisa kamu jelajahi secara bebas.

Kelebihan:

  • Game ini memiliki detail yang sangat baik di mana pemain bisa menjelajahi setiap planet, bulan, bintang, atau bahkan black hole dengan dukungan grafis volumetrik 3D.
  • Lalu, di sini juga menerapkan fisika yang realistis, termasuk simulasi orbit planet, gerak bintang, dan bahkan fenomena fisik lainnya seperti pengaruh gravitasi black hole.
  • Asyiknya lagi, game ini juga mendukung modding sehingga kamu bisa membuat planet, sistem bintang, hingga galaksi sendiri.
  • Lebih seru lagi, game edukatif PC ini bahkan sudah mendukung perangkat VR seperti Oculus dan SteamVR sehingga pengalaman bermain pun lebih mendalam.

Kekurangan:

  • Meski seru, di sini ada mode penerbangan yang realistis dengan fisika Newtonian, tapi mode ini masih dalam tahap pengembangan.
  • Lalu, jika PC kurang memadai maka kinerja game juga akan melambat.

Car Mechanic Simulator 2021

Car Mechanic Simulator 2021
SpesifikasiDetail
Tahun Rilis11 Agustus 2021
PlatformPC, PlayStation, Xbox
Memori (RAM/ROM)8 GB RAM / 35 GB ROM (Minimum), 16 GB RAM / 35 GB ROM (Recommended)
GraphicsNVidia GeForce GTX 760 2GB (Minimum), GeForce GTX 1070 8GB (Recommended)
Sistem OperasiWindows 8.1 / 10 (64-bit)
ProsesorIntel Core i5 4690 (Minimum), Intel Core i5 6600K (Recommended)
Harga GameRp 206.999

Bosan dengan luar angkasa, kamu juga bisa memberikan game edukatif PC berupa mobil-mobilan. Car Mechanic Simulator 2021 adalah game simulasi di mana pemain bisa merasakan bagaimana rasanya menjadi seorang mekanik mobil profesional.

Di sini, kamu akan memulai dari sebuah bengkel kecil dan membangun bengkel yang lebih besar. Game ini sangat mendetail dengan lebih dari 4.000 bagian unik dan 72 mobil yang bisa kamu perbaiki, tunning, dan modifikasi. Selain itu, kamu juga bisa mengikuti lelang mobil atau menemukan hidden gem di gudang untuk diperbaiki.

Kelebihan:

  • Game edukatif PC satu ini punya pengalaman simulasi yang realistis di mana pemain bakal diminta untuk memperbaiki bagian-bagian mobil, mulai dari mesin, suspensi, hingga body
  • Kamu juga bisa memperluas bengkel dengan menambahkan ruang kerja baru, membeli peralatan canggih, dan meningkatkan skill sebagai mekanik.
  • Serunya lagi, di sini kamu bebas menyelesaikan misi secara random sehingga kamu tidak perlu terpaku pada satu misi saja.
  • Kamu juga bebas melakukan modifikasi untuk semua kendaraan dengan berbagai opsi tuning.

Kekurangan:

  • Meski awalnya seru, tapi kalau sudah dalam tahap memperbaiki banyak mobil maka mungkin kamu merasa gameplay-nya agak repetitif dan membosankan.
  • Meski di sini ada minigame, tapi mini gamenya terlalu mudah.
  • Di sini kamubisa menyetir mobil untuk mengujinya tapi pengalaman menyetirnya kurang bagus.

Universe Sandbox

Universe Sandbox
SpesifikasiDetail
Tahun Rilis24 Agustus 2015
PlatformPC, macOS
Memori (RAM/ROM)2 GB RAM / 2 GB ROM (Minimum), 8 GB RAM (Recommended)
Graphics2 GB Video Memory, Shader Model 5.0 (Minimum), 4 GB Video Memory (Recommended)
Sistem OperasiWindows 7 SP1+ (64-bit)
Prosesor1.6 GHz dual-core (Minimum), 3.6 GHz quad-core (Recommended)
Harga GameRp 245.999

Universe Sandbox juga bisa menjadi pilihan bagus yang cari game edukatif PC. Ia adalah game simulasi berbasis fisika yang realistis untuk menciptakan, menghancurkan, dan berinteraksi dengan alam semesta dalam skala yang unik.

Kelebihan:

  • Di sini menggunakan mekanika Newtonian untuk melakukan simulasi gravitasi yang sangat realistis.
  • Lalu, pemain bisa melihat bagaimana planet-planet dan bintang berinteraksi dengan satu sama lain, bahkan melihat tabrakan antar bintang.
  • Asyiknya, kamu bisa bikin sistem tata surya sendiri, dimulai dengan bintang lalu menambahkan planet, bulan, cincin, atau bahkan black hole.
  • Bagusnya lagi, kamu bisa melihat perjalanan pesawat ruang angkasa Juno atau New Horizons, dan menyaksikan gerhana matahari total dari berbagai sudut pandang.
  • Desain game ini sangat interaktif dan intiuitif. Bahkan tutorialnya sangat membantu pemain untuk belajar menggunakan semua fiturnya dengan mudah.

Kekurangan:

  • Meski ada tutorial, tapi fitur lebih kompleks harus dipelajari sendiri.
  • Di sini minim musik latar dan suara yang sebenarnya hal ini sangat realstis mengingat di luar angkasa memang sangat hening.
  • Kadang, sistem kamera game ini agak sulit dioperasikan.

PC Building Simulator

PC Building Simulator
SpesifikasiDetail
Tahun Rilis29 Januari 2019
PlatformPC, PlayStation, Xbox, Nintendo
Memori (RAM/ROM)4 GB RAM / 30 GB ROM
GraphicsGeForce GTX 660 2GB (Minimum), Radeon R9 285 2GB
Sistem OperasiWindows 7 atau lebih tinggi
ProsesorIntel Core i5-2500K, AMD Athlon X4 740
Harga GameRp 165.999

Siapa yang ingin belajar merakit PC? Berarti kamu harus coba PC Building Simulator! Ini adalah game simulasi untuk membangun dan mengelola bisnis perakitan PC dengan detail realistis. Dari memperbaiki komputer pelanggan hingga membangun rig gaming, game ini mengajak kamu memahami setiap komponen dan proses perakitan PC dari nol.

Kelebihan:

  • Game ini memberikan kamu pengalaman dalam proses perakitan PC, mulai dari memasang CPU, GPU, RAM, dan perangkat lainnya dengan cara yang realistis.
  • Game ini bisa dimainkan dalam mode career di mana kamu bisa menjalankan bisnis perakitan dan perbaikan PC, menangani permintaan pelanggan yang bervariasi.
  • Serunya lagi, game ini bahkan bekerjasama dengan merek-merek komponen PC terkenal, seperti Intel, AMD, NVIDIA, dan lainnya.
  • Oh iya, kamu juga bisa main santai di mode sandbox di mana kamu bebas bereksperimen tanpa batasan keuangan atau deadline.

Kekurangan:

  • Kekurangan game ini adalah sebenarnya merakit PC di game ini dibuat lebih mudah.
  • Lalu, di sini ada beberapa aktivitas yang terasa repetitif, seperti memasang kabel atau membersihkan debu dari PC
  • Lalu, interaksi pemain dengan komponen juga cukup terbatas.

Bisa dilihat kan bahwa main game itu tidak selalu berdampak buruk. Kamu bisa coba tawarkan lima game ini pada anak sehingga bukan hanya menghibur anak tapi juga bikin anak menambah wawasan yang lebih edukatif. Tertarik coba?

Ready to start your journey?

If there is nothing in a chest, the chest doesn’t mean anything