3 Laptop ROG Terbaru (2022) dengan 12th Gen Intel® Core™ H Series dan Dilengkapi MUX Switch

Performa menjadi salah satu aspek yang dibutuhkan pada laptop gaming. Karenanya, tiap produsen laptop gaming berlomba menghadirkan desain produk yang mampu memenuhi kebutuhan tersebut. Kali ini kabar baik datang dari ASUS. Pada 12 April 2022, melalui kanal Youtube dan Facebook ROG Indonesia, mereka memperkenalkan deretan laptop gaming ROG terbaru yang telah dibekali prosesor hibrida kasta tertinggi dari 12th Gen Intel Core dan dilengkapi MUX Switch.

Deretan laptop gaming ROG terbaru ini mencakup seri ROG Flow Z13 (GZ301), seri ROG Zephyrus M16 (GU603Z), serta seri ROG Strix SCAR 15 (G533Z) dan SCAR 17 (G733Z). Semua laptop ini telah ditenagai oleh prosesor 12th Gen Intel® Core™ H Series yang telah menggunakan pemrosesan berbasis Intel 7.

Lain dengan generasi sebelumnya, prosesor 12th Gen Intel® Core™ sudah menggunakan konfigurasi core yang terdiri dari Performance Core (P-core) dan Efficient Core (E-core). P-core ditujukan untuk mengejar performa tinggi dalam pengerjaan tugas-tugas berat. Sementara E-core mengejar aspek efisiensi dan hemat daya.

Perpaduan antara P-Core dan E-Core dalam kinerja 12th Gen Intel® Core™ini tentu menjadikannya sebagai sebuah prosesor hibrida yang memiliki kemampuan processing yang sangat tinggi dan optimal, namun sangat efisien dan hemat daya. Karenanya, tidaklah heran bila Intel® Core™ i9-12900HK yang notabene prosesor high level di keluarga 12th Gen Intel® Core™ H Series  digelari sebagai prosesor mobile paling kencang saat ini. Ia mampu dipacu hingga 5GHz berkat konfigurasi 14 core (6 P-core dan 8 E-core) dan 20 thread.

Selain dibekali prosesor hibrida berlevel tinggi, semua laptop ROG terbaru tersebut dilengkapi dengan MUX Switch yang sangat berguna ketika laptop ROG bekerja menggunakan discrete chip grafis yang tertanam di dalamnya, misal pada saat bermain game. Dengan MUX Switch, performa grafis pada game dapat meningkat hingga 10-30%.

ROG Flow Z13 (GZ301)

Seri ROG terbaru yang satu ini merupakan laptop gaming 2in1 paling powerful di dunia. Walau punya desain yang sangat ringkas, performa ROG Flow Z13 sangat  powerful. Tentu saja performa ini tidak lepas dari jenis prosesor yang digunakannya, yaitu 12th Gen Intel®Core™ i7-12700H berkecepatan 2.3 GHz (24M Cache, up to 4.7 GHz, 14 cores: 6 P-cores and 8 E-cores), dan chip grafis NVIDIA terbaru yang ditanamkan.

Tak hanya itu, laptop ini juga dibekali memori LPDDR5 5200MHz serta MUX Switch untuk meningkatkan performa gaming secara maksimal. Terdapat dua opsi layar untuk ROG Flow Z13. Layar 4K 60Hz dengan color gamut 85% DCI-P3 dan layar Full HD 120Hz dengan color gamut 100% sRGB. Keduanya mengadopsi rasio layar 16:10, mendukung teknologi Dolby Vision.

ROG Zephyrus M16

Laptop gaming yang satu ini kembali hadir dengan prosesor yang telah diupgrade ke 12th Gen Intel® Core™ i9-12900H. Dikombinasi chip grafis NVIDIA terbaru menjadikannya sebagai laptop gaming 16inch yang powerful. Seri ROG terbaru yang satu ini sangat portabel lantaran punya desain bodi minimalis, ringkas, dan ringan.

Dibekali layar berteknologi ROG Nebula™ Display, ROG Zephyrus M16 mampu menghasilkan detail visual terbaik di kelasnya. Warna yang dihasilkan sangat kaya dan akurat dengan color gamut mencapai 100% DCI-P3. Memiliki refresh rate 165Hz serta response time 3ms.

ROG Strix SCAR 15 (G533Z) dan SCAR 17 (G733Z)

Hadir di tahun 2022 sebagai laptop yang berfokus pada performa untuk para penggemar eSports. Dibekali dengan prosesor level tertinggi dari 12th Gen Intel® Core™ dan dikombinasi chip grafis NVIDIA generasi terbaru. Dilengkapi sistem pendingin ROG Intelligent cooling™ yang telah menggunakan liquid metal. Juga dibekali dengan MUX Switch dan penyimpanan PCIe SSD Gen4 x4, serta memori DDR5 4800MHz, membuat penggunanya dapaterasakan  pengalaman bermain game yang maksimal.

Seri Asus ROG Striz SCAR  terbaru ini kembali hadir dengan desain yang stylish dan sporty. Pada bagian bawah bodinya dilengkapi RGB LED yang dapat dikustomasi oleh penggunanya. Selain itu, laptop ini juga dilengkapi dengan Keystone 2.0.  Sebuah “kunci” khusus untuk menyimpan profil pengguna hingga membuka drive penyimpanan yang disembunyikan melalui fitur Shadow Drive. ROG Strix SCAR yang terbaru (2022) hadir dalam dua varian: Strix SCAR 15 (G533Z) dengan layar 15 inch dan Strix SCAR 17 (G733Z) dengan layar 17 inch.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Ready to start your journey?

If there is nothing in a chest, the chest doesn’t mean anything